Hindari 6 Hal Ini Biar Usaha Sampingan di Rumah Gak Gampang Bangkrut!

sosial media untuk bisnis

Gak sedikit orang yang udah punya pekerjaan tetap tapi masih mau bikin usaha sampingan di rumah. Biasanya orang yang seperti ini punya salah satu dari dua alasan ini untuk buka usaha sampingan:

 

  1. Pengin pemasukan tambahan karena gaji pekerjaan utama kurang
  2. Menyalurkan hobi/passion yang gak tersalurkan di pekerjaan utama

 

Misalnya udah kerja sebagai account executive di sebuah kantor besar. Tapi karena hobi masak, akhirnya buka warung kecil-kecilan.

 

Atau udah lama gawe sampai menjadi kepala bagian perusahaan. Namun tetap nyambi jualan barang-barang kebutuhan.

[Baca: 5 Ide Bisnis Franchise Terbaik yang Patut Dicoba buat Nambah Pundi-Pundi]

 

Usaha sampingan ini sangat bagus dilakukan entah untuk menyalurkan hobi atau menambah pemasukan. Siapa tahu malah hasil dari usaha sampingan ini melebihi gaji dari pekerjaan utama?

 

Tapi, jangan sampai hanya mikir enaknya. Ada risiko yang harus dihadapi biar usaha sampinganmu gak gampang bangkrut. Atau malah usaha sampingan itu justru bikin bangkrut total.

 

Jika memang berniat bikin usaha sampingan, sebaiknya kita hindari kebiasaan buruk yang bisa bikin bangkrut berikut ini:

 

usaha sampingan di rumah 2

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Buka usaha sampingan dari sekarang hitung-hitung buat latihan. Biar pas pensiun sudah siap 

 

1. Malas

Mungkin saat akan memulai usaha semangatnya menggebu-gebu ala pejuang tahun ’45. Tapi begitu udah jalan, semangat melorot. Akhirnya malah malas-malasan.

 

Niat bikin usaha sampingan ini harus datang dari hati, bukan hanya iseng-iseng. Kecuali kita buka usaha ini tanpa modal sedikit pun alias gratis. Buka usaha perlu biaya, kan?

 

2. Curang

Usaha sih usaha. Tapi kalau dilakukan dengan curang itu sama saja mengundang bencana. Misalnya buka warung bakso, ya harus pakai daging sapi asli, bukan oplosan.

 

Intinya, terbuka saja dalam berbisnis. Soalnya, sekali ketahuan curang oleh pelanggan, udah. Gulung tikar, gerobaknya sekalian.

 

3. Malu

Ada lho, orang yang punya usaha tapi malu-malu. Malu berpromosi salah satunya. Kalau malu, berarti gak siap maju. Sebisa mungkin hindari perasaan malu, sungkan, semuanya yang menghalangi kemajuan.

 

Gak apa-apa kasih pengumuman ke temen, kerabat, atau siapa pun yang ditemui di jalan bahwa kita punya usaha. Asal gak tiap jam disuruh mampir dan beli barang yang kita jual aja, ya. Malah bisa kabur mereka.

 

usaha sampingan di rumah

Usaha sampingan itu fleksibel kok, asal kamu bisa membagi waktu dong ya

 

4. Menutup diri

Usaha dan inovasi harus berjalan berdampingan. Meski ini usaha sampingan, bukan berarti inovasi gak jalan.

 

Sebaiknya kita membuka diri terhadap perkembangan zaman, bukan malah menutup rapat-rapat. Sifat terbuka ini akan membawa kita ke arah positif dalam berinovasi. Jika produk yang dijual gitu-gitu aja, alamat pelanggan bakal bosan.

 

5. Cepat puas

Berpuas diri itu harus. Tapi jangan sampai cepat puas. Begitu tahu hasil usaha sampingan melebihi gaji pekerjaan tetap, langsung memutuskan banting setir. Itu wow sekali.

 

Ada baiknya kita lihat dulu, apa hasil usaha sampingan itu stabil. Bisa saja pada bulan ini hasilnya gede, tapi pada bulan berikutnya ambruk. Kecuali memang niatnya mau jadi wiraswasta.

 

Sebab dengan kerja sambil nyambi, otomatis fokus akan terbagi. Bukan tidak mungkin hasil dari keduanya malah gak maksimal karena kita gak mampu membagi konsentrasi.

 

6. Gak teratur

Jika sudah punya usaha sendiri, sebaiknya hasil usaha itu diatur. Duit untuk usaha dipisahkan dengan duit pribadi. Ini untuk mencegah duit pribadi kepakai untuk usaha secara gak sengaja.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

 

Iya kalau usahanya sukses. Kalau bangkrut? Duit pribadi jadi ke laut.

 

Bikin usaha sampingan adalah gagasan yang bagus di tengah semakin beratnya tuntutan zaman. Gak hanya untuk memuaskan kesenangan, tapi juga untuk menambah pemasukan.

 

usaha sampingan di rumah

Ide bisnis bisa datang dari mana saja asal jeli memanfaatkan peluang

 

 

Apalagi modal untuk bikin usaha dari pemerintah makin gampang didapat. Contohnya lewat kredit usaha mikro, kecil, dan menengah.

 

[Baca: Jangan Jadikan Modal untuk Buka Usaha Sebagai Alasan untuk Menyerah]

 

Pinjaman usaha biasa dari bank juga banyak. Tinggal ditambah tabungan sendiri, bisa jalan deh itu usaha. Tapi ingat, kredit itu harus dilunasi, ya. Jadi, pastikan rencana usaha itu matang biar gak gagal bayar utang.

 

[Baca: Stress Terlilit Utang Bank? Jangan Panik, Begini Opsi Penyelesaiannya]

 

 

Image credit:

  • http://wirabisnis.com/wp-content/uploads/2015/03/Peluang-Usaha-Sampingan-Modal-Kecil-300×180.jpg
  • http://i0.wp.com/www.mohlimo.com/wp-content/uploads/2015/08/Ide-Bisnis-Setelah-Pensiun.jpg
  • https://www.maxmanroe.com/wp-content/uploads/2013/12/usaha-sampingan-karyawan.jpg
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →