BMW 2002: Mobil Legendaris yang Terlahir Kebetulan dan Simpel
BMW 2002 adalah mobil legendaris BMW yang jadi penentu arah desain dan filosofi mobil BMW ke depannya. Siapa sangka, mobil yang diciptakan dengan spesifikasi jempolan ini terlahir secara kebetulan.
Jika melihat sepintas desain dan body-nya, BMW 2002 memang memiliki tampilan berkarakter yang akan membuat pencinta sedan klasik suka. Laris dan jadi pujaan di tahun 1960-an, mobil buatan Jerman ini ternyata pernah juga dapat reputasi negatif.
Kejadian sebenarnya, mobil yang terlahir kebetulan itu tertanam di kisah BMW 2002. Saat itu 2002 dikatakan sebagai mobil teroris lantaran Baader-Meinhof Gang mencuri mobil BMW 2002 untuk melarikan diri.
Desain mobil yang apik dan cerita buruk terkenal, merupakan paduan yang tepat untuk membuat BMW 2002 semakin popular dan dilirik banyak orang. Keberhasilan 2002 menarik banyak orang untuk memiliki, menjadikan desain BMW 2002 terus dikembangkan.
BMW 2002 Sang Penyelamat Pasca Perang
Pasca Perang Dunia II, pabrikan mobil BMW terpuruk dan nyaris bangkrut. Meski begitu, BMW tetap berjuang dengan semua sisa-sisa kekuatannya.
Pabrikan mobil asal Munich ini mencoba bertahan dengan memproduksi dan memperkenalkan BMW 501 pada 1951. Mobil ini terkesan kuno dan antik, membuat BMW 501 dijuluki Baroque Angel, yang mengesankan lekuk ukiran pada ornamen gereja di Jerman.
Mobil ini dilengkapi mesin 6 silinder, kemudian dilengkapi mesin V8. Mesin ini selanjutnya dipakai oleh BMW 507 Roadster sengaja diciptakan untuk menyaingi Mercedes-Benz 300SL.
Sayangnya, mobil roadster ini dijual dengan harga mahal sehingga jadi kurang laris di pasaran.
Mencari jalan keluar, akhirnya BMW membuat mobil yang lebih mungil dengan mesin lebih kecil. Maka dibuatlah sepeda motor BMW (Motorrad) 4-tak, di bawah lisensi Isetta. BMW-Isetta ini terjual laris manis, untuk sementara waktu.
Sayangnya kejayaan itu hanya sementara, karena era microcar selesai dan orang-orang pun ingin memiliki mobil kompak yang normal seperti Volkswagen (VW) Beetle.
VW Beetle memiliki tingkat kepraktisan dan konsumsi bahan bakar yang mirip dengan BMW-Isetta. Namun VW Beetle memiliki ruang yang lebih lega dari BMW-Isetta.
Tak mampu bersaing dengan VW beetle, akhirnya BMW akhirnya terpuruk ditambah likuiditas perusahaan menipis, uang berkurang signifikan dalam waktu yang cukup singkat. Akhirnya, pada 1959 perusahaan ini terpuruk dalam kondisi krisis.
Memiliki nama besar cukup menguntungkan, akhirnya BMW menerima suntikan dana segar dari Harald dan Herbert Quandt. BMW kemudian membuat mobil 4 pintu yang dikenal sebagai Neue Klasse atau New Class.
Mobil inilah yang kemudian menolong BMW untuk terhindar dari jurang kehancuran. Dalam ajang Frankfurt Motor Show, September 1961, diperkenalkan BMW 1500 dengan mesin 4 silinder 1,5 liter.
Produk baru ini, kemudian dijual setahun kemudian (1962). Alhasil, model ini dianggap cukup sukses dengan angka penjualan mencapai 24.000 unit sampai akhir produksi pada 1964.
Mobil-mobil New Class ini pun berkembang menjadi BMW 1800 dengan mesin 4 silinder berkapasitas 1,8 liter, dengan varian seperti 1800 Ti dan 1800 Ti/SA. Pada 1964, hadir penerus BMW 1500, yaitu BMW 1600.
Puas dengan mobil biasa 4 pintu, BMW mulai fokus mengembangkan ide mobil 2 pintu dengan wheelbase pendek yang menciptakan pengendalian baik. Bodi yang kompak otomatis lebih ringan juga akan meningkatkan performa.
Mengambil dasar platform New Class dan jarak sumbu roda dipotong 2 inci menjadi 98,4 inci.
Interiornya didesain ulang oleh Wilhelm Hofmeister, sementara bagian muka mobil terkena sedikit sentuhan facelift. Maka dirancanglah BMW 1600-2 yang jadi wajah awal BMW 2002.
Mayoritas komponen mekanisnya berasal dari BMW 1600 versi 4 pintu, meski ada pemakaian gardan belakang yang lebih pendek.
Akhirnya keputusan akhir diambil, mobil baru dengan bodi 2 pintu tersebut dinamakan BMW 1600-2, dengan mesin 4 silinder 1,6 liter.
Bodi yang ringan, mampu membuat 1600-2 memiliki performa seperti BMW 1800, sementara pengendaliannya yang sangat baik seolah sebagai komposisi tersendiri yang tidak dimiliki sedan lain.
Para jurnalis otomotif langsung menyebutnya sebagai rival sejati mobil sport Alfa Romeo.
BMW pun bahagia sekali dengan maha karyanya ini, membuat BMW tersenyum lebar. Pada Frankfurt Motor Show 1967, BMW kembali meluncurkan 1600 ti, dengan mesin bertenaga 105 hp yang dilengkapi sepasang karburator Solex 40 PHH.
Namun, layaknya sebuah ulat cantik yang berevolusi menjadi kupu-kupu indah, BMW 1600-2 siap menunjukan keindahannya dan berevolusi jadi BMW 2002.
Revolusi BMW 2002
BMW 2002 muncul dibuat pada era 1960-an, saat itu BMW tengah memasuki pasar mobil kelas menengah. BMW berniat menghadirkan mobil dua pintu berbasis sedan BMW 1600. Namun BMW ingin mobil tersebut haruslah ringan dan sporty.
Maka lahirlah BMW 1600-2, angka terakhir itu menandakan jumlah pintu yang ada pada mobil tersebut. Saat itu BMW 1600-2 diluncurkan di Jenewa dengan body yang lebih pendek, praktis dan mesin 4-silinder 1,6 liter yang memberikan performa 84,5 hp.
Mobil itu pun digunakan untuk sehari-hari oleh Baron Alex Von Falkenhausen, kepala pengembangan mesin BMW. Baron adalah otak di balik mesin legendaris M10, dan mesin ini berhasil mengantarkan Nelson Piquet juara dunia 1983 bersama tim Brabham.
Baron menikmati BMW 6000-2 untuk kesehariannya, namun diam-diam dia ganti jantung mobilnya dengan M10. Tidak tanggung, versi 2,0 liter dijebloskan ke dalam ruang mesin.
Kemudian, orang kedua yang mendapat jatah 1600-2 sebagai mobil kantor adalah Helmut Werner Bonsch, direktur pengembangan produk BMW kala itu. Nah kedua orang ini mengaku kurang puas dengan performa 1600-2.
Lucunya kedua orang penting ini baru tahu kalo menggunakan mobil kantor yang sama saat bertemu di bengkel untuk servis berkala.
Keduanya menyampaikan kritik dan saran, hingga akhirnya mengajukan proposal ke dewan direktur BMW, untuk memproduksi versi baru BMW 1600-2 dengan mesin 2 liter.
Sebuah ide yang tentu saja ditolak oleh jajaran BOD BMW. Mereka berpikir, untuk apa mobil sedan biasa diberikan mesin lebih kencang dan boros? Hingga datanglah Max Hoffman, pria Austria yang paham betul tentang otomotif.
Portofolio Hoffman tidak main-main, bujuk rayunya berhasil meyakinkan Ferdinand Porsche membuat Porsche 356 Speedster hanya untuk Amerika Serikat. Mercedes-Benz termakan bujuk rayunya supaya 300SL Gullwing bisa dipasarkan di negaranya.
Dua mobil itu lantas melegenda. 1400 unit 300SL laku di Amerika, alias 80 persen dari jualan total Gullwing. Sementara Speedster jadi barang yang paling dicari kolektor Porsche.
Kembali ke BMW, yang dianggap kurang bertenaga, Hoffman berpikir bahwa orang Amerika perlu mobil BMW yang lebih praktis ketimbang 507 dan lebih bertenaga dibanding 1600.
Ditambah lagi, mesin 1,6 liter yang digunakan tidak bisa memenuhi aturan emisi ketat di tempat Hoffman. Tapi lucunya, mesin M10 2 liter malah bisa memenuhi regulasi emisi.
Proposal Falkenhausen dan Bonsch langsung ditinjau ulang untuk disetujui. Hingga terbentuklah mobil BMW 2002.
BMW 2002 kemudian resmi diluncurkan pada 1968, dan langsung jadi mobil yang cukup hits pada masa itu. Mobil ini ditanam tenaganya 99 hp dengan bodi ringkas, chassis lincah berkat penggunaan suspensi MacPherson Strut.
Tercatat sepanjang siklus produksinya (1968-1975), mobil ini terjual 339.092 unit. Salah satu mobil yang penjualannya terbaik dari kandang BMW. Selain versi sedan dua pintu, hadir juga varian cabriolet, wagon.
Spesifikasi BMW 2002
Ketahuilah bahwa tahun 1968 adalah tahun bersejarah bagi dunia. Di tahun ini Boeing 747 terbang untuk pertama kali, dan di tahun 1968 juga pertama kali manusia mengorbit ke bulan dengan pesawat ruang angkasa Apollo 8, yang juga pertama kali terbang ke bulan.
Di tahun yang sama, raksasa mobil asal Jerman BMW meluncurkan 2002, sebuah mobil revolusi dari model 1600-2.
Sedangkan nama 2002 berasal dari mesin dua liter (2.0 L) dan bodywork dua pintu (02). BMW ini memiliki desain sederhana, dengan tubuh tiga kotak.
Mobil ini memiliki tudung dan tutup bagasi yang nampak seperti mengambang di atas panel samping. Itu bukan kesalahan dalam desain, tetapi metode unik untuk mengumpulkan perhatian dan itu berhasil.
Kemudian pada pilar BMW ini nampak sangat tipis sehingga memastikan visibilitas sekitarnya yang sangat baik.
Untuk interior, BMW ini tidak ada fitur yang istimewa. Mobil ini sepi akan hiburan layaknya speaker atau radio, bahkan pendingin udara pun belum ada.
Namun, setahun kemudian atau pada 1969, 2002 yang dijual di pasar Amerika Serikat memperkenalkan gearbox otomatis 3-percepatan.
Dalam segi kenyamanan, BMW ini memiliki kursi datar yang nyaman. Kemudian setir tebal dipasang untuk mengkompensasi kurangnya kemudi daya.
Tanpa adanya AC, maka pendingin alami hanya berasal dari jendela yang bisa dibuka lebar. Namun dari segi dapur pacu, BMW ini sudah memiliki mesin 100 HP, dengan bobot 960 kg (2116 lbs) sehingga aman untuk bergerak cepat di tikungan.
Seperti namanya, pintu sedan klasik ini hanya ada dua di kanan dan kiri. Dengan powerplant yang dipasang di depan yang menyalurkan tenaga ke roda belakang. Mobil ini didukung oleh mesin naturally aspirated berkapasitas 2 liter.
Unit ini memiliki roda gigi katup camshaft overhead tunggal, tata letak 4 silinder, dan 2 katup per silinder.
Ia memiliki output tenaga 98 bhp (99 PS/73 kW) pada 5500 rpm, dan torsi maksimum 157 N·m (116 lb·ft/16 kgm) pada 3500 rpm. BMW ini memiliki transmisi manual 4 kecepatan dan mampu melibas jalan hingga 171 km/jam atau 106 mph.
BMW 2002 laku keras
Ide Hoffman membuat mobil tangguh guna meramaikan pasar otomotif Amerika Serikat berbuah manis. Para pecinta BMW dari seluruh dunia, atau yang juga disebut Bimmer Freak memberi respon positif pada inovasi baru ini.
Tercatat, sejak pertama kali diluncurkan pada 1968, BMW 2002 langsung meraih sukses di mancanegara.
Ada dua tipe yang diperkenalkan pada 1968, yaitu 2002 dengan mesin 4 silinder 2,0 liter karburator tunggal bertenaga 100 hp. Kedua, 2002 ti dengan mesin yang sama namun dilengkapi karburator ganda bertenaga 120 hp.
Pada peningkatan BMW 2002 tii, sudah disematkan injeksi bahan bakar, hasilnya tenaga terkerek menjadi 130 hp.
BMW 2002 tii juga memiliki suspensi yang lebih keras dan rem yang lebih besar. Transmisi manual 4 kecepatan menjadi fitur standar, sementara transmisi manual 5 kecepatan menjadi opsi tambahan.
Kemudian pada 1973, BMW memberikan sentuhan facelift pada 2002. Untuk bagian depan adalah pemakaian gril hitam. Sedangkan pada bagian belakangnya menggunakan lampu yang berbentuk persegi
BMW juga sempat membuat beberapa varian 2002 Series selain 1600-2/1602 dan 2002, yaitu 1502 yang bermesin 1,6 liter kompresi rendah dan 1802 yang menggunakan mesin 1,8 liter.
Tak cukup sampai di situ, BMW mengeluarkan lagi varian lain yaitu BMW 2002 Turbo di tahun 1973. BMW 2002 Turbo menjadi mobil Eropa pertama yang menggunakan fitur turbocharger.
Sayangnya, BMW 2002 Turbo lahir hanya beberapa saat sebelum terjadinya krisis minyak pada tahun itu, sehingga mobil bertenaga 170 hp itu sedikit jualannya.
Kemudian pada September 1975, menjadi momen terakhir produksi 2002, karena BMW mempersiapkan produk penggantinya, yaitu BMW seri 3. Namun varian 1502 masih berada di jalur produksi hingga Juli 1977.
BMW 2002 Tii
BMW 2002 ti merupakan pengembangan lagi dari versi standar mobil sebelumnya di varian yang sama. 2002 ti lahir 6 bulan setelah mobil 2002 standar seri pertamanya diperkenalkan dan laris di pasaran.
BMW 2002 ti diklaim berlari jauh lebih kencang karena menggunakan mesin M10 dikilik agar bisa mengeluarkan 110 hp. Modalnya karburator dua laras buatan Solex.
Lengkap dengan revisi pada jarak pijak roda yang lebih lebar, rem lebih besar dan chassis yang diperkuat. Sprint 0-100 km/jam dalam 9,3 detik.
Pada 1971, BMW 2002 ti tampil jauh lebih sempurna dimulai dengan adanya pergantian karburator Solex dengan injeksi dan mesin menghasilkan 130 hp.
Upgrade ini pula yang kemudian membuat BMW 2002 ti menambah satu lagi huruf i di namanya menjadi “BMW 2002 tii”.
Selama produksi, BMW 2002 tii ditawarkan dalam dua gaya bodi, yang paling umum adalah Coupe, sementara versi Touring yang lebih langka juga dibuat. Produksi BMW 2002 tii berlangsung hingga 1975.
Lebih dalam, BMW 2002 tii masih mengusung bentuk sedan 2 pintu dengan mesin yang dipasang di depan menyalurkan tenaganya ke roda belakang.
BMW 2002 tii menggunakan 4 silinder, camshaft overhead tunggal yang disedot secara alami memiliki 2 katup per silinder dan perpindahan 2 liter.
BMW 2002 tii mampu menggenjot torsinya hingga 130 bhp (132 PS/97 kW) pada 5800 rpm dan 178 Nm (131 lb ft/18,2 kgm) pada 4500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda melalui transmisi manual 4 percepatan.
Dengan berat trotoar yang diklaim 1026 kg, BMW 2002 tii berhasil mencapai tolok ukur 0-60 mph dalam 8,2 detik dan seperempat mil dari keadaan diam dalam 16,5 detik. Kecepatan maksimumnya diklaim adalah 193 km/jam atau 120 mph.
BMW 2002 Turbo
BMW nampaknya masih juga belum puas, porsi BMW 2002 tii kemudian ditingkatkan lagi dan jadilah BMW 2002 Turbo. Mobil yang diluncurkan pada 1974, awalnya adalah subkompak garapan BMW.
Kemudian BMW 2002 Turbo berkembang menjadi mobil yang lebih besar dan mewah. BMW 2002 Turbo tersedia dalam tiga varian – dan BMW 2002 Turbo 2.0L 5MT (170 HP).
Selain pembaruan BS6, mobil juga mendapat fitur baru dan facelift. BMW 2002 Turbo 1974 tersedia dalam beberapa pilihan warna, pelanggan dapat memiliki warna mobil sesuai kebutuhannya.
2002 Turbo juga jadi penutup serie BMW 2002 ini. Dibuat hanya 1.672 unit selama dua tahun dan menjadikannya salah satu mobil BMW yang langka. Kenapa BMW 2002 Turbo sangat dicari? Inilah beberapa spesifikasinya.
Spesifikasi dan Histori BMW 2002 Turbo
BMW 2002 Turbo pertama kali dipajang pada ajang Frankfurt Motor pada 1973. Eksteriornya menampilkan garis-garis bergaya balap di kedua sisi mobil, tidak ada bumper depan, spoiler yang didesain ulang lebih agresif dan roda yang lebih luas.
BMW 2002 turbo memiliki fitur unik, mulai dari desain kata “Turbo” dan “2002” yang tertulis secara terbalik pada spoiler depan, sehingga driver di depannya akan tahu apa yang mereka hadapi ketika melihat di cermin mereka.
Sebuah ajang pamer yang sempat dikritisi banyak pakar karena hal itu dianggap mengganggu pengendara lain.
BMW 2002 turbo memiliki poros gardan dan bearing yang lebih kuat, walau masih menggunakan konfigurasi MacPherson pada poros depan dan lengan ayun semi-trailing pada gardan belakang.
BMW 2002 Turbo juga menggunakan rasio kompresi 6.9:1, untuk mencegah engine knocking.
Mesin
BMW 2002 turbo diberikan mesin dengan 4 silinder. yang telah dicoba dan diuji. BMW 2002 turbo juga sudah dilengkapi dengan mesin turbocharged 2.0L KKK (Kuhnle, Kopp dan Kausch) yang memberikan torsi 170 hp dan 173 lb-ft yang mengesankan.
Pada saat digeber di jalanan, BMW 2002 turbo tampil dengan mengesankan, menghasilkan skor 7 detik pada sprint 0-60 mph dan kecepatan tertinggi 130 mph. Itu adalah model produksi turbocharged Eropa pertama dalam sejarah.
Untuk menghentikan semua kuda itu dengan aman, roda depan dilengkapi dengan rem cakram berventilasi internal dan rem tromol yang lebih besar di gandar belakang daripada yang setara dengan seri.
BMW 2002 turbo memiliki tampilan yang kompak dengan aura sporty. Dimensinya adalah 4.220 mm untuk panjangnya, kemudian lebarnya hanya 1.630 mm dan dilengkapi dengan roda kecil 13 inci.
Mobil BMW sport pendek ini, dinilai memiliki bobot yang ringan dengan sayap lebar yang mencolok seperti pegulat dalam pelindung tubuh.
Suspensi depan pakai inovasi McPherson struts dengan coil spring dan anti-roll bar. Sedangkan pada bagian belakang oleh semi-trailing link axle. Pergeseran manual menawarkan empat gigi, dengan lima sebagai opsi..
Dari sisi interior, kabin mobil didominasi oleh trim merah yang mengelilingi tiga instrumen melingkar. Kursi dan setir atau roda kemudi menggunakan kulit. Lalu tuas penggulung jendela dan roda quarter light tersembunyi di panel pintu.
Mobil ini sangat sporty pada masanya, namun tetap nyaman untuk dipakai melaju dengan keluarga. Karena masih ada kursi bangku belakang yang ternyata, menawarkan ruang yang cukup untuk dua, atau tiga orang sekaligus.
Mengemudi juga makin nyaman karena visibilitas jelas. Berkat area kaca yang luas dan garis bahu yang rendah.
Tips dari Lifepal! BMW 2002 adalah mobil legendaris BMW yang jadi penentu arah desain dan filosofi mobil BMW kedepannya. BMW ini muncul dibuat pada era 1960-an, saat itu BMW tengah memasuki pasar mobil kelas menengah.
Sejak pertama kali diluncurkan pada 1968, BMW 2002 langsung meraih sukses di mancanegara.
Ada dua tipe yang diperkenalkan pada 1968, yaitu 2002 dengan mesin 4 silinder 2,0 liter karburator tunggal bertenaga 100 hp. Kedua, 2002 ti dengan mesin yang sama namun dilengkapi karburator ganda bertenaga 120 hp.
Jangan lupa untuk melindungi mobil-mobil klasik kesayanganmu, seperti BMW 2002, dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu.
Lindungi Mobilmu dengan Asuransi Mobil
Biaya perbaikan dan perawatan mobil tentu tidak murah. Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.
Manfaatkan asuransi mobil All Risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.
Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan Kalkulator Lifepal berikut ini.
Kemudian pilihlah asuransi mobil yang cocok, dengan bantuan Kuis Asuransi Mobil Lifepal di bawah ini
Pertanyaan Seputar BMW 2002
BMW ini langsung jadi mobil yang cukup hits pada masa itu. Tercatat sepanjang siklus produksinya (1968-1975), mobil ini terjual 339.092 unit. Salah satu mobil yang penjualannya terbaik dari BMW.