Rumah Sakit Medistra [Plus Harga Kamar 2020]

Rumah Sakit Medistra

Rumah Sakit Medistra merupakan salah satu rumah sakit swasta terbaik yang cukup dikenal luas oleh masyarakat Ibu Kota. Lantas, berapa sih biaya Rumah Sakit Medistra?

Biaya Rumah Sakit Medistra tentu menjadi pertanyaan saat seseorang hendak berobat ke salah satu rumah sakit swasta satu ini.

Seperti diketahui, saat tubuh kita sakit, mau tak mau harus berkunjung ke rumah sakit untuk berobat. Karena itulah pengetahuan tentang rumah sakit sedikit banyak harus kita miliki. 

Setidaknya, kamu harus tahu lokasi rumah sakit, klinik, atau layanan kesehatan yang ada dekat dengan rumah dan tempat kerja. 

Kalau bisa juga ketahui juga tarif rawat inapnya, agar kamu bisa bisa ancang-ancang bila terjadi hal yang tak diharapkan. Prinsipnya untuk jaga-jaga saja, agar tidak kesulitan nantinya. 

Nah, kali ini Lifepal akan mengulas Rumah Sakit (RS) Medistra. Seperti apa profil lengkap RS Medistra? Yuk, simak dalam ulasan berikut!

Profil RS Medistra

Rumah Sakit (RS) Medistra dikenal sebagai salah satu rumah sakit nasional dengan standar pelayanan yang tinggi. Sejak awal pendiriannya, RS Medistra memiliki komitmen untuk menjadi rumah sakit umum rujukan nasional, regional, dan internasional yang mengutamakan mutu dan keselamatan  pasien, berdasarkan kejujuran, profesionalisme dan rasa hormat terhadap sesama.

RS Medistra yang berlokasi di jantung kota Jakarta, berdiri sejak tanggal 28 November 1991. Dengan  didukung oleh dokter-dokter yang sangat kompeten dibidang masing-masing, staf yang terlatih dan peralatan medis yang modern dan canggih kami siap memberikan pelayanan terbaik. 

Seiring perkembangan teknologi kesehatan dan teknologi informasi yang terus melaju dengan pesatnya, RS Medistra berupaya melakukan perbaikan guna memberikan mutu pelayanan yang optimal untuk pelanggan.

Ruang perawatan di Gedung A (8 Lantai) memiliki kapasitas 191 tempat tidur, sedangkan di Gedung B terdapat lebih dari 40 ruang poliklinik spesialis, farmasi, Medical Check Up, dan beberapa klinik Khusus seperti Klinik Cantik, Klinik Urologi, Klinik Onkologi dan Hematologi, Pain Clinic, Klinik Perawatan Luka, Sleep & Snoring Clinic, dan lain-lain.

RS Medistra beralamat di Kavling 59 Jalan Jenderal Gatot Subroto, Kuningan Timur, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Lokasinya benar-benar di pusat kota dan mudah dijangkau dengan transportasi umum.  

Visi misi

Visi : 

Menjadi rumah sakit umum rujukan nasional, regional dan internasional yang mengutamakan mutu dan keselamatan pasien, berdasarkan kejujuran, profesionalisme dan rasa hormat terhadap sesama.

MISI :

Mengembangkan layanan kesehatan yang berkualitas dan terintegrasi secara komprehensif.

Membangun jaringan bisnis secara nasional, regional, dan internasional dalam memberikan layanan kesehatan.

Memberikan layanan kesehatan yang berfokus pada pasien.

Mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) rumah sakit dalam ilmu, keterampilan, sikap dan perilaku.

Waktu berkunjung pasien rawat inap

Bagi yang mau berkunjung ke rumah sakit, khususnya ingin menjenguk kerabat yang sedang dirawat, perhatikan jam kunjungan di RS Medistra berikut ini:

Ruang Perawatan Kelas I, II, III, dan Isolasi:

Pagi     : Pkl. 10.00 – 12.00 WIB

Sore     : Pkl. 18.00 – 20.00 WIB  

Ruang Perawatan Executive Suite, SVIP dan VIP:

Pkl. 10.00 – 21.00 WIB

Ruang Rawat Intensif (ICU / ICCU):

Pagi     : Pkl. 10.00 – 11.00 WIB

Sore     : Pkl. 18.00 – 19.00 WIB

Nomor kontak RS Medistra

Telepon: +62 21 5210200 (Hunting 28 line)

Fax: +62 21 5210184

Direct Line: +62 21 5210201 (EMERGENCY)

Email: [email protected] atau klik disini untuk langsung email

Layanan-layanan medis RS Medistra 

Seperti rumah sakit pada umumnya, RS Medistra memiliki sejumlah pelayanan utama yakni perawatan inap, rawat jalan, farmasi, Unit Gawat Darurat (UGD), Unit Perawatan Intensif (ICU), Neonate Intensive Care Unit (NICU), dan ambulans. 

Kemudian ada juga layanan instalasi maternal perinatal, instalasi bersalin, instalasi rawat inap, instalasi laboratorium, Pediatric Intensive Care Unit (PICU), inatalasi bedah, hingga instalasi radiologi.

Secara rinci, berikut adalah layanan yang disediakan RS Medistra Jakarta:

1. Unit Gawat Darurat (UGD)

Pelayanan diberikan selama 24 jam yang terletak di lantai 1A. UGD melayani pasien dengan kedaruratan medis yang mendesak untuk ditangani.

2. Radiologi

Pelayanan diberikan selama 24 jam yang terletak di lantai 1A.

Jenis pemeriksaan radiologi yang bisa dilakukan di RS Medistra:

  • MRI 1,5 Tesla
  • Discovery CT750 HD – 256 Slices
  • Digital X-Ray atau umum
  • Layanan khusus setiap hari kerja (08.00 – 20.00) yang terletak di lantai 1A, terdiri dari: Fluroskopi
  • Mammografi
  • Panoramic
  • Uroflowmetri
  • Ultrasonografi:
  • Pemeriksaan abdomen atau rongga perut
  • Pemeriksaan Doppler Carotis, tungkai
  • Trans Cranial Doppler (TCD)
  • Pemeriksaan Mammae atau Payudara
  • Pemeriksaan Ginekologi atau Kandungan
  • Pemeriksaan Thyroid atau Kelenjar Gondok
  • Pemeriksaan Prostat.

Layanan dengan perjanjian yang terletak di lantai 1A, terdiri dari:

– TAE (Trans Arterial Embolization)

Suatu tindakan pengobatan kanker dengan menggunakan bahan kimia tertentu untuk memblok pembuluh darah yang memberi makan sel-sel kanker tersebut.

– TACI (Trans Arterial Chemotherapy Infusion)

Suatu tindakan pemberian khemoterapy langsung pada area tumor melalui pembuluh darah.

3. Pain clinic

Pelayanan untuk mendiagnosa dan mengobati rasa sakit akut yang berasal dari rasa sakit di sepanjang tulang belakang (leher,punggung, dan pinggang), rasa sakit setelah operasi, rasa sakit pada kanker, dll. Setiap Selasa s/d Jum’at (09.00 – 12.00) yang terletak di lantai 2B

4. Fibro scan

Suatu Alat Diagnostik untuk mengetahui progesivitas dan hasil terapi pada kasus penyakit hati kronik dengan cara mengukur elastisitas jaringan hati.

5. Laser kulit

Suatu tindakan terapi pada kelainan kulit dengan menggunakan sinar. Berbagai kelainan kulit yang dapat diterapi anatara lain bercak kulit (freckles), pelebaran pembuluh darah (hemangioma), menghilangkan bulu/rambut yang tidak diinginkan, tatto, memperkecil kantung mata, memperhalus bekas jerawat, perawatan kulit dll

6. ESWL (Extracorporel Shock Wave Lithotripsy)

Penggunaan gelombang kejut (SHOCK Wave) untuk memecah batu ginjal menjadi fragmen yang lebih kecil sehingga pecahan batu bisa keluar sendiri bersama air seni.

7. Laboratorium

Layanan diberikan selama 24 jam, terletak di lantai 1A. Jenis layanan lab yang diberikan:

  • Patologi Klinik
  • Bank Darah

Layanan khusus setiap hari kerja (08.00 – 20.00) yang terletak di lantai 1 adalah patologi anatomi.

8. Farmasi

Pelayanan 24 jam yang terletak di lantai 2B.

9. Rawat jalan

Poliklinik spesialis

Ada banyak poliklinik spesialis yang tersedia di RS Medistra, antara lain layanan poli setiap hari kerja (08.00 – 20.00) yang terletak di lantai 2B,3B,4B:

  • Penyakit Dalam
  • Penyakit Jantung
  • Penyakit Ginjal
  • Penyakit Hati dan Saluran Cerna
  • Penyakit Paru
  • Penyakit Darah & Onkologi Medis
  • Penyakit Tropis & Infeksi
  • Penyakit Alergi & Imunologi
  • Kebidanan & Kandungan
  • Penyakit Mata
  • Penyakit Saraf
  • Penyakit THT
  • Penyakit Kulit & Kelamin
  • Gizi Klinik
  • Bedah Umum
  • Bedah Khusus : Saluran ccrna, Urologi, tulang, pembuluh darah, thorax dan jantung, tumor, saraf, anak dan plastik.

Klinik Cantik

Setiap hari kerja (08.00 – 20.00) yang terletak di lantai 2B, terdiri dari:

  • Kulit Estetik
  • Akupunktur
  • Gigi Estetik
  • Gizi
  • Bedah Plastik

Klinik Onkologi Hematologi

Setiap hari kerja (08.00 – 20.00) yang terletak di lantai 2B, terdiri dari

  • Kemoterapi
  • Transfusi
  • Phlebotomi
  • Pemeliharaan akses vena
  • FNAB (Fine Needle Aspiration Biopsy)
  • Bedah biopsy sederhana
  • BMP (Bone Marrow Punction).

Gigi Umum

Setiap hari kerja (08.00 – 20.00) yang terletak di lantai 4B.

Gigi Khusus

Setiap hari kerja (08.00 – 20.00) yang terletak di lantai 4B, terdiri dari:

  • Periodonti (Gusi & Jaringan sekitarnya)
  • Endodonti (Saluran Akar Gigi)
  • Konservasi (Penambalan Gigi)
  • Prostodonti (Gigi Palsu)
  • Oral Surgery (Bedah Mulut)
  • Maxilo Facial Rehabilitation (Rehabilitasi Muka & Rahang Atas)
  • Orthodonti (Pemasangan bracket atau Bel)
  • Penyakit Mulut.

Poliklinik Umum

RS Medistra menyediakan poliklinik umum dengan 

Poliklinik Umum dengan layanan setiap hari kerja (08.00 – 20.00) yang terletak di lantai 2B.

10. Hemodialisis

Setiap hari kerja (07.30 – 19.00) yang terletak di lantai 4A.

11. Rehabilitasi Medis

Layanan rehab medis yang bisa didapat di RS Medistra antara lain:

1. Fisioterapi

Setiap hari kerja (08.00 – 20.00) yang terletak di lantai 6A, terdiri dari

  • Diatermi
  • Terapi dengan pemanasan gelombang pendek/tinggi
  • Terapi Ultrasonic
  • Terapi dengan getaran suara tinggi
  • Faradisasi/Galvanisasi
  • Terapi dengan efek arus listrik frekuensi rendah
  • Interferensi
  • Terapi dengan efek penyilangan arus listrik frek. Menengah
  • Traksi Servikal/Lumbal
  • Terapi penguluran jaringan sekitar ruas tulang leher/punggung
  • Nebulizer (Terapi Inhalasi)
  • Terapi Manual.

2. Speech Therapy (Terapi Wicara)

Setiap hari kerja (08.00 – 20.00) yang terletak di lantai 6A.

12. Rawat Inap

Pasien yang harus dirawat inap bisa mendapat pelayanan optimal di RS Medistra. Layanannya terdiri dari:

  • Perawatan Umum
  • Perawatan Bayi & Anak
  • Perawatan Intensif (ICU)
  • Perawatan Intensif Jantung (ICCU)
  • Perawatan Intensif Anak (PICU)
  • Perawatan Intensif Neonatus (NICU).

13. Kamar Bersalin dan Kamar Tindakan Kebidanan

Pelayanan 24 jam yang terletak di lantai 2A. Layanan khusus yang juga bisa didapatkan: 

  • CTG (Cardiotechography)
  • Pemeriksaan aktivitas jantung bayi dikaitkan dengan kontraksi kandungan ibu
  • Ibu Melahirkan
  • Dilatasi & Curetage (dengan perjanjian)

14. Angiography (Cath Lab)

Setiap hari kerja (08.00 – 20.00) dengan perjanjian yang terletak di lantai 2A, terdiri dari:

  • Kateterisasi jantung: arteriografi prifer, PCI (Percutaneous Coronary Intervention), tindakan pelebaran pembuluh darah jantung tanpa operasi.
  • T/PPM (Temporary / Permanent Pace Maker), yakni pemasangan alat pacu jantung sementara/permanen
  • AICD (Automatic Implantable Cardioverter Defibrilator ), yakni tindakan pemasangan alat kardioversi defibrilasi otomatis yang ditanam didalam tubuh
  • ASD/VSD Closure, yakni tindakan penutupan kebocoran sekat jantung tanpa operasi
  • Left Atrial Appendage (LAA) Occlusion, yakni terapi pengobatan ritme detak jantung
  • Stem Cell Jantung (berkolaborasi dengan FK-UI & RSUPN Ciptomangunkusumo)

Mitral Valve Clip, yakni tindakan untuk mencegah kebocoran pada katup jantung (gagal jantung)

  • “The Parachute” Device, yakni alat tindakan tanpa operasi untuk pengobatan pasien gagal jantung karena kerusakan otot jantung.

15. Endoskopi

Bisa dilayani setiap hari kerja (08.00 – 20.00) dengan perjanjian yang terletak di lantai 1A. Jenis layanan khusus yang bisa dilakukan:

  • Gastroskopi, untuk memeriksa kelainan lambung
  • Kolonoskopi, untuk memeriksa kelainan usus besar
  • Rektoskopi, untuk memeriksa kelainan saluran pembuangan (Rectum)
  • Endoscopic Skleroterapi, Ligasi, Hemoklip, suatu tindakan untuk menghentikan perdarahan di lambung
  • Endoscopic Polipektomi, pengangkatan polip secara endoskopik tanpa operasi
  • Endoscopic Ultrasound (EUS), teknik pemeriksaan organ pencernaan dengan penggunaan endoskopi yang dikombinasikan dengan  ultrasonografi
  • ERCP (Endoscopic Retrograde Cholangio Pancreatography), untuk pemeriksaan dan terapi endoskopik pada pankreas dan saluran empedu. (misal : batu empedu).

Layanan khusus setiap hari kerja (08.00 – 20.00) dengan perjanjian yang terletak di lantai 4B, ada untuk Colposcopy, suatu metode pemeriksaan ginekologis untuk mengevaluasi sekaligus terapi pada leher rahim dan vagina.

15. EKG (Elektro Kardiografi)

Metode pemeriksaan jantung dengan merekam aktivitas listrik jantung. Setiap hari kerja (08.00 – 20.00) yang terletak di lantai 3B.

16. Holter EKG

Metode pemeriksaan EKG secara terus menerus selama 24 jam. Setiap hari kerja (08.00 – 20.00) yang terletak di lantai 3B.

17. Treadmill

Pemeriksaan jantung dengan cara merekam aktivitas listrik jantung pada keadaan latihan fisik. Setiap hari kerja (08.00 – 20.00) yang terletak di lantai 3B.

18. Echocardiography

Setiap hari kerja (08.00 – 20.00) yang terletak di lantai 3B, terdiri dari:

  • Konvensional
  • Echo Doppler
  • TEE (Trans Esophageal Echocardiography).

19. EEG (Electro Encephalography)

Pemeriksaan dengan cara merekam aktivitas listrik otak. Setiap hari kerja (08.00 – 20.00) yang terletak di lantai 3B.

20. ENMG (Electro Neuromyography)

Suatu teknik pemeriksaan dan perekaman fisiologi otot dan saraf melalui potensial listrik yang dihasilkan saraf dan otot baik saat diam maupun saat terjadi aktivitas. Setiap hari kerja (08.00 – 18.00) dengan perjanjian yang terletak di lantai 3B.

21. Spirometry

Pemeriksaan Paru. Setiap hari kerja (08.00 – 20.00) yang terletak di lantai 3B.

22. Bronchoscopy

Pemeriksaan dan terapi saluran pernapasan secara endoscopic dengan memasukan scope yang dilengkapi dengan video kamera. Setiap hari kerja (08.00 – 20.00) dengan perjanjian.

23. Audiometry

Pemeriksaan fungsi pendengaran. Setiap hari kerja (08.00 – 18.00) yang terletak di lantai 4B.

24. Tonometry

Pemeriksaan tekanan bola mata. Setiap hari kerja (08.00 – 18.00) yang terletak di lantai 4B.

25. Autorefractometry

Pemeriksaan kelainan refraksi mata secara otomatis (pemeriksaan mata plus, minus, silindris). Setiap hari kerja (08.00 – 18.00).

26. Laparascopy

Suatu teknik operasi dengan menggunkan peralatan canggih (Laparaskop dan Videokamera) sehingga tidak menimbulkan luka yang besar pada dinding perut.

Tindakan ini dilakukan pada kasus-kasus usus buntu (Laparaskopi Appendiktomi), kista ovarii (Laparaskopi Kistektomi), dan saluran empedu (Laparaskopi Cholesistektomi).  Dengan perjanjian yang terletak di lantai 2A.

27. Medical Check Up

MCU bisa dilakukan setiap hari kerja (07.00 – 14.00) yang terletak di lantai 4B.

28. Bone Densitometry

Pemeriksaan kekeroposan tulang. Senin-Jumat (08.00 – 20.00) & Sabtu (08.00 – 12.00) yang terletak di lantai 3B.

29. Ambulans

Pelayanan 24 jam dan atas permintaan.

30. Evakuasi Medis

Pelayanan evakuasi pasien dalam/luar kota dan luar negeri. Pelayanan 24 jam dan atas permintaan.

31. Sleep & Snoring Clinic (Polysomnography)

Metode pemeriksaan pola tidur, untuk mengetahui adanya gangguan selama tidur dengan mencatat aktivitas listrik otak, pernapasan, denyut jantung dan gerakan anggota gerak selama tidur. Dengan perjanjian yang terletak di lantai 3A.

32. TMS (Transcranial Magnetic Stimulation)

Metode non infasif dengan alat yang menginduksi stimulus magnetic yang digunakan untuk terapi pasien yang memiliki gangguan saraf seperti Stroke, Parkinson, Migrain, Vertigo, Fibromyalgia Syndrome, gangguan saraf tepi, , kesemutan, nyeri pinggang akut/kronik, serta gangguan psikiatri seperti Skizophrenia dan Depresi. Dengan perjanjian yang terletak di lantai 3B.

33. ESWT (Extracorporeal Shock Wave Theraphy)

Metode non infasif dengan menggunakan gelombang kejut (Shock Waves) yang dipancarkan dari luar tubuh yang digunakan untuk terapi pada pasien yang memiliki gangguan pada nyeri di persendian seperti sendi bahu, siku, tangan, telapak kaki, punggung (Back Pain), Frozen Shoulder, pengapuran disekitar persendian, peradangan jaringan pengikat otot dengan tulang, serta membantu penyembuhan patah tulang. Dengan perjanjian yang terletak di lantai 3B.

34. IPL (Intense Pulsed Light)

Laser Kulit, dengan perjanjian yang terletak di lantai 2B.

35. Alma Lasers

Laser Kulit, dengan perjanjian yang terletak di lantai 2B.

36. USG 4D

Ultrasonography 4 Dimensi, alat untuk melihat kehamilan. Dengan perjanjian yang terletak di lantai 4B.

37. Pelayanan Terpadu Geriatri

Pelayanan Geriatri adalah pelayanan kesehatan usia lanjut dengan pendekatan interdisiplin yang mencakup aspek promotif, preventif, kuratif , rehabilitative serta aspek sosial dan psikologi pada pasien lansia.

Sebagai upaya pelayanan kepada masyarakat, Rumah Sakit Medistra memberikan pelayanan kesehatan geriatri tingkat lengkap. Layanan medis di RS Medistra juga didukung oleh 167 dokter dari 40 spesialisasi

Harga kamar di Rumah Sakit Medistra 

Berikut adalah tarif kamar per hari untuk rawat inap di RS Medistra, saat artikel ini dibuat. Tarif dan bentuk layanan bisa berubah-ubah ya guys, jadi mohon cek kembali di situs resmi RS Medistra untuk memastikan tarif terbaru.

  1. Executive Suite Room: > Rp 2 juta per malam
  2. Super VIP Room: Rp 2 juta per malam
  3. Mini Super VIP Room: Rp 1,5 juta per malam
  4. VIP Room: Rp 850.000 per malam

Biaya untuk rawat inap sesuai kelas:

  • Kelas I Rp 450.000
  • Kelas II Rp 250.000
  • Kelas III Rp 70.000

Daftar perusahaan asuransi yang rekanan dengan Rumah Sakit Medistra

Perlu diketahui juga ada beberapa penyedia layanan asuransi yang memiliki rekanan dengan RS Medistra. Tentunya hal ini akan memudahkan pasien yang memiliki produk asuransi rekanan untuk berobat. Dengan memiliki asuransi, kamu tak perlu dipusingkan dengan biaya perawatan dan pengobatan yang cukup menguras kantong. 

Apa saja asuransi yang merupakan rekanan dengan RS Medistra?

1. Lippo Insurance

Asuransi HealthPlus+ Micro oleh Lippo Insurance hadir memberikan peace of mind kepada para pengusaha atas risiko kesehatan yang mungkin terjadi pada karyawan-karyawannya.

Benefit HealthPlus+ Micro:

  • Manfaat Rawat Inap dengan sistem Cashless tanpa uang muka sampai dengan kelas kamar Rp 1,2 juta.
  • Manfaat Rawat Jalan dilengkapi dengan Rawat Gigi dasar yang bersifat opsional dengan sistem Reimbursement 80%.
  • Menjamin perawatan Cuci Darah & Kemoterapi.
  • Menjamin patah tulang beserta alat bantunya.
  • Adanya pengembalian premi berupa profit sharing.
  • Santunan Tunai Harian Rawat Inap sampai dengan Rp140 ribu/hari.
  • Santunan Kecelakaan Diri.

2. Prudential

Asuransi lain yang memiliki rekanan dengan RS Medistra adalah Prudential melalui produk PRUSolusi Sehat. Produk ini adalah Produk Asuransi Kesehatan Tradisional yang memberikan solusi lengkap dan fleksibel untuk perlindungan kesehatan. 

Pembayaran manfaat sesuai tagihan rumah sakit untuk beberapa manfaat berdasarkan plan yang dipilih pada Tabel Manfaat PRUSolusi Sehat serta jangkauan perlindungan hingga seluruh dunia yang memberikan fleksibilitas atas pilihan Perlindungan kesehatan kamu. 

Manfaat yang bisa didapat dari produk asuransi ini, antara lain:

  • Fleksibilitas dalam menentukan Wilayah Pertanggungan, Tipe Kamar dengan harga kamar terendah dengan 2 tempat tidur atau 1 tempat tidur dengan kamar mandi di dalam, dan Batas Harga Kamar sesuai Plan.
  • Nikmati pilihan Wilayah Pertanggungan yang luas mulai dari Wilayah Indonesia hingga ke di seluruh dunia (termasuk Amerika Serikat).
  • Masa perlindungan 1 (satu) tahun dan dapat diperpanjang hingga Tertanggung berusia 99 tahun
  • Terdapat PRUSolusi Sehat Limit Booster yang dapat menambah Batas Manfaat Tahunan Asuransi Kesehatan PRUSolusi Sehat menjadi hingga Rp65 Miliar.
  • Rawat Jalan tanpa Rawat Inap untuk Perawatan Kanker dan Cuci Darah dibayarkan sesuai tagihan.
  • Manfaat untuk Perawatan rawat jalan 30 hari sebelum dan 90 hari sesudah tindakan bedah Rawat Jalan
  • Kunjungan Dokter Umum dan Dokter Spesialis (serta Sub Spesialis) per jenis spesialisasi masing masing hingga 2 kali perhari.
  • Pembayaran Manfaat untuk perawatan di luar wilayah pertanggungan dengan persentase tertentu mengacu ketentuan pada Polis.

3. Manulife

Asuransi ini juga menjadi rekanan RS Medistra. Beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh melalui produk ini, antara lain:

Pembayaran manfaat as charged

Pembayaran manfaat sesuai tagihan (as charged) dengan limit tahunan, dan plan yang dipilih pada Tabel Manfaat Perawatan Rawat Inap.

Manfaat penggantian biaya rumah sakit

Manfaat penggantian biaya rumah sakit sesuai dengan yang tercantum pada Tabel Manfaat Perawatan Rawat Inap, baik karena sakit maupun kecelakaan.

Limit tahunan tambahan untuk penyakit kritis

Memberikan limit tahunan tambahan bila Tertanggung menderita sakit kritis seperti kanker, serangan jantung, gagal ginjal atau transplantasi organ.

Biaya kamar di luar negeri

Memberikan manfaat biaya kamar sebesar 3x lipat dari plan yang dipilih bila dirawat di luar negeri (seluruh dunia kecuali Amerika Serikat).

4. Asuransi Cigna

Produk asuransi yang satu ini juga menjadi rekanan RS Medistra. Jadi kalau kamu punya produk asuransi Cigna, maka kamu tak perlu pusing lagi memikirkan biaya perawatan dan pengobatan. 

Ada beberapa produk yang Cigna tawarkan, antara lain:

  • Cigna Eazyhealth
  • Cigna Infinite Healthcare
  • Cigna Family Care Optima
  • Cigna Family Care
  • Cigna Senyum Sehat
  • Cigna Proteksi Sehat
  • Cigna proteksi Sehat Optima
  • Cigna Premium Health Protection
  • Cigan Health Protection
  • Cigna care and Save.

Dari beberapa produk di atas, salah satu produk yang cukup diminati adalah Cigna Eazihealth. Produk ini memberikan manfaat rawat inap dan pembedahan di seluruh jaringan rumah sakit rekanan.

Produk asuransi ini menyediakan kemudahan akses ke 700+ rumah sakit rekanan di seluruh Indonesia melalui layanan cashless atau non tunai. Manfaatkan juga kartu cashless atau kartu kepesertaan Anda untuk mendapatkan potongan harga di berbagai merchant yang telah bekerjasama.

Manfaat harian perawatan Rumah Sakit

  • Diberikan apabila Tertanggung memerlukan Perawatan Rumah Sakit yang disebabkan oleh sakit atau kecelakaan.
  • Jumlah manfaat per hari sebesar Rp300.000
  • Manfaat dapat diklaim secara cashless atau reimbursement.

Manfaat pembedahan

  • Diberikan apabila Tertanggung memerlukan tindakan pembedahan, baik yang disebabkan oleh sakit atau kecelakaan.
  • Jumlah manfaat per kejadian sebesar Rp3.000.000. 

Manfaat dibayarkan berdasarkan tipe pembedahan sebagai berikut:

  • Pembedahan kecil: 25% dari jumlah manfaat per kejadian
  • Pembedahan sedang: 50% dari jumlah manfaat per kejadian
  • Pembedahan besar: 75% dari jumlah manfaat per kejadian
  • Pembedahan khusus: 100% dari jumlah manfaat per kejadian

Manfaat dapat diklaim secara cashless atau reimbursement.

5. Asuransi Sinarmas

Produk asuransi lain yang juga bisa dimanfaatkan di RS Medistra. Asuransi Sinarmas menawarkan solusi berupa asuransi kesehatan untuk mengatasi risiko finansial yang mungkin timbul sebagai akibat kecelakaan, sakit maupun pembedahan yang membutuhkan biaya kesehatan.

Asuransi kesehatan dari Asuransi Sinar Mas dibagi menjadi dua jenis, yaitu :

  1. Simas Sehat Corporate untuk menjamin kesehatan karyawan perusahaan berserta keluarganya.
  2. Individual untuk menjamin kesehatan perorangan.

Khusus yang individu, terbagi lagi menjadi tiga jenis, yakni:

  • simas sehat gold
  • simas sehat executive
  • simas sehat income

Yuk kita bahas salah satu produknya, yakni simas sehat gold. Simas sehat gold memiliki beberapa keunggulan, di antaranya:

  • Cashless di RS Provider Asuransi Sinar Mas.
  • Tidak perlu pemeriksaan kesehatan.
  • Tertanggung mempunyai waktu 15 hari untuk mempelajari Polis, jika Tertanggung tidak sepenuhnya puas, Polis dapat dikembalikan dalam selang waktu tersebut dan Tertanggung tidak perlu membayar apapun.
  • Bisa dicicil per bulan melalui kartu Kredit Visa/Mastercard.
  • Gratis asuransi kecelakaan diri senilai Rp 10 Juta.
  • Jaminan evakuasi medis darurat di seluruh dunia.
  • Menjamin sampai dengan usia 75 tahun.
  • Jaminan Rawat Jalan dan Rawat Gigi Darurat akibat kecelakaan.
  • Menjamin Rawat Jalan Sebelum dan Sesudah perawatan inap di rumah sakit.

Pentingnya asuransi kesehatan 

Seperti yang kita bahas di atas, kita tak pernah tahu apa masalah kesehatan yang bisa saja diidap di masa mendatang. Di sinilah kita perlu menyediakan sebuah bantalan untuk jaga-jaga. Caranya bagaimana? Salah satunya dengan asuransi kesehatan

Cara kerja asuransi kesehatan sebenarnya sederhana, setiap nasabah mesti membayarkan premi ke pihak perusahaan asuransi. Kemudian, pihak perusahaan akan mengelola dana tersebut sehingga saat ada salah satu nasabah jatuh sakit, perusahaan dapat meng-cover biayanya.

Adapun manfaat utamanya mencakup biaya rawat inap, rawat jalan, pembedahan, dan medical check-up. Sementara manfaat tambahan (rider) meliputi melahirkan, perawatan gigi, dan mata.

Sementara premi asuransi kesehatan murah atau mahal, tergantung pada usia, pekerjaan, dan limit pertanggungan. Namun berbeda dengan BPJS Kesehatan, kita bisa lebih fleksibel memilih premi yang diinginkan, pertanggungan, dan rumah sakit. Lantas, apakah perlu memiliki asuransi kesehatan? 

Asuransi kesehatan penting, karena pada tahun 2018 saja, inflasi biaya rumah sakit mencapai 11 persen. Artinya, misal pada tahun sebelumnya biaya kesehatan rawat inap di rumah sakit berkisar Rp500 ribuan per hari, maka nominalnya akan naik menjadi Rp555 ribu di tahun 2018. Angka tersebut akan terus meningkat di tahun selanjutnya.

Nah, daripada menghabiskan tabungan atau investasi untuk biaya medis, asuransi akan membantu cashflow nasabah menjadi lebih aman. Lifepal akan membantu kamu menemukan keputusan yang tepat terkait asuransi.

Tips memilih asuransi kesehatan terbaik

Dengan ratusan pilihan polis dan brand, calon nasabah perlu lebih cermat memilih manfaat asuransi kesehatan yang dibeli. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli proteksi kesehatan:

1. Metode klaim cashless

Dengan sistem klaim cashless nasabah bisa datang ke rumah sakit bermodal kartu peserta asuransi kesehatan saja. Artinya, nasabah tidak perlu mengeluarkan dana terlebih dahulu untuk mendapatkan perawatan medis. 

Contohnya adalah rekomendasi pilihan di atas yaitu Allianz, AXA Mandiri, Prudential, Manulife, BCA, BNI Life, dan Cigma semuanya memiliki manfaat asuransi cashless dan reimbursement.

2. Menanggung biaya rawat jalan

Biaya perawatan pra dan pascarawat inap tidaklah murah. Untuk itu, sebaiknya pilih yang menanggung biaya rawat jalan tersebut. 

Dari rekomendasi Lifepal, Asuransi kesehatan AXA Mandiri, Cigna, dan Manulife menanggung biaya rawat jalan sebagai manfaat dasar asuransi.

3. Manfaat pengembalian premi

Beberapa asuransi juga menawarkan pengembalian premi atau no claim bonus apabila tidak ada klaim hingga masa polis berakhir. Umumnya 20-100 persen dari total premi yang telah dibayarkan.

4. Manfaat Coordination of Benefit (CoB)

Dengan manfaat Coordination of Benefit (CoB), jika asuransi BPJS tidak mencakup semua biaya perawatan, maka kita bisa mengajukan kekurangannya pada asuransi swasta.

Saat ini, ada 11 perusahaan asuransi swasta yang bersedia jalankan koordinasi klaim dengan BPJS, yaitu asuransi kesehatan Avrist, Arthagraha General Insurance, Astra Buana, Mega, CAR, Takaful Keluarga, Bina Dana Arta, Sinarmas MSIG, Generali Indonesia, Tugu Pratama, dan Multi Artha Guna (MAG).

5. Manfaat Pertanggungan Pre-Existing Condition

Pre-existing condition adalah kondisi di mana calon nasabah sudah menderita penyakit tertentu saat mendaftar asuransi. 

Sebagian besar produk mengecualikan hal ini dalam klaim, tetapi ada yang tidak mengecualikannya dengan atau tanpa syarat. Salah satunya adalah polis Maestro Optima Care dari AXA.

6. Limit/plafon sesuai premi

Plafon yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan memang sekilas terkesan besar. Misal uang pertanggungan Rp20 juta terkesan banyak saat ini. Namun, di tahun-tahun mendatang dengan kenaikan biaya medis 7-15 persen, nilai pertanggungan tersebut akan berkurang.

Jika memungkinkan, sebaiknya pilih yang menanggung biaya medis sesuai tagihan rumah sakit (as charged), seperti Manulife, Prudential, dan BNI Life.

7. Iuran premi sesuai dengan penghasilan

Meski proteksi kesehatan sangatlah penting, calon nasabah tetap harus memastikan keuangannya tetap terjaga. Oleh karena itu, pastikan premi tidak kemahalan apalagi melebihi kemampuan. Standarnya alokasi asuransi minimal sekitar 3-5 persen dari penghasilan.

8. Beli melalui broker asuransi

Broker yang telah terdaftar resmi dapat membantu nasabah mengajukan klaim. Ingat, ketika sedang mengalami risiko medis, pengajuan klaim bisa saja sulit dilakukan sendiri. 

Belum lagi jika pengajuan klaim nasabah ditolak karena alasan tertentu. Broker asuransi seperti Lifepal dapat sangat membantu dalam mengatasi masalah klaim tersebut. (Editor: Chaerunnisa)