Mau Tahu Contoh Polis Asuransi Jiwa, Lihat di Sini

contoh asuransi jiwa

Asuransi jiwa adalah produk perlindungan dalam bentuk pengalihan risiko finansial atas meninggal atau hidupnya pemegang polis yang dipertanggungkan.

Sebagai bukti bahwa seseorang sudah menjadi nasabah asuransi adalah kepemilikan polis asuransi. Polis asuransi jiwa adalah akta perjanjian asuransi tertulis yang memuat perjanjian antara pihak perusahaan asuransi dan pemegang polis.

Lantas bagaimana contoh polis asuransi jiwa dan seperti apa saja isinya? Ini dia keterangan lengkapnya.

Apa saja yang dibahas di dalam polis asuransi jiwa?

Setiap polis asuransi jiwa berbeda-beda tergantung kebijakan perusahaan asuransi yang bersangkutan. Namun pada umumnya, isi polis asuransi jiwa ada tiga hal, yakni:

1. Ringkasan polis

Ringkasan polis berisi ringkasan data mengenai pertanggungan yang disepakati, antara lain terdiri atas:

  • Nama tertanggung atau peserta, pemegang polis, yang ditunjuk menerima manfaat atau wakil ahli waris.
  • Macam dan manfaat pertanggungan dan tambahannya jika ada.
  • Perincian premi yang harus dibayar oleh pemegang polis.
  • Daftar nilai tunai yang dijamin (jika ada).

2. Ketentuan umum atau ketentuan khusus polis

Dalam polis asuransi jiwa harus memuat sekurang-kurangnya ketentuan mengenai:

  • Kapan berlakunya pertanggungan.
  • Uraian manfaat yang diperjanjikan.
  • Cara pembayaran Premi atau Kontribusi.
  • Tenggang waktu (grace period) pembayaran Premi atau Kontribusi.
  • Kurs yang digunakan untuk Polis Asuransi dengan mata uang asing apabila pembayaran Premi atau Kontribusi dan manfaat dikaitkan dengan mata uang rupiah.
  • Waktu yang diakui sebagai saat diterimanya pembayaran Premi atau Kontribusi.
  • Kebijakan Perusahaan yang ditetapkan apabila pembayaran Premi atau Kontribusi dilakukan melewati tenggang waktu yang disepakati.
  • Periode pada saat Perusahaan tidak dapat meninjau ulang keabsahan kontrak asuransi (incontestable period) pada Produk Asuransi jangka panjang.
  • Tabel nilai tunai, bagi Produk Asuransi yang dipasarkan oleh Perusahaan Asuransi Jiwa yang mengandung nilai tunai.
  • Perhitungan dividen Polis Asuransi atau yang sejenis, bagi Produk Asuransi yang dipasarkan oleh Perusahaan Asuransi Jiwa yang menjanjikan dividen Polis Asuransi atau yang sejenis.
  • Klausula penghentian pertanggungan, baik dari Perusahaan maupun dari pemegang polis, tertanggung, atau peserta, termasuk syarat dan penyebabnya.
  • Syarat dan tata cara pengajuan klaim, termasuk bukti pendukung yang relevan dan diperlukan dalam pengajuan klaim.
  • Tata cara penyelesaian dan pembayaran klaim.
  • Klausula penyelesaian perselisihan yang antara lain memuat mekanisme penyelesaian di dalam pengadilan maupun di luar pengadilan dan pemilihan tempat kedudukan penyelesaian perselisihan.

Perihal ketentuan khusus polis biasanya tergantung kepada kebijakan masing-masing perusahaan asuransi. Bisa berupa biaya yang harus dibayar oleh pemegang polis, syarat pengecualian, dan lain-lain.

3. Salinan surat permintaan asuransi jiwa atau formulir pendaftaran

Saat kita mendaftarkan diri menjadi pemegang polis asuransi jiwa, kita diwajibkan untuk mengisi formulir pendaftaran atau Surat Permintaan Asuransi Jiwa. Salinan dokumen tersebut akan dimasukkan ke dalam polis sebagai bukti.

Contoh polis asuransi jiwa

Untuk mendapatkan gambaran mengenai isi sebuah polis asuransi jiwa, mari kita lihat dari contoh-contoh polis asuransi berikut.

1. Asuransi Sinarmas Siaga

PT Asuransi Sinar Mas didirikan pada tanggal 27 Mei 1985 dengan nama PT. Asuransi Kerugian Sinar Mas Dipta dengan surat No. Kep-2562/MD 1986. Pada tahun 1991, Perusahaan  berubah nama menjadi PT. Asuransi Sinar Mas. ASM mempunyai total jaringan pemasaran (per Desember 2014) 33 Kantor Cabang, 1 Kantor Cabang Syariah, 71 Kantor Pemasaran dan 107 Marketing Point. Dari sisi produk, ASM memiliki banyak variasi produk untuk melindungi asset/property, kesehatan dan diri nasabah baik nasabah individu maupun nasabah perusahaan. Salah satunya asuransi jiwa Sinarmas Siaga. Ini contoh isi polisnya.Sumber: pdf dari situs web sinarmas

Di dalam polis ini, terdapat pasal-pasal yang mengatur segala hal tentang asuransi jiwa Sinarmas Siaga. Mulai dari istilah-istilah dalam polis, ketentuan masa leluasa, perubahan polis, manfaat pertanggungan, tata cara pengajuan klaim, dan beberapa hal lain yang perlu diketahui oleh pemegang polis. Pasal-pasal tersebut harus kita cermati dan pahami dengan baik agar tidak mengalami kesulitan nantinya.

2. Prudential

Didirikan pada tahun 1995, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan bagian dari Prudential plc, sebuah grup perusahaan jasa keuangan terkemuka di Inggris. Prudential Indonesia menyediakan berbagai produk dan layanan yang dirancang untuk memenuhi dan melengkapi setiap kebutuhan keuangan para nasabahnya di Indonesia. Prudential Indonesia juga telah mendirikan unit bisnis Syariah sejak tahun 2007 dan dipercaya sebagai pemimpin pasar asuransi jiwa syariah di Indonesia sejak pendiriannya. Ini contoh polis asuransi jiwa Prudential, baik konvensional maupun syariah.

Di dalam polis ini, terdapat ringkasan isi polis dan juga perjanjian yang ditandatangani oleh penanggung maupun tertanggung. Dengan adanya poin tersebut, artinya pemegang polis sebagai tertanggung telah menyepakati syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh penanggung.

Setelah tahu contoh asuransi jiwa dan polisnya, selanjutnya apa yang harus kita lakukan? Polis asurnasi jiwa ini diterbitkan setelah kedua belah pihak telah mencapai kesepakatan terkait hak dan kewajiban. Maka ketika kita sudah resmi menjadi pemilik polis, maka kita harus menjaga agar polis tetap berlaku (in force). Caranya dengan membayar premi yang telah ditentukan tepat waktu, yaitu sebelum atau pada saat jatuh tempo.

Kita juga harus menyimpan polis dengan baik agar sewaktu-waktu polis diperlukan sebagai bukti klaim, kita tidak kesulitan mencarinya.

Sedang mencari jenis asuransi jiwa yang tepat buat kamu. Yuk, cobain kalkulator jenis asuransi jiwa terbaik dari Lifepal berikut ini.

Jika tertarik untuk mengetahui apa saja produk asuransi jiwa yang bisa dipilih beserta ulasan terkait berbagai perusahaan asuransi yang menawarkannya, kita bisa mengunjungi Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →