Cara Klaim Asuransi Mobil Tanpa Ribet dengan Panduan Ini

Asuransi mobil

Cara klaim asuransi mobil yang salah terkadang akan berakibat penolakan dari perusahaan asuransi. Meskipun sudah membayar premi dengan rajin, Anda tetap harus mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk mengajukan klaim asuransi kendaraan.

Seperti diketahui, asuransi mobil ada dua yaitu asuransi mobil all risk atau komprehensif dan asuransi total loss only (TLO). Tetapi, prosedur klaimnya pun tidak jauh berbeda. Termasuk pula untuk cara klaim asuransi mobil kredit atau sudah lunas.

Nah, agar klaim asuransi mobil Anda tidak ditolak oleh perusahaan penanggung, baiknya pahami dulu syarat dan ketentuan yang benar jika terjadi risiko yang ditanggung oleh asuransi kendaraan Anda seperti penyok, lecet, baret, atau bahkan hilang.

Berikut adalah langkah-langkah mengajukan klaim asuransi mobil dengan mudah:

  • Membuat laporan klaim
  • Menyiapkan dokumen klaim
  • Survei dan analisa
  • Hasil analisis dan penilaian klaim
  • Penggantian klaim (jika disetujui)

1. Membuat Laporan Klaim

Menulis laporan

Langkah pertama ketika Anda mengalami kehilangan kendaraan atau kecelakaan yang mengakibatkan kendaraan menjadi rusak adalah dengan menghubungi perusahaan asuransi.

Anda bisa menghubungi melalui jalur resmi yang sudah disediakan oleh perusahaan asuransi. Maka, penting untuk mencatat nomor Customer Service dan SMS. Kini, biasanya tersedia pula layanan digital untuk melaporkan melalui situs resmi atau aplikasi resmi si perusahaan asuransi.

Rata-rata laporan klaim asuransi tidak boleh lebih dari tiga sampai lima hari kerja sejak terjadinya kerusakan atau kehilangan kendaraan. Pastikan Anda mengetahui batas laporan klaim sesuai dengan perusahaan asuransi yang Anda pilih.

Jika kendaraan Anda mengalami kecelakaan di luar kota, perusahaan asuransi bisa mengirimkan mobil derek atau mengarahkan Anda ke kantor perwakilan dan bengkel rekanan terdekat.

2. Menyiapkan Dokumen Klaim

Cara Klaim Asuransi Mobil Dengan Menyiapkan Dokumen Klaim

Dokumen bisa langsung diunduh di situs yang disediakan atau mendatangi langsung kantor asuransi. Jadi, Anda bisa mengisi langsung formulir klaim yang sudah disediakan.

Pastikan Anda mengajukan klaim asuransi sesuai dengan jenisnya. Apakah pengajuan klaim untuk asuransi all risk atau pengajuan klaim untuk asuransi TLO. Pastikan tidak tertukar.

Selain formulir aplikasi pengajuan klaim, Anda juga akan diminta untuk menyerahkan beberapa bukti dukungan dokumen seperti KTP, SIM, STNK, serta polis asuransi.

Untuk kerusakan atau kerugian tertentu seperti pengajuan asuransi TLO, perusahaan asuransi biasanya akan meminta Anda untuk menyertakan surat keterangan dari pihak kepolisian.

Jangan lupa untuk menyertakan foto-foto yang diambil sesaat kejadian. Pastikan Anda mengambil dari beberapa sudut pandang yang berbeda sehingga bisa menjadi bukti klaim yang kuat.

Anda juga disarankan untuk foto bagian-bagian terpenting terutama bagian kerusakan pada mobil. Jika mobil rusak berat, maka Anda harus foto kondisi mobil dalam keadaan utuh atau secara keseluruhan sehingga tampak bahwa mobil tersebut memang rusak berat atau rusak parah.

Selain foto, Anda juga biasanya akan diminta untuk menceritakan kronologis kejadian sebagai bukti terjadinya kecelakaan atau kehilangan yang menyebabkan kerugian.  

3. Survei dari Perusahaan Asuransi

Survei Harga secara Online dan Offline

Untuk beberapa kerugian tertentu seperti pencurian atau kecelakaan hebat di jalan raya yang mengakibatkan kerugian di atas 75 persen, perusahaan asuransi biasanya melibatkan pihak berwenang seperti kepolisian untuk melakukan survei dan analisis klaim.

Olah TKP pencurian pun biasanya akan dilakukan baik dari pihak kepolisian maupun dari pihak asuransi. Nantinya Anda akan diberikan surat keterangan dari pihak kepolisian bahwa benar telah terjadi tindak pencurian terhadap mobil Anda di lokasi kejadian.

4.Hasil Analisis dan Penilaian Klaim

Hasil Analisis Cara Klaim Asuransi Mobil

Setelah seluruh dokumen lengkap dan olah kejadian perkara selesai, Anda tinggal menunggu hasil analisis dan penilaian klaim dari perusahaan asuransi.

Hasil analisis dan penilaian klaim inilah yang dijadikan landasan seberapa besar penggantian kerugian yang akan diberikan kepada Anda.

5. Penggantian Klaim

cara hindari investasi bodong

Proses penggantian klaim bisa dilakukan setelah pengajuan klaim diterima. Jika mobil Anda baret atau penyok, maka akan segera diperbaiki di bengkel perusahaan asuransi atau bengkel rekanan yang sudah bekerja sama.

Dalam proses penggantian klaim ini biasanya ada biaya deductible atau biaya yang dikurangi dari nasabah. Artinya Anda harus membayar sejumlah biaya klaim asuransi mobil sebelum penggantian klaim diproses.

Proses perbaikan mobil biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar tiga sampai lima hari. Nah, untuk beberapa paket asuransi mobil, mereka biasanya akan menyediakan mobil pengganti sementara untuk Anda.

Sementara itu, untuk proses penggantian klaim asuransi mobil TLO, akan disesuaikan dengan jenis kerugian yang dapatkan.

Misalnya jika Anda kehilangan mobil Jenis Toyota Avanza tahun 2018, artinya penggantian akan disesuaikan dengan harga pasar dari objek tertanggung yang serupa atau dengan tipe dan tahun produksi yang sama.

Beberapa Hal yang Membuat Klaim Asuransi Mobil Ditolak

Hal Yang Membuat Cara Klaim Asuransi Mobil Ditolak

Belajar dari kasus orang lain, pastikan Anda tidak melakukan kesalahan yang sama sehingga pengajuan klaim asuransi Anda ditolak. Di antaranya disebabkan syarat klaim asuransi mobil berikut tidak dipenuhi:

  • Klaim asuransi melebihi batas waktu yang sudah ditentukan, umumnya berkisar antara 3-5×24 jam yang tercantum dalam polis asuransi.
  • Dokumen pengajuan klaim tidak lengkap.
  • Pengemudi melanggar tata tertib lalu lintas.
  • Kendaraan sudah diubah menjadi tidak standar pabrik.
  • Wilayah kejadian diluar pertanggungan.
  • Kerusakan disengaja.
  • Polis belum aktif.
  • Polis dalam masa tunggu.

Tenang! Pihak perusahaan asuransi tidak akan mempersulit proses pengajuan klaim selama Anda bisa memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan.

Proses pengajuan klaim asuransi mobil termasuk yang paling mudah dibandingkan dengan proses pengajuan asuransi lainnya. Sebab objek tertanggung adalah benda mati. Bukti-bukti fisik kerusakan bisa terukur dengan jelas.

Jadi, pastikan saat melakukan klaim asuransi mobil, isilah formulir secara jujur dan lengkapi berbagai dokumen yang diperlukan secara lengkap. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir jika klaim Anda akan ditolak oleh perusahaan asuransi.

Tidak ada trik klaim asuransi mobil tertentu yang perlu Anda lakukan. Yang penting, penuhi saja syaratnya!