Harga Daihatsu Copen, Mobil dengan Fitur Dua Pintu
Daihatsu Copen pernah menjadi pilihan bagi penghobi mobil. Mobil ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna mobil dalam latar belakang kelas menengah ke atas.
Mobil ini berfokus pada bentuk sedan mini atau kei car sport dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015 di Indonesia. Lantas, bagaimana nasib mobil Copen saat ini?
Daftar harga mobil Daihatsu Copen
Mobil Daihatsu Copen memiliki harga yang cukup bersahabat, yakni sekitar Rp250 jutaan. Selain itu, mobil ini juga punya ciri khas tersendiri, yakni memiliki dua pintu (coupe) saja.
Ukuran bodinya lebih kecil dari mobil Ayla, yakni pendek 20 cm, lebih ramping 12,5 cm dan lebih rendah 24 cm.
Di samping imut, ternyata ada juga mobil Daihatsu Copen bekas yang masih tersedia. Harga mobil Copen bekas dibanderol sekitar Rp375 juta dan bisa saja mengalami penurunan harga atau tetap stabil di harga Rp400 juta.
Jenis mobil | Rentang harga |
Daihatsu Copen (semua jenis) | Rp250-400 juta |
Daihatsu Copen 0.7 Automatic 2005 | Rp350-375 juta |
Daihatsu Copen 660 M/T | Rp432 juta |
Fitur dan spesifikasi Daihatsu Copen
Setelah mengetahui harganya, saatnya kita kulik fitur dan spesifikasi Daihatsu Copen. Berikut yang perlu diketahui seputar fitur dan spesifikasinya.
Interior dan eksterior mobil Daihatsu Copen
Secara umum, Daihatsu Copen memiliki interior yang sangat sporty, tepatnya di bagian kabin. Mobil ini dilengkapi bucket seat, dasbor berbahan plastik halus, dan pegangan persneling dan stir mobil dilapisi kulit.
Dari segi eksterior, mobil ini dilengkapi gril hitam heksagonal. Ditambah dengan logo Daihatsu yang terletak di tengah-tengah. Di bagian depan inilah, terdapat lampu LED dan lampu iluminasi LED.
Di bagian atas, terdapat atap yang bisa terbuka dan tertutup yang tersambung dengan sebuah tombol.
Mobil ini tersedia dalam beragam warna, baik itu untuk generasi pertama maupun kedua. Di antaranya adalah Yellow Met, Liquid Silver Met, dan Glittering Silver.
Mesin mobil
Dari segi mesin mobil, Copen 0.7 (2004) dan Copen 1.3 16v Specs (2006) sama-sama memiliki tipe mesin Inline 4 silinder dan berbahan bakar bensin.
Sistem injeksinya adalah MPI (Multi Point Injection), yakni sistem injeksi yang dipadu dari kombinasi elektronik, mekanik, komputer dan elektrik.
Hal ini membuat mobil Copen menghasilkan tenaga mesin yang lebih besar ketimbang sistem karburasi.
Dari segi transmisi dan kecepatan, mobil ini bisa mencapai kecepatan di angka 5 speed Manual.
Selain itu, sistem suspensinya didukung oleh McPherson Strut di bagian depan dan Torsion Beam di bagian belakang. Transmisi mesinnya didukung oleh front wheel drive (FWD).
Berikut ini perbedaan Copen keluaran lama dan baru berdasarkan spesifikasi dan fiturnya.
Daihatsu Copen 0.7 (2004-2006) | Daihatsu Copen 1.3 16v Specs (2006) | |
Emisi CO2 | 151 g/Km | 140 g/Km |
Kapasitas tangki | 40 liter | 40 liter |
Rem depan | Vented Dics (356 mm) | Vented Dics ( – mm) |
Rem belakang | Drums (180 mm) | Drums ( – mm) |
Suspensi depan | independent, McPherson, pegas koil, anti-roll bar | independent, McPherson, pegas koil, anti-roll bar |
Jarak sumbu roda | 222 cm | 222 cm |
Ukuran ban standar | 165/50 dengan pelek 15 inci di depan dan 165/50 dengan pelek 15 inci di belakang | 165/50 dengan pelek 15 inci di depan dan 165/50 dengan pelek 15 inci di belakang |
Kecepatan tertinggi maksimum | 170 km/jam | 180 km/jam |
Tenaga maksimum mesin | 68 PS (67 bhp – 50 kW) pada 6.000 rpm | 87 PS (86 bhp – 64 kW) pada 6.000 rpm |
Maksimum torsi | 110 Nm pada 3.200 rpm | 120 Nm pada 4.400 rpm |
Dimensi | panjang 339,5 cm x lebar 147,5 cm | panjang 344 cm x lebar 147,5 cm |
Fitur keamanan
Mobil Daihatsu Copen juga dilengkapi dengan fitur keamanan dalam interior dan eksteriornya. Fitur keamanannya terdiri dari front airbag driver dan front airbag passenger.
Front airbag driver atau bantalan di sisi pengemudi di bagian depan. Bantalan ini mencegah pengemudi menabrak bagian lain kendaraan ketika terjadi kecelakaan.
Front airbag passenger atau bantalan di sisi penumpang di bagian depan. Fungsinya hampir sama seperti front airbag driver, yakni mencegah penumpang terbentur ketika mobil terjadi kecelakaan.
Sementara itu, untuk Copen keluaran tahun 2006, fitur kameranya hampir sama, yakni front airbag untuk pengemudi dan penumpang.
Selain itu, terdapat pula fitur VSC (Vehicle Stability Control) yang fungsinya untuk membuat laju kendaraan lebih stabil bahkan di area licin.
Terdapat pula teknologi ABS (Anti-lock Braking System) dan EES (Emergency Stop Signal) yang dapat mengaktifkan lampu hazard ketika mobil rem mendadak di atas kecepatan 60 km/jam.
Seri mobil
Mobil Copen memiliki dua seri, yakni Copen 0.7 keluaran tahun 2004 dan Copen 1.3 16v Specs keluaran tahun 2006. Selain itu, ada juga seri Copen 660 M/T.
Daihatsu Copen vs Honda S660
Satu lagi pesaing mobil Daihatsu Copen, yakni Honda S660. Dari segi tampilan, Honda S660 hampir sama seperti Copen, yakni berpenampilan sporty yang dilengkapi dengan gril carbon fiber beserta logo Mugen.
Masih di eksterior, Honda S660 memiliki knalpot ganda di tengah dan pelek BBS 15 inci di depan serta 16 inci di belakang.
Dari segi interior, setir dan tuas transmisi Honda S660 dilapisi kulit dan disertai trimming carbon fiber. Ada pula tombol start dan display digital di panel instrument.
Bagaimana dengan mesin dan dalamannya? Soal suspensi, Honda S660 didukung oleh suspensi Bilstein.
Kekuatan mesinnya didukung oleh mesin turbo berkapasitas 658 cc dengan kekuatan 63 hp dan torsi 104 Nm. Untuk kecepatan maksimum tertingginya mencapai 140 km/jam.
Situs beli mobil Daihatsu Copen bekas
Beli mobil Daihatsu Copen bekas secara online lebih mudah. Kini, banyak situs yang fokus pada jual-beli mobil dan menyediakan informasi-informasi tertentu, seperti harga mobil Copen bekas lengkap dengan spesifikasinya.
Misalnya saja seperti situs OLX, Cintamobil.com, Mobil123.com, Carmudi.co.id, dan lain-lain. Situs-situs ini banyak menjual Copen bekas dengan harga terjangkau dan kualitas baik.
Pentingnya asuransi kendaraan
Tips dari Lifepal! Baik mobil baru maupun bekas, sebaiknya asuransikan mobilmu sejak awal. Asuransi mobil bisa membantu memberikan proteksi atau perlindungan dari risiko tingginya biaya perbaikan kerusakan mobil.
Kalau tertarik untuk menggunakan asuransi kendaraan, cari tahu premi yang sesuai dengan kebutuhan mobilmu di sini.