8 Jenis Perawatan Gigi yang Ditanggung Asuransi

perawatan gigi yang ditanggung asuransi

Jenis perawatan gigi yang ditanggung asuransi pada dasarnya terbagi menjadi tiga kategori, yaitu perawatan dasar, perawatan kompleks, perawatan jenis gigi palsu. Namun, tiap pilihan polis asuransi gigi umumnya menawarkan manfaat yang berbeda-beda. 

Perlu diketahui juga bahwa asuransi gigi seringkali dikategorikan sebagai manfaat tambahan atau rider dari asuransi kesehatan swasta.

Namun, ada juga yang memberikan manfaat perawatan gigi sebagai manfaat dasar polis, contohnya BPJS Kesehatan dan asuransi gigi Cigna. 

Nah, perawatan gigi yang ditanggung asuransi umumnya mengacu pada Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 1 Tahun 2014 pasal 52 Ayat 1. Berikut ini cakupan pelayannya. 

Jenis perawatan gigi yang ditanggung asuransi

Berikut ini 8 jenis perawatan gigi yang bisa ditanggung oleh asuransi gigi dan juga BPJS Kesehatan.

1. Pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis

Jenis perawatan gigi yang paling umum dilakukan oleh masyarakat adalah pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis. Bahkan beberapa data menyebutkan bahwa rata-rata orang dewasa akan secara rutin memeriksa kondisi gigi setiap enam bulan sekali.

Melalui perawatan tersebut, dokter akan memeriksa kondisi gigi semisal ada gangguan pada gigi, gusi, dan mulut. Jika dideteksi ada masalah, maka dokter akan memberikan konsultasi medis untuk menangani permasalahan tersebut.

Tetapi, perlu diingat bahwa kebanyakan asuransi hanya mengcover perawatan gigi untuk tujuan non estetika. Dalam arti, dapat dicover asuransi bila untuk tujuan pengobatan karena keluhan tertentu. 

Produk PruCorporate Medical misalnya, dengan jelas memasukkan perawatan gigi untuk tujuan kosmetik semata sebagai daftar hal – hal yang menyebabkan klaim tidak dibayarkan. Adapun contoh perawatan gigi untuk tujuan kosmetika adalah pemutihan gigi. 

2. Premedikasi

Permasalahan gigi memang beragam sehingga penanganan medis sangat diperlukan agar tidak timbul suatu permasalahan baru.

Salah satu cara untuk mengatasi sakit pada gigi, dokter akan memberikan premedikasi atau pengobatan awal dengan memberikan obat analgetik dan antibiotik untuk meredakan nyeri dan mengatasi infeksi.

Namun, sebenarnya penanganan yang diberikan bergantung pada penyebabnya. Bila sakit pada gigi semakin parah, maka dianjurkan untuk melakukan konsultasi lebih dulu dan dokter akan memberikan pemeriksaan klinis untuk mengetahui penyebabnya dan menentukan penanganan yang tepat.

3. Kegawatdaruratan oro-dental

Peserta asuransi dapat memperoleh kegawatdaruratan oro-dental. Maksudnya, apabila mengalami kondisi serius pada gigi sehingga membutuhkan perawatan segera untuk menghindari kerusakan.

Kondisi seperti ini kebanyakan disebabkan oleh cedera, tetapi bisa juga terjadi karena infeksi parah yang disertai dengan rasa sakit sebagai gejalanya. Namun, tak menutup kemungkinan rasa sakit muncul ketika masalah sudah semakin buruk.

Salah satu polis dari asuransi gigi Cigna Senyum Sehat memiliki manfaat berupa perawatan gigi akibat kecelakaan. Penanganan major care nya termasuk seperti pembuatan jembatan atau dental bridge guna menggantikan satu atau dua gigi yang hilang.  

Selain itu, ada pula asuransi gigi Chubb yang premi asuransinya mulai dari Rp148 ribu saja.

4. Pencabutan gigi sulung

Pencabutan gigi sulung dapat dilakukan dengan bantuan asuransi jika hanya menggunakan anestesi topikal dan infiltrasi saja. Sebab, pencabutan gigi sulung termasuk dalam perawatan dasar yang umum dilakukan oleh masyarakat.

Pada asuransi kesehatan Prudential, pencabutan gigi sulung merupakan manfaat tambahan atau rider yang dapat dipilih pengguna. Selain itu, masih banyak manfaat lain dari asuransi kesehatan Prudential. 

5. Pencabutan gigi permanen tanpa penyulit

Tindakan cabut gigi umumnya dilakukan jika gigi bermasalah dan tidak dapat diperbaiki lagi. Namun, hanya pencabutan gigi permanen tanpa penyulit atau tidak memerlukan operasi besar yang dapat ditanggung oleh asuransi. 

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan gigi sulit dicabut seperti adanya gigi yang miring, adanya abses (kista di gigi). Biaya cabut gigi dengan kondisi seperti ini biasanya menjadi lebih mahal. Karen itu, peserta asuransi juga memerlukan pemeriksaan lebih lanjut sebelum melakukan pencabutan gigi.

6. Obat pasca-ekstraksi

Pemberian obat pasca-ekstraksi biasanya memang diperlukan setelah menjalani tindakan bedah sederhana, seperti pencabutan gigi. Nah, biaya obat pasca ekstraksi ini tidaklah murah, sehingga keberadaan asuransi gigi dapat sangat membantu melunasi biaya tagihan dokter.

Beruntungnya, ini sudah termasuk dalam tanggung jawab asuransi terkait. Manfaat obay pasca ekstraksi juga bisa kamu dapatkan sebagai peserta BPJS Kesehatan.

7. Tumpatan gigi komposit atau GIC

Tumpatan komposit atau yang sering disebut juga tambalan gigi menjadi salah satu dari beberapa jenis perawatan gigi yang ditanggung asuransi.

Tumpatan gigi tidak hanya dilakukan jika terjadi gigi berlubang saja. Tetapi, bisa juga dilakukan karena jarak gigi yang terlihat longgar akibat adanya ruang kosong di dalam struktur gigi. 

Namun, hanya jenis GIC (glass ionomer cement) atau tambalan langsung berwarna putih yang ditanggung oleh asuransi. Kekurangannya, tambalan gigi GIC ini tidak bertahan lama, yakni sekitar 5 tahun.

8. Scaling gigi

Pembersihan karang dan plak, disebut juga dengan scaling gigi, adalah jenis perawatan gigi dasar yang jika dibiarkan dapat mengalami kerusakan pada gigi.

Plak gigi umumnya disebabkan karena bakteri yang berkumpul dengan sisa makanan terutama yang mengandung gula tepung. 

Perawatan jenis ini pula bias rutin dilakukan kapan saja, tapi sebaiknya dilakukan dua kali dalam setahun. Salah satu asuransi yang mengcover biaya scaling gigi adalah Dental Insurance Plan dari DBS.

Itulah beberapa informasi penting seputar jenis-jenis perawatan gigi yang ditanggung oleh asuransi.

Perawatan gigi dengan alasan kecantikan, seperti pemasangan behel atau kawat gigi, meratakan permukaan gigi, serta yang lainnya selain tujuan pengobatan tidak masuk dalam sebagian besar pertanggungan produk asuransi.

Konsultasikan kebutuhan asuransimu secara gratis dan dapatkan referensi kepada berbagai produk asuransi gigi terbaik hanya di Lifepal dengan mengisi form berikut.

Rekomendasi asuransi gigi terbaik

Jika kamu berencana membeli asuransi gigi, berikut ini daftar rekomendasi asuransi gigi terbaik yang sudah Lifepal rangkum. Simak, ya.

1.  Asuransi gigi AXA Mandiri – International Exclusive Asia

Ketentuan dan manfaatnya:

  • Harga premi mulai dari Rp155 ribu per bulan
  • Premi dibayar tahuan
  • Pertanggungan biaya untuk perawatan gigi dasar sesuai dengan tagihan rumah sakit
  • Bekerja sama dengan 700+ rumah sakit yang tersebar di seluruh Indonesia
  • Bisa digunakan di luar negeri, lingkup Asia

2. Asuransi gigi Allianz

Ketentuan dan manfaatnya:

  • Harga premi mulai dari Rp50 ribu per bulan
  • Bekerja sama dengan 1000+ rumah sakit rekanan yang tersebar di Indonesia dan luar negeri
  • Merupakan manfaat tambahan (rider)
  • Cocok dipilih jika kamu ingin mendapatkan manfaat kesehatan dan juga manfaat perawatan gigi sekaligus

3. Asuransi Prudential

Ketentuan dan manfaatnya:

  • Harga premi mulai dari Rp50 ribu per bulan
  • Sudah bekerja sama dengan 2000+ rumah sakit yang tersebar di seluruh Indonesia
  • Manfaat pengembalian premi 10%
  • Masuk ke dalam polis asuransi karyawan
  • Pertanggungan perawatan gigi dasar dan akibat kecelakaan sesuai tagihan

4. Asuransi Cigna

Ketentuan dan manfaatnya:

  • Harga premi mulai dari Rp180 ribu per bulan
  • Sudah bekerja sama dengan 3000+ rumah sakit rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia
  • Ada manfaat kimit tahunan gingga 24 juta per tahun
  • Perawatan gigi yang ditanggung seperti scalling, penambalan, pencabutan gigi, hingga dental bridge

5. Asuransi Chubb

Ketentuan dan manfaatnya:

