Top 3 Asuransi Terbaik di Indonesia Menurut Pakar [2020]

Pertanyaan tentang asuransi

Salah satu cara untuk untuk mengenal asuransi terbaik adalah dengan melihat latar belakang perusahaan asuransi yang akan dipilih. Ada cukup banyak perusahaan asuransi di Indonesia dan jumlahnya diperkirakan sudah mencapai lebih dari 70 perusahaan. 

Melakukan kurasi terhadap latar belakang masing-masing perusahaan tentu saja tidaklah mudah. Solusinya, kamu dapat melihat daftar penghargaan asuransi terbaik dari Majalah Investor yang diselenggarakan setiap tahunnya. 

Pemilihan asuransi terbaik tersebut dilakukan oleh dewan juri yang memang merupakan pakar asuransi, sehingga kredibilitasnya tidak perlu diragukan lagi. 

Syarat Menjadi Perusahaan Asuransi Terbaik Menurut Ahli

Bagi perusahaan asuransi sendiri ternyata tidak mudah untuk mendapatkan predikat terbaik. Pasalnya ada beberapa kriteria ketat yang ditetapkan oleh dewan juri.

Variabel inilah yang menentukan mana asuransi terbaik dan mana perusahaan asuransi terbaik berdasarkan standar-standar yang sudah ditentukan.

  • Pertumbuhan aset
  • Pertumbuhan jumlah investasi
  • Pertumbuhan ekuitas
  • Pertumbuhan premi neto
  • Pertumbuhan hasil underwriting
  • Pertumbuhan hasil investasi
  • Pertumbuhan laba bersih
  • Pangsa pasar premi
  • Rasio underwriting
  • Rasio kecukupan investasi
  • ROA (return on assets)
  • ROE (return on equity)
  • RBC (return based capital)
  • Pertumbuhan hasil underwriting (khusus asuransi jiwa)
  • Rasio underwriting terhadap premi neto

Kriteria ini masih sebagian dari seleksi. Sebab sebelum memenuhi kriteria penilaian ini sudah ada seleksi awal yang tak kalah penting.

  • Laporan keuangan yang sudah diaudit
  • Laporan keuangan tidak mendapat opini disclaimer
  • RBC 120 persen
  • Masih beroperasi saat dilakukan penilaian
  • Tidak berstatus pembatasan kegiatan usaha (PKU) dari Otoritas Jasa Keuangan
  • Tidak dalam kondisi tertentu (run off, masa transisi, dll)
  • Memiliki ekuitas Rp 100 miliar
  • Memiliki aset asuransi umum di atas Rp 100 miliar
  • Memiliki aset asuransi jiwa di atas Rp 1 triliun
  • Tidak menderita rugi
  • Memiliki data yang lengkap

Dari kriteria yang sudah disebutkan, dewan juri pun bisa membandingkan antara satu perusahaan asuransi dengan yang lainnya. Yang pasti, poin-poin di atas harus dipenuhi oleh perusahaan tersebut.

Asuransi Terbaik versi Majalah Investor 2019

Dari kriteria tersebut Majalah Investor memberikan beberapa penghargaan kepada beberapa perusahaan asuransi di Indonesia seperti diberitakan dalam investor.id (18/07/2019). 

Asuransi jiwa terbaik dengan aset di atas Rp25 triliun – accordion

  1. PT AIA Financial 
  2. PT Prudential Life Assurance 
  3. PT Indolife Pensiontama

Asuransi jiwa terbaik dengan aset di atas Rp10 hingga Rp25 triliun – accordion

  1. PT BNI Life Insurance 
  2. PT Asuransi Jiwa Sequis Life 
  3. PT Sun Life Financial Indonesia

Asuransi jiwa terbaik dengan aset di atas Rp5 hingga Rp10 triliun – accordion

  1. PT Capital Life Indonesia 
  2. PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha 
  3. PT Asuransi BRI Life

Asuransi jiwa terbaik dengan aset di atas Rp1 hingga Rp5 triliun – accordion

  1. PT PFI Mega Life Insurance
  2. PT Asuransi Jiwa Kresna 
  3. PT Asuransi Jiwa Taspen

Asuransi umum beraset di atas Rp5 triliun – accordion

  1. PT Asuransi Sinar Mas
  2. PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero)
  3. PT Tugu Pratama Indonesia 

Asuransi umum beraset di atas Rp1 hingga Rp5 triliun – accordion

  1. PT Asuransi Bringing Sejahtera Artamakmur 
  2. PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika
  3. PT Asuransi Cakrawala Proteksi

Asuransi umum beraset di atas Rp500 miliar hingga Rp1 triliun – accordion

  1. PT Asuransi Kresna Mitra 
  2. PT China Taiping Insurance Indonesia
  3. PT Asuransi Reliance Indonesia

Asuransi jiwa berhasil mencapai rasio hasil investasi yang tinggi – accordion

  1. Asuransi Jiwa: PT Asuransi Jiwa Mandiri Inhealth
  2. Asuransi Umum: PT Asuransi Dayin Mitra Tbk

Asuransi Terbaik di Indonesia 2020 Berdasarkan Jenisnya

Selain mengacu pada penghargaan Majalah Investor, tim pakar asuransi Lifepal juga telah melakukan kurasi terhadap 70 perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Berikut ini beberapa rekomendasi produk terbaiknya! 

Rekomendasi Asuransi Kesehatan Terbaik

Dalam memilih asuransi kesehatan terbaik ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan, di antaranya adalah uang pertanggungan sebanding dengan biaya rumah sakit dan premi yang dibayarkan, wilayah rumah sakit rekanan, hingga manfaat lainnya yang dapat menguntungkan nasabah. Berikut pilihannya: 

Salah satu produk unggulan asuransi kesehatan yang dihadirkan oleh AXA Mandiri adalah Smartcare Executive. Pilihan polis asuransi ini sangat cocok untuk kamu yang menginginkan manfaat asuransi dengan limit tahunan tinggi dan harga premi murah, yaitu mulai dari Rp170 ribuan per bulan. Polis ini juga memberikan manfaat asuransi kesehatan dan asuransi jiwa sekaligus.
Kalau salah satu polis dari Lippo Insurance sangat cocok untuk kamu yang mencari asuransi kesehatan keluarga terbaik. Melalui polis HealthPlus Family, nasabah bisa mendapatkan manfaat satu polis untuk seluruh anggota keluarga sekaligus dengan premi hanya Rp416 ribu per bulan. Adapun limit tahunan polis mencapai Rp300 juta.
Asuransi kesehatan Prudential memang menjadi pilihan yang paling banyak dicari orang saat ini. Khususnya untuk polis Simas Sehat Gold yang memberikan manfaat santunan rawat inap, rawat jalan, hingga santunan meninggal dunia sekaligus. Untuk manfaat lengkap tadi, premi Simas Sehat Gold terbilang sangat murah yaitu mulai dari Rp171 ribu per bulan. Oleh karena itu Simas Sehat Gold dapat dikategorikan sebagai asuransi kesehatan terbaik dan murah.

Rekomendasi Asuransi Jiwa Terbaik

Asuransi jiwa memiliki fungsi yang berbeda dengan asuransi kesehatan, yaitu sebagai solusi finansial untuk keluarga ditinggalkan. Nah, dalam memilih asuransi jiwa terbaik, faktor yang perlu dipertimbangkan adalah klausul “pengecualian” dalam polis dan besar uang pertanggungan apakah dapat menghidupi keluarga yang ditinggalkan dalam jangka panjang. Berikut pilihanya:

Polis asuransi Jiwa yang dihadirkan Simas Jiwa, yaitu SIJI Guard 4, tergolong sebagai pilihan asuransi jiwa murni terbaik. Ini dikarenakan polis menanggung usia masuk nasabah hingga 69 tahun. Padahal biasanya asuransi lainnya hanya menanggung usia masuk nasabah hingga 50 tahunan. Selain risiko meninggal dunia yang ditanggung juga lengkap, baik akibat kecelakaan, meninggal dunia, hingga santunan cacat tetap.
Melalui polis Citra Jaminan Pasti 50, perusahaan asuransi Ciputra Life memberikan manfaat pengembalian premi 160 persen di tahun ke 20. Selain itu, nasabah juga bisa mendapatkan manfaat santunan meninggal dunia akibat kecelakaan hingga Rp100 juta dan akibat sakit hingga Rp50 juta.
Asuransi jiwa Manulife unggul dengan polis Essential Assurance yang menanggung usia nasabah hingga 99 tahun. Selain itu polis dari Manulife ini juga memberikan manfaat nilai tunai dan pengembalian 100 persen uang pertanggungan di akhir polis. Tidak hanya itu, santunan meninggal dunia yang diberikan Essential Assurance juga sangat tinggi yaitu hingga Rp2,5 miliar.

Rekomendasi Asuransi Pendidikan Terbaik

Pada dasarnya asuransi pendidikan merupakan bagian dari asuransi jiwa. Artinya jika nasabah mengalami risiko meninggal dunia, maka uang pertanggungan diberikan untuk menunjang biaya sekolah anak. Terdapat tiga rekomendasi asuransi pendidikan anak terbaik dengan premi murah. Berikut pilihannya:

Mandiri Sejahtera Cerdas merupakan polis asuransi pendidikan dari AXA Mandiri yang bisa kamu dapatkan dengan premi mulai dari Rp200 ribu per bulan. Adapun manfaat asuransi yang diberikan mencakup santunan meninggal dunia, santunan cacat tetap total, dan manfaat investasi pendidikan anak.
Dikenal juga dengan nama polis Education Protector memberikan manfaat investasi dana pendidikan anak hingga 170 persen dari uang pertanggungan. Selain itu ada juga manfaat akhir polis berupa 100 persen target dana pendidikan dan nilai polis. Semua manfaat asuransi tadi bisa didapat dengan premi mulai dari Rp417 ribu per bulan.
PRULink Edu Protection memberikan pertanggungan berupa manfaat bulanan maksimal Rp30 juta hingga anak berusia 18 atau 25 tahun. Menariknya lagi, manfaat bulanan akan naik 15 persen setiap tiga tahun. Hanya saja preminya cukup mahal yaitu mulai dari Rp500 ribu per bulan.

Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik

Dalam memilih jenis asuransi kendaraan terbaik sebaiknya cari yang memiliki bengkel rekanan luas. Sehingga jika terjadi risiko, kamu tidak akan kesulitan melakukan klaim. Selain itu, pertimbangkan juga risiko yang mungkin terjadi. Misal, jika tinggal di daerah yang rawan banjir maka cari asuransi mobil yang menanggung risiko tersebut. Berikut pilihan asuransi mobil comprehensive dan all risk terbaik:

Asuransi mobil ACA terbagi menjadi dua polis, yaitu ACA Otomate dan ACA Otomate Smart. ACA Otomate memberikan pertanggungan akibat risiko banjir, lecet, kecelakaan diri, dan tanggung jawab hukum pihak ketiga. Jika mobil masih berusia di bawah 6 bulan atau tergolong baru, maka akan diberikan ganti rugi sesuai harga mobil baru tersebut.

Sementara untuk ACA Otomate Smart memberikan manfaat yang serupa dengan polis sebelumnya. Hanya saja terdapat perbedaan nilai uang pertanggungan yang diberikan.

Terbagi menjadi dua polis yaitu Autocillin Comprehensive dan Autocillin TLO. Autocillin Comprehensive sering disebut sebagai asuransi mobil all risk terbaik sebab menanggung risiko kehilangan dan kerusakan kecil hingga total pada kendaraan mobil. Batas usia kendaraan yang dapat diasuransikan adalah maksimal 8 tahun. Pengajuan klaim juga dapat dilakukan secara online melalui aplikasi.

Sementara Autocillin TLO hanya berfokus pada risiko kerusakan total seperti tabrakan, bentukan, terbalik, terperosok, terbakar, pencurian, dan lain sejenisnya. Batas usia maksimal mobil yang dapat diasuransikan adalah 15 tahun.

Rekomendasi Asuransi Perjalanan Terbaik

Asuransi perjalanan biasanya bisa kamu ambil bersamaan dari maskapai atau terpisah dari asuransi konvensional. Jika kamu terbilang sering melakukan perjalanan ke luar kota ataupun luar negeri, sebaiknya ambil asuransi perjalanan konvensional yang memberikan perlindungan selama setahun. Dengan begitu premi yang harus kamu bayarkan pun lebih murah. Berikut pilihannya: 

Asuransi Perjalanan Adira cocok bagi yang sering bepergian ke luar negeri sebab limit atau uang pertanggungan yang diberikan cukup tinggi. Bahkan biaya kehilangan dokumen perjalanan bisa mencapai hingga Rp3,2 juta. Jadi, tidak perlu panik misal kehilangan paspor ketika berada di negeri orang.
Travel First merupakan polis asuransi yang diharamkan oleh Sompo. Polis asuransi ini cukup banyak dicari orang karena memberikan manfaat pertanggungan yang lengkap, seperti ganti rugi atas kerusakan atau keterlambatan bagasi, risiko kecelakaan selama perjalanan, hingga santunan rawat inap di luar negeri.
Simas Travel cocok untuk nasabah yang membutuhkan asuransi visa schengen. Adapun nilai pertanggungan keseluruhan yang diberikan oleh pihak asuransi terbilang sangat besar yaitu hingga Rp400 juta. Kamu juga bisa mengajukan santunan jika harus melakukan pengurangan perjalanan akibat sakit atau sebab lainnya yang bersifat darurat.

Setelah melihat rekomendasi di atas, kira-kira kamu tertarik dengan yang mana? Kunci atau tips memilih asuransi terbaik adalah menyesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran. Jadi, jangan hanya berfokus pada premi juga, melainkan pertimbangkan apakah premi seimbang dengan uang pertanggungan yang diberikan. Semoga membantu, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →