Rumah Sakit Islam Jakarta, Layanan, dan Harga Kamarnya

rumah sakit islam

Rumah Sakit Islam Jakarta yang berada di bawah naungan Muhammadiyah diresmikan Presiden Soeharto pada Juni 1971. Berdirinya Rumah Sakit Islam Jakarta yang berlokasi di Jalan Cempaka Putih Tengah I/1, Jakarta Pusat berawal dari kebutuhan akan pelayanan rumah sakit bernafaskan Islam. 

Saat pertama kali berdiri, Rumah Sakit Islam Jakarta memiliki gedung dengan fasilitas ruang perawatan sebanyak 56 tempat tidur. Di tahun selanjutnya, Presiden Soeharto memberikan bantuan pembangunan kamar operasi untuk rumah sakit yang berdiri atas inisiatif dari Dr. H. Kusnadi, salah satu tokoh Muhammadiyah.

Seiring berjalannya waktu, Rumah Sakit Islam Jakarta semakin berkembang pesat. Ini terlihat dari pembangunan gedung dan fasilitas pendukung medis. 

Dan di tahun lalu, Rumah Sakit Islam Jakarta lulus akreditasi Snars predikat paripurna. Ini adalah level akreditasi tertinggi dalam sistem akreditasi Indonesia. Itu berarti, mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Islam Jakarta diakui masyarakat dengan nilai sangat memuaskan. 

Fasilitas pelayanan kesehatan Rumah Sakit Islam Jakarta 

Sejalan dengan itu, Rumah Sakit Islam Jakarta terus menunjukkan kualitas layanan kesehatannya dengan fasilitas dan kecanggihan teknologi medis untuk bisa memenuhi kebutuhan pasien. 

Beberapa fasilitas penunjang medis yang ada di rumah sakit ini antara lain: 

  • Cath Lab untuk melayani pasien penyakit jantung koroner
  • CT Scan dengan teknologi terbaru MSCT Scan 128 Slice adalah alat untuk mendeteksi kelainan atau gangguan dari jaringan maupun organ tubuh. Alat ini juga bisa menjadi penguat diagnosa melalui kecanggihan teknologinya. 
  • Elektroensefalogram atau EEG untuk merekam aktifitas dari otak dengan menggunakan pena yang menulis di atas gulungan kertas. Tes menggunakan EEG bisa mendeteksi apakah seorang pasien menderita alzheimer dan epilepsi. 
  • Endoscopy urologi set adalah prosedur medis untuk memeriksa penyakit saluran kemih termasuk batu ginjal, striktur ureter, tumor dalam sistem pengumpulan ginjal, ureter dan juga untuk meringankan penyumbatan di ginjal. 
  • Kolonoskopi yaitu alat yang dipakai untuk memeriksa organ bagian dalam secara visual. Jadi istilahnya, untuk “mengintip” kelainan yang ada pada organ yang diperiksa. 
  • Uroflowmetri untuk memeriksa kekencangan aliran kencing apakah ada pembesaran prostat atau gak. 
  • Spirometri alat untuk memeriksa salah satu fungsi paru, yaitu ventilasi.

Fasilitas penunjang medis yang disebutkan di atas masih sebagian kecil dari teknologi yang ada di Rumah Sakit Jakarta. 

Selain itu, rumah sakit yang mempunyai visi menjadi rumah sakit terpercaya dan sebagai pusat pendidikan kedokteran ini, juga punya fasilitas lain, seperti: 

  • Home Care – Home Service
  • Layanan preventif, promotif dan rehabilitatif 
  • Layanan rohani 
  • Instalasi pengolahan air limbah

Home Care – Home Service 

Demi mendekatkan diri dengan masyarakat, rumah sakit Islam Jakarta juga memberikan layanan perawatan di rumah, antara lain perawatan bayi oleh bidan, perawatan bayi prematur, pemantauan diet pasien oleh ahli gizi, terapi, dan sebagainya. Untuk keterangan lebih lanjut bisa menghubungi (021) 4250 451, 4280 1567 ext. 517 atau 495 (di jam kerja). Luar jam kerja bisa menghubung ext 316. 

Layanan preventif, promotif dan rehabilitatif 

Untuk layanan ini, rumah sakit Islam Jakarta membentuk kelompok-kelompok senam seperti senam stroke, senam ibu hamil, senam osteoporosis, senam diabetes dan senam asma. Selain senam juga ada layanan konseling seperti konsultasi pranikah, konsultasi keluarga sakinah, penyuluhan kesehatan dan juga pembinaan rohani bagi karyawan, pasien dan keluarganya. 

Layanan rohani 

Gak cuma fokus pada layanan kesehatan saja, rumah sakit melengkapinya dengan layanan rohani melalui pendekatan agama. Layanan ini gak cuma untuk pasien aja tapi juga ditujukan ke karyawan dan keluarga pasien. 

Pelayanan yang ada di dalam layanan rohani ini adalah penyediaan mobil ambulans dan penyelenggaraan jenazah “Nafsul mutmainnah”. 

Instalasi pengolahan air limbah 

Fasilitas ini digunakan rumah sakit Islam Jakarta dengan cara mengolah kembali air limbah dan digunakan untuk menyiram tanaman dan taman yang ada di lingkungan rumah sakit. 

Biaya rawat inap 

Mendapat fasilitas kesehatan yang layak adalah hak setiap orang. Nah, kamu harus tahu nih berapa rincian biaya rawat inap di Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih ini. 

Rumah sakit dengan misi memberi pelayanan yang bermutu, islami, profesional, dan mampu menyelenggarakan pendidikan kedokteran ini membagi kamar rawat inap dengan beberapa tingkatan. 

Untuk kelas 1B Arafah Atas dikenai biaya menginap Rp620 ribu per malam dengan kamar kapasitas dua pasien berfasilitas pendingin ruangan, TV, kamar mandi dalam dan kursi teras. 

Kamar kelas I Multazam Atas dengan tarif Rp715 ribu per malam. Kapasitas 2 tempat tidur dengan fasilitas hampir sama dengan kelas 1B hanya saja ada penambahan sofa. Kemudian di Multazam Atas kelas VIP dibanderol dengan harga Rp1,1 juta per hari. Kamar ini berisi untuk satu tempat tidur pasien saja dan dilengkapi dengan AC, TV, kulkas, sofa bed, paket welcome, wifi, dan kamar mandi dalam. 

Kemudian, ada Multazam Bawah kelas VIP juga dengan fasilitas dan tarif sama per harinya Rp1,1 juta, dengan Multazam Atas. Kelas VIP lainnya adalah Arafah Bawah dengan harga Rp1,25 juta per hari, kamar dengan kapasitas 1 pasien dan fasilitas yang sama dengan kelas VIP dua lainnya. 

Selanjutnya ada Muzdalifah Bawah kelas VVIP dengan tarif Rp3 juta per hari dengan fasilitas sama dengan kelas VIP ditambah dispenser, telepon, meja, kursi tamu, dan bebas parkir satu mobil. 

Di kelas III kebidanan ada kamar Annisa dengan tarif Rp260 per hari. Kamar ini berkapasitas untuk lima pasien dilengkapi dengan AC, kamar mandi dalam dan tempat tidur bayi. Untuk kebidanan kelas II bertarif Rp455 ribu perhari, Annisa kebidanan kelas I bertarif Rp620 ribu dan Annisa kelas I kapasitas dua pasien dengan harga Rp715 ribu per hari.

Di perawatan kebidanan juga ada kelas VIP dengan harga Rp1,2 juta per hari. Kapasitas satu pasien dengan fasilitas sama dengan ruang VIP lainnya. 

Rumah sakit Islam Jakarta juga melengkapi dengan layanan perawatan bayi mulai dari kelas III dengan tarif Rp130 ribu per hari, kelas II Rp215 ribu per hari, kelas I Rp320 ribu per hari, kelas VIP Rp440 ribu per hari dan kelas VVIP dengan biaya Rp515 ribu per hari. 

Di ruang rawat inap lain Melati dan Zam-Zam, rumah sakit ini mematok harga layanan inapnya mulai dari Rp260 ribu – Rp620 ribu per hari. Sedangkan rawat inap untuk anak di ruang Badar mulai dari Rp260 ribu – Rp1,2 juta per hari. 

Selain pembedaan sesuai level, ruangan rawat inap juga dibedakan sesuai jenis penyakitnya. Seperti Marwah Bawah yang dikhususkan untuk pasien TB resistensi obat. Kamar ini tarifnya dimulai dari Rp520 ribu – Rp1,1 juta per hari dengan fasilitas disesuaikan kelasnya. 

Ruang lain yang masuk dalam rawat inap di rumah sakit ini seperti Perinatologi Rp750 ribu per hari, ICCU standar Rp1,1 juta per hari, ICU standar Rp1,5 juta, ICU VIP Rp1,6 juta, HCU standar Rp1,1 juta, HCU VIP Rp1,6 juta, NICU standar Rp12,2 juta, PICU standar Rp1,2 juta

Harga paket pemeriksaan lainnya 

Di rumah sakit Islam Jakarta Cempaka Putih, kamu juga bisa melakukan pemeriksaan lainnya dengan harga paket juga. Beberapa pemeriksaan lain yang ada di rumah sakit ini seperti:

  • Paket calon pelajar, mulai dari Rp750 ribu 
  • Paket bebas narkoba 2 parameter, mulai dari Rp132 ribu per paket
  • Paket bebas narkoba lengkap, mulai dari Rp260 ribu per paket
  • Paket Silver, mulai dari Rp1,5 juta

1. Paket calon pelajar, mulai dari Rp750 ribu 

Dengan jenis pemeriksaan: konsultasi dokter umum. 

2. Paket bebas narkoba 2 parameter, mulai dari Rp132 ribu per paket 

Jenis pemeriksaan: konsultasi dokter umum dan pemeriksaan Lab (Drugs Abuse Morphin dan Drugs Abuse Ampetamin).

3. Paket bebas narkoba lengkap, mulai dari Rp260 ribu per paket

Jenis pemeriksaan : konsultasi dokter umum dan pemeriksaan Lab (Drugs Abuse Morphin, Drugs Abuse Ampetamin, Drugs Abuse Cocain, Drugs Abuse Thc, Drugs Abuse Benzidin, PH Urine).

4. Paket Silver, mulai dari Rp1,5 juta 

Jenis Pemeriksaan : Pemeriksaan Fisik dan Konsultasi Dokter Internis, EKG, Rontgen Thorax, Spirometri, Hematologi Lengkap, Urin Rutin, Faeces Rutin, Fungsi Ginjal (Ureum, Creatinin, Asam Urat), Fungsi Hati (Bilirubin Total, Bilirubin Direk, Protein Total, Albumin, Alkali Fostase, SGOT, SGPT), Lemak (Cholesterol, Trigleserid, HDL, LDL), Imunoserologi (Hbs Ag, ANTI HBs), Fungsi Endokrin (Gula Darah Puasa, Gula Darah PP).

Asuransi rekanan 

Mahalnya biaya kesehatan seharusnya diimbangi dengan kesadaran masyarakat untuk memiliki asuransi kesehatan. Hanya saja, melihat fakta saat ini, kondisi ideal tersebut masih belum terwujud. 

Honest Doc melakukan survei mengenai hal ini, di mana 70,75% responden yang pernah rawat inap di rumah sakit membiayai pengobatannya dari kocek pribadinya. Hal ini bisa disebabkan karena faktor gak punya asuransi kesehatan atau karena asuransi kesehatan yang dimiliki gak menanggung semua biaya pengobatan yang dilakukan. 

Nah, untuk meringankan pasiennya rumah sakit Islam Jakarta bekerjasama dengan beberapa provider asuransi ternama di Indonesia. Antara lain: 

1. Asuransi Sinar Mas 

Perusahaan asuransi umum ini memiliki produk asuransi kesehatan Simas Sehat Gold dengan premi murah, sekitar Rp116 ribu per bulan. 

Meski premi murah, tapi manfaat yang didapat nasabah sangat besar seperti biaya konsultasi dokter umum ataupun spesialis pertanggungannya sesuai tagihan rumah sakit. Ditambah pertanggungan biaya rawat jalan darurat, santunan harian rawat inap di rumah sakit. 

Selain itu, manfaat lain yang didapat nasabah adalah limit tahunan mulai dari Rp100 juta dan santunan meninggal dunia senilai Rp10 juta

2. Lippo Insurance 

Perusahaan milik Grup Lippo ini juga salah satu rekanan di RS Abdi Waluyo. Salah satu polis asuransi kesehatan yang dimilikinya adalah LippoHealth Plus Family dengan premi terjangkau mulai dari Rp5 juta per tahun. 

Manfaat yang didapat nasabah adalah biaya kamar mulai dari Rp550 ribu – Rp1,4 juta per hari, pertanggungan biaya rawat inap sesuai tagihan. Dan limit manfaat tahunan mulai dari Rp150 juta-Rp300 juta. Sayangnya, asuransi ini hanya menanggung rawat inap saja, jadi gak termasuk rawat jalan. 

3. Asuransi Manulife

Asuransi rekanan lain adalah Manulife. Meski Manulife masuk dalam kategori asuransi jiwa, namun asuransi ini juga punya produk proteksi kesehatan bagi seluruh anggota keluarga. 

Manfaat yang diberikan dari asuransi ini adalah pertanggungan rawat inap rumah sakit di Indonesia dan Malaysia Rp500 ribu, Rp1 juta, Rp2 juta dan Rp3 juta. Sedangkan pertanggungan rawat inap untuk rumah sakit di luar Indonesia dan Malaysia Rp3 juta, Rp6 juta dan Rp9 juta. 

Selain rawat inap, Manulife juga memberi manfaat untuk biaya kamar ICU, visit dokter, pembedahan, biaya akomodasi pendamping dan penyuluhan psikologis

Pentingnya asuransi 

Meski belum memenuhi kondisi ideal, namun kesadaran masyarakat akan asuransi kesehatan bisa dibilang cukup tinggi. Terlebih, bila melihat inflasi biaya rumah sakit yang mencapai angka 11 persen. 

Artinya, jika biaya kesehatan rawat inap di rumah sakit tahun ini senilai Rp500 ribu, maka nominal tersebut akan berubah menjadi Rp555 ribu. Angka tersebut pastinya akan naik lagi di tahun selanjutnya. 

Jadi, perlukah punya asuransi kesehatan? Sangat perlu. Karena dengan punya asuransi kesehatan, kamu bisa mengelola kerugian finansial akibat sakit yang membutuhkan biaya pengobatan. Terlebih jika kamu dirawat di rumah sakit bonafit atau berkualitas tinggi. 

Bagaimana memilih asuransi yang baik 

Banyaknya pilihan polis dan brand, calon nasabah harus lebih teliti dalam memilih manfaat asuransi kesehatan yang akan dibeli. Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli proteksi kesehatan adalah: 

  • Metode klaim cashless
  • Menanggung biaya rawat jalan
  • Manfaat pengembalian premi
  • Manfaat Coordination of Benefit (CoB)
  • Manfaat Pertanggungan Pre-Existing Condition
  • Limit/plafon sesuai premi
  • Iuran premi sesuai dengan penghasilan
  • Beli melalui broker asuransi

1. Metode klaim cashless

Dengan sistem klaim cashless, nasabah bisa datang ke rumah sakit bermodal kartu peserta asuransi kesehatan saja. Artinya, nasabah tidak perlu mengeluarkan dana terlebih dahulu untuk mendapatkan perawatan medis. 

Contohnya adalah, rekomendasi pilihan di atas yaitu Manulife dan Cigna yang memiliki manfaat asuransi cashless dan reimbursement.

2. Menanggung biaya rawat jalan

Biaya perawatan pra dan pasca rawat inap tidaklah murah. Untuk itu, sebaiknya pilih yang menanggung biaya rawat jalan tersebut. 

Dari rekomendasi Lifepal, Asuransi kesehatan Cigna dan Manulife menanggung biaya rawat jalan sebagai manfaat dasar asuransi. 

3. Manfaat pengembalian premi

Beberapa asuransi juga menawarkan pengembalian premi atau no claim bonus apabila tidak ada klaim hingga masa polis berakhir. Umumnya 20-100 persen dari total premi yang telah dibayarkan.

4. Manfaat Coordination of Benefit (CoB) 

Dengan manfaat Coordination of Benefit (CoB), jika asuransi BPJS tidak mencakup semua biaya perawatan, maka kita bisa mengajukan kekurangannya pada asuransi swasta.

Saat ini, ada 11 perusahaan asuransi swasta yang bersedia jalankan koordinasi klaim dengan BPJS, yaitu asuransi kesehatan Avrist, Arthagraha General Insurance, Astra Buana, Mega, CAR, Takaful Keluarga, Bina Dana Arta, Sinarmas MSIG, Generali Indonesia, Tugu Pratama, dan Multi Artha Guna (MAG). 

5. Manfaat Pertanggungan Pre-Existing Condition

Pre-existing condition adalah kondisi di mana calon nasabah sudah menderita penyakit tertentu saat mendaftar asuransi. Sebagian besar produk mengecualikan hal ini dalam klaim, tetapi ada yang tidak mengecualikannya dengan atau tanpa syarat. 

6. Limit/plafon sesuai premi

Plafon yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan memang sekilas terkesan besar. Misal uang pertanggungan Rp20 juta terkesan banyak saat ini. Namun, di tahun-tahun mendatang dengan kenaikan biaya medis 7-15 persen, nilai pertanggungan tersebut akan berkurang.

Jika memungkinkan, sebaiknya pilih yang menanggung biaya medis sesuai tagihan rumah sakit (as charged), seperti contoh di atas salah satunya adalah Manulife.

7. Iuran premi sesuai dengan penghasilan

Meski proteksi kesehatan sangatlah penting, calon nasabah tetap harus memastikan keuangannya tetap terjaga. Karena itu, pastikan premi tidak kemahalan apalagi melebihi kemampuan. Standarnya alokasi asuransi minimal sekitar 3-5 persen dari penghasilan.

8. Beli melalui broker asuransi

Broker yang telah terdaftar resmi dapat membantu nasabah mengajukan klaim. Ingat, ketika sedang mengalami risiko medis, pengajuan klaim bisa saja sulit dilakukan sendiri. Belum lagi jika pengajuan klaim nasabah ditolak karena alasan tertentu. Broker asuransi seperti Lifepal dapat sangat membantu dalam mengatasi masalah klaim tersebut. 

Semoga artikel mengenai Rumah Sakit Islam Jakarta dan mutu pelayanannya ini bisa membantu kamu dalam memilih rumah sakit yang berkualitas di Jakarta.