Contoh Polis Asuransi Mobil, Fungsi, dan Rekomendasi

polis mobil

Polis asuransi mobil adalah perjanjian tertulis antara perusahaan asuransi dan nasabah yang berisi tentang ketentuan terkait ketentuan perlindungan dan risiko mobil di waktu yang akan datang. Penting bagi nasabah untuk mempelajari polis untuk dapat mengetahui apakah manfaat asuransi yang diberikan sudah sesuai dengan yang ditawarkan sebelum membeli.

Selain itu, mempelajari polis dengan baik juga membantu nasabah untuk dapat lebih mudah melakukan klaim di kemudian hari karena sudah paham betul tentang hak dan kewajibannya.

Standar untuk polis asuransi mobil diatur dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI). Simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini.

Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia dari AAUI

Ketentuan polis asuransi mobil sudah diatur oleh AAUI (Asosiasi Asuransi Umum Indonesia) berdasarkan Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI). Jadi, setiap perusahaan asuransi umum yang menyediakan polis asuransi mobil harus mengacu pada polis standar ini.

PSAKBI terdiri dari 5 Bab dengan isi 30 pasal yang menjelaskan tentang risiko yang jaminan, tanggung jawab hukum pihak ketiga, pengecualian, hingga syarat umum dalam polis asuransi kendaraan bermotor.

Kamu dapat mempelajari selengkapnya tentang PSAKBI di website resmi AAUI.

Isi Contoh Polis Asuransi Mobil

Saat membaca polis asuransi mobil yang diberikan oleh pihak perusahaan asuransi, periksa lagi hal-hal mendasar yang harus ada dalam polis berikut.

1. Data pemilik di dalam polis mobil

Pada bagian ini harus tertulis nomor lengkap polis asuransi mobil, nama, dan alamat lengkap masing-masing pihak, alamat masing-masing pihak, serta periode pertanggungan asuransi berlangsung.

2. Tipe perlindungan asuransi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, secara umum, ada dua jenis asuransi mobil, yaitu asuransi All Risk (komprehensif) dan asuransi TLO (Total Loss Only). Polis asuransi mobil wajib memuat jenis asuransi yang akan disepakati.

Kenali perbedaan kewajiban dan hak antara kedua jenis asuransi tersebut. Jika perlu, tanyakan lebih lanjut ke pihak asuransi agar tidak salah paham.

3. Data-data mobil

Jenis dan harga mobil atau tahun pembelian mobil dapat memengaruhi besaran premi asuransi. Pastikan untuk memaparkan data mobil yang sebenarnya.

Manfaatkan
asuransi mobil syariah agar kamu terjamin dari mahalnya tagihan perbaikan di bengkel dengan tetap mengedepankan pengelolaan keuangan sesuai ketentuan syariat.

4. Kesepakatan harga dan pembayaran premi

Biasanya perusahaan asuransi akan memperkirakan premi berdasarkan data mobil. Polis akan memuat harga premi asuransi mobil yang dibayarkan, serta jangka waktu dan cara pembayaran premi yang dapat dipilih.

Pasal ini akan memaparkan konsekuensi dari pembayaran premi yang terlambat atau tidak dilakukan oleh nasabah juga.

Untuk memperkirakan premi asuransi mobil milikmu, kamu bisa megisi formulir berikut ini

5. Pertanggungan atau jaminan

Bagian dari polis ini akan memberikan penjelasan lebih lanjut terkait hal apa saja yang akan dilindungi oleh perusahaan asuransi. Pasal ini juga menjelaskan apa yang harus dilakukan nasabah dan berapa jangka waktu pengajuan ganti rugi kepada perusahaan asuransi.

6. Penentuan nilai ganti rugi

Polis asuransi mobil akan memaparkan seberapa besar nilai ganti rugi yang akan dibayarkan jika terjadi risiko atau kerusakan mobil.

Ada pula penjelasan mengenai hilangnya hak ganti rugi kepada nasabah, misalnya jika terlambat mengajukan ganti rugi pada waktu yang ditentukan.

Penentuan nilai ganti rugi pada umumnya terbagi menjadi dua secara garis besar, yaitu kerusakan sebagian dan kerusakan total.

7. Pengecualian atau batasan

Pasal ini memuat risiko-risiko terhadap mobil atau penentuan biaya yang tidak akan ditanggung atau tidak termasuk tanggungan pihak asuransi.

8. Perluasan tanggungan

Perluasan tanggungan dapat ditambahkan dalam polis asuransi mobil jika disepakati adanya penambahan atas jaminan dasar untuk perlindungan yang lebih banyak. Misalnya, Third Party Liability (TPL) atau kewajiban hukum terhadap pihak ketiga yang terkait dengan kondisi penyebab risiko pada mobil.

Meski demikian, sebagian asuransi sudah mencantumkan pasal ini dalam polis asuransi mobil standar.

9. Cara mengajukan ganti rugi

Umumnya pasal ini akan menjelaskan bagaimana nasabah mengajukan klaim asuransi mobil dan dokumen-dokumen pendukung yang harus disertakan.

Misalnya, polis asuransi beserta Surat Izin Pengemudi (SIM) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) pengemudi saat kejadian, Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKP), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), faktur pembelian dan lain-lain.

10. Penghentian pertanggungan

Dalam pasal ini dipaparkan mengenai hak masing-masing pihak untuk menghentikan pertanggungan. Umumnya permohonan untuk penghentian pertanggungan ini dilakukan secara tertulis melalui surat ke alamat yang terakhir diketahui.

Pasal ini juga dapat diikuti dengan ketentuan mengenai aturan pengembalian premi dari pihak asuransi kepada nasabah.

11. Penanganan perselisihan

Jika terjadi perselisihan atau ketidaksepakatan antara perusahaan asuransi dan nasabah, polis asuransi mobil mencantumkan tindakan apa yang dapat dipilih atau lembaga peradilan apa yang dapat diminta membantu menengahi atau memberi keputusan dari perselisihan.

Jenis Polis Asuransi Mobil

Jika dibedakan berdasarkan manfaat dasarnya, asuransi mobil dibedakan menjadi dua jenis, yaitu asuransi All Risk dan TLO (Total Loss Only). Berikut perbedaaan keduanya:

  • Asuransi mobil All Risk memberikan pertanggungan untuk segala jenis kerusakan, baik itu kerusakan kecil seperti lecet, baret, penyok, maupun kerusakan total hingga kehilangan karena pencurian.
  • Asuransi TLO memberikan pertanggungan hanya untuk kerugian total saja, yaitu kerugian yang mencapai 75 persen dari nilai kendaraan.

Bisa dikatakan bahwa asuransi All Risk juga memberikan pertanggungan kerugian total. Maka dari itu, disebut dengan asuransi komprehensif karena manfaatnya lebih lengkap.

Jika kamu mencari pertanggungan menyeluruh untuk kendaraan maka disarankan untuk memilih pertanggungan All Risk.

Manfaat Memiliki Polis Asuransi Mobil

Untuk meminimalisir pengeluaran karena biaya perbaikan mobil yang murah, segera aktifkan asuransi mobil.

Asuransi mobil akan melindungi finansial kamu dari tagihan bengkel yang mahal. Kamu tidak perlu khawatir lagi karena pihak asuransi akan mengcover biaya perbaikan mobil kesayanganmu hingga 100%.

Yuk, cek produk asuransi mobil terbaik di Lifepal! Kalau kamu masih bingung, kamu bisa langsung tanyakan pada ahlinya di Lifepal. 

Lifepal sudah bekerja sama dengan ribuan bengkel mobil yang tersebar di seluruh Indonesia. Jadi, kamu tak perlu khawatir dan kamu bisa dengan mudah mendapatkan layanan klaim asuransi mobil di bengkel rekanan yang sudah disediakan.

Berikan pertanggungan selama 24 jam untuk mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Rekomendasi Polis Asuransi Mobil 2023

Masih bingung memilih asuransi mobil terbaik? Kunjungi halaman asuransi mobil Lifepal untuk mendapatkan rekomendasi asuransi mobil terbaik yang bisa jadi pilihan kamu.

Berikut adalah beberapa rekomendasi polis asuransi mobil all rsik terbaik yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Asuransi Mobil Lifepal Proteksi Oto

Pilihan asuransi all risk terbaik pertama adalah Lifepal Proteksi Oto. Polis ini merupakan kerja sama Lifepal dengan Simas Insurtech. Tersedia polis asuransi All Risk dan TLO dengan manfaat sebagai berikut:

Lifepal Proteksi Oto (Comprehensive)

  • Asuransi Mobil Simas Insurtech menanggung kerusakan parsial dan total pada mobil.
  • Asuransi ini juga melindungi dari kehilangan mobil dan risiko kerusakan yang tidak disengaja.
  • Terdapat manfaat tanggung jawab hukum pihak ketiga dan manfaat kecelakaan diri untuk pengemudi dan penumpang.
  • Usia maksimum kendaraan yang dapat diasuransikan adalah 5 tahun.
  • Kendaraan yang lebih tua dari 5 tahun akan dikenakan biaya loading premi sebesar 5% per tahun.

Lifepal Proteksi Oto (TLO)

  • Lifepal Proteksi Oto (TLO) menanggung kerusakan total atau biaya kerugian yang melebihi 75% dari harga mobil.
  • Asuransi ini juga melindungi dari risiko kerusakan yang tidak disengaja seperti tabrakan, benturan, pencurian, dan lainnya.
  • Terdapat manfaat tanggung jawab hukum pihak ketiga dan manfaat kecelakaan diri untuk pengemudi dan penumpang.
  • Usia maksimum kendaraan yang dapat diasuransikan adalah 10 tahun.
  • Kendaraan yang lebih tua dari 5 tahun akan dikenakan biaya loading premi sebesar 5% per tahun.

2. Asuransi Mobil Tugu

Selanjutnya ada Asuransi Mobil Tugu Pratama, perusahaan asuransi yang mendapatkan predikat Best General Insurance 2022 dengan Ekuitas Rp1,5 Triliun ke Atas dari Media Asuransi.

Tugu Basic Comprehensive

  • Tugu Basic Comprehensive memberikan ganti rugi atas kerusakan sebagian atau ringan seperti lecet, penyok, dan kerusakan total atau kehilangan mobil.
  • Asuransi ini juga melindungi dari pencurian mobil oleh karyawan tetap dengan minimal masa kerja 6 bulan.
  • Risiko yang ditanggung adalah akibat tabrakan, benturan, kehilangan, pencurian, dan lainnya yang tidak disengaja.

Tugu Basic TLO

  • Tugu Basic TLO memberikan ganti rugi atas kerusakan total atau biaya kerugian yang melebihi 75% dari harga mobil.
  • Risiko yang ditanggung adalah akibat tabrakan, benturan, kehilangan, pencurian, dan lainnya yang tidak disengaja.

3. Asuransi Mobil Zurich

Jika kamu mencari asuransi mobil berbasis syariah, Autocillin Ikhlas dari Zurich bisa jadi pilihan kamu. Berikut adalah manfaatnya untuk polis komprehensif dan TLO.

Autocillin Ikhlas Comprehensive

  • Pertanggungan atas kerusakan parsial seperti penyok, lecet, baret, dan kerusakan lainnya.
  • Asuransi ini juga melindungi dari kerusakan total atau nilai perbaikan yang melebihi 75% dari harga mobil.
  • Risiko yang ditanggung adalah akibat tabrakan, benturan, pencurian, dan risiko lainnya yang tidak disengaja.
  • Usia maksimum kendaraan yang dapat diasuransikan adalah 8 tahun.

Autocillin Ikhlas TLO

  • Autocillin Ikhlas TLO memberikan ganti rugi jika nilai kerusakan melebihi 75% dari harga kendaraan.
  • Risiko yang ditanggung adalah akibat tabrakan, benturan, pencurian, dan risiko lainnya yang tidak disengaja.
  • Usia maksimum kendaraan yang dapat diasuransikan adalah 15 tahun.

4. Asuransi Mobil Sinar Mas

Asuransi mobil Sinar Mas juga menyediakan polis All Risk dan TLO dengan berbagai macam manfaat sebagai berikut ini. Keunggulan asuransi mobil dari Sinar Mas adalah dapat memberikan pertanggungan hingga usia mobil 12 tahun.

Sinar Mas Basic Comprehensive

  • Asuransi ini memberikan ganti rugi untuk kerugian parsial seperti lecet, penyok, dan baret.
  • Asuransi ini juga melindungi dari kerugian total atau biaya kerusakan yang melebihi 75% harga mobil.
  • Usia maksimum kendaraan yang dapat diasuransikan adalah 5 tahun.
  • Jika kendaraan lebih dari 5 tahun, akan dikenakan biaya loading premi sebesar 5% per tahun.

Sinar Mas Basic TLO

  • Asuransi ini melindungi dari kerugian total atau nilai kerusakan yang melebihi 75% dari harga mobil.
  • Usia maksimum kendaraan yang dapat diasuransikan adalah 10 tahun.
  • Jika kendaraan lebih dari 10 tahun, akan dikenakan biaya loading premi sebesar 5% per tahun.

5. Asuransi Mobil Mega Insurance

Rekomendasi asuransi mobil yang bagus selanjutnya adalah Mega Insurance yang juga memberikan pertanggungan All Risk dan TLO. Berikut penjelasan singkat tentang manfaatnya.

Mega Kendaraan Basic Comprehensive

  • Asuransi Mobil Mega Insurance All Risk memberikan jaminan untuk risiko kerusakan parsial seperti lecet, penyok, baret, dan lain sejenisnya.
  • Kerusakan yang ditanggung adalah akibat tabrakan, benturan, pencurian, dan risiko lainnya yang tidak disengaja.
  • Manfaat tanggung jawab hukum pihak ketiga tersedia hingga Rp25 juta.
  • Manfaat kecelakaan diri pengemudi dan penumpang tersedia hingga Rp10 juta.
  • Usia maksimal kendaraan yang dapat diasuransikan adalah 5 tahun.

Mega Kendaraan Basic TLO

  • Asuransi Mobil Mega Insurance menanggung risiko total atau nilai kerusakan di atas 75% dari harga mobil.
  • Kerusakan yang ditanggung adalah akibat tabrakan, benturan, pencurian, dan risiko lainnya yang tidak disengaja.
  • Usia maksimal kendaraan yang dapat diasuransikan adalah 10 tahun.

Tips dari Lifepal! Setelah mengetahui contoh polis asuransi kendaraan bermotor dan hal-hal yang perlu tercantum di dalamnya, jangan sampai salah lagi membeli asuransi mobil. Meskipun kamu juga bisa melakukan pembatalan polis asuransi mobil.

Jika belum memahami, sebaiknya tanyakan lebih lanjut pada pihak asuransi mengenai contoh polis asuransi kendaraan bermotor dan contoh perjanjian asuransi mobil sampai benar-benar memahaminya.

Atau, kita bisa mengunjungi Lifepal untuk mendapatkan konsultasi gratis mengenai produk-produk asuransi mobil yang tepat sesuai dengan anggaran pribadi.

Pertanyaan Seputar Contoh Polis Asuransi Mobil

Apa itu polis asuransi mobil?

Polis asuransi mobil adalah bukti perjanjian antara perusahaan asuransi dan pemegang polis di mana perusahaan asuransi bersedia untuk menanggung risiko yang dapat terjadi pada kendaraan pemegang polis yang diasuransikan. Ketentuan pada polis asuransi mobil harus mengacu pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia yang sudah dirancang oleh AAUI (Asosiasi Asuransi Umum Indonesia).

Kenapa penting untuk memiliki asuransi mobil?

Asuransi mobil memberikan ganti rugi atas berbagai risiko yang mungkin dapat menimpa mobil kamu seperti kecelakaan hingga hilang karena pencurian. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari kerugian finansial apabila risiko tersebut terjadi. Dapatkan penawaran asuransi mobil terbaik hanya di Lifepal.

Customer Service

call me
whatsapp