Beranda
Media
Mesin Mobil Mati Saat Masuk Gigi, Ini Faktor Penyebabnya

Mesin Mobil Mati Saat Masuk Gigi, Ini Faktor Penyebabnya

mesin mobil mati saat masuk gigi

Bagi pemilik mobil bertransmisi manual, mesin mobil mati saat masuk gigi merupakan pertanda perlu dilakukan pengecekan pada mobil. 

Pasalnya, kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa komponen pendukungnya yang tidak bisa bekerja secara maksimal. Bisa jadi karena kotor atau memang timbul masalah yang membuatnya rusak.

Oleh sebab itu, kamu juga sebaiknya tahu langkah penanganan untuk menghadapi kondisi ini. Sebab mesin mobil mati saat masuk gigi bisa terjadi kapan saja tanpa terduga. 

Penyebab mesin mobil mati saat masuk gigi

Kondisi ini bukan terjadi tanpa sebab. Berikut ini ada beberapa faktor pemicu mesin mati saat masuk gigi, antara lain: 

1. Kampas kopling aus 

Kampas kopling berperan penting dalam transmisi untuk menggerakkan roda. Jika kampas kopling aus maka tenaga mobil tidak bisa ditransmisikan sehingga mesin meraung, melambat, hingga tiba-tiba mati saat masuk gigi.

Kampas kopling yang mulai aus dapat diketahui lewat beberapa gejala, seperti akselerasi mobil yang melemah, terdengar suara gemeretak saat kopling diinjak, transmisi oper gigi jadi keras, dan muncul bau hangus seperti terbakar.

2. Karburator kotor

Karburator berfungsi sebagai pengatur tekanan udara pada ruang pembakaran. Kotoran yang mengendap pada karburator menjadi penyebab umum mesin mobil mati saat masuk gigi. 

Jika kotoran pada karburator dibiarkan menumpuk dan berkerak maka fungsinya akan terganggu dan dapat membuat mesin mobil mati.

Kondisi karburator yang kotor juga bisa menjadi salah satu pemicu penyebab mesin mobil mati saat panas, lho. Karena itu, waspadai kondisi ini, ya.

3. Kabel persneling putus 

Komponen penggerak yang menghubungkan tenaga mesin melalui perpindahan transmisi disebut persneling. Ketika komponen penting ini otomatis kinerjanya akan terganggu.

Salah satu gangguan pada persneling yang menyebabkan mesin mobil mati saat masuk gigi adalah jika kabelnya putus. Kabel persneling yang putus akan menurunkan RPM atau bahkan mematikan mesin saat kopling diinjak.

4. Masalah pada sensor air flow

Sensor air flow pada sistem injeksi mobil adalah untuk mengukur dan menyalurkan udara ke ruang mesin. Saat sensor air flow bermasalah, RPM mobil akan menurun dan mobil mati saat masuk gigi.

Tanda-tanda lain yang mengindikasikan adanya masalah pada air flow adalah mesin terasa bergetar, bagian idle terasa kasar, dan asap knalpot mengeluarkan percikan api.

Cara mengatasi mesin mobil mati saat masuk gigi

Mesin mobil mati saat masuk gigi adalah kondisi yang sangat berbahaya saat berkendara. Ketika ini terjadi, dapat menyebabkan kamu hilang kendali dan mobil bergerak tanpa kendali. 

Untuk mengatasi mesin mobil mati saat masuk gigi ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Bersihkan mobil luar-dalam

Salah satu penyebab mesin mobil mati saat masuk gigi adalah kondisi karburator yang kotor. Kotoran yang melekat pada mesin mobil memang dapat mengganggu fungsi komponen mesin dan menurunkan performa mobil. 

Oleh sebab itu ketika membersihkan mobil, baiknya bukan hanya bodi luarnya saja tetapi juga sampai ke bagian mesinnya.

Jangan biarkan ada kotoran yang menempel atau bahkan sampai berkerak di mesin. Pastikan kamu melakukan pembersihan yang tepat sehingga tidak merusak komponen mesin mobil.

2. Rutin cek kondisi mesin mobil

Melakukan pengecekan rutin dan service berkala adalah hal wajib jika kamu ingin performa mobil kamu selalu prima. Dengan rutin mengecek mobil, segala kerusakan kecil akan terdeteksi sehingga bisa segera ditangani.

Seperti misalnya ketika kabel persneling menunjukkan tanda-tanda akan putus, segera ganti kabel dan cegah jangan sampai putus. 

Selain itu, ketika kampas kopling mulai aus pun kamu bisa segera mengambil langkah meminta bantuan profesional untuk menggantinya dengan yang baru.

Bukan cuma mesin mati saat akan masuk gigi, terkadang mesin mobil juga bisa mati mendadak karena kondisi lain. Contohnya mesin mobil mati saat aki dilepas. Kondisi ini juga berbahaya dan perlu diwaspadai.

Cara lepas kopling agar mesin mobil tidak mati

Cara lepas kopling agar mesin mobil tidak mati memang susah-susah gampang. Jika kamu tidak terbiasa menggunakan mobil transmisi manual, mungkin melepas kopling bukanlah perkara mudah. 

Oleh sebab itu, kamu bisa mencoba cara lepas kopling agar mesin mobil tidak mati. Berikut ini cara-caranya.

1. Injak pedal gas sambil melepas kopling

Melepas kopling sambil menginjak gas adalah cara lepas kopling agar mesin mobil tidak mati. Untuk melakukannya, kamu harus fokus pada peran masing-masing kaki. 

Dengan menggunakan kaki kiri, lepas kopling secara perlahan. Sementara itu kaki kanan menginjakan pedal gas dan lakukan secara beriringan.

Bagi pengemudi pemula biasanya akan butuh beberapa waktu untuk bisa menguasai cara ini. Sering kali kesalahan pada pemula yaitu tidak menginjak gas saat melepas kopling sehingga mesin mati dalam keadaan engine stall.

2. Kondisikan RPM-nya

Memindahkan transmisi secara mulus diperlukan pengaturan putaran mesin (RPM). Untuk menghindari perpindahan gigi yang kasar jaga putaran mesin ideal, yaitu maksimal 2.000 RPM. 

Perpindahan transmisi yang mulus akan menjaga kondisi mesin mobil tetap awet. Jadi, pastikan untuk mengkondisikan RPM saat akan pindah gigi.

3. Sesuaikan kecepatan mobil

Langkah selanjutnya agar mesin mobil tidak mati ketika melepas kopling adalah menyesuaikan kecepatan mobil dengan kondisi jalan. 

Ketika kondisi jalanan ramai, jangan memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Bagi pemula, selalu jaga jarak dengan kendaraan lain untuk meminimalisir terjadinya kesalahan menginjak pedal.

4. Pindahkan gigi secara teratur

Dalam memindahkan gigi agar mesin mobil mati saat masuk gigi, kamu harus memindahkan transmisi secara teratur. Perhatikan kondisi jalan yang dilalui, jarak antar kendaraan, kecepatan, dan sesuaikan RPM-nya agar tidak melewati angka 2. 

Lakukan secara perlahan tahap demi tahap. Mulai dari menggeser persneling, lepaskan kopling secara perlahan, dan injak pedal gas sehingga mobil tetap melaju dengan benar.

Alasan perlu punya asuransi mobil

Memiliki asuransi mobil adalah cara untuk melindungi mobil dari risiko buruk yang mungkin terjadi. Bukan cuma itu, asuransi juga dapat menjaga kondisi keuangan kamu terhindar dari pengeluaran tak terduga. 

Misalnya pengeluaran mendadak untuk perbaikan ketika kopling aus atau kabel persneling putus dan harus diganti dengan yang baru. Untuk lebih jelasnya, simak video berikut.

Asuransi TLO atau Total Loss Only akan memberikan ganti rugi jika mobilmu mengalami kerusakan besar yang nilainya sampai lebih dari 75 persen harga kendaraan.

Ada juga pilihan asuransi all risk, yaitu asuransi yang menanggung segala bentuk risiko, baik kerusakan ringan maupun kerusakan besar, bahkan sampai risiko kehilangan mobil akibat pencurian.

Kamu perlu memilih asuransi mobil yang tepat, kemudian membayarkan premi bulanan yang bisa disesuaikan dengan bujet secara rutin. 

Ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, kamu tinggal melakukan klaim dan biaya kerusakan akan ditanggung oleh asuransi. Adapun besaran premi untuk setiap orang berbeda.

Besaran premi dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari jenis asuransi mobil yang dipilih, jenis mobil, usia kendaraan, jam terbang pengemudi, dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui berapa estimasi premi yang perlu dibayarkan, kamu bisa mencoba kalkulator premi asuransi mobil dari Lifepal berikut ini.

FAQ seputar mesin mobil mati saat masuk gigi

Saat kopling dilepas putaran mesin akan terhubung ke roda. Namun saat power mesin gas posisi idle tidak cukup untuk menggerakkan roda menyebabkan beban roda lebih besar daripada beban mesin, akibatnya mesin mobil mati saat masuk gigi.

Untuk menerapkan cara menginjak kopling yang benar, mulai dengan menggeser persneling, lalu lepaskan kopling secara perlahan, dan injak pedal gas sehingga mobil tetap melaju dengan benar.

Asuransi mobil syariah adalah jenis asuransi mobil yang pelaksanaan pengelolaan keuangannya didasarkan pada prinsip-prinsip syariat Islam. Perusahaan asuransi syariah menggunakan konsep sharing risk dalam mengelola kerugian, berbeda dengan asuransi konvensional yang menggunakan konsep transfer risk. Kinerja perusahaan asuransi mobil syariah juga turut diawasi oleh MUI.
Artikel Terkait Lainnya
Artikel terkait tidak ditemukan