Begini Panduan Cara Pengembalian Premi AXA Mandiri

Asuransi AXA Mandiri pendidikan

Kini keputusan untuk membeli asuransi tidak hanya sekadar mengejar proteksi saja karena nyatanya banyak juga dari kita yang menjadikan asuransi sebagai opsi investasi.

Mengapa investasi? Pasalnya, ada produk asuransi yang menawarkan fitur pengembalian premi demi mendapatkan sekaligus mempertahankan para nasabahnya.

Adanya fitur ini memungkinkan kita untuk mendapat pengembalian premi bila tidak ada klaim dalam kurun waktu tertentu. Namun, fitur ini tentu tidak berlaku di setiap produk asuransi. Biasanya, hanya ada beberapa produk asuransi yang menawarkannya, salah satunya adalah AXA Mandiri. Besarnya jumlah pengembalian premi juga beragam, mulai dari 20, 25, dan bahkan hingga 110 persen sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Pentingnya Pengembalian Premi Asuransi

Sebagai pemilik asuransi, selain manfaat dan besarnya premi, pengembalian premi juga menjadi hal penting untuk diperhatikan. Saat ini, banyak perusahaan asuransi yang menawarkan fitur pengembalian premi dengan syarat tertentu.

Sebagai contoh, setelah kontrak asuransi berjalan dalam rentang waktu tertentu dan tidak terjadi klaim, maka nasabah akan mendapatkan pengembalian premi. Fitur ini dinamakan no claim bonus atau return on premium.

Biasanya, asuransi dengan fitur pengembalian premi hingga 100 persen merupakan asuransi berjenis santunan harian atau cash plan.

Hal ini tentu berbeda dengan jenis hospital benefit karena asuransi cash plan tidak melihat perincian biaya yang timbul saat terjadi risiko sehingga perusahaan asuransi hanya mengganti risiko sesuai jumlah hari kita dirawat. Dengan kata lain, manfaat yang diberikan relatif terbatas dan tidak mendetail.

Dengan terbatasnya manfaat yang diberikan, maka tidak mengherankan bila biasanya asuransi berfitur return on premium tidak mewajibkan tes kesehatan setiap tahun karena masa pertanggungan asuransi biasanya sudah dipatok di awal, misalnya 2 tahun, 5 tahun, atau 10 tahun.

Selain itu, keuntungan lain memiliki asuransi dengan fitur pengembalian premi adalah premi yang dibayarkan pun nilainya tetap sama selama masa kontrak tanpa melihat penambahan usia tertanggung.

Saat asuransi telah jatuh tempo dan tidak ada klaim, pengembalian premi asuransi ini bisa dianggap sebagai investasi sekaligus tabungan di masa depan.

Di sisi lain, sebagaimana produk asuransi ini dwiguna, alias berfungsi sebagai proteksi dan tabungan, maka biasanya preminya cenderung mahal.

Kita harus melakukan penghitungan secara cermat dan jangan hanya melihat nilai rupiah yang akan didapatkan dari fitur return on premium saja.

Oleh sebab itu, pastikan untuk membaca lebih detail terkait manfaat apa saja yang diberikan oleh sebuah produk dan kewajiban premi demi bisa mendapatkan return on premium.

Jangan lupakan juga mengenai syarat dan ketentuan lain yang banyak dimuat dalam polis produk asuransi tersebut. Jika terasa membingungkan, jangan sungkan untuk meminta penjelasan dari agen atau perusahaan asuransi secara langsung.

Besaran Pengembalian Premi Axa Mandiri

Nah, pertanyaan selanjutnya adalah produk asuransi AXA Mandiri apa saja yang memiliki fitur no claim bonus dan berapa besar pengembalian premi yang diberikan? Simak ulasannya berikut ini.

  • Asuransi Mandiri Jaminan Kesehatan AXA Mandiri akan mengembalikan premi hingga 100 persen jika polis tetap aktif selama lima tahun berturut-turut dan tidak ada klaim yang dibayarkan.
  • Asuransi Mandiri Heart Protection AXA Mandiri akan mengembalikan hingga 105 persen dari total premi yang dibayarkan selama 10 tahun bila tidak ada klaim.
  • Asuransi Mandiri Proteksi Kanker AXA Mandiri akan mengembalikan premi hingga 100 persen jika polis tetap aktif selama sembilan tahun berturut-turut dan belum pernah ada pengajuan klaim.
  • Asuransi Mandiri Proteksi Penyakit Tropis AXA Mandiri akan mengembalikan premi hingga 30 persen dari total premi yang dibayarkan selama tiga tahun.
  • Asuransi Mandiri Secure Plan AXA Mandiri akan mengembalikan premi hingga 110 persen dari total premi yang dibayarkan jika tidak ada klaim dalam periode 10 tahun berturut-turut. Premi akan dikembalikan dalam dua tahap, yaitu 50 persen di akhir tahun kelima dan 60 persen pada akhir masa pertanggungan (tahun ke-10).
  • Asuransi Mandiri Income Replacement akan mengembalikan premi hingga 20 persen dari total premi yang telah dibayarkan bila tidak terjadi klaim selama tiga tahun terus-menerus.
  • Asuransi Jiwa Mandiri Protection AXA Mandiri akan mengembalikan premi sebesar 20 persen dari total premi yang telah dibayarkan.
  • Asuransi Mandiri Jiwa Sejahtera AXA Mandiri akan mengembalikan premi hingga 110 persen.

Prosedur Klaim Pengembalian Premi AXA Mandiri

Bagi kita yang sudah menjadi nasabah AXA Mandiri, penarikan dana menjadi sebuah momentum yang paling ditunggu-tunggu.

Pasalnya, penarikan dana atas pengembalian premi biasanya baru bisa dilakukan setelah masa perjanjiannya usai yang mana tiap asuransi memiliki masa perjanjian polis yang berbeda-beda dalam hitungan tahun.

Biasanya, penarikan saldo dari pengembalian premi baru bisa dilakukan setelah minimal dua tahun atau lebih atau di akhir masa asuransi.

Nah, tidak perlu khawatir dan bingung karena pengembalian premi AXA Mandiri tidak sulit, kok. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Mengunduh formulir Pengajuan Penarikan Dana Dan Pembatalan Polis

Untuk dapat mengajukan pengembalian premi, pastikan kita telah mengisi formulir pengajuan penarikan dana dan pembatalan polis.

Yang perlu kita perhatikan adalah dalam formulir ini juga berfungsi sebagai formulir pencairan atau penarikan dana, formulir pembatalan polis serta formulir habis kontrak polis atau maturity.

Oleh sebab itu, pastikan jangan sampai salah dalam mengisi formulir tersebut.

Centang bagian Habis Kontrak Polis (maturity) pada kolom Detil Perubahan. Selain itu, kita juga harus mengisi formulir pengembalian premi dengan data pribadi nasabah, penarikan dana investasi (fund withdrawal), dan rekening tujuan pembayaran manfaat polis (transfer).

Sertakan juga nama pemilik polis, nomor KTP atau paspor, nomor polis, serta buku polis asli.

2. Lengkapi dokumen yang dibutuhkan

Agar proses pengembalian premi segera cair, pastikan dokumen yang harus kita kumpulkan sudah lengkap sesuai persyaratan. Lalu, apa saja dokumen yang dibutuhkan?

  • Data rekening termasuk nama nasabah harus sama atau sesuai dengan yang tertulis dalam Surat Kuasa Debet Rekening (SKDR).
  • Bila ternyata terdapat perbedaan nama nasabah dengan nama yang ada di rekening tujuan, diwajibkan untuk membuat surat pernyataan.

3. Tunggu dana pengembalian premi AXA Mandiri

Setelah mengisi lengkap formulir serta mengumpulkan semua dokumen, kita tinggal menunggu proses tujuh hari pencairan dana. Proses ini dihitung setelah dokumen tersebut diterima langsung oleh kantor pusat AXA Mandiri.

Siapa sangka, ternyata tidak sulit untuk melakukan pengembalian premi AXA Mandiri, bukan? Meski begitu, ada baiknya untuk selalu memantau proses kelanjutan status pencairan dana. Kita bisa menghubungi hotline resmi AXA Mandiri di (021) 30058788 atau mengirimkan surel ke [email protected]

Untuk mendapatkan ulasan yang lebih lengkap mengenai produk-produk dan keunggulan dari asuransi AXA Mandiri, langsung cek saja di Lifepal.

Namun, bila kita ingin membeli lagi asuransi dengan jenis atau perusahaan yang lain, jangan sungkan untuk mengunjungi Lifepal, marketplace asuransi tepercaya untuk mendapatkan rekomendasi asuransi terbaik sesuai kebutuhan dan bujet kita.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →