Lengkap! 3 Cara Menggunakan Asuransi Allianz di Rumah Sakit

Allianz Indonesia

Cara menggunakan Asuransi Allianz di rumah sakit rekanan sangat mudah dan bisa dilakukan melalui tiga metode, yakni dengan cashless, reimbursement, dan juga aplikasi Allianz. Melalui layanan nasabah via aplikasi, nasabah bisa lebih mudah melalukan klaim Asuransi Kesehatan Allianz. Sehingga kamu gak perlu khawatir lagi akan kesulitan untuk mengajukan klaim.

Apa saja cara menggunakan asuransi di rumah sakit untuk pengajuan klaim? Cek penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Menggunakan Asuransi Allianz di Rumah Sakit

Cara menggunakan asuransi Allianz di rumah sakit bisa dengan memanfaatkan kartu asuransi kesehatan dari Allianz maupun aplikasi atau reimbursement.

Secara umum, pihak rumah sakit hanya menerima untuk klaim dengan metode cashless, baik itu menggesekkan kartu (swipe card) atau menunjukkan kartu (show card) peserta asuransi kesehatan.

Namun cara klaim Asuransi Kesehatan Allianz juga bisa kamu lakukan dengan metode lainnya. Ketiga cara yang tersedia sama mudahnya untuk dilakukan, berikut penjelasannya:

1. Klaim cashless

Klaim cashless adalah salah satu cara menggunakan kartu Asuransi Allianz di rumah sakit. Kamu bisa menunjukkan kartu Allianz ke bagian pendaftaran rumah sakit sebelum dan setelah mendapatkan perawatan.

Klaim ini dinilai sebagai prosedur klaim asuransi yang paling mudah, karena kamu tidak perlu mengeluarkan uang pribadi terlebih dahulu dan juga repot-repot mengumpulkan sejumlah dokumen tertentu.

Metode cashless dapat dilakukan digunakan di seluruh jaringan rumah sakit yang menerima asuransi yang bekerjasama dengan AdMedika, salah satunya tentu saja Allianz.

Kamu bisa menggunakan asuransi ini untuk manfaat rawat inap dan melahirkan, serta rawat jalan dan rawat gigi. 

Berikut cara menggunakan Asuransi Allianz dengan metode cashless:

  • Sebelum mendapatkan perawatan, berikan kartu Asuransi Allianz kepada petugas pendaftaran
  • Petugas pendaftaran di rumah sakit rekanan Allianz akan menggesek kartu tersebut untuk mengecek manfaat sesuai polis yang kamu miliki
  • Kemudian, lakukan perawatan sesuai dengan anjuran dokter
  • Setelah selesai perawatan, kamu bisa kembali ke bagian pendaftaran 
  • Pihak asuransi akan meninjau perawatan apa saja yang kamu dapat dan memasukkannya dalam pengajuan klaim
  • Apabila ada ekses klaim atau tidak ditanggung oleh Asuransi Allianz, maka kamu harus membayarkan sisanya
  • Kemudian jika semua proses telah selesai, kamu bisa pulang dari rumah sakit.
  • 2. Klaim reimbursement

    Klaim reimbursement adalah metode penggantian uang yang dibayarkan oleh perusahaan asuransi atas biaya rumah sakit yang sudah lebih dulu dibayarkan oleh nasabah.

    Cara menggunakan Asuransi Allianz di rumah sakit untuk metode reimbursement bisa dilakukan dengan menggunakan layanan Health Claim Reimbursement Service Guarantee 7WD.

    Layanan tersebut adalah jaminan atas klaim asuransi kesehatan yang diserahkan nasabah akan dibayarkan dalam 7 hari kerja. Menariknya lagi, kamu bisa mengajukannya dengan menggunakan website Allianz eAZy Connect maupun aplikasi eAZy Claim.

    Jika lebih dari 7 hari kerja yang disebutkan, kamu bisa mendapatkan kompensasi berupa voucher belanjar senilai Rp100 ribu.Klaim ini berlaku untuk manfaat asuransi rawat inap dan rawat jalan.

    Caranya pun mudah, cukup dengan mengajukan formulir klaim Allianz beserta dokumen persyaratannya secara lengkap. Jika berkas yang diterima telah memenuhi syarat, maka akan segera dilakukan pencairan dana.

    3. Klaim dengan Allianz eAZy Connect

    Allianz eAZy Connect adalah aplikasi Allianz berbasis web untuk mengakses layanan Asuransi Allianz Life bagi nasabah individu maupun kumpulan. 

    Melalui aplikasi ini, terdapat juga layanan eAZy Claim atau klaim reimbursement online. Cukup dengan mengisi data di aplikasi lalu melengkapi dokumen-dokumen berikut ini:

  • Resume medis
  • Kuitansi asli dengan stempel atau logo rumah sakit
  • Rincian biaya
  • Salinan resep obat
  • Dokumen penunjang medis
  • Surat keterangan kecelakaan dan kronologi singkat jika disebabkan oleh kecelakaan
  • Rumah Sakit yang Bekerjasama dengan Allianz

    Cara menggunakan Asuransi Allianz di rumah sakit rekanan asuransi yang bekerjasama dengan AdMedika maupun tidak. 

    Dengan kata lain, untuk klaim cashless bisa diajukan pada rumah sakit yang menggunakan Asuransi Allianz. Sedangkan klaim reimbursement atau menggunakan aplikasi bisa dilakukan meskipun tidak berobat di rumah sakit yang bekerjsama dengan Asuransi Allianz.

    Asuransi Allianz sendiri telah bekerjasama dengan rumah sakit rekanan AdMedika yang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia.

    Berikut daftar rumah sakit yang menerima Asuransi Allianz AdMedika:

  • RS Anggrek Mas: Jl. Anggrek, Rt.9/Rw., Kebon Jeruk, Jakarta Barat | Telp (021) 5305720
  • RS Bina Sehat Mandiri: Jl. Duri Raya No 22 Duri Kepa, Jakarta Barat | Telp (021) 5669411 
  • RS Cendana: Jl. Raya Kedoya No.2, Rt.07, Rw.03, Kebon Jeruk, Jakarta Barat | Telp (021) 29863838
  • RS Ciputra Citra Garden City: Jl. Boulevard Blok G1 No 1, Citra 5 Garden City, Jakarta Barat | Telp (021) 22557888
  • RS Grha Kedoya: Jl. Panjang Arteri No. 26, Kedoya Utara, Jakarta Barat | Telp (021) 29910999
  • RS Hermina Daan Mogot (021) 5408989 Jl. Kintamani Raya No.2,, Daan Mogot, Jakarta Barat
  • RS Jakarta Eye Center Kedoya: Jl. Terusan Arjuna Utara I, Kedoya, Jakarta Barat | Telp (021) 29221000
  • RS Abdi Waluyo: Jl. Hos. Cokroaminoto No.31-32, Menteng, Jakarta Pusat | Telp (021) 3144989
  • RS Hermina Kemayoran: Jl. Selangit Blok B 10 Kav 4, Gunung Sahari, Kemayoran, Jakarta Pusat | Telp (021) 22602525
  • RS Husada: Jl. Raya Mangga Besar, Jakarta Pusat | Telp: (021) 6490090
  • RS Gandaria: Jl. Gandaria Tengah Ii No.6-14, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan | Telp (021) 7250718
  • RS Jakarta: Jl. Jend Sudirman Kav 49, Jakarta Selatan | Telp (021) 5732241
  • RS Khusus Mata Prof Dr Isak Salim Aini: Jl Rs Mata Aini Hr Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan | Telp (021) 5256228
  • RS Mayapada Lebak Bulus: Jl. Lebak Bulus 1 Kav 29, Cilandak Barat, Jakarta Selatan | Telp (021) 29536660
  • Manfaat Asuransi Allianz

    Asuransi Kesehatan Allianz adalah salah satu produk asuransi yang dihadirkan oleh Allianz Life Indonesia yang memberikan manfaat pertanggungan lengkap atas perawatan medis.

    Tersedia lima polis Allianz asuransi kesehatan individu, yakni SmartMed Premier, SmartHealth Maxi Violet, AlliSya Care, SmartMed Cancer, SmartHealth Care Premier Plus dan juga sejumlah asuransi tambahan atau rider.

    Berikut adalah ringkasan manfaat Asuransi Allianz:

    PolisManfaat Pertanggungan
    SmarthHealth Maxi VioletPertanggungan biaya rawat inap + manfaat no claim bonus + tersedia manfaat tambahan (rawat jalan, persalinan, rawat gigi, dan santunan harian untuk tambahan biaya rawat inap)
    SmartMed PremierPertanggungan biaya rawat inap + pergantian biaya sesuai tagihan (as charged) +manfaat no claim bonus sebesar 20%  + tersedia manfaat tambahan (persalinan, rawat jalan dan rawat gigi) + tersedia manfaat spesial (penggantian biaya kemoterapi, hemodialisis, HIV/AIDS, biaya pemakaman, dan pemulangan jenazah)
    SmartHealth Care Premier PlusPertanggungan biaya rawat inap + rawat jalan + rawat gigi + kehamilan + persalinan + nifas + pembayaran biaya perawatan sesuai tagihan (as charged) + tersedia manfaat alternative inpatient care & perawatan HIV/AIDS + tersedia manfaat tambahan berupa peralatan medis yang tahan lama dan anggota tubuh artifisial
    AlliSya Care (syariah)Pertanggungan biaya rawat inap + tersedia manfaat pilihan (rawat jalan, rawat gigi, persalinan, dan santunan harian) + manfaat surplus underwriting + tersedia manfaat  tambahan (evakuasi medis darurat, biaya pemulihan kesehatan, dan bantuan informasi media 24 jam) 
    SmartMed CancerPertanggungan biaya atas penyakit kanker + menanggung biaya pemeriksaan diagnostik + perawatan kanker dan bedah rekonstruksi + pemantauan + pemulihan + santunan kematian

    Sekilas Tentang Asuransi Allianz

    Asuransi Allianz adalah salah satu perusahaan asuransi yang memiliki reputasi terbaik secara global. Di Indonesia, Allianz Life Indonesia adalah salah satu anak perusahaan yang berfokus pada produk asuransi jiwa dan kesehatan.

    Tak hanya asuransi jiwa, asuransi kesehatan Allianz juga menjadi produk unggulan sebab manfaat pertanggungannya hingga seluruh dunia dengan limit yang cukup tinggi.

    Sehingga tak heran jika Allianz disebut sebagai salah satu asuransi kesehatan terbaik di Indonesia.

    Kantor Allianz

    PT Asuransi Allianz Life Indonesia resmi beroperasi pada tahun 1996 dengan izin usaha OJK Nomor: 513/KMK.071/1996 dan telah memiliki ratusan kantor cabang di Indonesia. 

    Berikut daftar kantor Allianz:

  • Kantor Allianz Surabaya: Gedung Graha Pacific, Lantai 1-2, Jl. Basuki Rahmat No. 87-91, Surabaya 60271
  • Kantor Allianz Bandung: Wisma CIMB Niaga, 7th floor, Jl. Gatot Subroto No. 2, Bandung 40262
  • Kantor Allianz Jogja: Ruko Yap Square Blok B20, Terban Yogyakarta, Jawa Tengah 16153
  • Kantor Allianz Makassar: Jl. Sungai Saddang Lama No.23 A, Maradekaya Sel., Kec. Makassar, Kota Makassar,
  • Kantor Allianz Solo:  Jl. Dr. Rajiman No.531 B, Sondakan, Kec. Laweyan, Kota Surakarta
  • Kantor Allianz Bogor: Jl. Raya Pajajaran No.29, Bantarjati, Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat 16153
  • Cek daftar lengkap alamat kantor asuransi Allianz!

    Review Asuransi Kesehatan Allianz

    Banyak yang bertanya, amankah Asuransi Allianz? Bagaimana pengalaman Asuransi Kesehatan Allianz kamu?

    Nah, mengetahui latar belakang legalitas dan juga kelebihan maupun kekurangan Asuransi Allianz juga sangat penting. Terutama sebelum membeli polisnya. 

    Sebagai bahan pertimbangan, kamu bisa simak review Asuransi Kesehatan Allianz dari Lifepal berikut ini:

    1. Pilihan produk yang lengkap

    Jika dibandingkan dengan perusahaan asuransi kesehatan  lainnya di Indonesia, Allianz sendiri menghadirkan produk asuransi yang terbilang cukup lengkap.

    Contohnya, tersedia pilihan asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi unit link, pilihan asuransi syariah, asuransi kumpulan, hingga asuransi mikro yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran.

    2. Limit tahunannya tinggi

    Polis terbaik Asuransi Kesehatan Allianz menawarkan limit asuransi yang cukup tinggi, yakni hingga Rp25 miliar. 

    Dengan limit yang tinggi, tentunya kamu bisa mengajukan klaim lebih leluasa karena jumlahnya yang tinggi. Namun perlu diketahui juga bahwa semakin tinggi limit polis maka akan semakin mahal pula preminya. Jadi, sebaiknya sesuaikan limit sesuai dengan kebutuhan, agar premi yang dibayarkan pun tidak terlalu mahal. 

    3. Rumah sakit rekanan yang luas

    Asuransi Allianz telah bekerjasama dengan sejumlah rumah sakit terbaik di Indonesia dan juga di luar negeri.

    Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah mendapatkan pelayanan kesehatan hingga menikmati layanan klaim cashless.

    Pertanyaan Seputar Cara Menggunakan Asuransi Allianz di Rumah Sakit

    Premi asuransi kesehatan Allianz per bulan bisa diketahui dengan menghubungi call center asuransi, agen, maupun broker asuransi terkait. Secara umum, premi atau biaya asuransi Allianz dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut:

    • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
    • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
    • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
    • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).
    Klaim Allianz umumnya membutuhkan waktu 7-14 hari kerja setelah dokumen diterima secara lengkap oleh pihak asuransi. Ketahui cara menggunakan asuransi Allianz yang benar dan lengkap di artikel ini!
    Ya, tersedia manfaat pertanggungan Allianz rawat jalan dalam produk asuransi kesehatan Allianz.[/accordion[

    [accordion title="Asuransi yang paling bagus apa?" schema_org="true" h3="true"]Ada banyak sekali asuransi kesehatan yang bagus di Indonesia, termasuk juga asuransi kesehatan terbaik dan murah. Cek rekomendasi asuransi kesehatan paling bagus dari Lifepal selengkapnya!
    Masa tunggu adalah periode polis asuransi setelah aktif, namun di masa tersebut nasabah belum bisa mengajukan klaim dari manfaat polis tersebut. Masa tunggu asuransi Allianz sendiri beragam tergantung dari produk yang akan kamu beli.

    Memerhatikan hal ini sangat penting sebab jika kamu mengajukan klaim di masa ini, tentu saja bisa berujung ditolak

    Cara daftar asuransi Allianz bisa dengan menghubungi agen atau broker asuransi maupun mendatangi kantor Allianz terdekat untuk daftar asuransi kesehatan. Cek cara daftar asuransi kesehatan Allianz selengkapnya di sini.
    Cara cek saldo Allianz bisa dilakukan dengan mengakses Allianz eAZy Connect pada situs https://services.allianz.co.id/eazyconnect/in-ID/#/login. Setelah melakukan login, kamu bisa melihat saldo atau sisa limit asuransi di bagian Informasi Polis atau Manfaat Polis.