Cara Setel Langsam Mobil Injeksi Agar Tetap Stabil
Cara setel langsam mobil injeksi sebenarnya cukup mudah dan dapat dilakukan dengan cepat, terutama jika kamu sedang dalam kondisi darurat.
Langsam sendiri merupakan suatu indikator yang menunjukkan bahwa putaran mesin berada dalam posisi stasioner yakni berputar dengan kecepatan rendah yang selalu sama dan konstan. Langsam juga lebih dikenal dengan istilah idling.
Saat ini beberapa cara setel langsam mobil injeksi mengalami perubahan di mana pengaturannya tak perlu lagi dilakukan secara manual seperti misalnya pengaturan langsam pada sistem AC mobil.
Hal ini karena mobil injeksi sudah menggunakan banyak sensor dan juga sistem komputerisasi, sehingga cara pengaturan langsamnya pun berbeda.
Akan tetapi dalam beberapa kondisi seperti langsam mobil tidak stabil, rpm idling terlalu tinggi, mobil mati saat berjalan pelan atau rpm idling yang tidak stabil saat AC mobil menyala, cara setel langsam mobil injeksi secara manual masih bisa dilakukan.
Cara setel langsam mobil injeksi secara manual
Cara setel langsam mobil injeksi dapat dilakukan hanya dengan tiga langkah mudah yaitu:
1. Memutar Idle Speed Adjusting screw ke arah kiri
Cara setel langsam mobil injeksi yang pertama yaitu dengan memutar Idle Speed Adjusting Screw (ISAS) ke arah kiri (mengendurkan), sehingga rpm idling mesin akan naik.
Ketika ISAS diputar ke kiri maka aliran udara yang mengalir pada lubang idle akan semakin banyak.
Hal ini memberikan efek pada jumlah volume udara yang meningkat dan membuat rpm idling menjadi naik.
2. Memutar Idle Speed Adjusting screw ke arah kanan
Untuk mengatur langsam pada mobil injeksi kamu juga bisa memutar Idle Speed Adjusting Screw (ISAS) ke arah kanan untuk memperkecil aliran udara yang masuk pada lubang idle.
Dengan demikian volume udara akan menurun dan rpm idling mesin pun akan ikut turun.
Sebelum menambah atau mengurangi rpm idling mesin, terlebih dahulu atur langsam dalam posisi standar rpm mobil injeksi yaitu antara 750 rpm – 850 rpm. Untuk memastikan standar rpm idling mesin, kamu juga bisa mengecek terlebih dahulu di buku panduan manual. Selanjutnya berikan beban mesin dengan cara menyalakan AC dan juga headlamp. Apabila rpm mesin menurun dan mati maka putar ISAS screw ke arah kiri sekitar seperempat putaran kemudian coba hidupkan kembali mesin mobil. Lakukan penyetelan hingga mesin tidak mati ketika kamu menyalakan AC dan headlamp. Namun pastikan juga agar rpm mesin mobil tidak terlalu tinggi agar nantinya tidak terlalu boros bahan bakar. Nilai standar rpm mobil ketika dalam kondisi idling adalah sekitar 750 rpm – 850 rpm. Akan tetapi beberapa mobil mungkin juga memiliki nilai standar rpm yang berbeda. Perubahan naik turun rpm pada mobil injeksi merupakan suatu hal yang cukup umum terjadi, namun perlu segera ditangani agar tidak menimbulkan masalah pada mesin mobil. Ada beberapa penyebab rpm mobil tinggi bahkan bisa berubah naik turun yang perlu diwaspadai diantaranya: Throttle body merupakan komponen yang bertugas mengatur suplai udara sebelum masuk ke dalam mesin. Apabila jarang atau tidak pernah dibersihkan maka akan terjadi penumpukan kotoran di komponen ini, yang mengakibatkan tersumbatnya aliran udara. Saat aliran udara tersumbat maka volume udara yang masuk juga akan berkurang, di mana hal ini bisa menjadi penyebab rpm idling mesin menjadi turun. Apabila terdapat gangguan pada air induction system maka mobil akan sulit untuk dikendalikan terutama pada saat mobil berputar di titik terendah. Perpindahan tuas gigi juga akan terasa kasar dan mesin mobil juga bisa mati akibat rpm mobil yang tidak stabil. Kebocoran udara pada saluran intake yang terjadi ketika air flow meter sensor sampai di intake valve juga dapat menyebabkan rpm mobil naik turun. Ketika saluran intake bocor maka perhitungan volume udara yang masuk pada air flow sensor akan berbeda dengan kondisi sebenarnya. Adanya perbedaan udara yang masuk ke ECU kemudian memicu adanya perintah ke aktuator, sehingga berdampak pada pencampuran bahan bakar dan udara yang menjadi tidak seimbang. Pada beberapa kasus rpm mobil injeksi juga bisa naik turun namun masih dinilai sebagai kondisi yang normal. Hal ini terjadi ketika fan dan kompresor AC bekerja ketika tegangan baterai mesin melemah. Normalnya tegangan baterai mesin adalah sebesar 12 volt. Mobil beresiko mengalami kerusakan baik karena faktor usia, pemakaian atau faktor resiko lain seperti misalnya tabrakan, tergelincir, terperosok, dan sebab-sebab lainnya. Selain itu mobil juga merupakan salah satu aset berharga yang memiliki resiko kehilangan karena adanya tindak pencurian. Untuk menjaga agar mobil terhindar dari resiko-resiko yang dapat menimbulkan kerugian, maka penting untuk membekali mobil dengan asuransi mobil. Asuransi mobil berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap mobil atas berbagai resiko yang tak terduga seperti yang dijelaskan sebelumnya. Pemilik mobil berhak mendapatkan pertanggungan dan ganti rugi apabila mobil yang dijaminkan mengalami risiko sehingga mengakibatkan adanya kerugian materiil. Memiliki asuransi mobil juga dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemilik ketika sedang berkendara. Jika kamu masih bingung menentukan jenis asuransi mobil yang cocok untukmu, kamu bisa menentukannya dengan mengikuti kuis asuransi mobil terbaik berikut ini. Tips dari Lifepal! Seperti yang sudah dijelaskan di awal, jika perubahan pada rpm mobil merupakan sebuah hal yang sering terjadi. Namun, jangan sampai didiamkan saja. Kamu harus mendeteksi penyebab rpm mobil menjadi tidak stabil. Sebab, jika dibiarkan bisa menyebabkan mobil kamu bermasalah dan merembet ke komponen yang lain. Nilai standar rpm mobil ketika dalam kondisi idling adalah sekitar 750 rpm – 850 rpm. Akan tetapi beberapa mobil mungkin juga memiliki nilai standar rpm yang berbeda. Beberapa penyebab rpm mobil tidak stabil yaitu baterai mesin yang mulai melemah, adanya kebocoran udara pada saluran intake, gangguan pada air induction system atau bisa juga karena throttle body kotor. Cara setel langsam mobil injeksi mudahnya yaitu:3. Mengatur rpm idling mesin sesuai kebutuhan
Mengapa rpm mobil injeksi bisa menjadi tidak normal?
1. Throttle body kotor
2. Adanya gangguan pada air induction system
3. Adanya kebocoran udara padai saluran intake
4. Baterai mesin melemah
Pentingnya memiliki asuransi mobil
FAQ seputar cara setel langsam mobil injeksi
Berapa RPM idle normal untuk mobil injeksi?
Apa penyebab RPM mobil tidak stabil?
Bagaimana cara setel langsam mobil injeksi?
Nilai standar rpm mobil ketika dalam kondisi idling adalah sekitar 750 rpm – 850 rpm. Akan tetapi beberapa mobil mungkin juga memiliki nilai standar rpm yang berbeda.
Beberapa penyebab rpm mobil tidak stabil yaitu baterai mesin yang mulai melemah, adanya kebocoran udara pada saluran intake, gangguan pada air induction system atau bisa juga karena throttle body kotor.
Cara setel langsam mobil injeksi mudahnya yaitu:
- Putar Idle Speed Adjusting screw ke arah kiri untuk menaikkan rpm idling mesin
- Putar Idle Speed Adjusting screw ke arah kanan untuk menurunkan rpm idling mesin
- Atur idling mesin sesuai kebutuhan