Ini Daftar Asuransi dan Produk yang Perlu Kamu Prioritaskan

Pilihan asuransi mana ya yang jadi prioritas? Pasti bingung menjawab pertanyaan tersebut saat dihadapkan dengan begitu banyaknya daftar asuransi di Indonesia. 

Di saat bersamaan, anggaran yang dialokasikan juga terbatas. Alhasil, usaha pilah-pilah produk asuransi pun jadi lebih sulit.

Terlepas dari itu, perlu ditekankan lagi bila fungsi utama dari asuransi adalah menanggung kerugian finansial yang tak sanggup ditanggung sendiri. Manfaat inilah yang menjadi kunci dalam menentukan skala prioritas mengambil produk asuransi. 

Jangan salah ukur prioritas di sini. Prioritas yang dimaksud ukurannya adalah pada risiko yang kemungkinan memberi dampak terbesar pada keuangan keluarga, bukan dari sering atau tidaknya risiko itu terjadi.

Bila risiko itu sangat kecil dampaknya pada keuangan, lalu buat apa diasuransikan. Beda kasus jika risiko itu bakal membuat kerugian serius pada keuangan, maka bisa dipertimbangkan untuk mengalihkan risiko itu ke pihak asuransi. 

Salah satu produk yang menawarkan perlindungan atas risiko tinggi adalah asuransi jiwa terbaik dari Lifepal. Manfaat asuransi jiwa memberikan ahli waris sejumlah uang santunan jika tulang punggung keluarga meninggal dunia.

Selain itu, faktor yang tak kalah penting adalah ketersediaan dana. Dana yang terbatas pastinya membuat kita selektif pula dalam menentukan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Lantas, produk asuransi apa sih yang perlu kita prioritaskan? Simak ulasannya berikut ini!

Daftar asuransi kesehatan

Kami menyarankan untuk memprioritaskan asuransi kesehatan jika belum punya asuransi sama sekali (baik BPJS Kesehatan ataupun asuransi swasta). Pasalnya, risiko sakit sangat mungkin terjadi kepada siapa pun, baik tua maupun muda. Biaya rumah sakit juga tidak murah, apalagi kalau sampai harus dirawat inap. 

Namun, jika kamu karyawan yang mendapatkan fasilitas asuransi kesehatan dari kantor, kamu bisa tenang. Secara umum asuransi karyawan sudah menanggung biaya rawat inap, rawat jalan, dan perawatan gigi. Namun, kamu perlu cek apakah biaya bersalin juga ditanggung. Kamu bisa lho membeli asuransi kesehatan tambahan jika memang pertanggungannya kurang.

Nah, asuransi jiwa apa saja sih yang ada di Indonesia? Berikut daftarnya perusahaannya.

Daftar asuransi jiwa

Jenis asuransi ini akan menanggung kerugian yang terjadi jika si pencari nafkah meninggal dunia. Bayangkan, ketika sebuah keluarga kehilangan pencari nafkah yang selama ini menopang perekonomian keluarga. 

Biasanya ayah yang menjadi sumber pencari nafkah, maka sebaiknya diasuransikan. Tak tertutup kemungkinan bila ibu juga turut menopang perekonomian keluarga bisa pula punya produk asuransi jiwa.

Punya pertanyaan lain seputar asuransi dan keuangan? Yuk tanyakan langsung pada ahli yang berpengalaman di bidangnya lewat fitur Tanya Lifepal!

Oleh sebab itu, asuransi jiwa dibutuhkan apabila pencari nafkah memiliki tanggungan hidup, alias orang yang bergantung secara finansial dari penghasilannya. Kalau kamu masih single dan gak menanggung biaya hidup orang tua, bisa lho dana asuransinya kamu alokasikan dulu untuk asuransi kesehatan!

 

Daftar perusahaan asuransi jiwa

Ada berbagai jenis asuransi jiwa yang ada di pasaran, di antaranya asuransi jiwa term life, asuransi jiwa whole life asuransi jiwa unit link, asuransi jiwa pendidikan, sampai asuransi jiwa kredit. Pilihan asuransi jiwa mana sih yang kamu butuhkan? Yuk ikutan kuis ini untuk cari tahu:

Daftar asuransi mobil

Asuransi mobil adalah pilihan asuransi yang bakal menanggung kerugian apabila mobil kamu rusak atau hilang. Jika memang harus diperbaiki, kamu hanya perlu membayar biaya own risk (biaya sendiri) kepada bengkel yaitu sekitar Rp300 ribu untuk segala kerusakan, bahkan rusak parah sekalipun. Syaratnya, kamu perlu membayar sejumlah premi setiap tahunnya. 

Produk ini cocok bagi kamu yang memiliki mobil. Jika mengajukan kredit mobi, kamu otomatis bakal mendapatkan asuransi ini untuk beberapa tahun. Berikut daftar asuransi mobil yang bisa kamu pilih.

Nah, bentuk pertanggungan dalam asuransi mobil terdiri dari dua, yaitu all risk dan total loss only (TLO). Asuransi all risk memberikan pertanggungan untuk risiko kecil seperti lecet sampai risiko besar seperti kehilangan mobil. Sementara itu, asuransi TLO memberikan pertanggungan untuk risiko besar saja. 

Lantas, produk asuransi mobil yang mana cocok dengan kebutuhanmu? Mari ikuti kuis berikut untuk tahu jawabannya!

Alokasi pembayaran premi

Pertanyaan berikutnya, berapa alokasi yang tepat untuk membeli produk asuransi dari anggaran pengeluaran rumah tangga?

Tentu saja jawabannya tergantung dari besaran penghasilan dan kebutuhan keluarga tersebut. Tapi sebagai pegangan, sebaiknya menyisihkan dana sebesar 10 persen dari total penghasilan bulanan untuk asuransi.

Sebagai ilustrasi, Demian adalah seorang karyawan swasta punya penghasilan Rp5 juta per bulan. Sejak awal, dia sudah menyisihkan 10 persen dari penghasilannya untuk asuransi sebesar Rp500 ribu. Apa yang jadi prioritasnya? 

Premi asuransi jiwa

Misalnya cukup dengan dana Rp300 ribu, Demian bisa membeli produk asuransi jiwa dengan beberapa pilihan:

  • Paket proteksi lengkap dengan uang pertanggungan jika meninggal dunia maksimal Rp500 juta maupun cacat tetap maksimal Rp250 juta.
  • Paket warisan yang hanya menanggung saat yang bersangkutan meninggal dunia dengan uang pertanggungan sampai Rp1 miliar.

Tentu saja besaran premi terhadap paket pilihan asuransi itu sangat tergantung dari uang pertanggungan yang dipilih, jenis kelamin, usia, riwayat kesehatan, dan gaya hidup. 

Supaya bisa memperkirakan premi asuransi jiwa, kamu perlu tahu berapa sih uang pertanggungan yang kamu butuhkan. Yuk hitung dengan Kalkulator Uang Pertanggungan berikut ini!

Premi asuransi kesehatan

Jika Demian karyawan kantoran, umumnya perusahaan sudah menyediakan askes buat karyawannya. Ada juga perusahaan yang hanya memberikan BPJS Kesehatan karena wajib dan preminya relatif lebih rendah. Sayangnya, BPJS Kesehatan menawarkan klaim bertingkat di mana peserta harus meminta rujukan dulu dari Puskesmas sebelum ke rumah sakit, sehingga layanannya kurang praktis.

Nah, jika Demian ingin meningkatkan layanan asuransi kesehatan, bisa membeli asuransi kesehatan swasta sendiri. Dengan produk yang dibeli secara mandiri, kamu bebas menentukan pertanggungan apa yang diinginkan.

Premi asuransi mobil 

Jika Demian membeli mobil baru secara tunai, maka ia perlu mengasuransikan mobilnya secara mandiri dengan asuransi mobil terbaik yang bisa didapatkan di Lifepal. Premi asuransi mobil dibayar secara tahunan, berkisar antara ratusan ribu sampai jutaan, tergantung jenis asuransi dan harga mobilnya. 

Sebenarnya, suku premi asuransi mobil sudah ditentukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ditentukan berdasarkan harga mobil, tipe mobil, dan domisili nasabah. Untuk menghitungnya, yuk gunakan Kalkulator Premi Asuransi Mobil berikut:

Dari uraian di atas, sebenarnya ada dua kunci dalam menentukan prioritas dalam mengambil pilihan asuransi. Pertama, kenali risiko yang berdampak pada keuangan keluarga. Dan kedua, dana yang tersedia. Inilah yang jadi menjadi pijakan dalam menentukan prioritas dalam mengambil produk asuransi.

Pertanyaan seputar daftar asuransi

Apa saja daftar asuransi di Indonesia yang terdaftar OJK?

Daftar asuransi yang terdaftar di OJK terdiri dari 76 perusahaan asuransi umum dan 50 perusahaan asuransi jiwa. Contoh asuransi umum terdaftar adalah Allianz Indonesia dan BCA Insurance. Sementara itu contoh asuransi jiwa terdaftar adalah Prudential dan Generali. Untuk daftar lengkapnya, silakan cek artikel ini, ya!

Apa saja daftar perusahaan asuransi yang bangkrut?

Perusahaan asuransi yang mengalami bangkrut adalah Asuransi Bumi Asih Jaya (BAJ), Himalaya Insurance, Asuransi Jiwa Bakrie Life, Asuransi Jiwasraya, dan AJB Bumiputera.

Apa saja daftar perusahaan asuransi yang terdaftar di BEI?

Ada cukup banyak daftar asuransi yang tercatat di BEI, di antaranya Sinarmas MSIG, Dayin Mitra, Kresna, Ramayana, Lippo General Insurance, Malacca Trust, Tugu Pratama Indonesia, dan Victoria Insurance.
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →