Ciri-ciri Tie Rod Mobil Rusak, Fungsi dan Penyebabnya
Salah satu ciri-ciri tie rod mobil rusak adalah saat melaju di jalanan lurus, kamu tiba-tiba merasa mobil goyang. Efek dari rusaknya tie rod cukup besar dan dapat mempengaruhi kestabilan mobil.
Tie rod merupakan komponen mobil pada sistem steering yang terletak memanjang dari steering rack ke steering knuckle atau bagian roda. Fungsi komponen ini sebagai koneksi antara sistem kemudi dengan roda mobil.
Cara kerja komponen cukup sederhana yakni saat steering rack digerakkan ke salah satu arah, maka gerakan tersebut akan diteruskan ke roda untuk berbelok.
Tie rod mobil memiliki peran yang cukup krusial karena harus menggerakkan roda mobil meskipun kondisi roda mobil sedang naik turun akibat adanya gaya suspensi. Sama seperti komponen mobil kebanyakan, tie rod bisa saja rusak. Artikel ini akan membahas tentang ciri ciri tie rod mobil rusak, penyebab dan fungsi komponen sistem steering ini.
Ciri-ciri tie rod mobil rusak
Bagian kaki-kaki mobil memiliki peran cukup krusial untuk menjaga keseimbangan dan performa mobil saat melaju, tak terkecuali tie rod.
Namun, seiring mobil sering digunakan maka komponen-komponen di dalamnya perlu dirawat, diperbaiki atau bahkan diganti karena usia pakai yang sudah habis.
Sebelum komponen tersebut benar-benar harus diperbaiki atau diganti, sebaiknya kamu ketahui dulu ciri-ciri tie rod mobil rusak berikut ini.
1. Timbul getaran saat steer kemudi berbelok
Ciri-ciri tie rod mobil rusak yang paling sering terjadi adalah timbulnya getaran saat kamu membelokkan setir kemudi.
Penyebab getaran tersebut adalah simpul yang ada pada tie rod sudah oblak dan aus sehingga tidak mampu meredam getaran di bagian kemudi yang berasal dari roda biasa hingga roda kemudi.
2. Timbul bunyi kurang nyaman dari kaki-kaki mobil
Kemudian, saat kamu mendengar bunyi yang kurang nyaman seperti bunyi berdecit yang berasal dari kaki-kaki mobil, apalagi saat kamu steer kemudi berbelok maka bunyi itu merupakan gejala tie rod mobil rusak.
Mungkin saja mobil bunyi berdecit tersebut merupakan gejala kerusakan pada komponen mobil lain, namun bila kamu mendengarnya saat kamu berbelok maka itu merupakan gejala tie rod mobil rusak.
3. steer kemudi membuang ke salah satu arah
Ciri-ciri tie rod mobil rusak yang terakhir adalah steer kemudi yang sulit dikontrol sehingga mobil sering membuat ke salah satu arah.
Hal ini terjadi karena ban mobil oblak ke kanan atau ke kiri hingga menimbulkan sudut yang lumayan besar.
Pada kasus tertentu, mungkin kamu tidak akan merasakan mobil sedang membuang ke salah satu arah. Kamu bisa memeriksanya dengan berjalan di medan yang datar dan lurus.
Coba bawa kendaraan melaju dengan lurus dan rasakan apakah mobil membuang ke salah satu arah, baik ke kanan maupun ke kiri. Apabila iya, maka segera periksakan komponen tie rod mobil kamu ke bengkel mobil terdekat.
Fungsi tie rod mobil
Dengan mengetahui ciri-ciri tie rod mobil rusak, kamu jadi bisa mempertahankan fungsi tie rod sebagai penghubung steer kemudi dengan roda mobil supaya dapat membantu komponen sistem steering bekerja lebih optimal.
Selain itu, ada tiga fungsi lainnya dari tie rod mobil ini, berikut pembahasannya.
Menggerakkan roda bagian depan
Fungsi tie rod mobil yang paling krusial adalah meneruskan putaran steer kemudi hingga roda bagian depan bergerak.
Cara kerjanya cukup sederhana yakni saat kamu memutar steer kemudi, maka batang kemudi di bagian steer kemudi akan ikut memutar dan meneruskan putaran hingga steering gearbox.
Saat gearbox telah mendapatkan sinyal tersebut, maka tie rod akan menerjemahkannya ke dalam gerakan mendorong atau menarik roda bagian depan sesuai arahan dari putaran roda kemudi.
Meredam getaran dari roda mobil
Fungsi yang kedua adalah sebagai peredam getaran yang ditimbulkan dari gesekan antara roda dengan medan jalan saat mobil melaju.
Gesekan tersebut menghasilkan getaran yang dapat merambat hingga steer kemudi dan bisa terasa oleh pengemudi. Gangguan tersebut berpotensi mengganggu konsentrasi pengemudi.
Oleh karena itu, tie rod berfungsi sebagai peredam getaran tersebut supaya pengemudi tetap dapat mengemudi dan berkendara dalam keadaan nyaman.
Mengatur jarak roda depan melalui toe
Untuk mengatur dan mengontrol jarak roda bagian depan, tie rod mengandalkan sistem toe. Toe merupakan jarak antara bagian depan dan bagian belakang roda depan mobil yang bisa dilihat melalui bagian atas mobil.
Terdapat dua sistem toe, yakni toe in dan toe out.
Fungsi toe untuk meminimalisir roda mobil cepat aus dan menjaga kestabilan roda. Untuk mengetahui selisih antara bagian depan dan belakang roda depan mobil, kamu bisa menyesuaikannya melalui sambungan pada long tie rod dan tie rod end.
Caranya cukup mengatur panjang pendeknya ukiran yang ada di dua komponen tersebut hingga kamu mendapatkan selisih toe sesuai kondisi mobil.
Penyebab kerusakan pada tie rod mobil
Sementara itu, penyebab tie rod mobil rusak di antaranya karena long tie rod bengkok, karet pembungkus ball joint sobek, dan lainnya. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.
Long tie rod bengkok
Long tie rod memiliki ukuran yang cukup panjang hingga mencapai ujung steering rack. Ukuran diameter long tie rod kecil yang menyebabkan peluang komponen ini rawan bengkok.
Biasanya, penyebab long tie rod bengkok karena ban mobil yang berukuran besar atau karena mobil pernah mengalami kecelakaan yang membuat komponen ini bengkok.
Karet pembungkus ball joint sobek
Ball joint memiliki fungsi untuk memutus gerakan naik turun roda mobil bagian kanan dan kiri supaya tidak mengganggu fungsi sistem kemudi sehingga setir kemudi dapat dikontrol.
Di dalam ball joint mobil terdapat pelumasan khusus yang tidak boleh bocor. Namun, saat karet pembungkus ball joint ini sobek, maka karet tersebut tidak dapat menjaga pelumasan di dalam ball joint dan terjadi kebocoran.
Dampaknya, ball joint jadi cepat kering dan menyebabkan kerusakan pada komponen tie rod.
Baut tie rod mulai kendur
Tie rod end terletak di ujung tie rod yang menyatu dengan steering knuckle. Untuk memasang komponen ini diperlukan keahlian dan pengalaman khusus.
Apabila tidak teliti saat memasang tie rod end maka baut pada tie rod bisa kendur atau longgar sehingga membuat mobil kurang stabil.
Akan tetapi, baut atau mur tersebut tidak boleh dipasang terlalu kencang karena akan berpengaruh terhadap poros tie rod yang ikut berputar.
Tips dari Lifepal! Sebaiknya lakukan pemasangan baut tie rod, pemeriksaan dan perbaikan komponen steering mobil di bengkel resmi yang sudah terjamin keprofesionalan teknisinya.
Para teknisi di bengkel mobil resmi telah tersertifikasi sehingga bisa mengatasi dan memperbaiki semua kerusakan pada mobil.
Tak perlu khawatir bila biaya servis mobil jadi lebih mahal karena melakukan servis mobil di bengkel resmi. Kamu bisa mengandalkan asuransi kendaraan untuk meringankan biaya servis mobil.
Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil terbaik
Selain rutin melakukan servis agar kendaraan tetap prima, penting juga buat kamu untuk memberikan proteksi asuransi mobil terbaik. Asuransi mobil memberikan perlindungan finansial dari risiko kecelakaan maupun bencana alam yang membuat mobil kamu rusak dan harus dibawa ke bengkel.
Kalau punya asuransi, kamu tidak perlu lagi khawatir soal biaya perbaikan di bengkel yang mahal karena akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.
Sudah paham mengenai manfaat asuransi mobil namun bingung harus memilih asuransi mobil yang mana? Kuis Asuransi Mobil dari Lifepal ini bisa membantu kamu menemukan jenis asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Cobain, yuk!
Setelah mendapatkan rekomendasi jenis asuransi mobil yang cocok, lanjutkan dengan menghitung perkiraan biaya premi asuransi mobil yang mesti kamu bayarkan menggunakan Kalkulator Premi Asuransi Mobil berikut ini.