Ulasan Asuransi Gigi Prudential, Bagus atau Tidak?

Telah Ditinjau: Avatar Aulia Akbar

Asuransi gigi prudential adalah jenis asuransi yang dapat memberikan proteksi terhadap biaya kesehatan gigi. Asuransi ini masuk dalam produk PRUCorporate Medical yang merupakan produk asuransi Prudential untuk karyawan perusahaan.

Dapatkan promo asuransi kesehatan yang meng-cover perawatan gigi dari Lifepal dengan premi murah dan diskon hingga 25%!

Asuransi gigi Prudential ini cukup menarik sebagai pilihan karena cakupan layanan yang dapat dicover cukup beragam. Selain itu, asuransi gigi dari Prudential juga menerapkan sistem cashless sehingga memudahkan proses klaim. 

PRUCorporate Medical sendiri memiliki manfaat seperti penggantian biaya rawat inap, rawat jalan, perawatan gigi serta kacamata. Sementara manfaat perawatan gigi meskipun sebagai rider (manfaat tambahan) juga memiliki cakupan yang lengkap. 

Berikut penjelasan lengkap mengenai produk, manfaat, dan biaya premi asuransi gigi prudential. 

Manfaat Pertanggungan Asuransi Gigi Prudential 

Manfaat utama yang dapat dirasakan peserta ketika memiliki PRUCorporate Medical adalah biaya penggantian perawatan gigi akibat kecelakaan sesuai dengan tagihan. Sementara itu, manfaat ridernya menanggung biaya perawatan gigi dasar, pencegahan, perbaikan, perawatan kompleks, perawatan gusi, dan perawatan gigi palsu. 

Jika melihat daftar manfaat pertanggungan di atas, tentu ini akan sangat membantu kamu saat mengalami masalah seputar gigi. Ini karena biaya perawatan gigi sendiri tidaklah murah. 

Biaya kesehatan gigi dapat memakan biaya dari Rp150 ribu sampai Rp300 ribu. Belum lagi, pada kasus tambal gigi akibat gigi yang berlubang, biayanya mencapai Rp400 ribu sampai Rp600 ribu per gigi. 

Jika kamu menggunakan asuransi gigi prudential, maka kamu tak perlu mengeluarkan biaya sebesar itu karena dapat ditanggung oleh polis asuransi. 

Pembayaran biaya kesehatan gigi akan dibayar sesuai dengan tagihan rumah sakit atau fasilitas kesehatan terkait. Adapun batas nominal yang dapat ditanggung oleh asuransi gigi prudential ini adalah Rp500.000 sampai Rp4.000.000. Besar kecilnya batasan keseluruhan pertanggungan ini berbeda tergantung plan asuransi yang kamu pilih. 

Harga Premi Asuransi Gigi Prudential 

Harga premi asuransi gigi prudential ini mengikuti polis asuransi PRUCorporate Medical yaitu minimum premi per tahun sebesar Rp3 juta per polis untuk 5 orang karyawan. Harganya nanti akan berbeda tergantung jenis plan yang tertanggung pilih. 

Harga premi yang tercantum dalam plan yang dipilih sudah termasuk asuransi, biaya distribusi, biaya administrasi, biaya pemeliharaan polis dan komisi tenaga pemasar. Adapun besaran biayanya tanpa ditinjau kembali setiap pembaharuan periode polis. 

Cara Klaim Asuransi Gigi Prudential

Cara klaim asuransi gigi Prudential cukup mudah karena perusahaan asuransi ini menerapkan sistem cashless dan Reimbursement. Dengan sistem cashless kamu punya kebebasan untuk berobat gigi di rumah sakit rekanan Prudential hanya dengan kartu peserta. 

Pertama, kamu harus memastikan terlebih dahulu apakah rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang kamu tuju merupakan rekanan Prudential atau tidak. Setelah itu, datangi bagian administrasi rumah sakit dengan membawa kartu peserta. Petugas akan melakukan verifikasi data dan setelahnya kamu langsung bisa menikmati layanan kesehatannya. 

Berbeda dengan cashless, sistem reimbursement mengharuskan kamu untuk membayar terlebih dahulu biaya pengobatan gigi di rumah sakit tersebut. Barulah struk atau bukti pembayarannya dapat dilakukan klaim ke asuransi Prudential. 

Contoh Kasus Nasabah Asuransi Gigi Prudential 

Dika, seorang karyawan swasta yang perusahaannya memiliki asuransi PRUCorporate Medical dari Prudential mengalami masalah pada gigi. Untuk mengunyah, Dika kesulitan akibat penyakit gigi yang diakibatkan oleh bakteri. 

Dokter merekomendasikan Dika untuk memasang gigi palsu agar tetap bisa mengunyah dan berbicara dengan nyaman. Berdasarkan informasi dari harga.web.i pemasangan gigi lepasan adalah Rp1,45 juta sampai Rp5.725.000 . 

Nah, karena Dika memiliki asuransi gigi dengan rider tambahan gigi palsu, maka biayanya dapat ditanggung oleh asuransi. 

Perlu diketahui, kasus pemasangan gigi palsu yang dilakukan Dika ini disertai alasan medis yakni kesulitan untuk mengunyah dan berbicara. Oleh karenanya, perawatan gigi yang dilakukan Dika dapat ditanggung oleh asuransi. 

Hal ini berbeda misalnya, jika Dika melakukan perawatan gigi untuk kebutuhan estetika. Maka, biaya pengobatannya tak dapat ditanggung oleh polis yang ia miliki. Adapun ketentuannya harus didasarkan atas rekomendasi dokter.

Rumah Sakit Rekanan Asuransi Gigi Prudential

Asuransi Prudential memiliki jaringan rumah sakit rekanan yang luas baik di dalam maupun luar negeri. Lihat daftarkan pada halaman Prudential.

Para pemegang asuransi PRUCorporate Medical juga dapat merasakan kemudahan layanan administrasi di fasilitas kesehatan rekanan yang memiliki PRUHospital Friend. Ini merupakan layanan Prudential khusus untuk membantu urusan klaim di rumah sakit.

Pilihan Asuransi Gigi Lainnya yang Bisa Dipertimbangkan 

Selain Prudential, masih banyak kok produk asuransi lain yang memberikan manfaat tambahan berupa perawatan gigi. Berikut beberapa di antaranya yang patut kamu pertimbangkan. 

1.BPJS Kesehatan 

Yup, kamu tidak salah baca. BPJS Kesehatan yang merupakan produk asuransi milik pemerintah juga mengcover biaya perawatan gigi. Namun, seperti pada produk asuransi lainnya hanya dapat digunakan dengan alasan medis, bukan estetika. 

2. AXA Mandiri

Asuransi AXA Mandiri memiliki manfaat tambahan penggantian biaya perawatan gigi. Namun, manfaat  ini hanya terdapat pada Asuransi Mandiri Kesehatan Prima yang dapat mengcover kerusakan gigi akibat kecelakaan. 

3. Allisya Care

Allisya Care yang merupakan produk asuransi syariah untuk individu. Asuransi ini memberikan manfaat perawatan gigi dasar, perawatan gigi kompleks, sampai gigi palsu. Adapun besaran pertanggungannya dari Rp500 ribu sampai Rp5 juta. 

4. Lippo Insurance HealthPlus + Family

Asuransi gigi juga bisa didapatkan dari Lippo Insurance HealthPlus + Family. Asuransi ini memiliki manfaat seperti rawat inap di 490 rumah sakit rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia dengan biaya perawatan per hari mencapai Rp1,25 juta. 

5. Asuransi Kesehatan Jasindo

Asuransi Jasindo menawarkan beragam manfaat kesehatan yang komprehensif dari rawat inap, rawat jalan, sampai  gigi. Asuransi Jasindo memiliki fasilitas indemnity yang memungkinkan peserta berobat ke rumah sakit tanpa adanya rujukan dokter. 

Itulah informasi seputar asuransi gigi Prudential yang mungkin akan bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari asuransi gigi. Masalah kesehatan pada gigi tidak dapat dianggap sepele karena itu perlu proteksi biaya untuk membantu mengcovernya. 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →