Cara Klaim BNI Life Hanya Butuh 25 Menit Langsung Cair

Telah Ditinjau: Clara Naomi Clara Naomi
Klaim asuransi motor

Cara klaim BNI Life kini semakin mudah dan cepat karena bisa dilakukan secara online. Layanan klaim 25 menit BNI Life dihadirkan untuk mempermudah nasabahnya dalam mendapatkan manfaat asuransi sesuai perjanjian polis. Khususnya selama masa pandemi ini, klaim online BNI Life dapat menjadi solusi yang tepat. 

Artinya gak perlu lagi mengajukan klaim lewat agen asuransi atau mengirimkan sejumlah dokumen hingga memakan waktu berhari-hari. Nah, bagi kamu yang menginginkan cara klaim BNI Life yang cepat ini simak informasinya ya. 

Layanan klaim BNI Life 

BNI Life memiliki layanan klaim digital yang memiliki keunggulan klaim dapat selesai dalam waktu 25 menit saja. Tentu saja dengan catatan secara administrasi lengkap dan tidak ada masalah. 

Cara klaim BNI Life ini disebut dengan Eazy. Melalui aplikasi ini kamu bisa mengirimkan berkas pengajuan yang lengkap beserta kuitansi ke alamat customer care BNI Life. Sebagai informasi selain di Jakarta, customer care BNI Life juga berada di Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Denpasar dan Palembang. 

Sebagai bukti pengajuan klaim, nasabah akan mendapatkan SMS sebagai informasi klaim telah dibayarkan ke rekening nasabah. Tapi ingat ya, dokumen harus lengkap dan jelas sehingga mempermudah proses cara klaim BNI Life. 

Tahapan melakukan klaim BNI Life

Selain layanan 25 menit klaim, tahapan-tahapan melakukan klaim BNI Life umumnya sama. Misalnya untuk klaim One Day Service, berikut tahapan cara klaim BNI Life:

  • Semua dimulai saat nasabah menyerahkan dokumen lengkap ke BNI Life
  • Penyerahan dokumen bisa dilakukan dengan cara mengirimkan berkas ke alamat customer care BNI Life atau mengajukannya lewat aplikasi BNI Life Mobile untuk layanan Digi Claim 
  • BNI Life melakukan verifikasi manfaat 
  • Proses layanan akan dilakukan baik dalam layanan 25 menit cair atau One Day Service atau 1×24 jam dan manfaat cair ke rekening nasabah

Syarat kelengkapan klaim BNI Life

Perlu kamu ketahui, urusan klaim cepat atau lambat itu tergantung pada syarat kelengkapan yang diajukan. Tentu semakin lengkap persyaratan maka semakin cepat urusan pencairan klaim BNI Life. 

Agar urusan klaim cepat, perhatikan syarat-syarat kelengkapan cara klaim BNI Life berikut ini rinciannya: 

  • Copy identitas diri seperti KTP 
  • Copy Kartu Keluarga
  • Asli atau Copy Surat Keterangan Kematian dari Kelurahan 
  • Asli atau Copy Surat Keterangan Diagnosa jika meninggal dunia di RS/Klinik/Puskesmas atau Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dari Kepolisian
  • Form klaim BNI LIfe yang bisa didownload di website 
  • Resume medis yang telah diisi lengkap dan jelas
  • Kwitansi asli biaya perawatan
  • Perincian biaya yang lengkap dan jelas
  • Perincian obat-obatan yang lengkap dan jelas
  • Salinan hasil tertulis pemeriksaan diagnostik (bila ada, seperti : laboratorium, rontgen, dll)

Ketahui hal-hal ini terkait pencairan klaim BNI Life

Syarat klaim sudah lengkap, selanjutnya mengajukannya ke BNI Life. Nah, dalam proses pencairan klaim BNI Life kamu juga harus mengetahui jenis klaim yang diajukan. Sebab itu akan menentukan waktu pencairannya. 

Misalnya jika kamu mengajukan cara klaim BNI Life 25 menit atau layanan 1 hari maka berbeda untuk syarat administrasinya. Berikut hal-hal yang harus kamu ketahui terkait pencairan klaim BNI Life: 

  • Pembayaran klaim dilakukan dalam waktu 7 (tujuh) hari kerja sejak persyaratan dokumen klaim diterima dan dinyatakan lengkap
  • Data hal klaim maksimal 30 (tiga puluh) hari kalender sejak risiko terjadi
  • Untuk klaim yang memerlukan verifikasi lebih lanjut, keputusan klaim akan diterima maksimal 60 (enam puluh) hari kerja sejak dokumen diterima lengkap
  • Apabila pengajuan klaim melebihi batas waktu yang telah ditentukan maka BNI Life Insurance tidak berkewajiban membayarkan santunan asuransi
  • Jenis form klaim dapat di-download melalui website BNI Life
  • Nominal pengajuan klaim bergantung pada produk yang dipilih nasabah 
  • Proses pengajuan klaim dilakukan pada hari kerja dan jam kerja yakni Senin-Jumat dari pukul 08.00 WIB-17.00 WIB dan tidak termasuk hari libur nasional. 

Lama proses pencairan klaim

Seringkali waktu pencairan klaim menjadi hal yang sering dipersoalkan nasabah. Termasuk juga di BNI Life seperti yang dialami salah satu nasabah BNI Life Insurance di Mataram yang mengeluh selama satu bulan belum juga terjadi pencairan klaim dari asuransinya. Nasabah tersebut mengeluh karena tidak ada info terkait kelanjutan dari pengajuan polis asuransinya. 

Meskipun sudah mengklaim telah melengkapi persyaratan pengajuan polis tetapi pencairan klaim memakan waktu lebih standar pelayanan yang ditetapkan BNI Life. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, persyaratan kelengkapan dokumen harus dipastikan.

Ini untuk mencegah terjadinya kesalahan saat mengajukan pcara klaim BNI Life. Pastikan juga dokumen sesuai dengan permintaan dari BNI Life seperti: keaslian, waktu atau kejadiannya jangan sampai lewat dari batas yang ditentukan. 

Lamanya proses pencairan klaim juga dipengaruhi oleh cara klaim BNI Life. Misalnya saat ini ada dua cara pengajuan klaim yakni 25 menit dan One Day Service. Berikut standar lamanya pencairan klaim di BNI Life: 

  • Peserta kesehatan pensiunan BNI: 25 menit 
  • Peserta asuransi kesehatan kumpulan atau perusahaan: 25 menit sampai 10 hari 
  • Klaim lewat BNI Life Mobile: maksimal 4 hari pada hari kerja 

Cek saldo sebelum melakukan pencairan

Ada baiknya sebelum melakukan pencairan klaim BNI Life, kita lebih dahulu cek saldo atau plafon asuransi kita di BNI Life. Ini akan membuat kita yakin bahwa nilai yang klaim yang diajukan akan ditanggung sepenuhnya oleh BNI Life. 

Selain itu dengan melakukan cek saldo kita akan terhindar dari persoalan keluhan atas klaim yang kita ajukan. Nah, cek saldo BNI Life sebenarnya sangat mudah berikut caranya: 

  • Melalui Telepon Call Center: menghubungi call center BNI Life di nomor 1-500-045.
  • Melalui Website Resmi: asuransi BNI Life memiliki website resmi yakni bni-life.co.id lalu masuk ke website lalu pilih menu Customer Portal.
  • Melalui SMS : kirim SMS ke 0811117626 dengan format: SALDO [spasi] nomor polis.
  • Datang Langsung ke Kantor: karyawan BNI Life dapat langsung membantu mengecek saldo kamu secara real time.

Cara lain selain melakukan klaim 

Selain metode klaim atau reimbursement, sebenarnya metode lain untuk menerima manfaat bagi nasabah BNI Life adalah dengan cara menggunakan kartu. Hanya saja ini terbatas untuk produk asuransi kesehatan BNI Life saja. 

Cara menggunakan kartu BNI Life yakni sebelum dan sesudah mendapat perawatan dan pengobatan hanya tinggal menggesek kartu BNI Life. Hal tersebut dilakukan di bagian pendaftaran dan billing seraya meninggalkan identitas diri. 

Apabila tidak ada biaya tambahan terkait selisih biaya perawatan atau pengobatan, maka kita tidak perlu membayar sisa tagihan. Namun jika ada maka nasabah harus membayar kekurangannya. 

Produk Asuransi BNI Life 

Asuransi BNI Life memiliki empat core produk yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Keempat core produk tersebut kemudian terdiri dari berbagai jenis produk. Ingin tahu rinciannya? Berikut informasinya: 

  • Individu: terdiri dari produk asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, investasi dan hari tua. 
  • Kumpulan: terdiri dari asuransi kesehatan dan asuransi jiwa 
  • Asuransi Syariah: terdiri dari asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan dan investasi 
  • Asuransi Tahap Kehidupan: dimulai dari asuransi awal karir, berkeluarga, small medium enterprise, korporasi, menjadi orang tua, memulai 40, merencanakan masa depan dan persiapan hari tua. 

Demikian informasi lengkap tentang cara klaim BNI Life. Semoga bisa membantu terkait layanan tentang BNI Life berikut juga produk asuransinya. 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →