Asuransi Kesehatan BNI Life

DISKON HINGGA 20% Temukan pilihan polis sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

+62
+62
+62
 

Asuransi Kesehatan BNI Life

Asuransi kesehatan BNI Life adalah salah satu produk asuransi yang dihadirkan oleh BNI Life, perusahaan asuransi jiwa yang menjadi bagian dari perbankan pelat merah, PT Bank Negara Indonesia Tbk.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Kesehatan BNI Life

  • (+) BNI Life didukung oleh perusahaan induk yang sudah populer dan memiliki keuangan yang kuat.
  • (+) Harga premi dasar terjangkau atau lebih murah dibandingkan kompetitor dengan manfaat dasar (utama) yang sama.
  • (-) Asuransi kesehatan grup dari BNI Life membatasi jumlah minimum peserta asuransi yaitu 50 orang.

Sekilas tentang Asuransi Kesehatan BNI Life

PT BNI Life Insurance (BNI Life) menyediakan layanan dan jasa keuangan terpadu bagi semua nasabahnya (one-stop financial services). Dalam pemasarannya, BNI Life memiliki empat saluran distribusi yaitu agensi, bancassurance, employee benefits, dan unit syariah.

Produk yang dihadirkan cukup banyak termasuk produk asuransi kumpulan bagi karyawan perusahaan yang menawarkan berbagai pilihan manfaat.

Produk-produk asuransi kesehatan yang ditawarkan BNI Life memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu contoh keunggulan produk asuransi kesehatan BNI Life adalah harga premi yang terjangkau untuk premi dasar. Kekurangannya adalah minimal peserta asuransi kesehatan kumpulan adalah 50 orang. Contoh asuransi kumpulan dari BNI Life dengan ketentuan seperti itu, antara lain adalah asuransi BNI Life Optima Group Health.

Selain menyediakan asuransi kesehatan, BNI Life juga menghadirkan berbagai produk asuransi lain. Mulai dari asuransi individu, asuransi bisnis, dan unit syariah BNI Life. Masing-masing kategori tersebut memiliki produk yang sesuai kebutuhan calon peserta asuransi masa kini.

 

Asuransi kesehatan BNI Life memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan polis asuransi yang dipilih. Produk-produk asuransi kesehatan yang tersedia di BNI Life yaitu:

Asuransi Kesehatan Individu
Optima Cash Plan
Program asuransi kesehatan yang memberikan manfaat rawat inap, rawat jalan, pembedahan dan manfaat melahirkan di rumah sakit yang diakibatkan oleh penyakit maupun kecelakaan.
Asuransi Kesehatan Kumpulan
Optima Group Health
Produk asuransi kesehatan kumpulan dengan penggantian biaya rumah sakit bebas pilih dokter dan klaim mudah serta cepat.
 

Berbagai produk asuransi kesehatan BNI Life yang telah disebutkan tadi memiliki ketentuan masing-masing. Agar lebih jelas dan semakin memahami berbagai produk asuransi BNI Life tersebut, mari perhatikan ulasan berikut terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda dapat mempertimbangkan polis asuransi kesehatan dari BNI Life yang sesuai.

Pertanggungan asuransi kesehatan BNI Life adalah benefit atau manfaat yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Tentu saja berdasarkan produk asuransi yang disepakati berdasarkan polis tertulis.

Agar lebih jelas, mari simak jenis asuransi kesehatan BNI Life berikut beserta manfaat yang diberikan.

Optima Cash Plan

  • Manfaat Utama yaitu santunan rawat inap di mana biaya perawatan di rumah sakit akibat sakit atau kecelakaan sesuai dengan manfaat yang dipilih dengan mekanisme reimbursement. Manfaat santunan harian dapat dipilih mulai Rp50 ribu/hari hingga Rp5 juta/ hari (kelipatan Rp50 ribu).
  • Manfaat Tambahan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan yaitu rawat jalan, pembedahan akibat sakit atau kecelakaan, dan manfaat melahirkan.

Optima Group Health

  • Manfaat Utama yaitu santunan rawat inap di rumah sakit akibat sakit atau kecelakaan.
  • Manfaat Tambahan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan yaitu rawat jalan, melahirkan, perawatan gigi, dan kacamata.

Harga premi asuransi kesehatan BNI Life didasarkan pada profil calon peserta dan produk asuransi yang dipilih, khususnya asuransi individu. Adapun harga premi masing-masing produk asuransi kesehatan BNI Life adalah sebagai berikut.

  • Optima Cash Plan: Harga premi disesuaikan dengan usia tertanggung, plan, dan manfaat tambahan yang diambil.
  • Optima Group Health: Tergantung jumlah karyawan dan manfaat tambahan yang  diambil.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh pemegang polis.

Terdapat dua metode penggantian biaya asuransi yang bergantung pada produk asuransi kesehatan BNI Life yang digunakan. Berikut penjelasan mengenai metode penggantian biaya asuransi kesehatan BNI Life.

  • Reimbursement adalah metode penggantian yang mengharuskan tertanggung membayarkan tagihan perawatan kesehatannya. Kemudian, tertanggung mengirimkan dokumen klaim ke pihak perusahaan asuransi. Selanjutnya, perusahaan asuransi akan mengganti biaya tersebut.
  • Cashless adalah metode penggantian biaya asuransi kesehatan dengan menggunakan kartu saja. Untuk mendapatkan pelayanan medis di rumah sakit atau klinik, biasanya tertanggung dapat menggesekkan kartu (swipe card) atau cukup menunjukkan kartu (show card).

Membeli asuransi kesehatan BNI Life secara online akan sangat praktis. Sebab, calon nasabah tidak perlu mendatangi kantor cabang BNI Life terdekat sekalipun. Calon nasabah juga bisa membeli asuransi kesehatan BNI Life dengan mudah melalui agen asuransi BNI Life.

Atau, jika ingin lebih berimbang, calon nasabah dapat membandingkan produk dan polis asuransi kesehatan terbaik melalui situs agregator seperti Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, calon nasabah tidak hanya membandingkan produk dari satu perusahaan asuransi, melainkan produk dari berbagai perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Dengan begitu, calon nasabah mendapatkan proteksi terbaik dan harga paling ringan.

Pembayaran premi asuransi kesehatan BNI Life bergantung pada jenis produk asuransi yang dibeli. Terdapat beberapa pembayaran premi asuransi kesehatan BNI Life. Berikut penjelasannya.

  • Kartu kredit.
  • ATM BNI atau bank lain.
  • Teller bank.
  • M-Banking.
  • I-Banking.

Adapun cara klaim asuransi kesehatan BNI Life dibedakan menjadi dua metode, yaitu Klaim 25 Menit dan Klaim Layanan 1 Hari. Berikut penjelasan singkat cara klaim asuransi kesehatan BNI Life untuk memudahkan nasabah  dalam menggunakan asuransi BNI Life.

Klaim 25 Menit

Pengajuan Klaim 25 Menit ditujukan untuk klaim dengan nominal maksimal Rp10 juta yang dananya langsung ditransfer dari BNI Life. Agar pelayanan maksimal, nasabah harus melengkapi dokumen saat mengajukan yaitu:

  • Formulir pengajuan Klaim 25 Menit.
  • Resume medis yang telah diisi lengkap dan jelas.
  • Kwitansi asli biaya perawatan.
  • Rincian biaya perawatan di rumah sakit.
  • Rincian obat-obatan.
  • Salinan hasil tertulis pemeriksaan diagnostik (bila ada, seperti: laboratorium dan rontgen).
  • Pembayaran ke rekening peserta asuransi.

Setelah memastikan semua dokumen lengkap, nasabah bisa mengikuti tiga tahap mudah Klaim 25 Menit berikut ini:

  • Peserta asuransi menyerahkan dokumen lengkap dan telah terisi ke BNI Life.
  • Pihak BNI Life melakukan verifikasi manfaat.
  • Proses layanan Klaim 25 Menit pun berjalan dan jika sesuai prosedur, maka dana akan cair ke rekening tercantum.

Klaim Layanan 1 Hari

Pengajuan Klaim layanan 1 Hari dikhususkan untuk produk asuransi tertentu. Berikut ini produk-produk asuransi BNI Life yang dilayani dalam Klaim Layanan 1 Hari:

  • Klaim Hospital Cash Plan
  • Klaim Serenity Saver
  • Klaim Spectra Health Care
  • Klaim Maksima Sehat
  • Klaim Produk Kesehatan Individu Lainnya

Dalam layanan yang juga disebut One Day Service, pengajuan manfaat asuransi kesehatan maksimal yang ditanggung dengan nominal maksimal Rp100 juta. Kemudian, akan diterima langsung oleh peserta asuransi dalam waktu 24 jam. Agar proses klaim berjalan lancar, nasabah hanya perlu melengkapi data-data yang dibutuhkan yaitu:

  • Formulir pengajuan klaim (asli)
  • Salinan polis dan ringkasan polis.
  • Salinan bukti identitas diri pemegang polis.
  • Resume medis oleh dokter yang merawat (asli/salinan yang dilegalisir).
  • Kwitansi perawatan dari rumah sakit tempat tertanggung di rawat (asli/salinan yang dilegalisir).
  • Perincian biaya perawatan (asli/salinan yang dilegalisir).
  • Perincian biaya operasi bila terdapat tindakan operasi (asli/salinan yang dilegalisir).
  • Salinan resep/perincian biaya obat-obatan (asli atau salinan yang dilegalisir).
  • Hasil pemeriksaan penunjang/diagnostik (laboratorium, radiologi, CT Scan, dan MRI), asli/salinan yang legalisir.
  • Surat kuasa pemaparan rekam medis dari pemegang polis/tertanggung (asli).
  • Salinan buku tabungan penerima manfaat.

Sama seperti layanan Klaim 25 Menit, Klaim 1 Hari dilakukan dengan tiga langkah mudah setelah semua data dan informasi yang diperlukan lengkap. Berikut prosedurnya:

  • Nasabah menyerahkan dokumen lengkap ke BNI Life.
  • BNI Life melakukan verifikasi manfaat.
  • Proses layanan One day Service adalah 1×24 jam dan uang pertanggungan/ganti rugi akan cair.

Nasabah bisa berhenti menjadi nasabah asuransi kesehatan BNI Life dengan beberapa cara. Untuk berhenti atau menutup polis asuransi BNI Life, nasabah bisa melakukannya dengan cara berikut ini:

  • Kontak BNI Life Center, biasanya pihak BNI akan mengarahkan nasabah ke bagian kantor pusat yang ada di Jakarta.
  • Kirimkan dokumen pembatalan polis ke kantor pusat BNI Life.
  • Mengembalikan buku polis asuransi.
  • Menyertakan fotokopi KTP dan buku tabungan.
  • Membayar kewajiban atau biaya lain/administrasi jika ada.

Agar lebih mudah, nasabah perlu menyiapkan dokumen lengkap berupa polis asuransi dan identitas diri. Kemudian, biasanya nasabah akan dikenakan biaya tertentu atau potongan tertentu apabila melakukan penutupan polis sebelum jatuh tempo.

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal