Fungsi Asuransi secara Primer, Sekunder, dan Khusus

fungsi asuransi

Fungsi asuransi adalah manfaat yang diterima pemilik polis (tertanggung) atas pembelian asuransi dari penanggung (perusahaan asuransi).

Fungsi asuransi sesuai dengan pengertian asuransi yaitu perjanjian dua pihak antara perusahaan dan pemegang polis untuk mendapatkan jaminan ganti rugi dengan membayar premi yang disepakati dua pihak.

Meski sebenarnya sudah cukup jelas, namun kadang kala fungsi asuransi yang sebenarnya belum cukup dipahami. Mengetahui dan mempelajari fungsi asuransi baik secara utama dan khusus sepertinya perlu kita lakukan. Dengan begitu, peran asuransi pun tidak lagi disepelekan.

Contohnya dalam asuransi jiwa yang memberikan fungsi berupa pemberian uang pertanggungan (UP) jiwa kepada keluarga atau ahli waris, jika tertanggung meninggal dunia.

Pada asuransi umum atau kerugian yang menyediakan produk asuransi mobil, fungsi utama dari asuransi adalah pengalihan risiko kerugian finansial atas kerusakan kendaraan yang disebabkan risiko tertentu dalam polis.

Fungsi asuransi dibagi menjadi dua yaitu fungsi utama atau primer dan fungsi sekunder. Jika kamu pengin mengajukan pertanyaan seputar asuransi, kunjungi Tanya Lifepal.

Yuk, ketahui apa saja fungsi asuransi dan berbagai benefit yang bisa diperoleh sebagai nasabah asuransi.

Fungsi primer asuransi

Fungsi asuransi identik dengan pengalihan risiko dari tertanggung kepada penanggung. Memiliki asuransi berarti kamu bakal mendapatkan ganti rugi dari perusahaan asuransi atas risiko yang kamu alami dan dijamin dalam polis.

Fungsi asuransi yang utama ini gak terlepas dari prinsip asuransi yang berpegangan pada saling menguntungkan dua pihak.

Nah, dalam fungsi asuransi ini ada yang disebut fungsi primer atau fungsi utama dari asuransi. Setidaknya ada tiga fungsi utama dari asuransi. Berikut penjelasannya!

1. Pengalihan risiko

Risiko apapun dalam kehidupan gak ada yang bisa prediksi. Itu sebabnya fungsi utama dari asuransi adalah pengalihan risiko.

Untuk asuransi jiwa atau kesehatan, memang gak bisa mengalihkan risiko rasa sakit atau meninggal dunia. Tetapi, ada risiko kerugian finansial yang mungkin ditimbulkan karena seseorang meninggal dunia.

Contohnya ketika seorang ayah yang menjadi pencari nafkah utama meninggal, maka keluarga yang ditinggalkan berisiko mengalami penurunan pendapatan secara drastis.

Lewat asuransi jiwa, maka keluarga tersebut akan menerima UP jiwa yang bisa dikelola untuk memenuhi kebutuhan hidup setelah pencari nafkah utama meninggal.

2. Penghimpun dana

Selain memiliki fungsi asuransi sebagai pengalihan risiko, fungsi utama dari asuransi adalah penghimpun dana. Kegiatan penghimpunan dana ini bertujuan mengumpulkan dana dari masyarakat (tertanggung atau pemegang polis) lewat premi yang dibayarkan.

Dengan penghimpunan dana ini, perusahaan asuransi bisa menjalankan fungsi utamanya yang pertama yaitu pengalihan risiko lewat pembayaran klaim.

Terkait penghimpunan dana ini, cukup tegas dari hal pembayaran premi hingga klaim. Pasalnya, hukum asuransi di Indonesia mencantumkan hal tersebut.

Tanpa dana dari pemegang polis, perusahaan asuransi akan sulit membayarkan klaim. Perusahaan asuransi biasanya akan mengelola dana himpunan tersebut agar bisa mendistribusikannya kepada tertanggung yang tertimpa musibah, tanpa merugikan keuangan perusahaan.

3. Menjamin keseimbangan premi dan perlindungan

Fungsi utama dari asuransi adalah menjamin keseimbangan premi dan perlindungan. Fungsi ketiga ini membuat pemegang polis gak harus bayar mahal untuk perlindungan atau jaminan atas suatu risiko yang dialami.

Jadi, perusahaan asuransi akan mengalkulasi segala risiko yang mungkin terjadi dengan premi yang dibayarkan. Jadi, setiap risiko yang dialami nasabah belum tentu akan mendapatkan penggantian sama.

Hal tersebut tergantung pada premi yang dibayar hingga profil risiko tertanggung yang berbeda-beda. Contohnya, premi asuransi jiwa Rp1 juta per bulan orang yang merokok dan tidak merokok akan memberikan UP jiwa yang berbeda, meskipun usia sama.

Biaya pengobatan mandiri untuk Covid-19 mahal! Minimalkan dengan asuransi kesehatan terbaik. Premi mulai dari Rp100 ribuan.

Fungsi sekunder asuransi

Dari fungsi asuransi yang utama tadi, ada beberapa fungsi lain dari asuransi. Fungsi asuransi ini masuk kategori sekunder karena tidak berdampak langsung kepada tertanggung atau penanggung.

Berikut penjelasannya!

1. Ekspor secara tidak langsung

Asuransi memungkinkan penjualan komoditas atau barang tertentu ke luar negeri. Sebab, perusahaan asuransi tertentu bisa menawarkan proteksi produk hingga ke luar negeri.

Contohnya asuransi yang memberikan proteksi pengiriman barang ke luar negeri.

2. Merangsang pertumbuhan ekonomi

Kok bisa asuransi merangsang pertumbuhan ekonomi? Fungsi asuransi ini memang gak langsung, ya!

Jadi, aktivitas jual-beli, menabung, dan pengendalian kerugian dalam asuransi membantu merangsang pertumbuhan ekonomi. Tentunya di sektor jasa keuangan.

Dengan begitu, aktivitas ekonomi suatu negara terdongkrak. Perusahaan asuransi juga menciptakan lapangan pekerjaan lewat agen-agen asuransi.

Lifepal memiliki fitur layanan pemasaran produk asuransi melalui fitur Mitra Lifepal. Keanggotaannya bersifat umum, jadi kamu juga bisa bergabung. Cari tahu informasi selengkapnya tentang keuntungan dan cara bergabung dengan Mitra Lifepal.

Fungsi asuransi secara khusus

Di atas merupakan penjelasan kegunaan asuransi secara umum. Nah, fungsi secara khusus produk asuransi pun ternyata ada.

Fungsi ini khususnya berefek pada pihak tertanggung. Fungsinya dibedakan berdasarkan jenis asuransi apa yang kamu ambil. Mari cari tahu fungsinya secara khusus untuk kamu.

1. Fungsi asuransi jiwa

Asuransi jiwa biasanya dibeli untuk menghindari risiko finansial akibat tulang punggung keluarga meninggal dunia atau tidak lagi bisa bekerja.

Manfaat asuransi satu ini cocok untuk kamu yang telah berkeluarga. Dengan demikian, keluarga yang ditinggalkan tidak akan mengalami kesulitan ekonomi setelah ditinggalkan oleh kepala keluarga.

Untuk mendapatkan manfaat asuransi jiwa yang sesuai kebutuhan dan bujet, kamu bisa menghitungnya lewat Kalkulator Uang Pertanggungan Jiwa dari Lifepal berikut ini.

2. Fungsi asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan bisa dikatakan sebagai jenis asuransi paling populer. Maksud dari asuransi kesehatan adalah menjadi perlindungan bagi nasabah apabila jatuh sakit.

Jadi, nasabah asuransi tersebut akan bisa menikmati pengobatan tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam. Sebab, dia sudah “menabungkan” sebagian uangnya untuk menghadapi kejadian tersebut.

3. Fungsi asuransi pendidikan

Fungsi asuransi pendidikan adalah memberikan proteksi pendidikan putra-putri kamu di masa mendatang.

Dengan demikian, anak-anak kamu akan memiliki masa depan pendidikan yang terjamin. Sebab, pihak perusahaan asuransi akan menggelontorkan sejumlah dana yang sudah disepakati untuk pendidikan mereka.

4. Fungsi asuransi kerugian

Ada pula asuransi kerugian yang difungsikan untuk meminimalisasi kerugian tertentu akibat aset kamu rusak atau hilang. Asuransi kerugian ini masuk kategori asuransi umum yang biasanya memiliki produk asuransi mobil.

Bagi kamu yang pengin mengetahui estimasi premi asuransi mobil, kamu bisa menghitungnya dengan Kalkulator Lifepal berikut ini.

5. Fungsi asuransi syariah

Asuransi syariah adalah produk asuransi yang dikelola secara syariah dan diawasi oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Produk asuransi syariah ini terdiri atas asuransi kesehatan, asuransi jiwa, hingga asuransi umum termasuk asuransi mobil.

Fungsi asuransi syariah sebenarnya sama dengan asuransi konvensional. Berikut beberapa fungsi asuransi syariah yang menguntungkan bagi kamu:

  • Dikelola sesuai prinsip syariah Islam
  • Pengelolaan dana transparan
  • Keuntungan hasil investasi dibagikan kepada peserta
  • Kepemilikan dana oleh dua pihak yaitu perusahaan dan peserta
  • Dana kontribusi tidak hangus meski tidak ada klaim
  • Manfaat surplus underwriting.

6. Fungsi asuransi bisa dijadikan investasi

Walau sebagian perencana keuangan gak menganjurkan berinvestasi lewat produk asuransi jiwa unit link, tapi ini bisa jadi opsi juga buat kamu.

Lewat unit link, kamu akan mendapatkan dua manfaat yaitu proteksi finansial untuk risiko meninggal dan hasil investasi.

Untuk mendapatkan produk unit link terbaik, kamu perlu berkonsultasi kepada agen asuransi yang kamu percaya. Sesuaikan dengan kebutuhan dan bujet kamu, ya!

Dengan mengetahui fungsi asuransi secara detail seperti ini, pastinya kamu jadi lebih memahami betapa penting asuransi.

Tujuan asuransi

Kalau sudah dengar kata asuransi, biasanya banyak yang menghindar dan kurang tertarik. Padahal, asuransi itu punya banyak tujuan yang menguntungkan diri kita lho. Berikut ini beberapa tujuan asuransi.

  • Memberi jaminan agar terlindung dari risiko yang tak terduga.
  • Memberi perlindungan secara efisien.
  • Membayar premi dengan nilai tertentu buat mengganti sebagian besar kerugian.
  • Memberi jaminan ke bank agar mau mengucurkan kredit
  • Sebagai pengganti penghasilan ketika seseorang atau badan usaha tidak aktif atau produktif.

Berikut ini ulasan lengkap mengenai tujuan asuransi yang sama penting dengan fungsi asuransi!

1. Memberi jaminan agar terlindung dari risiko yang tak terduga

Gak ada seorang pun di dunia ini yang tahu bakal seperti apa kehidupan kita nanti. Namanya risiko bisa datang kapan saja.

Buat kamu yang sudah punya asuransi, tentu bisa menghadapi risiko dengan lebih tenang karena sudah ada jaminan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kamu.

2. Memberi perlindungan secara efisien

Risiko memang bisa terjadi dalam bentuk apa pun tanpa bisa kita duga. Daripada mengeluarkan banyak biaya dan waktu untuk pengamanan dan pengawasan, serahkan saja pada asuransi. Dengan jaminan perlindungan yang sesuai kebutuhan, tentunya ini akan menjadi lebih efisien.

3. Premi mengganti sebagian besar kerugian

Sebetulnya, asuransi juga memberikan kemudahan dari segi biaya kerugian. Kita gak pernah tahu berapa besar biaya yang timbul dari risiko. Dengan membayar premi yang jumlahnya tetap, kamu bisa mendapat penggantian atas resiko yang terjadi meski harganya sangat tinggi.

4. Memberi jaminan ke bank agar mau mengucurkan kredit

Tahukah kamu bahwa asuransi juga bisa menjadi dasar bagi pihak bank untuk mengucurkan dana pinjaman karena bank memerlukan jaminan perlindungan atas agunan yang diberikan oleh si peminjam.

5. Pengganti penghasilan ketika seseorang atau badan usaha tidak aktif atau produktif

Ketika kamu sudah gak bisa lagi bekerja karena satu hal, maka asuransi bisa menutup kekurangan penghasilanmu. Kamu bisa terbantu dari biaya pengobatan dengan mengambil asuransi kesehatan.

Buat kamu yang mau tahu lebih banyak tentang asuransi jiwa? Lihat pertanyaan populer seputar asuransi di Tanya Lifepal.

Pentingnya asuransi jiwa untuk melengkapi asuransi Kesehatan

Lengkapi benefit dari asuransi kesehatan dengan benefit asuransi jiwa. Kenapa asuransi jiwa penting?

Sebab, asuransi jiwa memberikan manfaat santunan atas risiko cacat tetap total atau meninggal dunia. 

Asuransi jiwa sangat cocok bagi yang memiliki atau berencana untuk berkeluarga dalam waktu dekat. 

Sebab santunan meninggal dunia yang diberikan asuransi jiwa berguna untuk menjamin kelangsungan hidup keluarga yang ditinggalkan. 

Sebaiknya, cari santunan meninggal dunia sesuai dengan pendapatan tahunanmu ya. Dengan begitu, kamu bisa memastikan keluarga yang ditinggalkan dapat bertahan dalam jangka waktu tertentu sebelum kemudian mencari pekerjaan dan solusi lainnya.

Supaya gak bingung memilih jenis asuransi jiwa apa yang cocok untuk kamu, ikuti yuk kuis asuransi jiwa terbaik di bawah ini.

Tanya jawab seputar fungsi asuransi

Apa fungsi dan manfaat asuransi?

Selain memiliki fungsi sebagai pengalihan risiko, fungsi utama dari asuransi adalah penghimpun dana. Kegiatan penghimpunan dana ini bertujuan mengumpulkan dana dari masyarakat (tertanggung atau pemegang polis) lewat premi yang dibayarkan.

Apa fungsi asuransi jiwa?

Asuransi jiwa adalah produk asuransi yang memberikan uang santunan kepada ahli waris jika nasabah meninggal dunia. Syaratnya, nasabah perlu membayar premi ke perusahaan asuransi.

Manfaat asuransi jiwa adalah untuk mengelola risiko keuangan keluarga. Pasalnya, uang santunan yang diberikan bisa menggantikan sumber penghasilan yang hilang akibat kepergian tulang punggung keluarga.

Apa fungsi klaim?

Fungsi klaim adalah sebagai pemberi manfaat sesuai ketentuan dalam polis asuransi kepada Tertanggung.

Namun, ada berbagai ketentuan penting mengenai pengajuan klaim yang harus diperhatikan agar klaim asuransi dapat diproses dan dibayarkan.

Apa manfaat asuransi bagi masyarakat?

Ada beragam manfaat asuransi secara umum bagi masyarakat, di antaranya:

  • Menghadirkan ketenangan
  • Membantu mengatur keuangan
  • Bisa menjadi investasi
  • Meminimalkan kerugian finansial
  • Mempermudah jaminan kredit
  • Bisa menjadi sarana menabung
  • Meningkatkan kegiatan usaha
  • Menjaga stabilitas keuangan keluarga dan bisnis
  • Melindungi usaha kecil terhadap risiko.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →