Mitsubishi Galant, Sedan 90an dengan Tampilan Agresif
Mitsubishi Galant merupakan mobil sedan lama yang terkenal memiliki kecepatan yang kencang. Sama seperti Lancer yang suka digunakan balapan, Galant juga memiliki jiwa rally di dalamnya.
Oleh karena sering digunakan rally, baik Lancer maupun Galant modifikasi dilakukan untuk semakin terlihat keren saat dipacu. Galant lahir menggantikan posisi Eterna yang sukses dan pensiun di tahun 1993.
Namun sebenarnya nama Galant sudah muncul sejak tahun 1960-an di Dunia dan masuk Indonesia pada 1970-an, namanya Mitsubishi Galant Sigma.
Sejarah Mitsubishi Galant
Di era 90-an, Galant beredar di Indonesia dengan desain unik. Hal membuatnya memiliki julukan Mitsubishi Galant lele dan Mitsubishi Galant hiu.
Seperti apa perjalanan Galant sejak awal muncul hingga terakhir dirilis? Berikut sejarah Galant dari tahun ke tahun.
1. Mitsubishi Galant Sigma
Mitsubishi Galant Sigma merupakan mobil Mitsubishi Galant pertama jenis ini. Galant Sigma adalah medium sedan dari Mitsubishi yang diperkenalkan pada tahun 1976 di Jepang dan baru masuk ke Indonesia pada tahun 1977.
Sebenarnya mobil ini merupakan Mitsubishi Galant generasi ke 3 karena nama Galant sudah dipakai sejak 1968. Mobil ini mungkin merupakan varian Mitsubishi Galant pertama yang masuk ke Indonesia melalui PT. New Marwa selaku ATPM Mitsubishi di Indonesia saat itu.
Untuk nama Sigma sendiri diambil dari huruf ke 18 dari alfabet Yunani kuno. Simbol Sigma seperti pada iklan Galant Sigma juga sering digunakan pada operasi perhitungan matematika yang berguna untuk penjumlahan.
Model pertama dari Galant Sigma diperkenalkan ke Indonesia tahun 1977 dengan bentuk headlamp depan 4 buah lampu bulat. Bentuk bodynya masih sedikit melengkung mencirikan mobil era 70an.
Sekitar tahun 1979, Galant Sigma ini mengalami facelift dengan mengubah keempat lampu bulatnya menjadi lampu kotak kecil seperti pada Toyota Corona 2000.
Pada bagian belakang Mitsubishi Galant Sigma terdapat lampu belakang dengan alur berupa garis. Model dengan lampu bulat ini lumayan populer untuk modifikasi custom karena kesan retronya yang kental sedang model lampu kotak terlihat lebih elegan.
Mitsubishi Galant Sigma memiliki 2 varian mesin yaitu 1600cc dan 2000cc. Untuk versi 1600cc (A121) memakai mesin Saturn 4G32 SOHC berkapasitas 1597 cc dengan 2 valve per silindernya dan pengabut bahan bakar karburator.
Versi 2000cc nya (A131) memakai mesin Astron 4G52 SOHC berkapasitas 1995cc yang juga 2 valve per silindernya dan pengabut bahan bakar karburator. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi manual 4 percepatan pada mesin 1600cc dan 5 percepatan untuk mesin 2000cc.
Untuk urusan spare part, mesin Saturn 1600cc ini lebih mudah mendapatkannya karena sama persis dengan Colt L300 bensin. Konsumsi bahan bakarnya sekitar 1:10 untuk yang 1600cc dan 1:8 untuk yang 2000cc.
Mobil ini diperkenalkan dalam 2 model yaitu GL yang memakai mesin 1600cc dan GLX yang memakai mesin 2000cc.
Selain pada bagian mesin, ciri khas lain pada interior tipe GL hanya ada warna hitam sedangkan untuk tipe GLX sudah 2 tone dengan paduan warna coklat tua dan coklat muda. Pada saat keadaan barunya, tipe GLX lebih mahal karena fiturnya lebih banyak.
Fitur yang hanya ada pada tipe GLX antara lain tachometer dan reclining back seat yang berguna untuk mengatur kemiringan jok penumpang belakang.
2. Tahun 1993-1994
Ini merupakan tahun-tahun pertama generasi Galant tipe lele dan hiu di Indonesia. Galant di generasi ini memiliki desain bodi yang aerodinamis dengan koefisien hambatan udara hanya 0,29.
Di era inilah Mitsubishi Galant disebut sebagai model ‘lele’ yang begitu akrab dengan lekukan bodi membulat.
PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menyediakan dua pilihan mesin untuk Galant yakni 4 silinder segaris untuk Mitsubishi Galant VR dan mesin V6 untuk Mitsubishi Galant V6. Perbedaan ini membuat tenaga yang dihasilkannya berselisih jauh.
Sedangkan untuk tipenya, Galant generasi pertama ini yaitu menawarkan 2 tipe, yakni Mitsubishi Galant V6 dengan injeksi elektronik dan Mitsubishi Galant VR yang masih menggunakan karburator.
Tapi VR4 hanya diproduksi sebentar sehingga populasinya tidak terlalu banyak. Untuk tampilan eksterior, perbedaan yang mencolok tipe V6 terdapat pada bumper depan yang dilengkapi foglamp dan telah menggunakan body kit.
Selain itu, desain pelek motif palang lima berdiameter 15 inci, sedangkan tipe VR menggunakan pelek 14 inci. Sedangkan di interior, perbedaan hanya pada tombol AC dan batas putaran mesin di takometer.
Galant V6 menggunakan AC digital dengan display layar LCD, sedangkan VR masih menggunakan kenop putar konvensional.
3. Tahun 1994-1997
Galant generasi kedua ini mempunyai nama Galant ST, dan memiliki desain bodi yang terlihat gagah dengan desain lebih mengotak dan tajam.
Makanya julukan Galant hiu dinobatkan untuknya, lantaran ujung bodi depan yang menyerupai moncong ikan ganas itu. Untuk mesin, Galant generasi kedua hanya tersedia dalam satu jenis berkapasitas 2.498 cc V6 dengan tenaga 167 dk.
Untuk transmisi tersedia pilihan manual dan matik. Jika pada generasi pertama Galant mengusung teknologi V6 DOHC, namun di generasi kedua ini berubah menjadi V6 SOHC, meski jumlah katupnya tetap 24.
Desain dasbor mengalami ubahan dan beberapa penambahan fitur kepraktisan dan keselamatan. Dengan hadirnya fitur airbag, AC digital, fog lamp, rem ABS, pelipat spion elektrik, safety power window dan cup-holder untuk penumpang belakang.
Di era ini pula tak hanya sedan, ada juga tipe hatchback 5 pintu yaitu Mitsubishi Galant 1995.
Mitsubishi Galant 1995 hadir dengan desain modern baik eksterior maupun interior. Pada Mitsubishi Galant 1995 sudah ada bumper depan dan belakangnya dan grill yang baru , lampu depan dan lampu daytime sudah led, jok sport tambahan juga didesain lagi.
Teknologi fitur keselamatan Mitsubishi Galant 1995 juga lebih unggul daripada kompetitornya. Contohnya sistem rem aktif yang ada pada Honda City, dan sistem penguncian otomatis saat kuncinya hilang.
4. Tahun 1999
Di tahun ini Galant mengubah jenis V6 nya menjadi Mitsubishi Galant VR4. Mitsubishi Galant VR4 membuat 2,5 L V6 baru dengan turbo dan kepala silinder 4-katup yang menghasilkan 280 hp pada torsi maksimum 5500 rpm dan 268 nm.
Mesin Mitsubishi Galant VR4 mampu mendorong mobil ke kecepatan tertinggi 150 mph melalui transmisi 5-kecepatan manual yang ditautkan ke sistem penggerak semua roda.
Stabilitas pada kecepatan tinggi dan sudut presisi dipastikan dengan rem cakram berventilasi 4 roda sementara torsi didistribusikan secara merata melalui sistem AYC.
Dari sisi ekterior hingga interior benar-benar berubah, dari sasis hingga cangkang bodi, desain interior, fitur, perlengkapan keselamatan, dan yang terpenting, transmisi telah diubah.
5. Tahun 2000
New Galant 2000 merupakan salah satu sedan yang banyak disukai pada masanya. Mobil ini dirilis dengan desain yang menarik, gril yang ramping dan spoiler yang memesona, ditambah kaca spion hitam mobil ini juga menambah kesejukannya.
Mitsubishi Galant 2000 tersedia dalam 7 varian yaitu:
- Mitsubishi Galant 2000 2.0L 16v 5MT (136 HP)
- Mitsubishi Galant 2000 2.0L GDI 4AT (145 HP)
- Mitsubishi Galant 2000 2.4L 16V 4AT (145 HP)
- Mitsubishi Galant 2000 2.4L GDI 5MT (150 HP)
- Mitsubishi Galant 2000 2.5l V6 5MT (163 HP)
- Mitsubishi Galant 2000 2.0L TD 5MT (90 HP)
Galant 2000 juga dilengkapi dengan perlengkapan dan keselamatan yang sangat baik, seperti lampu depan LED dan lampu led daytime running yang dapat memberikan penerangan yang jelas pada siang atau malam hari.
Selain itu, mobil ini juga ada dua fog lamp depan LED yang otomatis dan lampu belakang LED, serta defroster kaca depan dan belakang.
Eksterior dan Interior Mitsubishi Galant ST
1. Eksterior Mitsubishi Galant ST
Secara umum dimensi Mitsubishi Galant ST ‘hiu’ adalah memiliki panjang 4.660 mm, dengan lebar 1.740 mm, tinggi 1.420 mm dan Wheelbase 2.635 mm.
Di bagian depan, mobil ini ini terlihat sangat keren. Kap mesin depan dibuat agak menurun untuk memberikan aerodinamika yang baik meruncing layaknya hiu.
Di bawahnya terdapat gril yang ukurannya tidak terlalu besar. Lampu depan memakai model 4 unit; dua sisi luar bertugas untuk lampu utama, sedangkan dua bagian dalam bertugas untuk lampu jauh.
Sein diposisikan di bagian ujung lampu. Di bawah lampu terdapat fog lamp. Di bagian samping terdapat list body moulding di pintu depan dan pintu belakang yang dibuat sewarna bodi.
Ada juga tarikan garis dari fender depan hingga bagian quarter panel belakang yang membuat mobil ini terlihat sporty dan keren.
Bagian belakangnya menurut kami terbilang biasa saja. Bagian ujung bagasi dibuat melancip namun dibuat rata ke bagian bawah. Jika dilihat bagian belakang agak mengotak.
2. Interior Mitsubishi Galant ST
Galant ditawarkan dalam dua pilihan interior, ada yang memakai bahan kulit dan ada yang ditawarkan dengan bahan fabric.
Di bagian kabin Galant desainnya sangat sederhana, bahkan untuk kisi AC-nya benar-benar standar seperti layaknya mobil di era 1990-an. Interior yang minimalis, malah membuat kabinnya ini cukup lega dan mumpuni.
Kemudian, di bagian setir memakai model palang 4 dan instrument cluster-nya masih memakai model analog. Di bagian tengah dashboard terdapat jam digital yang di era tersebut sudah sangat inovatif.
Kemudian di bagian dapur pacu, pada Mitsubishi Galant ST generasi ke-8 menggunakan mesin V6 berkode 6A13 dengan kapasitas 2.498 cc, 24 katup.
Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga 167 hp @5.750 rpm dengan torsi 230 Nm @4.500 rpm melalui pilihan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan.
Saat itu yang cukup populer adalah mesin dengan transmisi manual karena jauh lebih nikmat untuk dipacu kencang.
Mesin dan fitur Mitsubishi Galant
1. Mesin
Mesin Galant menggunakan tipe 6A13 V6 6 silinder SOHC 24 katup dengan kapasitas mesin 2.500 cc. Mobil ini pun dikenal cepat karena memiliki tenaga sebesar 167 hp/5.750 rpm, dengan torsi maksimal 230 Nm/4.500 rpm.
Mobil ini juga memiliki transmisi manual dengan 5-percepatan dan transmisi otomatis 4-percepatan.
2. Fitur
Galant merupakan mobil berperforma tinggi, sehingga diberikan beberapa fitur yang mumpuni khususnya pada keamanan. Tujuannya jelas memberikan keamanan bagi penggunanya.
Bahkan hasil crash test versi NHTSA pada tahun 2001 mengganjar Mitsubishi Galant ST dengan rating bintang 4. Itu artinya, sedan ini mampu memberikan perlindungan yang sangat baik bagi penggunanya.
Kelemahan Mitsubishi Galant ST
Selain mobil aslinya, Mitsubishi Galant modifikasi jadi favorit. Jiwanya yang merupakan mobil balap bakal makin keren dan kece ketika dilakukan modifikasi baik mesin maupun kit. Mesin pada Mitsubishi Galant ST 1998-2005 menggunakan mesin V6 berkapasitas 2.498 cc dengan 24 katup.
Sayangnya, meskipun cepat dan sederhana sedan ini memiliki beberapa masalah atau penyakit tersendiri. Inilah beberapa penyakit atau masalah pada Galant yang biasa ditemui dan harus kamu ketahui.
1. ECU (Electronic Control Unit)
Penempatan ECU mobil di bawah kotak evaporator AC, membuatnya rentan terhadap tetesan air. Apalagi jika saluran pembuangan AC tersumbat.
Tetesan air akan mudah mengenai soket ECU sehingga mudah terjadi hubungan pendek. Maka tak ada salahnya untuk membungkus ECU agar terhindar dari tetesan air AC.
2. Mesin
Idle-up AC kerap rusak akibat saringan udara yang jarang dibersihkan atau diganti secara rutin (berkala). Cirinya, putaran mesin tidak naik saat AC diaktifkan. Selain itu, air flow meter biasanya mulai rewel ketika odometer menunjukan angka 150 ribu kilometer.
Problem ini biasanya diakibatkan debu yang menempel pada kawat filter udara dengan model sarang tawon.
3. Kaki-kaki
Pada Maret 2001 silam, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors sempat melakukan recall terhadap Galant ST produksi awal. Masalahnya ada pada ball joint roda depan yang memiliki celah terlalu besar sehingga rentan kemasukan air.
Untuk memastikan komponen itu telah diganti kamu dapat mengamati lateral arm yang bertanda putih pada bagian karetnya. Jika kamu hendak menggantinya, pastikan membeli komponen pengganti yang memiliki tanda itu.
Harga bekas Mitsubishi Galant ST hiu
Pasaran yang ditawarkan untuk Galant hiu bekas pada 2021 kemarin berkisar antara Rp 40 jutaan sampai Rp 80 jutaan. Semuanya jelas tergantung kondisi mobil bekas itu sendiri, semakin baik unitnya jelas akan semakin mahal harganya.
Apalagi Galant hiu saat ini sudah termasuk ke dalam kategori mobil hobi. Hal ini membuat para penghobi membeli Mitsubishi Galant modifikasi maupun kondisi asli.
Mitsubishi Galant ST 1998 atau jenis hiu sempat populer di Indonesia. Dan mobil yang sempat populer ini kini dibanderol dengan harga Rp 60-70 jutaan dengan kondisi yang baik.
Terlebih di masa mobil JDM, maka menggunakan Galant ST di tengah jalan raya padat di ibukota akan sangat menjadi pusat perhatian.
Tips dari Lifepal! Mitsubishi Galant merupakan mobil sedan lama yang terkenal memiliki kecepatan yang kencang. Sama seperti Lancer yang suka digunakan balapan, Galant juga memiliki jiwa rally di dalamnya.
Oleh karena sering digunakan rally, baik Lancer maupun Galant modifikasi dilakukan untuk semakin terlihat keren saat dipacu. Galant lahir menggantikan posisi Eterna yang sukses dan pensiun di tahun 1993.
Di era 90-an, Galant lahir dengan desain unik yaitu mobil dengan julukan Galant lele dan Galant hiu.
Lindungi selalu mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu.
Lindungi mobilmu
Biaya perbaikan dan perawatan mobil tentu tidak murah. Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.
Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.
Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan Kalkulator Lifepal berikut ini.
Kemudian pilihlah asuransi mobil yang cocok, dengan bantuan Kuis Asuransi Mobil Lifepal di bawah ini
Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan.