Cara Klaim Asuransi Astra Lengkap, Cek Polis, dan Call Center

asuransi astra

Nasabah asuransi Astra di Indonesia terhitung banyak. Hal ini tak mengherankan jika mengingat produk asuransi Astra yang lengkap, mulai dari kendaraan, kesehatan, jiwa, hingga asuransi komersial.

Selain itu, salah satu produk asuransi kendaraan Astra, Garda Oto, menjadi yang terbesar, terbaik yang bahkan menjadi acuan bagi seluruh perusahaan asuransi lainnya dan berkembang di segala penjuru Indonesia.

Jika kamu sudah menjadi nasabah asuransi Astra dan ingin mengetahui bagaimana tahapan klaim beserta syaratnya, yuk simak informasi selengkapnya di sini.

Sekilas tentang Asuransi Astra

Asuransi Astra memiliki produk unggulan yaitu asuransi mobil Garda Oto dan asuransi kesehatan Garda Medika. Selain itu, Asuransi Astra juga menawarkan produk dan layanan jasa perlindungan asuransi lain baik itu konvensional maupun syariah.

Perusahaan ini berdiri di bawah pengawasan PT Asuransi Astra Buana yang sudah berdiri sejak tahun 1956, dengan nama PT Maskapai Asuransi Buana. Pada tahun 1990 berubah namanya menjadi PT Asuransi Astra Buana. 

Sebagai perusahaan asuransi umum, Asuransi Astra sudah meraih berbagai penghargaan salah satu Top Brand Award versi Majalah Marketing & Frontier tahun 2007-2018.

Hingga saat ini, Asuransi Astra semakin berkembang dan berhasil memiliki jaringan distribusi nasional dengan 27 kantor cabang dan 44 unit layanan serta Garda Center. 

Asuransi Astra juga terus melakukan inovasi layanan dengan platform digital yang memberikan jangkauan layanan yang semakin maksimal.

Prosedur Klaim Asuransi Astra

Cara klaim Asuransi Astra Buana terbilang mudah. Apalagi saat ini asuransi Astra menyediakan layanan klaim melalui berbagai channel. 

Secara umum, cara klaim asuransi Astra tidak berbeda jauh dengan perusahaan lainnya. Berikut ini penjelasan mengenai prosedur klaim asuransi Astra: 

Laporkan kejadian

Asuransi Astra memberikan syarat pelaporan kerugian maksimal lima hari kerja setelah kejadian, sebagaimana yang tercantum dalam polis. Menariknya, ada berbagai channel untuk melaporkan kerugian asuransi Astra, antara lain:

  • Garda Mobile Otocare, aplikasi yang akan membantu pemegang polis asuransi mobil Astra untuk memantau kondisi kendaraan, memudahkan proses klaim, sampai melayani permintaan darurat.
  • Garda Akses 24 Jam, yaitu customer service di nomor 1-500-112 untuk melakukan pelaporan klaim.
  • Kantor cabang Asuransi Astra terdekat
  • Melalui Garda Center yang tersebar di berbagai mal di Indonesia.
  • Mengakses website asuransiastra.com dengan mengisi data singkat di menu ‘New Claim’.

Metode klaim

Dalam hal pembayaran klaim, Asuransi Astra Buana menyediakan dua metode penggantian biaya, antara lain:

  • Cashless adalah metode penggantian biaya tanpa mengeluarkan uang terlebih dahulu. Kamu hanya dengan menunjukan kartu asuransi untuk perawatan medis atau ke bengkel rekanan untuk asuransi kendaraan.
  • Reimbursement yaitu metode penggantian dengan cara memakai dana nasabah terlebih dahulu. Metode ini dapat dilakukan secara berkala maupun sekaligus, tergantung pada produk asuransi yang dimiliki oleh nasabah. Pihak perusahaan asuransi kemudian akan mengganti sebagian atau seluruh tagihan tersebut sesuai kesepakatan di polis asuransi.

Syarat dan cara klaim Asuransi Mobil Astra (Garda Oto)

Prosedur klaim Garda Oto tak berbeda jauh dengan asuransi kendaraan lainnya. Kamu harus melaporkan kejadian melalui channel yang diinginkan. Kemudian menjalani survei kerusakan.

Setelah survey selesai dan hasil survei diproses, pelanggan akan mendapatkan Surat Perintah Kerja (SPK). Terakhir, bengkel akan melakukan perbaikan kendaraan sesuai SPK yang telah dibuat atau kompensasi akan diberikan.

Adapun sejumlah syarat yang disiapkan dibedakan sesuai jenis kerusakan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini syarat klaim asuransi mobil Garda Oto:

Klaim kerugian sebagian (Partial Loss )

Pada kerusakan sebagian, kamu diharuskan melengkapi dokumen, yaitu:

  • Foto STNK Kendaraan Asli
  • Foto SIM Pengemudi Saat Kejadian Asli
  • Surat keterangan dari kepolisian setempat (jika kerugian diakibatkan oleh perbuatan jahat orang lain atau melibatkan pihak ketiga)
  • Foto KTP Pemegang Polis Asli

Jika terdapat tuntutan dari pihak ketiga (kerugian berupa kendaraan):

  • Surat tuntutan dari Pihak Ketiga
  • KTP Pihak Ketiga
  • STNK Pihak Ketiga
  • SIM Pihak Ketiga
  • Surat keterangan dari kepolisian setempat

Jika terdapat tuntutan dari Pihak Ketiga (kerugian bukan kendaraan):

  • Surat tuntutan dari Pihak Ketiga
  • KTP Pihak Ketiga
  • Surat Keterangan Kepolisian setempat
  • Surat Kematian dan Visum Rumah Sakit (jika korban meninggal dunia)
  • Kwitansi/rincian asli kerugian Pihak Ketiga

Klaim kerugian total (Total Loss)

Jika jenis kerusakan termasuk kerugian total, kamu harus menyiapkan beberapa persyaratan antara lain:

  • SIM Pengemudi Saat Kejadian Asli
  • STNK Asli
  • KTP Pemegang Polis Asli
  • Surat keterangan dari kepolisian setempat
  • Surat Keterangan Kaditserse Kendaraan Hilang dari Polda setempat (untuk kendaraan hilang)
  • Formulir Interview Kerugian
  • Surat blokir STNK (untuk kendaraan hilang)
  • Formulir bersedia di survey (untuk kendaraan hilang)

Selanjutnya petugas survei dari asuransi Astra akan melakukan survei dan analisa klaim. Jika perlu akan melakukan pengecekan Tempat Kejadian Perkara (TKP).  

Jika klaim disetujui, ada beberapa dokumen tambahan seperti:

  • BPKB & faktur asli
  • Buku KIR Asli (untuk kendaraan yang dilengkapi)
  • 3 (tiga) lembar kwitansi blanko yang telah ditandatangani
  • Surat Kuasa Pencabutan Blokir (untuk kendaraan hilang)
  • Surat Abandonment (Penyerahan Hak Milik)
  • STNK asli
  • Kunci kontak asli & serep

Kemudian, kamu hanya perlu menunggu pembayaran klaim akan dibayarkan ke rekening paling lambat 14 hari kerja setelah dokumen lengkap diterima. Pastikan kamu menyiapkan dokumen dengan lengkap, ya!

Syarat dan cara klaim Asuransi Kesehatan Astra  

Produk unggulan dari Asuransi Astra bernama Garda Medika ini banyak dipilih karena tersedia sistem cashless yang memudahkan dalam proses klaim. 

Berikut ini cara klaim Asuransi Garda Medika terbagi menjadi dua cara, yaitu cashless (non tunai) dan reimbursement (tunai). 

Cara klaim cashless Garda Medika

Metode cashless hanya dapat digunakan di rumah sakit rekanan dengan tahapan sebagai berikut: 

  • Kamu bisa langsung menuju rumah sakit rekanan perusahaan asuransi. Daftar lengkapnya bisa dilihat di dalam buku polis atau dalam situs resmi Asuransi Astra.
  • Tunjukan kartu Garda Medika kepada pihak rumah sakit
  • Pihak rumah sakit melakukan konfirmasi ke pihak perusahaan asuransi. 
  • Setelah mendapatkan persetujuan, kamu bisa langsung mendapatkan pelayanan medis sesuai ketentuan polis

Cara klaim reimbursement Garda Medika

Klaim reimbursement hanya bisa dilakukan di rumah sakit non rekanan dengan tahapan sebagai berikut:

  • Kamu bisa datang ke rumah sakit manapun untuk mendapatkan pelayanan medis sesuai ketentuan polis
  • Minta dan simpan nota dan kwitansi dari pihak rumah sakit.
  • Ajukan klaim ke HRD tempat kamu bekerja atau langsung ke perusahaan asuransi.
  • Perusahaan asuransi melakukan analisis klaim. 
  • Pembayaran klaim ditunaikan dalam waktu yang sudah disepakati.

Syarat dan cara klaim Asuransi Properti Astra

Produk asuransi properti dari Astra menawarkan manfaat untuk melindungi aset berharga, dalam hal ini bangunan. Polis bernama Garda Home ini banyak dipilih karena premi yang murah, bahkan ada yang di bawah Rp100 ribu dengan pertanggungan utama risiko kebakaran sesuai Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI).

Jika kamu peserta asuransi properti Garda Home, setelah melaporkan kejadian, kamu bisa melengkapi syarat dokumen penunjang laporan klai melalui email [email protected]

Adapun sejumlah persyaratan antara lain:

Dokumen utama

  • Formulir Laporan Klaim sudah terisi lengkap, termasuk tandatangan dan stempel perusahaan
  • Berita Acara Kronologis Kejadian
  • Perincian perkiraan kerugian dengan dukungan penawaran biaya perbaikan dari supplier/kontraktor
  • Foto-foto detail kerusakan obyek pertanggungan

Dokumen tambahan

  • Penyebab kejadian mempunyai unsur kriminal
  • Surat Keterangan Kepolisian Setempat
  • Laporan Hasil Analisis Laboratorium Kriminologi/Forensik
  • Kerusakan atas bangunan
  • Blueprint final atau Sketsa Bangunan
  • Analisis Teknis Kerusakan (untuk bagian yang memerlukan pengukuran khusus)
  • Kerugian atas stok
  • Laporan Posisi Stok terakhir
  • Bukti-bukti keluar/ masuk stok
  • Penjelasan stok (stok bahan baku, stok setengah jadi, dagangan, stok spare part, dan lain lain)
  • Harga Pokok Penjualan (Biaya Produksi Barang)
  • Kerugian atas mesin-mesin atau peralatan lainnya
  • Analisis Teknis Kerusakan (Technical Service Report) dari teknisi yang kompeten dan independen.
  • Quality Assurance (untuk mesin-mesin yang memerlukan pengukuran yang presisi dan khusus)
  • Laporan Overhaul terakhir
  • Sertifikat Garansi
  • Kerugian akibat bencana alam
  • Surat Keterangan Badan Meteorologi dan Geofisika setempat
  • Kerugian gangguan usaha/Business Interruption
  • Perincian detail pendapatan (forecast pendapatan) yang hilang selama periode interupsi
  • Perincian detail pendapatan selama 12 bulan sebelum mulainya periode interupsi
  • Rincian kebutuhan biaya untuk memperpendek biaya interupsi
  • Perincian biaya tetap (fixed cost) dan tidak tetap (variable cost) selama periode interupsi

Syarat dan cara klaim Asuransi Pengangkutan

Asuransi Astra juga memiliki produk yang menjamin kerugian atau kehilangan atas barang-barang selama pengiriman melalui jalur laut, udara, atau darat. Pemilik polis asuransi ini bisa menyiapkan sejumlah dokumen ketika hendak mengajukan klaim:

Dokumen utama

  • Formulir Laporan Klaim diisi lengkap, termasuk ditandatangani dan dibubuhi stempel perusahaan.
  • Berita Acara Kronologis Kejadian
  • Laporan Kerusakan Cargo (dikeluarkan oleh kapal)
  • Survey Report (baik saat pemuatan barang maupun pembongkaran oleh independent surveyor)
  • Berita Acara Serah Terima Barang (baik di lokasi pemuatan maupun pembongkaran)
  • Invoice/faktur
  • Surat Angkutan Barang (B/L, air way bill, konosemen, Surat Angkut Darat)
  • Packing list atau sejenisnya
  • Surat Tuntutan kepada pihak pengangkut atau yang bertanggung jawab atas kerugian tersebut
  • Tanda terima Surat Tuntutan ke Pengangkut
  • Korespondensi dengan pengangkut/pengelola gudang/ pihak yang berkaitan dengan tanggung jawab mereka terhadap barang tersebut.
  • Perincian detail kerugian
  • Kwitansi biaya perbaikan/ Penggantian barang
  • Penawaran perbaikan atas barang
  • Certificate of Origin (sertifikasi asal barang)
  • Certificate of Quality (sertifikasi kualitas barang)
  • Master’s Protest/ Ship’s log (catatan dari kapten kapal terhadap suatu kejadian yang terjadi pada kapal/ barang yang dibawa)
  • Ship’s Outturn/Outturn Report/Statement of Fact (catatan bongkar muat barang yang dibuat oleh Perusahaan Bongkar Muat di pelabuhan tujuan)
  • Foto-foto detail kerusakan obyek pertanggungan

Dokumen tambahan

  • Kerugian akibat kecelakaan lalu lintas atau perbuatan jahat
  • Surat Keterangan Kepolisian setempat
  • Fotokopi SIM & STNK angkutan darat (hanya untuk kecelakaan lalu lintas)
  • Kerusakan atas mesin-mesin atau peralatan lainnya (yang diangkut)
  • Technical Service Report dari teknisi yang kompeten dan independent
  • Quality Assurance (untuk mesin-mesin yang memerlukan presisi dan pengukuran khusus)
  • Sertifikat Garansi
  • Kerugian akibat kerusakan yang tidak tampak secara visual (penurunan mutu/yang lainnya)
  • Laporan Hasil Pemeriksaan / Analisis Laboratorium

Cek polis asuransi Astra 

Sama seperti cara klaimnya yang mudah, melakukan pengecekan polis asuransi Astra juga mudah.

Kamu bisa mengetahuinya melalui aplikasi Garda Mobile. Khusus untuk cek polis asuransi mobil Astra, kamu bisa mengakses e-policy di link www.asuransiastra.com/epolicy/.

Nasabah juga bisa menghubungi Garda Center di nomor 1500-122 untuk mendapat informasi mengenai status polis.

Tips klaim asuransi agar disetujui  

Ada beberapa kondisi yang membuat pengajuan klaim tidak disetujui. Maka dari itu, kamu bisa mengikuti tips berikut ini:

  • Polis asuransi dalam keadaan masih aktif dan premi tidak telat dibayarkan.
  • Polis juga tidak dalam masa tunggu yang lamanya 30 – 60 hari sejak polis disetujui.
  • Ketahui apakah klaim yang diajukan tidak termasuk ke dalam risiko yang dikecualikan. Informasi ini bisa kamu dapatkan dalam buku polis.
  • Segera ajukan klaim dalam tenggat waktu tertentu supaya perusahaan asuransi punya waktu untuk dapat menerima atau menolak klaim. Asuransi Astra sendiri memberikan syarat pelaporan klaim tidak lebih dari 5 hari sejak kejadian.
  • Hubungi segera perusahaan asuransi dan siapkan dokumen.
  • Serahkan dokumen dengan lengkap dan benar ke perusahaan asuransi untuk dilakukan pengecekan.
  • Setelah mendapatkan persetujuan, manfaat klaim asuransi akan ditransfer ke rekening. Usahakan nama rekening sesuai dengan data tertanggung, ya!

Layanan call center asuransi Astra

Jika kamu membutuhkan informasi lebih lengkap mengenai produk asuransi Astra, cara klaim, atau informasi lainnya, kamu bisa menghubungi layanan pelanggan melalui:

  • Kantor pusat Astra Buana: Jl. TB Simatupang Kav. 15, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan, 12440.
  • Telepon: 1 500 112
  • Email: [email protected]

Uang pertanggungan dari asuransi

Produk asuransi akan memberikan uang pertanggungan (UP), berupa sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia.

Kita bisa mengetahui nilai UP dengan menghitung nilai hidup manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator berikut ini untuk menghitungnya:

Kita juga bisa memilih asuransi jiwa yang paling cocok dengan menggunakan kalkulator berikut ini:

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Pertanyaan seputar asuransi Astra

Asuransi Diskon 25% – Lihat 500+ Pilihan!