Sejarah Panjang Asuransi Perjalanan, dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

Travel insurance diperlukan sebelum bepergian ke Eropa (Shutterstock).

Seiring dengan tingginya minat traveling masyarakat saat ini, kesadaran membeli asuransi perjalanan pun kian meningkat dari tahun ke tahun. Berbeda pada zaman dulu dimana orang selalu berpikir ulang untuk membeli asuransi jenis ini. 

Ketika akan berlibur, banyak dari mereka pergi saja tanpa menghiraukan pentingnya membeli asuransi. Ada yang beranggapan bahwa membayar premi asuransi sudah mereka lakukan ketika akan membayar tiket perjalanan pesawat terbang. Padahal, itu hanyalah bagian kecil dari tiket pesawat, bukan mengcover kemungkinan masalah yang ditimbulkan. 

Biasanya problematika ketika seseorang enggan berasuransi adalah biaya yang mahal. Selain itu kurangnya informasi mengenai produk tersebut sehingga banyak masyarakat tidak mengetahui manfaat dari asuransi ini. Berikut beberapa alasan seseorang enggan menggunakan asuransi perjalanan:

1. Tingkat kesejahteraan

Tunawisma (Shutterstock).
Tunawisma (Shutterstock).

Di Indonesia, pendapatan masyarakat masih rendah dan menjadikan asuransi belum menjadi sebuah kebutuhan. Hal ini juga didasari dengan keperluan lain yang masih jauh lebih penting daripada membagi pendapatan untuk membayar premi. 

Hal ini pun juga berlaku untuk traveling. Merasa masih banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, beberapa orang. Mereka cenderung menyiapkan itinerary perjalanan dan biaya akomodasi lain tanpa ada dana untuk asuransi. 

2. Minimnya pengetahuan

Asuransi perjalanan akan mengcover segala kerugianmu selama pelesiran (Shutterstock).
Travel insurance akan mengcover segala kerugianmu selama pelesiran (Shutterstock).

Salah satu kelemahan lainnya seputar asuransi adalah kurangnya mendapat informasi atau pengetahuan. Mereka merasa sudah mendapatkan itu ketika akan naik akomodasi seperti bus, kereta api atau maskapai penerbangan. 

Ketika ditawarkan pun mereka tidak akan mau karena alasan tadi. Padahal manfaat asuransi perjalanan bukan pada saat terjadi kecelakaan di akomodasi saja, melainkan dapat mengcover segala kerugian selama perjalanan berlangsung. 

Beda halnya jika bepergian secara grup. Pihak travel agent akan menjelaskan dan meminta kamu untuk membeli asuransi ini. Apalagi jika kamu bepergian cukup lama ke luar negeri, ini udah pasti kamu membayar paket perjalanan plus asuransinya. Tetapi jika kamu hanya bepergian seorang diri atau tidak lebih dari tiga orang, sudah pasti harus aktif mencari sendiri asuransi apa yang akan digunakan. 

Sejarah oanjang asuransi perjalanan

Asuransi perjalanan bisa mengcover kamu jika tiba-tiba sakit saat pelesiran (Shutterstock).
Travel insurance bisa mengcover kamu jika tiba-tiba sakit saat pelesiran (Shutterstock).

Perkembangan asuransi perjalanan memang tidak semulus jenis yang lainnya. Minimnya informasi masih menjadi kendala asuransi jenis ini sampai ke tangan masyarakat. Namun sebetulnya, asuransi jenis ini memang sudah lama ada di Indonesia sejak 50 tahun terakhir. 

Sejarah ini dimulai ketika James Goodwin Batterson pada 1 April 1864 mendirikan perusahaan asuransi bernama Travelers Insurance Company di Hartford, Connecticut, Amerika Serikat. Pada saat itu asuransi perjalanan merupakan produk yang hanya dibeli oleh kalangan atas saja. 

Saat itu, jenis asuransi ini melindungi jiwa, baik cedera pribadi maupun pencurian selama perjalanan darat. Kemudian, berkembang mencakup semua jenis kecelakaan. Makin kesini, asuransi ini berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Cakupannya pun mulai ditambahkan untuk melindungi para pelancong mulai dari sakit hingga kehilangan barang selama perjalanan. 

Asuransi perjalanan saat ini

Membuat asuransi perjalanan sebelum bepergian ke Eropa (Shutterstock).
Membuat asuransi sebelum bepergian ke Eropa (Shutterstock).

Jika pada zaman dulu asuransi perjalanan hanya bisa dibeli di loket kereta api atau kapal uap saja, beda hal dengan saat ini. Asuransi ini bisa kamu dapat dengan mudah baik melalui broker maupun mengunjungi website situsnya secara langsung guys! Pembelian kian mudah mengingat angka perjalanan wisatawan setiap tahunnya terus menerus naik, dan mereka mulai sadar pentingnya asuransi ini. 

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menawarkan asuransi ini dengan berbagai benefit. Salah satunya adalah Travellin yang merupakan asuransi perjalanan dari Adira Insurance. 

Travellin memiliki beberapa paket asuransi perjalanan baik domestik, asia maupun internasional. Menariknya dibanding asuransi lain, Travellin bisa dibeli secara harian yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. 

Biaya preminya pun terbilang sangat murah yakni mulai dari Rp 10 ribu per hari untuk domestik dan Rp 12,000 untuk internasional. Sedangkan untuk annual multitrip per 90 hari dikenai biaya mulai Rp 385 ribu sampai Rp 575 ribu per individu.

Jenis asuransinya juga beragam seperti Domestic Gold, Domestic Silver, Silver Plus hingga Domestic Safe Syariah dan juga Domestic Comfort Syariah dan Internasional. Semua paket asuransi dapat dibeli untuk individu, keluarga dan juga grup.

Ketika sedang berlibur atau mengunjungi suatu negara dan kemudian tiba-tiba mengalami sakit, kamu gak perlu khawatir karena Travellin akan menanggung biaya pengobatan tersebut. Kelebihan lainnya adalah Travellin juga memiliki manfaat double cover, jika asuransi pertama kamu tidak mencukupi. 

Travellin juga akan menanggung biaya jika bagasi mengalami kerusakan hingga hilang. Bahkan saat pesawat mengalami keterlambatan lebih dari 6 jam, pihak Travellin juga akan mengcover kerugian kamu.

Oh ya, kamu juga beruntung banget nih karena Travellin lagi bagi-bagi promo diskon potongan 20 persen untuk pembelian asuransi ini  lho. Caranya gampang banget, tinggal kunjungi situs Travellin lalu masukkan kode promo TRAVELLINMS saat akan melakukan pembayaran premi. Yuk buruan dapatkan asuransi perjalanan kamu. Promo ini berlaku untuk periode booking dari tanggal 15 Januari 2020 hingga 31 Maret 2020, dan periode perjalanan 15 Januari 2020 hingga 31 Desember 2020.

Cara beli premi di Travellin

Cara membeli asuransi perjalanan itu cukup mudah lho (Shutterstock).
Cara membeli asuransi itu cukup mudah lho (Shutterstock).

Lalu, gimana sih caranya beli premi asuransi ini? Gampang banget lho guys. Pertama-tama kamu cukup masuk ke website-nya di www.travellin.co.id. Setelah itu kamu bisa pilih deh jenis asuransi apa yang kamu mau. Ada International Package dan Domestic Package. 

Kalau sudah klik ke halaman yang dituju dan kamu tinggal isi beberapa poin di dalamnya. Form yang perlu kamu isi mencakup tujuan destinasi, periode berapa lama, berapa orang, dan isi data masing-masing dari orang tersebut. Setelah itu kamu diarahkan untuk pembayaran. Bisa melalui kartu kredit maupun lewat transfer bank. Jika sudah, policy Travellin bisa kamu terima saat itu juga. Kamu bisa cek premi perjalananmu disini.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa langsung cek website-nya di www.travellin.co.id atau hubungi call center-nya yang aktif 24 jam di 1500-456. Gunakan asuransi perjalanan agar liburan semakin semarak dan menyenangkan! (Editor: Winda Destiana Putri).