Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Layanan dan Harga Kamarnya 2020

rumah sakit jantung harapan kita

Penyakit jantung, khususnya penyakit jantung koroner sudah lama dikenal sebagai penyakit pembunuh nomor satu di Indonesia. Karena itu, Rumah Sakit Jantung Harapan Kita hadir.

Rumah Sakit Jantung Harapan Kita yang berlokasi di Slipi, Jakarta didirikan pemerintah untuk menangani penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular). 

Seperti yang pernah dirilis oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2016, orang yang meninggal karena penyakit jantung di Indonesia melebihi orang yang meninggal karena diabetes, TBC dan stroke. Dari tahun ke tahun korban penyakit jantung memang cenderung meningkat. 

Rumah Sakit Jantung Harapan Kita kini selalu menjadi rujukan bagi pasien yang mengalami gangguan kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Tak hanya itu, rumah sakit inipun menjadi salah satu rumah sakit yang khusus menangani pasien Covid-19.

Profil Rumah Sakit Jantung Harapan Kita

Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita beroperasi sejak 9 November 1985. Meski saat itu dimiliki oleh pemerintah, pengelolaannya dijalankan oleh Yayasan Harapan Kita.

Sejak tahun 2000, rumah sakit ini berada di bawah Kementerian BUMN. Namun, pada tahun 2005 rumah sakit ini menjadi Badan Layanan Umum dan berada di bawah Kementerian Kesehatan.

Saat ini, Rumah Sakit Jantung Harapan Kita juga berfungsi sebagai Pusat Jantung Nasional. Itu berarti, rumah sakit ini gak hanya untuk pelayanan kesehatan jantung saja, tapi juga untuk pelatihan, pendidikan dan penelitian di bidang kardiovaskular.

Layanan-layanan medis Rumah Sakit Jantung Harapan Kita

Rumah Sakit Jantung Harapan Kita juga memiliki beberapa layanan khusus di bidang kesehatan jantung, seperti:

Intervensi koroner non bedah

Ini adalah tindakan yang bertujuan untuk membuka penyempitan pembuluh darah koroner. Selain untuk mengobati keluhan nyeri di dada atau sesak nafas, tindakan ini juga bisa berfungsi sebagai tindakan darurat untuk menyelamatkan pasien yang mengalami serangan jantung tiba-tiba.

Aritmia

Layanan ini untuk pasien yang mengalami kelainan ritme jantung, entah itu lebih cepat dari normal atau lebih lambat. Penderita aritmia biasanya dari usia yang beragam dan tak ada batasan usia.

Beberapa jenis layanan yang diberikan pada divisi Aritmia adalah holter monitoring, tes meja jungkit, tes ajmalin, EP study, ablasi konvensional, ablasi tiga dimensi, implantasi PPM, implantasi CRT, implantasi ICD dan LAA closure.

Vaskular

Gangguan vaskular atau pembuluh darah cukup tinggi penderitanya di Indonesia. Penyakit yang masih menjadi satu bagian dari kesehatan jantung ini membutuhkan penanganan yang sangat serius.

Di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, layanan yang tersedia untuk penyakit ini adalah ultrasonografi vaskular, tindakan endovaskular, dan endovenous laser therapy.

Bedah jantung anak

Divisi yang ditujukan untuk penanganan penyakit jantung dan bawaan pada anak dan remaja ini menawarkan beberapa jenis layanan, seperti Kompleks (ASO, Truncus, CAVSD, Norwood), operasi katup jantung anak, operasi seluruh kelainan jantung bawaan, ECMO support, Pediatric Cardiac Conference and Teleconference Support, dan pendidikan bedah jantung anak.

Tim dokternya pun terdiri dari tim dokter bedah jantung anak, tim dokter anestesi anak, tim perfusionist bedah jantung anak, perawat bedah jantung anak dan tim ICU bedah jantung anak.

Bedah jantung dewasa

Divisi ini menangani bedah jantung dan pembuluh darah untuk pasien dewasa yang berusia di atas 18 tahun. 

Beberapa jenis layanan yang tersedia antara lai: Coronary Artery Bypass Grafting, Heart valve repair/replacemen, Minimal Invasive Cardiac Surgery, Operasi pada tumor intra-cardia, Bentall procedur, Hemi/total arch aortic replacement surgery, Thoracoabdominal aortic replacement surgery, dan Surgical Abdominal Aortic Aneurysm repair.

Rumah Sakit Jantung Harapan Kita juga memiliki layanan lainnya, seperti: angiografi atau arteriografi, echocardiography, cardiovascular MSCT, dan rehabilitasi medis.

Harga kamar di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita

Untuk layanan rawat inap, berikut adalah rincian tarifnya:

Rawat Inap Anak

No Jenis Pelayanan Satuan Tarif (Rp) Keterangan
1 Kelas III Per hari Rp400.000 Belum termasuk dengan visit dokter
2 Kelas II Per hari Rp500.000 Belum termasuk dengan visit dokter
3 Kelas I Per hari Rp750.000 Belum termasuk dengan visit dokter
4 Kelas VIP Per hari Rp1.300.000

Rawat inap dewasa

 
No Jenis Pelayanan Satuan Tarif (Rp) Keterangan
1 Kelas III Per hari Rp400.000 Belum termasuk dengan visit dokter
2 Kelas II Per hari Rp500.000 Belum termasuk dengan visit dokter
3 Kelas I Per hari Rp750.000 Belum termasuk dengan visit dokter
4 Kelas VIP Per hari Rp1.300.000  

Daftar perusahaan asuransi yang rekanan Rumah Sakit Hasan Sadikin

Bagi anggota asuransi, beberapa perusahaan asuransi berikut sudah menjadi rekanan yang bisa memperlancar proses rawat inap.

Asuransi Sinar Mas

Asuransi Sinar Mas memberikan batas klaim mulai dari Rp140.000 untuk kelas III hingga Rp1.200.000 untuk kelas VIP A.

Lippo Insurance

Produk yang menjadi rekanan dari Lippo Insurance adalah Prima dan HealthPlus. Perlindungan kesehatan Prima juga memiliki layanan eksklusif Personal Medical Assistant, sedangkan HealthPlus sendiri memiliki beberapa pilihan asuransi seperti HealthPlus Family, Business dan Micro.

Asuransi Cigna

Ada beberapa pilihan asuransi kesehatan dari Cigna yang sesuai dengan kebutuhan, yaitu Cigna EaziHealth, Cigna Infinite Healthcare, Cigna Family Care Optima, Cigna Family Care, Cigna Premium Health Protection, Cigna Proteksi Sehat Prima, Cigna Proteksi Sehat, Cigna Senyum Sehat, Cigna  Health protection dan Cigna Care and Save.

Asuransi Manulife

Produk Asuransi Manulife yang menjadi rekanan adalah MiUltimate Healthcare dimana nasabah bisa terlindungi hingga usia 110 tahun atau hingga tanggungan anak berusia 25 tahun. 

Pentingnya asuransi kesehatan

Banyak yang gak menyadari betapa pentingnya asuransi kesehatan, padahal biaya kesehatan cenderung naik, dan bahkan di tahun 2018 lalu inflasi biaya kesehatan menyentuh angka 11 persen.

Agar gak pusing soal biaya bila terjadi resiko penyakit, memiliki asuransi kesehatan sangat dianjurkan. Lagi pula banyak manfaat lain yang bisa diperoleh bila kita punya asuransi kesehatan, seperti:

Menyiapkan biaya rumah sakit

Semua orang pasti berharap hidupnya dilimpahi kesehatan, namun yang namanya resiko tetap saja bisa terjadi. Bila masih enggan punya asuransi kesehatan individu, cobalah pikirkan anggota keluarga lainnya.

Bila anggota keluarga mengalami sakit dan harus dirawat, tentunya akan lebih mudah kalau kita memiliki asuransi kesehatan.

Proteksi diri dan keluarga

Saat ini sudah banyak sekali produk asuransi kesehatan yang juga menawarkan perlindungan untuk anggota keluarga lainnya.

Tinggal memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan, kita bisa tidur tenang karena seluruh keluarga sudah terlindungi.

Bila masih bingung memilihnya, kamu bisa meminta bantuan broker asuransi seperti Lifepal  yang akan memberikan rekomendasi terbaik.

Investasi masa depan

Ada juga asuransi yang sudah termasuk menyisipkan investasi untuk masa depan, meski banyak juga yang menjualnya secara terpisah. Investasi dalam asuransi juga berarti kita turut menjaga nilai uang dan inflasi. Cukup menyisihkan uang untuk membayar premi, tanpa terasa kita juga sudah sekaligus berinvestasi untuk masa depan.   

Begitulah profil dari Rumah Sakit Jantung Harapan Kita beserta dengan layanan dan tarif kamarnya kalau kita harus melakukan rawat inap. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →