Cara Membatalkan AXA Mandiri Sesuai Panduan Resmi

cara membatalkan axa mandiri

Setiap orang pasti memiliki beberapa pengalaman baik atau sebaliknya terhadap produk asuransi yang sudah dibeli.

Nah, bisa saja pengalaman buruk itu seperti merasakan ketidakcocokan dengan isi polis asuransi hingga pada akhirnya kamu memutuskan untuk mengajukan pembatalan.

Perusahaan asuransi pun biasanya akan mengakomodir permintaan pembatalan asuransi tersebut. Hal tersebut menjadi hak calon nasabah ataupun yang sudah menjadi nasabah.

Pembatalan asuransi juga berlaku pada perusahaan asuransi AXA Mandiri. Perusahaan ternama di Indonesia tersebut juga tidak menghalangi nasabah atau calon nasabah mengajukan pembatalan polis.

Namun, jika ingin melihat produk lain yang lebih cocok, sila cek laman AXA Mandiri di Lifepal.

Sebelum beranjak ke cara membatalkan AXA Mandiri, kamu perlu pahami dulu bahwa ada dua macam pembatalan polis asuransi, yaitu cooling off dan surrender.

  • Cooling off adalah proses yang diberikan kepada pemegang polis untuk memastikan bahwa isi polis telah sesuai dengan kebutuhan nasabah sebelum resmi menjadi nasabah tetap. Nah, calon nasabah dapat mengajukan pembatalan pada rentang waktu tersebut.
  • Surrender adalah pembatalan polis setelah menjadi nasabah sehingga terjadi putusnya kewajiban perusahaan asuransi untuk melindungi nasabah. Pihak asuransi akan menghitung jumlah premi yang sudah dikumpulkan sesuai ketentuan yang berlaku.

Tahapan yang perlu dilalui sebagai cara membatalkan Asuransi AXA Mandiri

Berikut tata cara membatalkan AXA Mandiri untuk semua jenis produk asuransinya.

1. Menghubungi call center AXA Mandiri

Cara membatalkan AXA Mandiri pertama yang harus dilakukan adalah menghubungi Customer Care Center AXA Mandiri. Kamu dapat Kontak Customer Care Center AXA Mandiri adalah +6221 3005 8788.

Staf customer service akan menanyakan data lengkapmu. Data-data tersebut terdiri dari nama, nomor polis, dan alasan membatalkan asuransi.

Kemudian pihak Customer Service akan memberitahukan tahap-tahap berikutnya yang harus dilakukan.

2. Mengunduh formulir pembatalan

Cara membatalkan AXA Mandiri selanjutnya adalah dengan mengunduh formulir ini di website resmi AXA Mandiri, yaitu di laman www.axa-mandiri.co.id.

Perlu diketahui bahwa formulir ini juga digabung dengan Formulir Pengajuan Penarikan Dana.

Pastikan semua bagian yang wajib dilengkapi sudah terisi semua. Tidak hanya itu, jangan sampai kamu salah memasukkan data ke dalam formulir tersebut.

Supaya tidak memberikan informasi yang salah, disarankan juga untuk tidak mengisi formulir ini sendirian. Kamu dapat berkonsultasi dengan Financial Advisor yang bisa ditemukan di seluruh kota cabang AXA Mandiri Indonesia.

3. Mengembalikan dokumen polis asuransi

Setelah semua formulir diisi dengan lengkap dan benar, kamu harus menyerahkan dokumen dan formulir pengajuan pembatalan polis ke kantor pusat AXA Mandiri di Jakarta.

Sebagai bagian dari cara membatalkan AXA Mandiri, berikut syarat-syarat dokumen yang harus dikumpulkan pada pembatal polis cooling off.

  • Mengisi formulir yang sudah disediakan
  • Menyertakan fotokopi identitas diri (KTP, Paspor, atau KITAS)
  • Menyertakan fotokopi buku tabungan yang digunakan untuk transaksi asuransi
  • Mengembalikan buku polis asli
  • Membayar biaya administrasi sebesar Rp420.000 dan biaya medis (jika ada)

Kemudian, bagi yang mengajukan pembatalan polis asuransi surrender, berikut persyaratan yang harus dilengkapi.

  • Mengisi formulir yang sudah disediakan
  • Menyertakan fotokopi identitas diri (KTP, Paspor, atau KITAS)
  • Menyertakan fotokopi buku tabungan yang digunakan untuk transaksi asuransi
  • Mengembalikan buku polis asli
  • Mengikuti aturan pajak asuransi yang berlaku

Pastikan dokumen tersebut diterima langsung oleh Financial Advisor yang ada di seluruh kantor cabang AXA Mandiri.

4. Menunggu proses pembatalan polis

Setelah semua dokumen diterima langsung oleh staf tim FA (Financial Advisor) AXA Mandiri, kamu hanya perlu menunggu proses pembatalan tersebut.

Proses pengajuan cooling off ini berlangsung selama 14 (empat belas) hari kerja setelah dokumen tersebut diterima. Sedangkan proses untuk mengajukan pembatalan surrender dilakukan selama 7 (tujuh) hari kerja.

Akan tetapi, kamu juga bisa mengecek status pengajuan pembatalan tersebut dengan menghubungi customer service di kontak yang sudah disediakan.

Selain customer service, kamu juga dapat mengetahui status perkembangan pembatalan polis melalui surel [email protected]

Demikian prosedur dan cara membatalkan AXA Mandiri. Semoga proses pembatalan polis berjalan lancar.

Akan tetapi, sebelum memulai untuk mengajukan pembatalan polis, pastikan keputusan tersebut sudah dipertimbangkan dengan matang ya.

Nah, supaya tidak sampai terulang ketidakcocokan dengan polis asuransi yang mau dibeli, lebih baik kamu konsultasikan dulu apa kebutuhanmu dengan pihak yang ahli menangani perasuransian.

Lifepal hadir untuk membantu kamu membuat keputusan yang tepat terkait produk asuransi yang mau dibeli.

Lifepal memiliki referensi kepada berbagai produk asuransi kesehatan dan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia.

Buat awalan, yuk cari tahu produk asuransi jiwa apa yang cocok dengan kebutuhanmu di sini.

Yuk, konsultasikan kebutuhan finansialmu dan tips-tips seputar asuransi lainnya di Tanya Lifepal!

Pertanyaan lain terkait cara membatalkan Asuransi AXA Mandiri

Apakah asuransi bisa dibatalkan?

Setiap nasabah berhak mengajukan pembatalan polis jika perjanjian dirasa kurang sesuai dengan yang diharapkan ataupun alasan lainnya. Adapun cara membatalkan AXA Mandiri dapat dilakukan dengan menghubungi perusahaan terkait.

Berapa lama proses pembatalan asuransi?

Setelah dokumen diterima secara lengkap oleh tim AXA Mandiri, maka proses atau cara membatalkan AXA Mandiri kira-kira memakan waktu 14 hari untuk cooling off dan 7 hari kerja untuk proses surrender.

Apakah premi yang telah dibayarkan akan dikembalikan?

Premi yang telah dibayarkan akan dikembalikan jika pengajuan pembatalan polis dilakukan pada masa mempelajari polis. Jika telah melewati masa mempelajari polis, maka premi yang telah dibayarkan akan hangus.

Apakah polis asuransi AXA Mandiri dapat dipulihkan jika sudah ditutup?

Setelah dibatalkan, polis asuransi AXA Mandiri tidak dapat dipulihkan lagi. Jadi, jika ingin memiliki produk asuransi AXA Mandiri, dapat mendaftarkan diri dari awal.

Apa itu Polis AXA Mandiri?

Polis AXA Mandiri adalah pilihan produk asuransi yang dihadirkan oleh AXA Mandiri guna memberikan solusi finansial jika terjadi risiko kerugian pada nasabah.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →