Reimburse adalah: Arti dan Cara Mengajukan Klaim yang Benar

reimburse adalah

Reimburse adalah penggantian uang oleh perusahaan kepada karyawannya sebagai bentuk kompensasi. Sementara reimbursement adalah uang pengganti yang dibayar perusahaan atas transaksi yang sudah dibayarkan terlebih dahulu oleh karyawan, nasabah, atau klien perusahaan tersebut.

Sistem ini biasa kita temukan pada sistem klaim asuransi dan operasional bisnis. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini!

Reimburse adalah penggantian uang, ini pengertian lengkapnya

Apa itu reimburse? Berikut pengertiannya berdasarkan dua jenis sistem yang berbeda, yaitu operasional bisnis dan asuransi.

1. Dalam operasional bisnis

Dalam operasional bisnis, sistem reimbursement adalah penggantian biaya ke karyawan untuk keperluan perusahaan. Misalnya, akomodasi untuk perjalanan dinas, mulai dari tiket pesawat, hotel, hingga makanan.

Dengan kata lain, reimburse artinya adalah tindakan mengembalikan uang pribadi seseorang yang telah digunakan untuk kepentingan perusahaan. Ingat, ya hanya uang yang digunakan untuk kepentingan perusahaan saja.

Dalam contoh kasus perjalanan dinas, seseorang berhak mengajukan reimburse kepada pihak keuangan perusahaan dengan memberikan form reimburse yang berisi detail biaya yang telah digunakan. Bendahara perusahaan biasanya juga akan meminta kwitansi sebagai bukti transaksi.

2. Dalam asuransi

Pengertian reimbursement dalam asuransi juga tidak terlalu banyak perbedaan. Dalam asuransi, reimburse artinya adalah, sistem reimburse adalah salah satu metode dalam mencairkan klaim di mana nasabah asuransi perlu membayar terlebih dahulu biaya rumah sakit.

Setelah itu, nasabah mengajukan klaim ke asuransi untuk mendapatkan uang penggantian dari perusahaan asuransi dan penggantiannya akan cair sesuai dengan nominal dalam kuitansi.

Selain menggunakan metode ini, asuransi juga punya metode lain yang lebih simpel yakni metode cashless di mana nasabah hanya perlu menunjukkan kartu keanggotan kepada fasilitas kesehatan untuk mendapatkan perawatan maupun pengobatan.

Contoh formulir reimburse

Dalam mengajukan klaim asuransi, contoh form reimbursement adalah sebagai berikut.

Contoh formulir reimburse

Contoh reimbursement dalam operasional biasanya sederhana saja, hanya membuat nama orang yang mengajukan reimburse, tanggal, kepentingan reimburse dan tentu saha nominal uang yang dipakai.

Contoh form reimbursement perusahaan adalah sebagai berikut.

contoh form reimbursement perusahaan

Tips mengajukan reimburse

Setelah kamu memahami reimburse artinya apa, ketahui lagi nih tips dalam mengajukan reimbursement. Beberapa poin yang mesti dipahami dalam mengajukanrembes uang adalah sebagai berikut.

1. Pahami syaratnya

Hal paling penting yang perlu kita pahami sebelum mengajukan klaim adalah memahami persyaratannya. Adapun syarat yang diberikan berbeda-beda tergantung kebijakan perusahaan.

Ada aturan yang membatasi besaran penggantian, ada juga yang hanya menggantikan transaksi tertentu. 

2. Selalu simpan bukti pembayaran

Perusahaan mengharuskan nasabah atau karyawan untuk menyertakan dokumen berupa formulir klaim dan kuitansi pembayaran sehingga bisa me-review permintaan klaim tersebut.

Oleh sebab itu, selalu simpan bukti pembayaran setiap melakukan transaksi.

3. Mengajukan klaim secepatnya

Umumnya perusahaan memberikan batas waktu pengajuan klaim. Oleh sebab itu, ada baiknya memerhatikan hal tersebut dan mengajukan klaim secepatnya agar tidak terlewat batas masa klaim.

4. Pastikan semua data yang dicantumkan sesuai

Penting untuk memastikan semua data yang tercantum dalam formulir klaim sesuai dengan aslinya.

Perbedaan klaim reimburse dan cashless

Ada dua cara untuk mengajukan klaim dalam asuransi, yaitu reimburse dan cashless. Cara cashless sering ditawarkan sebagai keunggulan dari beberapa produk asuransi, khususnya asuransi kesehatan

Namun, apa sebetulnya reimburse dan apa bedanya dengan cashless? Penjelasan mengenai perbedaan kedua sistem tersebut adalah sebagai berikut:

1. Cara klaim reimburse

Yang dimaksud dengan klaim asuransi dengan cara reimburse adalah kita harus membayar sendiri atas tagihan perawatan rumah sakit terlebih dahulu.

Setelah keluar dari rumah sakit, barulah kita mengajukan klaim untuk mendapat penggantian dari semua biaya perawatan yang sudah dikeluarkan. 

Cara klaim seperti ini memang agak memberatkan, apalagi untuk nasabah yang tidak memiliki banyak uang dan waktu untuk mengurus semua syarat administratif saat mengajukan klaim. 

Namun, asuransi yang fasilitas klaimnya dengan cara ini biasanya membebaskan nasabahnya memilih rumah sakit manapun guna melakukan perawatan kesehatan. 

Besar premi asuransi bulanan yang harus dibayarkan untuk asuransi dengan cara klaim reimburse biasanya juga lebih murah dibanding asuransi dengan cara klaim cashless

Prosedur klaim reimburse asuransi

  1. Datang ke rumah sakit rekanan asuransi untuk mendapatkan pelayanan medis.
  2. Mengurus administrasi dengan menyebutkan ingin menggunakan asuransi dengan klaim reimburse
  3. Membayar biaya rumah sakit, simpan bukti transaksi.
  4. Lengkapi dokumen persyaratan dengan benar.
  5. Mengirimkan dokumen ke perusahaan asuransi.
  6. Jika klaim diterima, uang akan dicairkan ke rekening nasabah.

2. Cara klaim cashless

Cara klaim cashless jauh lebih mudah dan praktis. Nasabah asuransi cukup menunjukkan kartu asuransi yang mereka miliki dan pihak rumah sakit akan mengecek masa aktif kartu serta jaminan kesehatan apa saja yang ditanggung asuransi. 

Sayangnya, cara ini hanya berlaku pada rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan perusahaan asuransi. Artinya, nasabah tidak bisa bebas memilih rumah sakit yang mereka inginkan. 

Hal itu juga berarti pilihan rumah sakit yang tersedia untuk nasabah tentu lebih sedikit dibanding pilihan rumah sakit dengan cara reimburse

Meskipun sebuah produk asuransi menawarkan sistem cashless, beberapa perawatan yang ditanggung nasabah tetap harus melakukan reimburse.

Contohnya, asuransi keluarga yang ditawarkan asuransi kesehatan Cigna, yaitu Cigna Family Care Optima. Meskipun fasilitas klaimnya adalah cashless, penggantian biaya perawatan untuk pembedahan tetap harus dengan cara reimburse

Terkait besarnya premi bulanan produk asuransi dengan sistem cashless biasanya juga lebih mahal dibandingkan premi asuransi yang klaimnya dilakukan secara reimburse.

Klaim asuransi, pilih reimburse atau cashless?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, kita bisa pertimbangkan sendiri dari tabel berikut. Mungkin akan membantu kita untuk mengetahui perbedaan keduanya dengan lebih mudah. 

ReimburseCashless
Nasabah harus menyediakan uang untuk perawatan terlebih dahuluNasabah tidak perlu menyediakan dana perawatan. Perusahaan asuransi sudah langsung memberikan biaya pengganti pada rumah sakit.
Proses klaim lebih lama karena butuh proses administrasi terlebih dahuluProses klaim dilakukan saat itu juga
Bebas berobat di mana sajaPengobatan hanya bisa dilakukan di rumah sakit yang telah bekerja sama dengan perusahaan penyedia asuransi
Biaya premi lebih murahBiaya premi umumnya lebih mahal

Cara cashless membantu nasabah bebas dari rasa khawatir akan biaya perawatan yang harus dikeluarkan.

Sementara dengan cara reimburse, meskipun pilihan rumah sakitnya lebih banyak, memungkinkan biaya perawatan yang harus dikeluarkan nasabah bisa saja mengganggu cash flow keuangan sehari-hari, bukan? 

Cara terbaik yang dapat kita pilih adalah membeli produk asuransi yang sesuai kebutuhan kita. Misalnya, bagi kita yang sering bepergian, sistem cashless tentu lebih mudah karena mempermudah untuk langsung mengajukan klaim dan mendapat penggantian langsung. 

Namun, perlu ditanyakan juga ke perusahaan asuransi, apakah mereka juga menyediakan kebijaksanaan dalam proses klaim saat terjadi keadaan darurat.

Dalam keadaan darurat bisa saja kita masuk rumah sakit yang tidak bekerja sama dengan perusahaan asuransi tempat kita membeli polis, bukan? 

Begitu juga bila produk asuransi dengan klaim reimburse dirasa lebih tepat, pastikan kita selalu mendapatkan kuitansi pembayaran untuk setiap perawatan kesehatan yang dijalani.

Sebab dalam proses penggantian klaim, kelengkapan dokumen biasanya sering menjadi masalah saat mengajukan klaim.

Yuk pahami lebih dalam tentang cara memilih asuransi kesehatan di bawah ini!

Selain klaim asuransi, reimburse juga berlaku untuk hal-hal berikut

Di luar klaim asuransi, hal-hal yang juga masuk dalam lingkup reimburse adalah sebagi berikut.

1. Reimburse kepentingan bisnis

Dalam kepentingan bisnis, pengeluaran-pengeluaran terkait pasti ada, mulai dari pengadaan program pelatihan atau training hingga penyewaan tempat.

Kalau biaya-biaya terkait urusan bisnis menggunakan dana pribadi terlebih dahulu, reimburse dapat dilakukan untuk mendapat ganti atas dana yang terpakai.

2. Reimburse biaya perjalanan bisnis

Berpergian untuk kepentingan bisnis atau biasa disebut perjalanan bisnis terkadang juga menggunakan dana pribadi terlebih dahulu.

Biaya perjalanan bisnis itu biasanya termasuk pembelian tiket pesawat, biaya transportasi lain, hingga akomodasi selama berada di luar kota.

Karena untuk kepentingan bisnis menggunakan dana pribadi, reimbursement bisa diajukan ke perusahaan untuk mendapat penggantian biaya perjalanan bisnis selama hal tersebut memang menurut aturan di luar tunjangan transportasi.

Kecurangan dalam sistem reimburse

Dalam mengajukan klaim, kamu dilarang untuk melakukan kecurangan. Jika ketahuan, uangmu gak bisa digantikan. Lantas, hal apa saja sih yang termasuk ke dalam kecurangan?

  • Memodifikasi besaran klaim melebihi yang seharusnya.
  • Memalsukan bukti transaksi.
  • Mengajukan klaim atas pengeluaran yang gak ditanggung oleh perusahaan atau asuransi.
  • Mengajukan klaim dengan nominal yang melebihi ketentuan atau limit.

Demikianlah pembahasan mengenai baik itu reimbursement artinya dalam pengertian operasional bisnis maupun sebagai salah satu metode klaim asuransi. Semoga bermanfaat, ya.

Tips dari Lifepal! Saat memilih produk asuransi, khususnya jika kamu membeli produk asuransi kesehatan utamakan pada produk yang memiliki sistem cahslesss.

Dengan memiliki sistem cashless, kamu bisa lebih fleksibel dalam memanfaatkan layanan kesehatan di fasilitas kesehatan rekanan asuransi. Namun perlu diingat, pastikan juga domisili kamu cukup dekat dengan rumah sakit atau klinik yang berekanan dengan perusahaan asuransi, ya.

Berapa uang pertanggungan asuransi jiwa yang ideal untuk diwariskan ke keluarga?

Risiko hidup tak satu pun yang tahu kapan terjadi. Mempersiapkan diri dengan memiliki asuransi jiwa menjadi solusi dalam meringankan beban keuangan keluarga.

Asuransi adalah produk proteksi finansial yang dapat mengalihkan risiko finansial tertanggung yakni peserta asuransi kepada penanggung (perusahaan asuransi).

Benefit asuransi jiwa berupa uang pertanggungan berperan dalam meringankan beban pengeluaran keluarga jika tertanggung meninggal dunia. Lalu, berapa besaran uang pertanggungan asuransi jiwa yang ideal? Hitung dengan kalkulator uang pertanggungan berikut ini.

Tanya jawab seputar reimburse

Reimburse asuransi kesehatan adalah klaim penggantian biaya yang diajukan nasabah ke perusahaan asuransi selama menjalani rawat jalan dan rawat inap di rumah sakit.
Asuransi kesehatan terbaik adalah asuransi yang memberikan manfaat pertanggungan yang lengkap dengan limit tinggi namun harganya terjangkau. Jika kamu sedang mencari asuransi kesehatan, berikut rekomendasi asuransi kesehatan terbaik dari Lifepal. 

  • Asuransi Kesehatan AXA Mandiri
  • Asuransi Kesehatan Astra
  • Lippo Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Kesehatan Sinar Mas
  • Asuransi Kesehatan Chubb Life
  • Asuransi Kesehatan Cigna
  • Asuransi Kesehatan BRI Life
  • Asuransi Kesehatan Prudential
  • Asuransi Kesehatan Allianz
  • Asuransi Kesehatan Manulife
  • Asuransi Kesehatan BNI Life
  • Asuransi Kesehatan AIA
  • Asuransi Kesehatan Takaful
Dapatkan Promo