Asuransi Star Investama

3.5 / 5.0 (5.758 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Star Investama

Star Investama adalah asuransi jiwa bernama PT Asuransi Jiwa Starinvestama yang didirikan pada 1997. Sejak awal berdiri, perusahaan telah berganti nama beberapa kali yaitu Asuransi Danamon Jiwa pada saat berdiri, kemudian Asuransi Jiwa Primasindo Insani, Royal & Sun Alliance Indrapura Life, Asuransi Jiwa Austindo, Asuransi Jiwa Indrapura dan nama terakhir perusahaan yaitu Asuransi Jiwa Recapital atau Relife.

Produk asuransi jiwa yang tersedia hanya satu yaitu asuransi jiwa plus investasi (unit link). Unit link dari Starinvestama terdiri atas dua polis yang memberikan manfaat utama santunan meninggal dunia atau uang pertanggungan (UP) jiwa dan hasil investasi.

Ringkasan

  • 100% UP jiwa bagi ahli waris atau keluarga apabila tertanggung meninggal dunia karena sakit atau kecelakaan plus investasi.
  • 125% UP jiwa dari premi sekaligus (single premi) jika tertanggung meninggal dunia karena sakit atau kecelakaan plus investasi.
  • Terdapat jaminan proteksi jiwa atas risiko Covid-19 dengan pertanggungan hingga Rp25 juta.

Sekilas tentang Asuransi Starinvestama

PT Asuransi Jiwa Starinvestama (Asuransi Star Investama) adalah perusahaan asuransi jiwa berbalut manfaat investasi yang mulai beroperasi pada 2018 dengan nama Asuransi Star Investama.

Awalnya, perusahaan berada di bawah PT Asuransi Jiwa Recapital. Namun sejak tahun 2018, perusahaan dikenal sebagai Starinvestama.

Adapun produk yang dihadirkan adalah asuransi jiwa berbalut unit link atau investasi. Star Investama telah mendapatkan izin usaha di bidang asuransi jiwa oleh OJK pada tanggal 17 Januari 2019. Perubahan ini ternyata berdampak positif, terbukti rasio solvabilitas perusahaan kembali meningkat dan bahkan melampaui enam kali lipat ketetapan pemerintah. 

PT Asuransi Jiwa Starinvestama terdaftar secara resmi dalam Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Asuransi Jiwa Investama juga telah memiliki izin usaha OJK di bidang asuransi jiwa berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan Indonesia Nomor KEP-2/NB.11/2019 tanggal 11 Januari 2019.

Laporan keuangan berikut ini disadur dari data Laporan Keuangan Tahunan 2018 yang dirilis pada situs resmi Asuransi Star Investama. Data-data berikut dapat dijadikan rujukan untuk menentukan suatu perusahaan asuransi sehat atau tidak.

  • Rasio solvabilitas: 722 persen.
  • Jumlah ekuitas: Rp107,363 miliar.
  • Jumlah aset: Rp211,218 miliar.

Poin yang disebutkan di atas merupakan beberapa indikator kesehatan keuangan perusahaan asuransi dan reasuransi yang perlu dipertimbangkan, berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan Rp200 miliar untuk reasuransi, serta perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas Star Investama yang mencapai 722 persen di tahun 2018 terbilang sangat baik. Rasio solvabilitas secara sederhana adalah kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya. Ini menjadi bukti nyata bahwa perusahaan asuransi Star Investama mampu bangkit dari keterpurukan dan siap untuk bersaing dalam pasar asuransi di Indonesia.

 
 

Produk Asuransi Star Investama

Dalam situs resmi Asuransi Starinvestama terdapat informasi bahwa perusahaan memiliki lima jenis produk yaitu asuransi jiwa plus investasi (unit link), asuransi jiwa berjangka (term life), asuransi plus tabungan (endowment), asuransi penyakit kritis (critical illness), dan asuransi mikro.

Sayangnya, informasi produk yang tersedia hanya unit link. Berikut ini produk yang tersedia di Starinvestama berdasarkan laman Produk Asuransi Starinvestama.

Unit Link

Produk unit link Starinvestama memberikan pertanggungan utama yaitu santunan meninggal dunia atau UP jiwa bagi ahli waris atau keluarga jika tertanggung atau nasabah meninggal dunia. Tersedia dua pilihan polis untuk produk Asuransi Unit Link Star Investama.

 

Polis Asuransi Star Investama

Asuransi Star Investama sangat cocok bagi tertanggung yang ingin mendapatkan manfaat perlindungan asuransi jiwa dan investasi sekaligus. Salah satu produk asuransi tersebut yang hadir dengan besaran premi yang ringan, yaitu Star Investama Premium. 

Sementara untuk pilihan manfaat asuransi jiwa dan investasi yang lebih menguntungkan, dapat memilih plan asuransi Q-Investa Link. Namun, tentu saja besaran preminya lebih tinggi, sebab manfaat yang diberikan juga lebih luas.

Berikut dua polis unit link Asuransi Starinvestama dan manfaatnya.

Unit Link

Asuransi Q-Investa Link

Polis asuransi jiwa plus investasi bagi nasabah individu yang memberikan manfaat utama berupa UP jiwa dan investasi.

  • 100% UP jiwa bagi ahli waris atau keluarga apabila tertanggung meninggal dunia karena sakit atau kecelakaan plus investasi.
  • 125% UP jiwa dari premi sekaligus (single premi) jika tertanggung meninggal dunia karena sakit atau kecelakaan plus investasi.
  • Jaminan proteksi jiwa atas risiko Covid-19.
Unit Link

Asuransi Star Investama Premium

Polis asuransi jiwa plus investasi bagi nasabah individu yang memberikan manfaat utama berupa UP jiwa dan investasi dengan premi lebih ringan.

  • 100% UP jiwa bagi ahli waris atau keluarga apabila tertanggung meninggal dunia karena sakit atau kecelakaan plus investasi.
  • 125% UP jiwa dari premi sekaligus (single premi) jika tertanggung meninggal dunia karena sakit atau kecelakaan plus investasi.
  • Jaminan proteksi jiwa atas risiko Covid-19.
 

Berita Terbaru Asuransi Star Investama

Juni 2020 - Asuransi Star Investama mendistribusikan asuransi mikro yaitu asuransi jiwa berjangka (term life). Distribusi produk terbaru ini merupakan kerja sama Starinvestama dengan salah satu platform fintech. Polis yang didistribusikan cukup terjangkau yaitu premi Rp8.000/bulan hingga Rp40 ribu/tahun untuk berbagai lapisan masyarakat Indonesia.

 

Tanya Jawab

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait Asuransi Star Investama, baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

Star Investama adalah perusahaan asuransi jiwa yang fokus pada produk asuransi jiwa plus investasi (unit link). Didirikan sejak 1997, perusahaan mengalami banyak pergantian nama hingga menjadi Starinvestama.

Perusahaan sebelumnya dimiliki oleh Recapital, perusahaan investasi milik Rosan Roeslani dan Sandiaga Uno. Namun, akibat pelanggaran regulasi yang dilakukan perusahaan sebelumnya, seperti RBC (Risk Based Capital) yang masih dibawah 120%, yang menyebabkan operasi perusahaan dibekukan oleh OJK sejak 2017, perusahaan beralih kepemilikan ke Transpacific Mutual Capita. Perusahaan resmi menyandang nama Starinvestama pada 2019.

Cari tahu premi asuransi Star Investama dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait.

Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut:

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).

Pembayaran premi asuransi Star Investama bergantung pada ketentuan pada polis asuransi dan dapat dilakukan secara sekaligus atau tunggal. Artinya, peserta asuransi hanya perlu membayarkan premi sekali saja untuk rentang waktu. 

Sila menghubungi call center Star Investama, agen, maupun broker asuransi terkait. Atau, perhatikan informasi panduan pembayaran premi pada polis. 

Cara klaim asuransi Star Investama disesuaikan dengan ketentuan polis yang dimiliki. Sila cek pada situs starinvestama.co.id untuk mengetahui panduan klaim asuransi dari Asuransi Star Investama. 

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi biasanya adalah orang pribadi yang bekerja untuk perusahaan asuransi, dalam hal ini Asuransi Star Investama. Hanya saja, Star Investama tidak mencantumkan informasi mengenai keagenan perusahaan asuransi dalam situs resminya. 

Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara Star Investama dengan calon nasabah. Lifepal adalah broker asuransi online yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Layanan nasabah atau call center Star Investama dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim Star Investama, dan sebagainya, sila hubungi kontak berikut.

Call Center Star Investama 

  • Customer Care Centre: Graha Cempaka Mas Blok E No.1, Jl. Letjend Suprapto, Jakarta 10640.
  • Star Investama Call Center: (021) 8061 8500
  • Situs resmi: starinvestama.co.id. 

Asuransi Star Investama atau Askrindo tidak menyebutkan rumah sakit rekanan dalam situs resminya. Untuk informasi terkait rumah sakit rekanan Star Investama dapat menghubungi perusahaan melalui call center melalui nomor (021) 8061 8500. 

Asuransi Star Investama memiliki beberapa kantor pemasaran dan kantor operasional yang berlokasi di Jakarta.  

Alamat Kantor Pemasaran Star Investama 

PT ASURANSI JIWA STARINVESTAMA 

Sinarmas MSIG Tower, Lantai 37th

Jl. Jend. Sudirman Kav.21

Jakarta Selatan (12920) – Indonesia

Telp: (021)  8061 8500

www.starinvestama.co.id. 

Alamat Kantor Operasional Star Investama 

  • Graha Cempaka Mas Blok E No. 1, Jalan Letjend Suprapto Jakarta 10640 Indonesia. 

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.starinvestama.co.id/product
  • https://katadata.co.id/berita/2020/06/17/dana-gandeng-pasarpolis-garap-layanan-asuransi-jiwa-kesehatan
Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis