Asuransi Jiwa Berjangka vs Seumur Hidup, Apa Bedanya?

Asuransi jiwa berjangka

Kalau harus memilih, lebih baik membeli polis asuransi jiwa berjangka atau asuransi jiwa seumur hidup? Ulasan ini bakal membeberkan informasi-informasi penting seputar kedua jenis asuransi tersebut, termasuk plus dan minusnya.

Seiring meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya proteksi keuangan, pertumbuhan total tertanggung asuransi pun meningkat pada kuartal ke-3 tahun 2019 yang mencapai 62,58 juta orang menurut data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).

Pertumbuhan tersebut lebih besar dibandingkan pencapaian kuartal ke-3 tahun 2018 yang mencapai 54,57 juta orang. Pertumbuhan ini menandakan orang-orang membeli polis asuransi jiwa meningkat.

Kalau kamu termasuk salah satu orang yang sadar dan merasa butuh asuransi jiwa, ulasan ini dapat menjadi pertimbanganmu dalam mendapatkan pilihan yang tepat. 

Nah, apa saja yang perlu kamu ketahui saat hendak membeli polis asuransi jiwa?

Asuransi jiwa berjangka (term life) atau asuransi jiwa seumur hidup (whole life)? Kenali perbedaannya

seseorang sedang menulis formulir asuransi
Asuransi term life atau asuransi whole life? Kenali perbedaannya (Shutterstock)

Asuransi jiwa berjangka (term life) dan asuransi jiwa seumur hidup (whole life) merupakan jenis-jenis asuransi jiwa yang berbeda, baik dari segi masa pertanggungan maupun besaran preminya.

Apa itu asuransi jiwa berjangka (term life)?

Asuransi jiwa berjangka (term life) adalah jenis asuransi jiwa yang selama periode tertentu manfaatnya bisa dirasakan. 

Periode tertentu atau masa pertanggungan ini ditawarkan dari satu tahun, tiga tahun, lima tahun, 10 tahun, hingga 30 tahun.

Manfaat Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life): manfaat uang pertanggungan dan benefit lainnya diberikan ke ahli waris kalau masa pertanggungan di polis asuransi jiwa berjangka (term life) masih aktif atau belum kedaluwarsa.

Apa itu asuransi jiwa seumur hidup (whole life)?

Asuransi jiwa seumur hidup (whole life) adalah jenis asuransi jiwa yang seumur hidup si pemegang polis manfaatnya dapat dirasakan. Terkadang perusahaan asuransi mengartikan istilah seumur hidup sama dengan masa pertanggungan 99 tahun.

Manfaat Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life): manfaat uang pertanggungan gak terikat masa pertanggungan karena polis aktif seumur hidup (99 tahun). Manfaatnya lainnya berupa nilai tunai yang bisa didapat langsung oleh pemegang polis.

Perbedaan asuransi jiwa berjangka (term life) vs asuransi jiwa seumur hidup (whole life)

Perbedaan antara asuransi jiwa berjangka dan asuransi jiwa seumur hidup lebih lengkapnya bisa kamu lihat dalam tabel di bawah ini:

Perbedaan Asuransi jiwa berjangka (term life) Asuransi jiwa berjangka (whole life)
Masa pertanggungan 1 – 30 tahun Seumur hidup
Uang pertanggungan Ada Ada
Nilai tunai Gak ada Ada
Premi Lebih terjangkau, tapi nilainya berubah kalau renewal polis. Nilainya di atas premi asuransi jiwa term life dan tetap besarannya.

Ini kelebihan dan kekurangan asuransi jiwa berjangka

seseorang mengetik asuransi jiwa dari laptop
Ini kelebihan dan kekurangan asuransi jiwa berjangka (Shutterstock)

Asuransi jiwa term life dilihat dari segi premi emang menguntungkan. Di balik terjangkaunya premi jenis asuransi ini, ada kelebihan dan kekurangannya. Apa saja?

Kelebihan:

  • Besaran premi lebih terjangkau sehingga cocok bagi siapa aja yang anggarannya terbatas, termasuk mereka yang baru menikah.
  • Dapat memilih masa pertanggungan, dari satu tahun, lima tahun, 10 tahun, atau 30 tahun.
  • Produknya lebih sederhana dan mudah dipahami.

Kekurangan:

  • Pemberian manfaat dibatasi masa berlaku atau ada masa kedaluwarsanya.
  • Gak ada nilai tunai dari premi yang selama ini dibayarkan.

Ini kelebihan dan kekurangan asuransi jiwa seumur hidup

ilustrasi keluarga dicover asuransi
Kekurangan asuransi jiwa seumur hidup (Shutterstock)

Masa proteksi asuransi jiwa whole life gak ada batasnya. Artinya, polisnya terus aktif hingga 99 tahun. Namun, tetap saja jenis asuransi ini punya kekurangan. Berikut ini kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan:

  • Masa aktif polis berlaku seumur hidup (99 tahun) hingga hari tua.
  • Ada nilai tunai yang tampak seperti keuntungan investasi dari premi.

Kekurangan:

  • Besaran premi lebih tinggi dibanding asuransi jiwa term life.
  • Gak cocok bagi mereka dengan anggaran terbatas.
  • Mesti pahami produknya benar-benar supaya tahu sesuai atau gak.

Apa pun jenis asuransi jiwa yang mau dipilih, pastikan kamu menemukan pilihan yang terbaik dan penawaran harga terbaik dengan membandingkannya di Lifepal.co.id.

Di Lifepal kamu gak cuma dilayani dalam membeli asuransi, tapi juga dapat melakukan klaim kalau terjadi risiko yang memungkinkan kamu melakukan klaim. Jadi, tunggu apa lagi, langsung saja temukan asuransi pilihanmu! (Editor: Chaerunnisa)