Lengkap! 3 Cara Menggunakan Asuransi Allianz di Rumah Sakit
Cara menggunakan Asuransi Allianz di rumah sakit rekanan sangat mudah dan bisa dilakukan melalui tiga metode, yakni dengan cashless, reimbursement, dan juga aplikasi Allianz. Melalui layanan nasabah via aplikasi, nasabah bisa lebih mudah melalukan klaim Asuransi Kesehatan Allianz. Sehingga kamu gak perlu khawatir lagi akan kesulitan untuk mengajukan klaim.
Apa saja cara menggunakan asuransi di rumah sakit untuk pengajuan klaim? Cek penjelasan selengkapnya di bawah ini!
Cara Menggunakan Asuransi Allianz di Rumah Sakit
Cara menggunakan asuransi Allianz di rumah sakit bisa dengan memanfaatkan kartu asuransi kesehatan dari Allianz maupun aplikasi atau reimbursement.
Secara umum, pihak rumah sakit hanya menerima untuk klaim dengan metode cashless, baik itu menggesekkan kartu (swipe card) atau menunjukkan kartu (show card) peserta asuransi kesehatan.
Namun cara klaim Asuransi Kesehatan Allianz juga bisa kamu lakukan dengan metode lainnya. Ketiga cara yang tersedia sama mudahnya untuk dilakukan, berikut penjelasannya:
1. Klaim cashless
Klaim cashless adalah salah satu cara menggunakan kartu Asuransi Allianz di rumah sakit. Kamu bisa menunjukkan kartu Allianz ke bagian pendaftaran rumah sakit sebelum dan setelah mendapatkan perawatan.
Klaim ini dinilai sebagai prosedur klaim asuransi yang paling mudah, karena kamu tidak perlu mengeluarkan uang pribadi terlebih dahulu dan juga repot-repot mengumpulkan sejumlah dokumen tertentu.
Metode cashless dapat dilakukan digunakan di seluruh jaringan rumah sakit yang menerima asuransi yang bekerjasama dengan AdMedika, salah satunya tentu saja Allianz.
Kamu bisa menggunakan asuransi ini untuk manfaat rawat inap dan melahirkan, serta rawat jalan dan rawat gigi.
Berikut cara menggunakan Asuransi Allianz dengan metode cashless:
2. Klaim reimbursement
Klaim reimbursement adalah metode penggantian uang yang dibayarkan oleh perusahaan asuransi atas biaya rumah sakit yang sudah lebih dulu dibayarkan oleh nasabah.
Cara menggunakan Asuransi Allianz di rumah sakit untuk metode reimbursement bisa dilakukan dengan menggunakan layanan Health Claim Reimbursement Service Guarantee 7WD.
Layanan tersebut adalah jaminan atas klaim asuransi kesehatan yang diserahkan nasabah akan dibayarkan dalam 7 hari kerja. Menariknya lagi, kamu bisa mengajukannya dengan menggunakan website Allianz eAZy Connect maupun aplikasi eAZy Claim.
Jika lebih dari 7 hari kerja yang disebutkan, kamu bisa mendapatkan kompensasi berupa voucher belanjar senilai Rp100 ribu.Klaim ini berlaku untuk manfaat asuransi rawat inap dan rawat jalan.
Caranya pun mudah, cukup dengan mengajukan formulir klaim Allianz beserta dokumen persyaratannya secara lengkap. Jika berkas yang diterima telah memenuhi syarat, maka akan segera dilakukan pencairan dana.
3. Klaim dengan Allianz eAZy Connect
Allianz eAZy Connect adalah aplikasi Allianz berbasis web untuk mengakses layanan Asuransi Allianz Life bagi nasabah individu maupun kumpulan.
Melalui aplikasi ini, terdapat juga layanan eAZy Claim atau klaim reimbursement online. Cukup dengan mengisi data di aplikasi lalu melengkapi dokumen-dokumen berikut ini:
Rumah Sakit yang Bekerjasama dengan Allianz
Cara menggunakan Asuransi Allianz di rumah sakit rekanan asuransi yang bekerjasama dengan AdMedika maupun tidak.
Dengan kata lain, untuk klaim cashless bisa diajukan pada rumah sakit yang menggunakan Asuransi Allianz. Sedangkan klaim reimbursement atau menggunakan aplikasi bisa dilakukan meskipun tidak berobat di rumah sakit yang bekerjsama dengan Asuransi Allianz.
Asuransi Allianz sendiri telah bekerjasama dengan rumah sakit rekanan AdMedika yang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia.
Berikut daftar rumah sakit yang menerima Asuransi Allianz AdMedika:
Manfaat Asuransi Allianz
Asuransi Kesehatan Allianz adalah salah satu produk asuransi yang dihadirkan oleh Allianz Life Indonesia yang memberikan manfaat pertanggungan lengkap atas perawatan medis.
Tersedia lima polis Allianz asuransi kesehatan individu, yakni SmartMed Premier, SmartHealth Maxi Violet, AlliSya Care, SmartMed Cancer, SmartHealth Care Premier Plus dan juga sejumlah asuransi tambahan atau rider.
Berikut adalah ringkasan manfaat Asuransi Allianz:
Polis | Manfaat Pertanggungan |
SmarthHealth Maxi Violet | Pertanggungan biaya rawat inap + manfaat no claim bonus + tersedia manfaat tambahan (rawat jalan, persalinan, rawat gigi, dan santunan harian untuk tambahan biaya rawat inap) |
SmartMed Premier | Pertanggungan biaya rawat inap + pergantian biaya sesuai tagihan (as charged) +manfaat no claim bonus sebesar 20% + tersedia manfaat tambahan (persalinan, rawat jalan dan rawat gigi) + tersedia manfaat spesial (penggantian biaya kemoterapi, hemodialisis, HIV/AIDS, biaya pemakaman, dan pemulangan jenazah) |
SmartHealth Care Premier Plus | Pertanggungan biaya rawat inap + rawat jalan + rawat gigi + kehamilan + persalinan + nifas + pembayaran biaya perawatan sesuai tagihan (as charged) + tersedia manfaat alternative inpatient care & perawatan HIV/AIDS + tersedia manfaat tambahan berupa peralatan medis yang tahan lama dan anggota tubuh artifisial |
AlliSya Care (syariah) | Pertanggungan biaya rawat inap + tersedia manfaat pilihan (rawat jalan, rawat gigi, persalinan, dan santunan harian) + manfaat surplus underwriting + tersedia manfaat tambahan (evakuasi medis darurat, biaya pemulihan kesehatan, dan bantuan informasi media 24 jam) |
SmartMed Cancer | Pertanggungan biaya atas penyakit kanker + menanggung biaya pemeriksaan diagnostik + perawatan kanker dan bedah rekonstruksi + pemantauan + pemulihan + santunan kematian |
Sekilas Tentang Asuransi Allianz
Asuransi Allianz adalah salah satu perusahaan asuransi yang memiliki reputasi terbaik secara global. Di Indonesia, Allianz Life Indonesia adalah salah satu anak perusahaan yang berfokus pada produk asuransi jiwa dan kesehatan.
Tak hanya asuransi jiwa, asuransi kesehatan Allianz juga menjadi produk unggulan sebab manfaat pertanggungannya hingga seluruh dunia dengan limit yang cukup tinggi.
Sehingga tak heran jika Allianz disebut sebagai salah satu asuransi kesehatan terbaik di Indonesia.
Kantor Allianz
PT Asuransi Allianz Life Indonesia resmi beroperasi pada tahun 1996 dengan izin usaha OJK Nomor: 513/KMK.071/1996 dan telah memiliki ratusan kantor cabang di Indonesia.
Berikut daftar kantor Allianz:
Cek daftar lengkap alamat kantor asuransi Allianz!
Review Asuransi Kesehatan Allianz
Banyak yang bertanya, amankah Asuransi Allianz? Bagaimana pengalaman Asuransi Kesehatan Allianz kamu?
Nah, mengetahui latar belakang legalitas dan juga kelebihan maupun kekurangan Asuransi Allianz juga sangat penting. Terutama sebelum membeli polisnya.
Sebagai bahan pertimbangan, kamu bisa simak review Asuransi Kesehatan Allianz dari Lifepal berikut ini:
1. Pilihan produk yang lengkap
Jika dibandingkan dengan perusahaan asuransi kesehatan lainnya di Indonesia, Allianz sendiri menghadirkan produk asuransi yang terbilang cukup lengkap.
Contohnya, tersedia pilihan asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi unit link, pilihan asuransi syariah, asuransi kumpulan, hingga asuransi mikro yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran.
2. Limit tahunannya tinggi
Polis terbaik Asuransi Kesehatan Allianz menawarkan limit asuransi yang cukup tinggi, yakni hingga Rp25 miliar.
Dengan limit yang tinggi, tentunya kamu bisa mengajukan klaim lebih leluasa karena jumlahnya yang tinggi. Namun perlu diketahui juga bahwa semakin tinggi limit polis maka akan semakin mahal pula preminya. Jadi, sebaiknya sesuaikan limit sesuai dengan kebutuhan, agar premi yang dibayarkan pun tidak terlalu mahal.
3. Rumah sakit rekanan yang luas
Asuransi Allianz telah bekerjasama dengan sejumlah rumah sakit terbaik di Indonesia dan juga di luar negeri.
Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah mendapatkan pelayanan kesehatan hingga menikmati layanan klaim cashless.
Pertanyaan Seputar Cara Menggunakan Asuransi Allianz di Rumah Sakit
- Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
- Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
- Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
- Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).
Memerhatikan hal ini sangat penting sebab jika kamu mengajukan klaim di masa ini, tentu saja bisa berujung ditolak