Syarat Klaim Asuransi Mobil dan Prosedurnya yang Benar

syarat klaim asuransi mobil bisa tembus

Saat kamu memiliki asuransi kendaraan, penting untuk memahami apa saja yang menjadi syarat klaim asuransi mobil agar bisa tembus atau diterima. Ini penting karena memiliki asuransi kendaraan bukan berarti setiap klaim yang kita ajukan akan diterima. 

Ada ketentuan dan syarat klaim asuransi kendaraan yang harus kamu penuhi sebelum mengajukan klaim. Berikut ulasan mengenai syarat klaim asuransi mobil, cara mengajukan klaim asuransi mobil dan beberapa hal yang menyebabkan klaim asuransi mobil kamu ditolak. 

Syarat Klaim Asuransi Mobil

Sebagai syarat klaim asuransi mobil, kamu perlu menyiapkan sejumlah dokumen seperti polis asuransi, dokumen identitas kendaraan dan foto-foto yang menunjukkan kerusakan, dan data kendaraan. Langkah pertama yang harus kita lakukan ketika mobil mengalami kerusakan akibat kecelakaan adalah mengambil foto bagian mobil yang rusak. 

Ini penting kamu lakukan, terutama saat mobil mengalami kerusakan berat. Foto tersebut dapat menjadi bukti saat mengajukan klaim asuransi mobil. Setelah itu, kamu perlu siapkan syarat pengajuan asuransi mobil sebagai berikut. 

  • Foto bagian yang mobil yang rusak (lebih bagus jika ada video)
  • Polis asuransi mobil yang aktif
  • SIM dan STNK
  • KTP atau identitas diri lainnya
  • Surat keterangan kepolisian jika mengalami kecelakaan

Cara Mengajukan Klaim Asuransi Mobil

Jika kamu telah mengumpulkan semua dokumen yang menjadi syarat klaim asuransi mobil bisa tembus, baik All Risk atau TLO, selanjutnya kamu dapat mengajukan klaim tersebut ke perusahaan asuransi. 

Adapun cara klaim asuransi mobil menurut jenisnya terdiri dari beberapa langkah berikut:

1. Klaim untuk kehilangan/kerusakan sebagian kendaraan karena perbuatan jahat:

  • Tertanggung mengisi laporan kerugian dan menandatanganinya.
  • Salinan polis asuransi.
  • Salinan STNK.
  • Salinan SIM.
  • Keterangan dari kepolisian setempat.

2. Klaim untuk kehilangan keseluruhan kendaraan karena perbuatan jahat:

  • Tertanggung mengisi laporan kerugian dan menandatanganinya.
  • Fotokopi polis asuransi.
  • Fotokopi STNK.
  • Fotokopi SIM.
  • Keterangan dari kepolisian setempat.
  • Surat keterangan kaditserse kendaraan hilang dari Polda setempat.
  • Surat blokir STNK.

3. Klaim untuk kerusakan kendaraan akibat kecelakaan:

  • Tertanggung mengisi laporan kerugian dan menandatanganinya.
  • Fotokopi polis asuransi.
  • Fotokopi STNK.
  • Fotokopi SIM.
  • Keterangan dari kepolisian dan surat tuntutan dari pihak ketiga jika ada.

Penyebab Klaim Asuransi Mobil Ditolak

Jika kita sendiri tidak memahami dan memenuhi syarat pengajuan klaim asuransi kendaraan, bukan tidak mungkin klaim kita akan mendapat penolakan. Jika sudah begitu, kita terpaksa membayar perbaikan mobil dengan uang sendiri. 

Jadi, selain memahami syarat klaim asuransi mobil bisa tembus, kamu juga mesti tahu beberapa faktor penyebab klaim mendapat penolakan. 

1. Tidak memiliki SIM atau SIM sudah kedaluwarsa

Setiap pengemudi wajib memiliki SIM. Jika tidak memiliki SIM, artinya pengemudi akan petugas berwajib anggap belum layak mengemudi, dan otomatis tidak layak juga untuk mendapatkan ganti rugi asuransi. Selain itu, jika kita sudah memiliki SIM tetapi ternyata masa berlakunya sudah habis, maka hasilnya sama saja.

Klaim dengan kondisi SIM seperti ini akan mendapat penolakan karena menurut peraturan lalu lintas, setiap pengemudi kendaraan harus memiliki SIM aktif yang masih berlaku.

2. Terlambat melaporkan klaim

Jangan pernah menunda-nunda mengajukan klaim. Klaim yang ditunda-tunda seperti ini berisiko akan mendapat penolakan karena batas waktu pelaporan klaim adalah maksimal lima hari. 

Ketentuan tersebut terdapat dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor (PSAKBI) yang menyebutkan bahwa pengajuan klaim kepada perusahaan asuransi atas setiap kerusakan mobil yang dipertanggungkan adalah maksimal lima hari sejak terjadinya kerusakan.

4. Memberikan informasi palsu

Klaim asuransi bisa mendapat penolakan karena pemegang polis menyampaikan informasi yang tidak benar dengan kejadian yang sebenarnya alias pernyataan palsu. Misalnya, kita mengalami kecelakaan berat dengan kerusakan di atas 75 persen, namun yang mengendarai mobil adalah anak kita yang belum memiliki SIM. 

Jadi agar niat klaim akan perusahaan asuransi terima, kita membuat laporan kepolisian bahwa kitalah yang mengendarai mobil saat kecelakaan. Saat investigasi dari perusahaan asuransi ternyata terdapat fakta bahwa pengendara adalah anak kita yang belum memiliki SIM, maka kondisi ini berakibat kepada penolakan klaim. 

Secara umum, kita pun berisiko dilaporkan kepada pihak berwajib karena memberikan pernyataan palsu, apalagi jika menyangkut nilai klaim yang sangat besar.

5. Kehilangan akibat penipuan, penggelapan, pembiusan, dan hipnotis

Kasus kehilangan seperti ini biasanya terjadi pada kasus mobil dipinjam lantas dibawa kabur. Jika melaporkan kasus ini ke asuransi, maka klaimnya akan mendapat penolakan. 

Sebab, dalam PSAKBI tertera bahwa kehilangan kendaraan yang diasuransikan karena dipinjamkan oleh orang terdekat atau disewakan kemudian dibawa kabur akan menghilangkan status klaim asuransi atas mobil tersebut.

6. Kerusakan badan mobil akibat cairan kimia

Kerusakan pada badan mobil akibat cairan kimia adalah salah satu poin pengecualian dalam ganti rugi dari pihak asuransi. Kasus seperti ini tidak bisa untuk kamu ajukan klaim karena menurut PSAKBI, kerusakan yang dapat perusahaan asuransi tanggung adalah kerusakan total atau sebagian karena kecelakaan, perbuatan jahat, kejatuhan benda, dan kecelakaan lalu lintas lainnya.

Tips Membeli Asuransi Mobil yang Bagus

Sebelum membahas tentang syarat klaim asuransi mobil bisa tembus, penting juga memahami cara memilih asuransi mobil terbaikBagi yang belum memiliki asuransi kendaraan dan berniat untuk membelinya, beberapa hal ini bisa jadi pertimbangan.

1. Bandingkan produk dan pilih yang terbaik

Ada banyak perusahaan asuransi kendaraan dengan beragam tawaran produk. Kita harus selektif untuk memilihnya.  Sebelum memutuskan untuk membeli, pertimbangkan manfaat yang kita akan dapatkan serta reputasi perusahaan asuransi yang menyediakannya. Reputasi ini penting karena akan berpengaruh pada proses klaim nantinya.

Bisa jadi premi yang harus kita bayarkan sedikit mahal, namun proses klaim lebih mudah dan jaringan bengkel mobil rekanan jauh lebih banyak. Hal ini tentu saja menjadi pertimbangan penting selain besaran premi asuransi.

Untuk membandingkannya, kita bisa memanfaatkan internet.

2. Cari tahu testimoni pemilik polis asuransi

Salah satu cara mengetahui reputasi perusahaan adalah dengan jeli memperhatikan testimoni pemilik polis yang pernah menggunakan produk asuransi tersebut. Khususnya yang berkaitan dengan masalah klaim.

Jika klaim mudah, jaringan bengkel luas, dan banyak pelanggan yang puas, maka testimoni yang kamu beri pasti bagus. Jangan ragu untuk menghubungi pihak broker atau perusahaan asuransi untuk menanyakan perihal isi polis asuransi mobil yang mau kamu miliki agar terhindar dari salah paham.

3. Cek anggaran pribadi

Proteksi kendaraan termasuk kondisi yang penting karena aset bergerak biasanya rawan risiko. Namun, sebelum membeli asuransi, kita harus cek anggaran dan sesuaikan dengan bujet yang kita miliki. 

Jangan sampai kita memilih produk dengan besaran premi yang memberatkan keuangan kita.

4. Pastikan mekanisme klaim mudah

Selain memperhatikan beberapa hal penting sebelum mengambil produk asuransi, hal penting lainnya yang perlu kamu pahami adalah mekanisme klaim. Secara umum mekanisme klaim relatif mudah. 

Jika terjadi risiko, kita tinggal menghubungi call centre atau pihak sales yang bertanggung jawab guna menyampaikan rencana untuk proses klaim. Namun, setiap perusahaan asuransi punya ketentuan berbeda.

Ada beberapa syarat klaim dan pengecualian pertanggungan yang harus kita ketahui. Jika keempat hal tersebut sudah kita pertimbangkan, langkah selanjutnya adalah menghubungi perusahaan terkait untuk membeli asuransi. 

Kita bisa membeli dengan datang langsung ke kantor perusahaan, menghubungi sales, membeli secara online, ataupun melalui call center yang tertera di situs resmi perusahaan asuransi tersebut.

Penentuan Nilai Ganti Rugi

Dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) penentuan nilai ganti rugi mencakup beberapa hal seperti berikut ini. 

  • Penentuan nilai ganti rugi ini didasarkan pada biaya perbaikan yang layak jika kerusakan dapat diperbaiki. 
  • Jika kerusakan tidak dapat diperbaiki didasarkan pada harga perolehan suku cadang di pasar bebas ditambah biaya pemasangan yang layak 
  • Jika suku cadang tidak tersedia di pasar bebas, penentuan harga didasarkan pada harga yang tercatat terakhir di Indonesia atau tertanggung menyediakan suku cadang yang bersangkutan dan perusahaan asuransi mengganti harga perolehan suku cadang tersebut, termasuk biaya pemasangan yang layak.

Penentuan nilai ganti rugi ini penting untuk memastikan bahwa tertanggung mendapatkan kompensasi yang layak atas kerusakan yang terjadi. Dengan demikian, tertanggung dapat memperoleh kompensasi yang tepat untuk mengganti kerugian yang dialami. 

Penentuan nilai ganti rugi juga penting untuk memastikan bahwa perusahaan asuransi tidak mengalami kerugian yang tidak perlu. Dengan demikian, perusahaan asuransi dapat menjaga kelangsungan usahanya dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap asuransi kendaraan bermotor.

Biaya Klaim Asuransi Mobil 

Saat kamu melakukan klaim, ada biaya klaim asuransi mobil atau yang sering disebut juga sebagai deductible yang harus kamu bayarkan. Biaya klaim asuransi mobil ini umumnya adalah sekitar Rp300 ribu per kejadian.

Tujuan dari biaya klaim asuransi mobil ini adalah mendorong pemilik kendaraan supaya lebih berhati-hati dalam berkendara, meskipun bila terjadi risiko akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Jadi, perhatikan lagi klaim asuransi mobil kamu, ya.

Tips dari Lifepal! Sebagai pemilik kendaraan yang memiliki asuransi, kita harus paham syarat asuransi kendaraan agar ketika terjadi risiko, klaim kita tidak ditolak. 

Jika masih ada yang ingin ditanyakan mengenai tata cara klaim asuransi lebih lanjut atau jika ingin mengetahui produk-produk asuransi lainnya, jangan ragu untuk mengunjungi tim kami di Lifepal, ya!

Cari Tahu Produk Asuransi Mobil Terbaik di Lifepal

Lifepal merupakan salah satu platform asuransi mobil terbesar dan terbaik di Indonesia yang dapat membantu kamu menemukan asuransi mobil yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Di Lifepal, kamu dapat membandingkan berbagai asuransi mobil berdasarkan harga, manfaat, dan jenis asuransi. Dengan cara ini, kamu dapat dengan mudah menemukan asuransi mobil terbaik dengan harga terjangkau.

FAQ Seputar Syarat Klaim Asuransi Mobil Bisa Tembus

Proses klaim asuransi mobil dapat kamu lakukan dengan langkah berikut:

  • Isi Formulir Pengajuan Klaim Asuransi Mobil, pastikan semua informasi sesuai dengan klaim yang akan kamu ajukan.
  • Lengkapi dokumen utama dan tambahan sebagai persyaratan klaim.
  • Serahkan formulir dan dokumen pengajuan klaim secara lengkap kepada perusahaan asuransi.
Umumnya, persyaratan klaim asuransi mencakup informasi terkait detail kejadian, buku polis, dan identitas nasabah. Misalnya, klaim asuransi dapat diajukan dalam situasi kehilangan nyawa seseorang.
Klaim asuransi tidak akan dibayarkan jika nasabah terlibat dalam kegiatan kriminal, melanggar hukum, atau terlibat dalam kejahatan asuransi. Misalnya, klaim dapat ditolak jika seseorang yang mencuri mengalami luka tembak dari polisi, kemudian dirawat di rumah sakit. Polis asuransi biasanya memiliki batasan geografis tertentu yang harus diperhatikan.
Ada cukup banyak pilihan asuransi mobil yang dapat menjadi referensi kamu. Pastikan agar kamu mencermati dengan baik detail perusahaan asuransi yang bersangkutan, daftar manfaat, dan biaya premi asuransinya. 

Berikut sejumlah perusahaan asuransi yang memiliki fasilitas asuransi mobil. 

  • Tugu Insurance
  • Asuransi Sinarmas Mobil
  • Asuransi ACA
  • Adira Autocillin
  • Asuransi AXA Mandiri
  • Asuransi Simas Insurtech
  • Asuransi Tokio Marine
  • Asuransi ABDA
  • Asuransi Allianz
  • Asuransi Sompo
Jika kamu memiliki polis asuransi mobil All Risk yang mengcover risiko parsial, maka lecet mobil dapat di-cover oleh perusahaan asuransi. Kamu hanya perlu mengajukan klaim asuransi dengan mengirimkan persyaratan klaim asuransi mobil yang diminta.