Syarat Klaim Asuransi Mobil Kita Bisa Tembus

klaim asuransi mobil all risk dan tlo

Memiliki asuransi kendaraan bukan berarti setiap klaim yang kita ajukan akan diterima. Ada ketentuan dan syarat asuransi kendaraan yang harus kita penuhi sebelum mengajukan klaim untuk risiko akibat kecelakaan ataupun kehilangan.

Poin-Poin yang Perlu Dipertimbangkan saat Mau Membeli Asuransi Mobil

membeli asuransi mobil

Bagi yang belum memiliki asuransi kendaraan dan berniat untuk membelinya, beberapa hal ini bisa jadi pertimbangan.

1. Bandingkan produk dan pilih yang terbaik

Ada banyak perusahaan asuransi kendaraan dengan beragam tawaran produk. Kita harus selektif untuk memilihnya. Sebelum memutuskan untuk membeli, pertimbangkan manfaat yang kita akan dapatkan serta reputasi perusahaan asuransi yang menyediakannya. 

Reputasi ini penting karena akan berpengaruh pada proses klaim nantinya. Bisa jadi premi yang harus kita bayarkan sedikit mahal, namun proses klaim lebih mudah dan jaringan bengkel mobil rekanan jauh lebih banyak. Hal ini tentu saja menjadi pertimbangan penting selain besaran premi asuransi. Untuk membandingkannya, kita bisa memanfaatkan internet.

2. Cari tahu testimoni pemilik polis asuransi

Salah satu cara mengetahui reputasi perusahaan adalah dengan jeli memperhatikan testimoni pemilik polis yang pernah menggunakan produk asuransi tersebut. Khususnya yang berkaitan dengan masalah klaim. Jika klaim mudah, jaringan bengkel luas, dan banyak pelanggannyayang puas, maka testimoni yang diberikan juga pasti bagus.

3. Cek anggaran pribadi

Proteksi kendaraan termasuk kondisi yang penting karena aset bergerak biasanya rawan risiko. Namun sebelum membeli asuransi, kita harus cek anggaran dan sesuaikan dengan bujet yang kita miliki. Jangan sampai kita memilih produk dengan besaran premi yang memberatkan keuangan kita.

4. Pastikan mekanisme klaim mudah

Selain memperhatikan beberapa hal penting sebelum mengambil produk asuransi di atas, hal penting lainnya yang perlu dipahami adalah mekanisme klaim. Secara umum mekanisme klaim relatif mudah. 

Jika terjadi risiko, kita tinggal menghubungi call centre atau pihak sales yang bertanggung jawab guna menyampaikan rencana untuk proses klaim. Namun setiap perusahaan asuransi punya ketentuan berbeda. Ada beberapa syarat klaim dan pengecualian pertanggungan yang harus kita ketahui.

Jika keempat hal tersebut sudah kita pertimbangkan, langkah selanjutnya adalah menghubungi perusahaan terkait untuk membeli asuransi. Kita bisa membeli dengan datang langsung ke kantor perusahaan, menghubungi sales, membeli secara online, ataupun melalui call center yang tertera di situs resmi perusahaan asuransi tersebut.

Syarat yang Harus Dipersiapkan untuk Mengajukan Klaim Asuransi

Klaim insurance

Membincangkan tentang mekanisme klaim untuk mendapatkan ganti rugi dari pihak asuransi, langkah pertama yang harus kita lakukan ketika mobil mengalami kerusakan akibat kecelakaan adalah mengambil foto bagian mobil yang rusak. 

Ini penting dilakukan terutama saat mobil mengalami kerusakan berat. Foto tersebut dapat dijadikan sebagai bukti saat mengajukan klaim asuransi mobil. Tidak berhenti di situ saja, ini yang harus kita lakukan selanjutnya.

  1. Menghubungi pihak asuransi dan mempersiapkan dokumen-dokumen penting dalam pengajuan klaim. Seperti surat polis asuransi, SIM, KTP, dan juga surat keterangan kepolisian jika kendaraan rusak parah dalam suatu kecelakaan atau terkena tindakan kriminal.
  2. Setelah segala persyaratan dianggap lengkap dan memenuhi semua ketentuan dari pihak asuransi, bawa mobil kepada bengkel yang menjadi rekanan dari asuransi.
  3. Prosedur terakhir dalam mengajukan klaim, biasanya kita akan disuruh untuk mengisi formulir dengan lengkap. Formulir yang diisi berisi tentang data kecelakaan secara detail baik jam maupun tempatnya.
  4. Setelah semua data terisi, tanyakan kepada pihak bengkel berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki kendaraan kita. Tunggu sampai klaim diterima dan kendaraan selesai diperbaiki.

Jika kita memenuhi seluruh syarat di atas dengan benar, kendaraan kita tentu akan mendapatkan asuransi sesuai dengan kesepakatan di awal.

Hindari Melakukan Ini agar Klaim Tidak Ditolak!

Klaim ditolak

Jika kita sendiri tidak memahami dan memenuhi syarat pengajuan klaim asuransi kendaraan, bukan tidak mungkin klaim kita akan ditolak. Jika sudah begitu, kita terpaksa membayar perbaikan mobil dengan uang sendiri. Guna menghindari klaim yang ditolak, pahami beberapa faktor penyebab klaim asuransi mobil ditolak berikut ini.

1. Tidak memiliki SIM atau SIM sudah kedaluwarsa

SIM wajib dimiliki setiap pengemudi. Jika tidak memiliki SIM, artinya pengemudi dianggap belum layak mengemudi dan otomatis tidak layak juga untuk mendapatkan ganti rugi asuransi.

Selain dari itu, jika kita sudah memiliki SIM tetapi ternyata masa berlakunya sudah habis, maka hasilnya sama saja. Klaim dengan kondisi SIM seperti ini akan ditolak karena menurut peraturan lalu lintas, setiap pengemudi kendaraan harus memiliki SIM aktif yang masih berlaku.

2. Terlambat melaporkan klaim

Jangan pernah menunda-nunda mengajukan klaim. Klaim yang ditunda-tunda seperti ini berisiko ditolak karena batas waktu pelaporan klaim adalah maksimal lima hari. Ketentuan tersebut terdapat dalam PSAKBI (Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor) yang menyebutkan bahwa pengajuan klaim kepada perusahaan asuransi atas setiap kerusakan yang dialami mobil yang dipertanggungkan adalah maksimal lima hari sejak terjadinya kerusakan.

4. Memberikan informasi palsu

Klaim asuransi bisa ditolak karena pemegang polis menyampaikan informasi yang tidak benar dengan kejadian yang sebenarnya alias pernyataan palsu. Misalnya, kita mengalami kecelakaan berat dengan kerusakan diatas 75 persen, namun yang mengendarai mobil adalah anak kita yang belum memiliki SIM. 

Jadi agar niatnya klaim diterima, kita membuat laporan kepolisian bahwa kitalah yang mengendarai mobil saat terjadi kecelakaan. Saat dilakukan investigasi dari perusahaan asuransi ternyata ditemukan fakta bahwa pengendara adalah anak kita yang belum memiliki SIM. Kondisi ini berakibat kepada penolakan klaim. 

Secara umum, kita pun berisiko dilaporkan kepada pihak berwajib karena memberikan pernyataan palsu, apalagi jika menyangkut nilai klaim yang sangat besar.

5. Kehilangan akibat penipuan, penggelapan, pembiusan, dan hipnotis

Kasus kehilangan seperti ini biasanya terjadi pada kasus mobil dipinjam lantas dibawa kabur. Jika kasus ini dilaporkan ke asuransi, klaimnya akan ditolak. Sebab dalam PSAKBI disebutkan bahwa kehilangan kendaraan yang diasuransikan karena dipinjamkan oleh orang terdekat atau disewakan kemudian dibawa kabur akan menghilangkan status klaim asuransi atas mobil tersebut.

6. Kerusakan badan mobil akibat cairan kimia

Kerusakan pada badan mobil akibat cairan kimia adalah salah satu poin yang dikecualikan di dalam ganti rugi dari pihak asuransi. Kasus seperti ini tidak bisa diklaim karena menurut PSAKBI, kerusakan yang dapat ditanggung asuransi adalah kerusakan total atau sebagian yang disebabkan karena kecelakaan, perbuatan jahat, kejatuhan benda, dan kecelakaan lalu lintas lainnya.

Sebagai pemilik kendaraan yang memiliki asuransi, kita harus paham syarat asuransi kendaraan agar ketika terjadi risiko, klaim kita tidak ditolak. 

Jika masih ada yang ingin ditanyakan mengenai tata cara klaim asuransi lebih lanjut atau jika ingi mengetahui produk-produk asuransi lainnya, jangan ragu untuk mengunjungi tim kami di Lifepal, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →