Info Denda Telat Bayar Pajak Mobil yang Wajib Diketahui

denda telat bayar pajak mobil 2020

Biasa dialami oleh pemilik kendaraan layaknya mobil, keterlambatan membayar pajak membuat banyak orang harus mengeluarkan biaya ekstra untuk membayar denda. Masih mengacu pada ketentuan di tahun sebelumnya, tak heran jika sampai saat ini banyak muncul pertanyaan mengenai berapa besar denda telat bayar pajak mobil tahun 2022 ini.

Terlepas dari kondisi setiap pemilik kendaraan yang pada beberapa situasi memilih atau memutuskan untuk membayar pajak mobil melewati waktu yang ditentukan, pada dasarnya hal terbaik yang perlu dilakukan adalah dengan membayar pajak mobil secara tepat waktu.

Tidak hanya untuk mencerminkan diri sebagai pemilik kendaraan yang taat pajak, tapi dampak pengeluaran dari segi finansial sudah pasti jadi alasan utama yang membuat pembayaran pajak akan lebih baik dilakukan dengan tepat waktu, atau bahkan lebih baik dari jauh hari sebelum tenggat waktu yang ditentukan demi menghindari denda.

Denda telat bayar pajak mobil 2022

Sebelum sampai ke tahap paling penting, yang perlu diperhatikan adalah tidak ada biaya tetap dari denda telat pajak mobil yang harus dibayar oleh setiap pemilik kendaraan. Karena, denda pajak mobil dihitung berdasarkan akumulasi keterlambatan yang dilakukan pemilik kendaraan dalam membayar pajak.

Meski terlambat satu hari dari tenggat waktu yang telah ditentukan, pemilik kendaraan akan tetap dikenakan denda pajak, di mana semakin lama penundaan pembayarannya maka semakin besar pula tarif denda yang harus dibayar.

Selain dari jangka waktu, perbedaan tarif denda pajak mobil yang berbeda juga ditentukan oleh berbagai faktor lain, yaitu jenis mobil atau kendaraan yang menjadi objek pajak. Diketahui bahwa biaya denda keterlambatan pajak mobil untuk saat ini masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni sebesar 25 persen dari biaya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Namun, besar tarif tersebut berlaku apabila keterlambatan terjadi selama satu tahun. Lalu, bagaimana jika keterlambatan yang dilakukan pemilik kendaraan hanya terjadi dalam hitungan beberapa bulan tertentu? Jawabannya adalah perlu dilakukan penyesuaian sesuai bulan keterlambatan berjalan.

Perhitungan denda telat bayar pajak mobil

Untuk lebih jelas, berikut contoh kasus perhitungan denda telat bayar pajak mobil terbaru yang bisa anda lakukan sendiri untuk mempersiapkan dana estimasi.

Misal, mobil berjenis A memiliki besaran pajak tahunan (PKB) sebesar 950 ribu rupiah, kemudian mengalami keterlambatan pembayaran selama enam bulan, maka perhitungan pajak yang harus dibayar adalah:

Rp950.000 x 25% x 6/12 = Rp118.750

Dari perhitungan di atas, maka tarif denda yang harus dibayar untuk mobil A yang terlambat bayar pajak adalah sebesar Rp118.750.

Belum selesai sampai di situ, yang harus menjadi perhatian adalah perhitungan di atas baru denda, belum termasuk pajak atau PKB kendaraan itu sendiri kemudian ditambah dengan iuran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan atau SWDKLLJ yang juga wajib dibayarkan setiap tahun bersamaan saat melakukan pembayaran pajak.

Diketahui bahwa besarnya tarif SWDKLLJ untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor adalah Rp35.000, sedangkan untuk kendaraan roda empat atau minibus bergantung pada jenisnya, pada contoh ini kita menggunakan SWDKLLJ untuk kendaraan roda empat berjenis sedan yang dikenakan biaya Rp143.000.

Berdasarkan ketentuan dan perhitungan di atas, maka keseluruhan biaya yang harus dikeluarkan pemilik kendaraan A saat melakukan pembayaran pajak ditambah pajak keterlambatan beserta SWDKLLJ adalah sebesar:

Rp950.000 + Rp118.750 + Rp143.000 = Rp1.211.750

Dengan begitu, dapat disimpulkan jika pemilik kendaraan A yang telat membayar pajak mobilnya selama enam bulan secara total akan mengeluarkan biaya sebesar Rp1.211.750 saat melakukan pembayaran pajak.

Itu dia informasi mengenai detail biaya untuk denda telat bayar pajak mobil 2022 yang wajib anda ketahui. Merasa belum membayar pajak mobil yang dimiliki? Segera hitung estimasi denda dan lakukan pembayaran secepatnya, ya.

Bayar pajak mobil telat 1 hari apakah kena denda?

Mungkin kamu bertanya-tanya, apakah jika telat 1 hari membayar pajak mobil tetap dikenai denda? Jawabannya adalah tidak.

Jadi, jika kamu terlambat membayar pajak mobil satu hari karena lupa atau ada urusan mendadak, kamu tidak akan dikenai denda. Hanya saja, jika keterlambatan kamu sampai lebih dari 1 hari, maka akan dikenaik denda pajak selama satu bulan.

Jadi, daripada uang kamu melayang untuk membayar denda, sebaiknya bayar pajak mobil tepat waktu siapkan beberapa hari sebelum jatuh tempo untuk membayar pajak mobil.

Tips dari Lifepal! Jika bicara mengenai denda telat bayar pajak mobil, biaya yang harus dikeluarkan nyatanya tidak sedikit karena dihitung berdasarkan akumulasi keterlambatan walau telatnya 1 hari saja. Selain jangka waktu, dalam menghitung estimasi denda keterlambatan pajak mobil, jangan lupa untuk menambahkan jumlah PKB yang tertera di STNK dan SWDKLLJ sebagai iuran wajib.

Pertanyaan seputar denda telat bayar pajak mobil 

Dapatkan Promo