Asuransi Jiwa Berjangka: Pengertian dan Manfaatnya

asuransi jiwa berjangka

Pengertian asuransi jiwa berjangka (dikenal juga dengan istilah asuransi term life) adalah salah satu jenis produk asuransi jiwa, di mana calon nasabah bebas memilih jangka waktu masa polis selama 1, 5, 10, 15, 20, 30 tahun.

Artinya, jika kamu memilih produk asuransi jiwa term life dengan masa polis 10 tahun, kemudian terjadi risiko meninggal dunia di tahun ke 5 masa polis berjalan. Maka, perusahaan asuransi wajib memberikan santunan tunai sesuai dengan perjanjian polis. 

Untuk cara pembayaran premi asuransi jiwa berjangka biasanya secara tahunan.  

Di dalam produk asuransi berjangka ini tidak ada unsur investasi. Meskipun begitu, premi yang harus kamu bayarkan akan naik dari tahun ke tahunnya. Hal tersebut wajar terjadi dalam asuransi jiwa karena semakin tua usia maka risiko meninggal dunia akan semakin besar.

Oleh karena itu, asuransi berjangka ini cocok bagi:

  1. Seorang kepala keluarga/pencari nafkah untuk memberikan jaminan finansial keluarga yang aman di masa depan
  2. Seseorang yang baru meniti karir agar kondisi finansial ke depannya tetap terjamin
  3. Seseorang yang memiliki kondisi keuangan terbatas namun ingin mendapatkan proteksi finansial dari risiko meninggal dunia
  4. Seseorang yang memiliki kredit pemilikan rumah (KPR), kredit pemilikan mobil (KPM) atau kredit lainnya

Jenis-jenis asuransi jiwa di Indonesia

Sebelum bahas lebih lanjut soal asuransi jiwa berjangka atau term life, ada baiknya jika kamu pahami terlebih dahulu jenis-jenis asuransi jiwa yang berlaku di Indonesia. Berikut ini jenis-jenis dan penjelasan singkatnya: 

  • Asuransi jiwa berjangka (term life): memberikan pilihan masa polis 1, 5, 10, 15, 20, 30 tahun.
  • Asuransi jiwa seumur hidup (whole life): memberikan masa polis hingga nasabah usia 100 tahun.
  • Asuransi dwiguna: memberikan manfaat asuransi jiwa dan dana tabungan sekaligus.
  • Asuransi jiwa unit link: memberikan manfaat asuransi jiwa dan nilai tunai investasi sekaligus. 

Pilih asuransi jiwa berjangka atau asuransi jiwa seumur hidup?

Memiliki asuransi jiwa termasuk salah satu proteksi yang penting, tapi sebaiknya pilih life term insurance atau whole life insurance (seumur hidup) ya?

Sebagai informasi, tiap produk baik asuransi term life maupun whole life memiliki manfaat pertanggungan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita. Maka dari itu produk asuransi terbaik untuk tiap orang tentu saja berbeda-beda.

Untuk membantumu memilih, simak tabel perbandingan berikut:

Asuransi Jiwa BerjangkaAsuransi Jiwa Seumur Hidup
  • Cocok untuk yang membutuhkan sejumlah uang pertanggungan untuk periode tertentu saja, contoh punya anak kecil atau punya cicilan besar seperti KPR
  • Produk dengan premi murah namun menawarkan uang pertanggungan cukup besar
  • Cocok untuk yang membutuhkan dana pensiun atau dana jangka panjang lainnya yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di usia tua
  • Dapat berfungsi sebagai warisan untuk anak atau orang terdekat
  • Dapat digunakan sebagai modal bisnis atau membeli aset di masa tua

Untuk lebih mudahnya, kamu bisa ikuti kuis jenis asuransi jiwa mana yang cocok untukmu dari Lifepal berikut ini!

Rekomendasi asuransi jiwa berjangka terbaik

Melihat betapa pentingnya memiliki asuransi jiwa berjangka, sebaiknya kamu segera membeli polisnya dengan manfaat terbaik!

Tips saat akan membeli produk asuransi jiwa berjangka yang utama adalah cari produk yang menawarkan uang pertanggungan tinggi dengan premi terjangkau.

Untuk memudahkan kamu dalam memilih polis asuransi jiwa berjangka terbaik, berikut rekomendasi dari Lifepal:

1. Manulife ProActive Plus

ProActive Plus adalah polis asuransi jiwa berjangka dari Asuransi Manulife dengan masa pertanggungan asuransi mulai 5 hingga 20 tahun. Produk ini bisa kamu dapatkan dengan premi mulai Rp380 ribu per bulan.

Manfaat utama dari polis asuransi berjangka adalah santunan yang diberikan sebesar 100% uang pertanggungan apabila tertanggung meninggal dunia dalam masa pertanggungan.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan manfaat lainnya seperti:

  • Accidental Death and Disability Benefit (meninggal dan cacat tetap)
  • Manulide Medicare Plus (pertanggungan biaya rawat inap karena penyakit atau kecelakaan)
  • Waiver of Premium (pembebasan premi jika Tertanggung mencapai usia 60 tahun)

2. FWD Bebas Rencana

FWD Bebas Rencana merupakan polis asuransi jiwa berjangka yang memberikan manfaat santunan meninggal dunia akibat kecelakaan serta akibat sakit maupun kecelakaan di tahun kedua masa pertanggungan asuransi.

Tersedia fitur perpanjangan polis asuransi jiwa berjangka secara otomatis hingga tertanggung mencapai usia 80 tahun dengan uang pertanggungan maksimal Rp1 miliar.

3. Prudential PRULife Extra Return

PRULife Extra Return adalah polis bancassurance kerjasama antara Prudential Indonesia dengan Bank UOB. Salah satu keunggulannya adalah kamu cukup membayar premi untuk 5 tahun saja dan sudah mendapatkan perlindungan selama 15 tahun.

Manfaat pertanggungan yang diberikan meliputi santunan meninggal dunia, santunan tunai tahunan, serta manfaat akhir pertanggungan dengan pengembalian premi sebesar 110 persen dari keseluruhan premi yang sudah dibayarkan.

4. Cigna Exclusive Protection Plus

Cigna Exclusive Protection Plus menghadirkan manfaat polis asuransi berjangka dengan jaminan pengembalian premi hingga 160 persen di akhir masa pertanggungan.

Santunan meninggal dunia yang diberikan oleh Asuransi Cigna juga cukup tinggi yakni hingga Rp20 miliar. Kamu cukup bayar premi selama 5 tahun untuk mendapat perlindungan asuransi selama 15 tahun dengan berbagai macam fasilitas menarik, seperti kesempatan nonton gratis tiap bulan.

5. Sequis Term Life Plus Insurance

Polis asuransi term life dari Sequis Life menawarkan manfaat santunan risiko meninggal dunia dan cacat total tetap dengan masa pertanggungan asuransi selama 10 tahun.

Sequis Term Life Plus Insurance memberikan jumlah uang pertanggungan yang cukup tinggi, mulai Rp100 juta. Gak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan manfaat pengembalian premi sebesar 115 persen di akhir pertanggungan.

Jenis asuransi jiwa berjangka

Berdasarkan kebutuhan nasabah atau pemegang polis asuransi, asuransi jiwa berjangka tergolong ke dalam 5 jenis, di antaranya sebagai berikut.

1. Asuransi jiwa YRT

Asuransi YRT atau yearly renewable merupakan jenis asuransi yang memiliki masa aktif selama satu tahun saja dan bisa diperbarui hingga mencapai batas usia tertentu, umumnya kamu bisa memperbarui masa aktif hingga usia 65 sampai 70 tahun.

Namun, yang perlu diingat adalah asuransi berjangka yang bisa diperbarui setiap tahunnya ini memiliki biaya premi asuransi yang berbeda-beda dan cenderung meningkat setiap kali kamu akan memperbaruinya. 

Hal ini terjadi lantaran usia nasabah yang memegang polis asuransi tersebut semakin bertambah dan tingkat risikonya juga semakin berat.

2. Asuransi jiwa berjangka meningkat

Increasing term insurance atau asuransi berjangka meningkat adalah produk asuransi yang memberikan proteksi terhadap polis asuransi dari kemungkinan terjadinya inflasi akibat meningkatnya beban perlindungan yang diberikan perusahaan asuransi kepada nasabahnya.

Tak heran bila setiap periodenya biaya premi dari jenis asuransi ini akan mengalami peningkatan secara berkala selama polis asuransi masih aktif. Sebagai contoh, polis asuransi kamu naik setiap tahun sebesar 3 persen.

Kabar baiknya, meningkatnya biaya premi ini rupanya sejalan dengan meningkatnya uang pertanggungan yang akan didapatkan nasabah.

3. Asuransi jiwa berjangka tetap

Berbeda dengan jenis asuransi YRT yang bisa diperbarui setiap tahunnya, pada asuransi berjangka tetap atau level term insurance ini, kamu tidak bisa melakukan pembaruan sehingga jangka waktu polis asuransi tidak pernah lebih dari satu tahun. 

Polis asuransi jiwa berjangka tetap adalah sebuah kontrak asuransi di mana kamu akan mendapatkan manfaat pertanggungan saat mengalami beberapa risiko yang ditanggung ketika masih dalam masa perlindungan yang berlaku.

Dengan kata lain, kamu yang membeli jenis produk ini akan tetap telah memiliki masa atau waktu perlindungan yang telah ditulis di dalam polis asuransi.

4. Asuransi jiwa berjangka menurun

Ciri khas asuransi jiwa berjangka menurun atau decreasing term insurance adalah kamu akan memiliki manfaat pertanggungan asuransi yang menurun selama polis asuransi masih berlaku hingga sudah tidak berlaku. 

Bahkan, tak jarang juga kamu sama sekali tidak akan memiliki manfaat pertanggungan di akhir polis asuransi non-aktif.

Akan tetapi, kabar bahagianya adalah kamu akan mendapatkan beberapa manfaat tambahan yang berkaitan dengan pinjaman atau kredit dan manfaat penghasilan keluarga saat kepala keluarga (tertanggung) meninggal dunia di masa pertanggungan.

5. Family income benefit

Beberapa perusahaan asuransi akan menawarkan family income benefit atau manfaat penghasilan keluarga pada nasabah atau tertanggung yang menjadi kepala keluarga atau tulang punggung keluarga.

Family income benefit menjadi bagian dari manfaat tambahan yang sifatnya bisa melekat pada polis asuransi tetap yang dimiliki nasabah.

Manfaat tambahan yang ditawarkan bisa berupa pemberian penghasilan bulanan, kuartalan, ataupun tahunan kepada keluarga di mana tertanggung meninggal di masa tertanggung hingga jangka waktu polis berakhir. Salah satu contohnya kamu bisa mendapatkan dalam produk asuransi jiwa syariah.

Manfaatkan asuransi jiwa syariah untuk mendapatkan pertanggungan berupa santunan tunai hingga ratusan juta. Beli asuransi jiwa syariah di Lifepal dengan premi terjangkau.

Manfaat membeli asuransi jiwa berjangka

Setelah mengetahui jenis asuransi jiwa berjangka, kamu perlu tahu manfaat apa yang akan kamu dapatkan dari produk asuransi tersebut. Berikut manfaatnya

1. Santunan risiko meninggal dunia

Asuransi jiwa berjangka menawarkan manfaat utama dari asuransi jiwa, yakni memberikan santunan atas risiko meninggal dunia yang terjadi selama jangka waktu pertanggungan asuransi yang dipilih. Jumlah santunan pada asuransi berjangka cenderung lebih tinggi daripada asuransi seumur hidup.

Asuransi jiwa seumur hidup memang menawarkan manfaat yang sama dan juga manfaat jatuh tempo, akan tetapi pertumbuhan investasinya lebih tinggi pada jenis asuransi jiwa berjangka. 

2. Cakupan risiko

Ciri khas asuransi jiwa berjangka ialah cakupan risiko yang akan kamu dapatkan. Tanggungan anggota keluarga akan mendapatkan manfaat ini dengan besaran yang telah ditetapkan pada polis, tetap menurun, atau meningkat. 

Hanya saja, untuk asuransi berjangka tidak membayarkan dividen bertahun-tahun seperti jenis asuransi berjangka seumur hidup. Namun, mampu melindungi tanggungan si pemegang polis. 

3. Premi sesuai kemampuan

Asuransi term life akan memberikan premi sesuai kemampuan. 

Jadi, kamu tidak perlu khawatir dengan perlindungan yang ingin kamu berikan kepada keluarga. Dengan premi yang terjangkau, kamu bisa memberikan yang terbaik untuk keluarga. 

Selain premi, kamu juga bisa hitung uang pertanggungan dengan pendekatan pengeluaran bulanan keluarga menggunakan kalkulator di bawah ini.

Bagaimana cara klaim asuransi jiwa berjangka?

Polis asuransi jiwa berjangka adalah kontrak asuransi yang berisi, ketentuan, jumlah nilai pertanggungan, pembayaran premi, serta waktu jatuh tempo. Kamu dapat mengajukan klaim sesuai dengan ketentuan yang ada di dalam polis. 

Semua ketentuan asuransi juga sesuai UU asuransi, sehingga kamu tidak perlu khawatir. Cara klaim asuransi term life adalah sebagai berikut:

  • Isi formulir klaim di tempat kamu membeli produk asuransi. Biasanya bisa dilakukan secara online atau pun offline dengan datang langsung ke agen atau kantor asuransi. 
  • Lengkapi dokumen-dokumen yang telah ditentukan pada sertifikat asuransi. Biasanya penanggung berhak meminta dokumen lain yang diperlukan. 
  • Kirim dokumen tersebut ke kantor asuransi yang kamu ikuti atau ke agen. 
  • Tunggu hingga proses selesai. 

Saat ini, selain kamu dapat melakukan klaim secara online, perusahaan juga memberikan fitur perpanjangan polis asuransi jiwa berjangka. Jadi, kamu bisa memperpanjang asuransi jiwa kamu lagi setelah proses klaim.

Tips dari Lifepal! Sebelum membeli produk asuransi jiwa, penting sekali untuk memahaminya terlebih dahulu. Ada jenis asuransi term life yang memberikan manfaat dan waktu klaim berbeda. 

Apabila kamu ingin mendapatkan manfaat untuk tanggungan keluarga, maka bisa pilih asuransi jiwa berjangka. Jika kamu ingin memberikan manfaat kematian untuk keluarga, maka bisa memilih asuransi jiwa seumur hidup. 

Pilihan bisa kamu tentukan berdasarkan kebutuhan. Dengan begitu, penting memahami terlebih dahulu sebelum membeli produk asuransi term life dan pahami pula ketentuan yang ada pada polis. 

FAQ seputar asuransi jiwa berjangka

Apa saja fitur polis asuransi jiwa berjangka?

Fitur atau jenis asuransi term life terdiri dari lima kategori, antara lain:

  1. Decreasing term insurance (berjangka menurun)
  2. Increasing term insurance (berjangka meningkat)
  3. Family income benefit
  4. Level term insurance (berjangka tetap)
  5. Yearly renewable term insurance

Baca penjelasan lengkap dari masing-masing fiturnya di artikel ini!

Bagaimana cara mengklaim asuransi term life?

Cara untuk mengajukan klaim asuransi term life adalah sebagai berikut:

  • Isi formulir klaim di tempat kamu membeli produk asuransi. Biasanya bisa dilakukan secara online ataupun offline dengan datang langsung ke agen atau kantor asuransi. 
  • Lengkapi dokumen-dokumen yang telah ditentukan pada sertifikat asuransi. Biasanya penanggung berhak meminta dokumen lain yang diperlukan. 
  • Kirim dokumen tersebut ke kantor asuransi jiwa yang kamu ikuti atau ke agen. 
  • Tunggu hingga proses selesai.

Dapatkan Promo