  • Harga premi mulai dari Rp165 per bulan
  • Sudah bekerja sama dengan 2400+ rumah sakit rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia
  • Ada manfaat santunan atas biaya darurat gigi seperti pendarahan, bengkak, hingga nyeri
  • Ada manfaat santunan untuk biaya radiologi gigi, pencabutan gigi, hingga perawatan saluran akar gigi
  • Bisa digunakan di luar negeri
  • Ada manfaat pengembalian premi

6. Asuransi Manulife

Ketentuan dan manfaatnya:

  • Harga premi mulai dari Rp50 ribu per bulan
  • Pembayaran sesuai tagihan rumah sakit
  • Bisa digunakan di rumah sakit di luar negeri
  • Ada manfaat psikologis

Itu dia beberapa rekomendasi asuransi gigi terbaik dari Lifepal yang bisa kamu coba. Kamu bisa membeli asuransi gigi langsung di Lifepal dan prosesnya pun lebih praktis dan tidak ribet.

Sebelum membeli asuransi gigi untuk proteksi finansial kamu, jangan lupa juga untuk memiliki dana darurat, ya! Hitung kebutuhan dana darurat dengan kalkulator dana darurat berikut ini.

Cara klaim asuransi gigi

Seperti yang sudah diketahui, biaya untuk perawatan gigi tidaklah murah. Untuk biaya scaling gigi saja, kamu harus mengeluarkan uang minimal Rp300 ribu. Jika tidak memiliki proteksi seperti asuransi, tentunya tabungan akan habis.

Setelah mengetahui asuransi gigi terbaik yang Lifepal rekomendasikan, saatnya kamu tahu bagaimana melakukan klaim asuransi gigi agar tidak ditolak.

Cara klaim setiap asuransi tentunya berbeda-beda, ya. Namun, secara umum urutannya akan seperti ini.

  1. Siapkan kuitansi asli dan rincian biaya dari perawatan gigi, termasuk obat-obatan.
  2. Setelah itu, kamu bisa mengisi formulir klaim asuransi gigi yang sudah disediakan. Formulir ini berisi beberapa data pribadi, sehingga harus diisi sebaik mungkin, ya.
  3. Kemudian, kamu bisa mengirim dokumen yang berisi formulir klaim beserta bukti kuitansi dan rincian biaya ke email asuransi kamu atau ke kantor asuransi langsung.
  4. Sebaiknya segera ajukan klaim sesuai dengan tenggat waktu yang sudah ditentukan, ya.
  5. Jika ada yang belum lengkap, biasanya petugas akan memberi tahu beberapa persyaratan yang kurang, sehingga harus kamu isi dengan tepat ya.

Pertanyaan seputar manfaat finansial dari asuransi

Kenapa penting untuk memiliki asuransi?

Perlindungan finansial dari asuransi penting untuk dimiliki agar kamu tidak terbebani dengan pengeluaran mendadak yang pada akhirnya bisa menguras tabunganmu. Misalnya, tagihan rumah sakit yang terlalu mahal atau mendadak harus melunasi biaya perbaikan kendaraan di bengkel saat kamu kebetulan sedang tidak memiliki dana simpanan.

Terdapat berbagai pilihan produk asuransi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan keuanganmu, yaitu:

Perusahaan asuransi dapat dikatakan bagus jika memiliki kesehatan keuangan perusahaan yang baik. Selain itu, pilihan polis yang beragam juga dapat menjadi indikator bagus atau tidaknya perusahaan tersebut. Dengan begitu, calon nasabah akan lebih mudah memilih polis yang dibutuhkan dan menyesuaikannya dengan anggaran yang dimilikinya.

Untuk mendapatkan referensi produk asuransi terlengkap, cari tahu di Lifepal.

Bagaimana cara memilih perusahaan asuransi terbaik?

Perusahaan asuransi yang tepat bagi tiap nasabah tentu saja berbeda-beda. Misal, untuk yang berusia lanjut, tentu asuransi kesehatan terbaik adalah yang menanggung hingga usia 100 tahun. Namun, untuk yang memiliki riwayat penyakit kritis dalam keluarga, maka asuransi kesehatan terbaik adalah yang menanggung risiko penyakit kritis sekaligus. Sama halnya dalam memilih asuransi jiwa dan asuransi mobil. Kembali lagi harus disesuaikan dengan profil nasabah. Jadi, jangan hanya berfokus pada premi murah saja.

Apakah asuransi Allianz bisa untuk gigi?

Bisa. Asuransi Allianz menyediakan asuransi gigi yang bersifat tambahan (rider). Jadi, kamu harus membeli asuransi kesehatan dulu untuk bisa membeli asuransi gigi di Allianz. Harga preminya juga terjangkau, mulai dari Rp50 ribuan.

Dapatkan Promo