Manfaat Asuransi: Sesuaikah dengan Tujuan Kita?

Masyarakat

Asuransi sudah menjadi tren untuk menabung atau melindungi dari risiko finansial terhadap diri sendiri atau keluarga dalam waktu yang sangat lama. Tak hanya itu, manfaat asuransi yang didapatkan pun sangat banyak.

Setiap perusahaan yang menawarkan produk-produk asuransi andalan tentu memiliki komitmen dalam memberikan proteksi terhadap peserta nasabah supaya yakin bahwa mereka telah memilih produk asuransi yang tepat.

Perkembangan Fungsi dan Manfaat Asuransi Dari Masa ke Masa

Perkembangan Manfaat Asuransi

Awal mula asuransi telah dimulai oleh seorang pedagang dari Tiongkok dan Babilonia, tepatnya sekitar tahun 1750 sebelum Masehi. Manfaat asuransi pada saat itu dimanfaatkan pada saat barang-barang yang diperdagangkan hilang di perjalanan.

Kemudian penerapan manfaat asuransi jiwa dan kesehatan pertama kali muncul pada masa Yunani dan Romawi. Pada saat itu, manfaat asuransi digunakan bagi keluarga mereka yang meninggal dunia dan berkembang pada abad ke-12 di Anatolia. Mereka mendapat tunjangan klaim dari kas negara ketika keluarga tersebut mengalami musibah salah satunya perampokan.

Tentu Anda mengenal Sir Edmund Halley, seorang ilmuwan berasal dari Inggris yang telah menemukan komet Halley. Sir Edmund Halley menemukan penerapan terbaru terhadap asuransi berupa ‘asuransi kebakaran’ pada tahun 1666.

Fungsi dan manfaat asuransi kebakaran diciptakan karena peristiwa The Great Fire of London yang menewaskan puluhan ribu orang. Asuransi kebakaran ini ditujukan kepada pemadam kebakaran sukarela karena pada saat itu masih belum memiliki organisasi pemadam kebakaran resmi.

Benjamin Franklin bersama rekan-rekan kontributor pada saat itu mendirikan perusahaan asuransi yang pertama sekaligus tertua pada tahun 1752 yang bernama Philadelphia Contributorship for the Insurance of Houses from Loss by Fire di South Carolina. Asuransi kebakaran ini khusus ditujukan kepada rumah yang memiliki standar yang mendapatkan jaminan terhadap risiko kebakaran.

Kemudian perusahaan asuransi dari Inggris pertama didirikan melalui sebuah kedai kopi kecil yang bernama Lloyd’s of London pada tahun 1688. Nama perusahaan ini diambil dari nama kedai kopi Edward Lloyd di London Tower Hall.

Perusahaan ini melayani asuransi pada kapal dan kargo yang bermula dari percakapan informal antara investor dengan agen. Jaminan ini diberikan jika barang kargo yang diangkut melalui jalur laut tidak sampai ke tempat tujuan karena tenggelam atau rusak. Kedua asuransi tertua ini masih berjalan dan mempertahankan masa kejayaan mereka.

Mengenal Manfaat Asuransi Berdasarkan Jenisnya

Manfaat Asuransi Berdasarkan Jenis

Sebelum menentukan untuk menabung di asuransi, pastikan Anda harus melakukan survei terlebih dahulu baik dari jenis asuransi maupun fungsi asuransi yang akan dipakai untuk Anda atau keluarga Anda.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kerugian yang terjadi ketika sudah melakukan persetujuan dengan perusahaan asuransi yang bersangkutan.

Apa saja manfaat asuransi tersebut? Apakah manfaat asuransi berdasarkan jenis asuransi yang berbeda sama? Berikut manfaat asuransi secara umum dan bagaimana Anda dapat memilih jenis asuransi tersebut berdasarkan kebutuhan.

1. Meringankan Beban Ekonomi Individu dan Kelompok

Dengan adanya asuransi, Anda sama saja telah menabung sebagai persiapan dalam menghadapi situasi darurat yang membutuhkan biaya tidak terduga. Situasi darurat ini berupa kondisi jatuh sakit, kecelakaan hingga meninggal dunia.

Meskipun ada pula opsi lain yang berkaitan dengan perlindungan finansial seperti tabungan deposito atau investasi saham sebagai penunjang pemasukan Anda, manfaat asuransi dari waktu ke waktu semakin beragam dengan fasilitas produk yang menggiurkan.

Berdasarkan jenisnya, asuransi jiwa memiliki manfaat asuransi terhadap perlindungan dari risiko meninggal dunia atau dapat dialihfungsikan berupa tabungan untuk memenuhi kebutuhan pokok lainnya seperti tunjangan hari tua, pembayaran utang atau dana pendidikan untuk anak-anak yang disimpan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

Kemudian ada pula manfaat asuransi dari asuransi kesehatan berupa perlindungan finansial dari biaya-biaya kesehatan secara umum berupa biaya operasional rumah sakit (rawat inap atau jalan, obat-obatan, persalinan, biaya operasi dan sebagainya).

Selain itu, ada pula manfaat asuransi syariah yang sesuai dengan syariat Islam, yaitu saling tolong-menolong (Ta’awun) dan saling melindungi (Takafuli). Jenis asuransi ini tidak hanya memberikan manfaat kepada para peserta nasabah sendiri, tetapi juga manfaat asuransi bagi masyarakat yang membutuhkan dana yang disebut Dana Tabarru’.

Masih ada lagi macam-macam manfaat asuransi yang tidak hanya melibatkan riwayat kesehatan manusia. Asuransi juga memberi perlindungan pada kendaraan pribadi (mobil dan motor), barang dagang, dan rumah terhadap berbagai macam risiko.

2. Mengatur Keuangan Pribadi Semakin Gampang

Semakin sering Anda menabung di asuransi, jumlah uang yang didapat pada akhir periode pembayaran premi pun semakin banyak tergantung perjanjian yang sudah ditetapkan. Akan tetapi, bagaimana caranya?

Sebaiknya, Anda menabung di asuransi sesuai dengan pemasukan bulanan tetap supaya tidak menghambat pengeluaran lainnya. Secara tidak langsung, Anda telah ada di tahap mengatur keuangan pribadi dengan lebih hati-hati supaya tidak tercampur dengan kebutuhan lainnya yang mendesak.

Semakin Anda rajin mengatur keuangan pribadi dan mampu mencukupi kebutuhan lainnya, manfaat asuransi akan berjalan sesuai dengan target yang diinginkan.

Jika Anda mengalami kesulitan untuk mengatur pembiayaan uang premi asuransi, disarankan untuk melakukan konsultasi dengan agen asuransi di setiap perusahaan asuransi supaya manfaat asuransi bagi tertanggung semakin terarah bahkan mencapai target.

Sebagai catatan, manfaat ini khususnya diperoleh bagi Anda yang mengikuti program asuransi unit-link.

3. Mengurangi Risiko Kritis

Pernah tidak membayangkan jika terjadi sesuatu yang tidak menyenangkan terhadap keadaan finansial Anda dan menyebabkan risiko kecil atau besar? Salah satu contohnya adalah kebangkrutan, utang, dan perampokan. Tentu kita tidak ingin mengalami kejadian seperti itu, kan?

Memang kita tidak bisa menghindari segala musibah yang terjadi, terutama musibah yang di luar batas kemampuan manusia. Oleh karena itu, Anda juga membutuhkan simpanan finansial yang tidak hanya menghindari dari berbagai macam peristiwa tersebut, melainkan juga sebagai sarana untuk menstabilkan perekonomian individu atau keluarga.

Manfaatkan asuransi tidak hanya sekedar untuk melindungi kesehatan jasmani dan rohani Anda, tetapi juga untuk melindungi rencana finansial dalam jangka panjang seperti wirausaha. Saat ini ada banyak sekali peluang usaha yang punya peluang untung yang sangat berlimpah. Jadi fungsi asuransi untuk kebutuhan finansial bisa menjadi pilihan untuk kegiatan usaha Anda.

Itulah info-info dari fungsi asuransi yang bisa menjadi pertimbangan bagi Anda sebelum membeli asuransi. Pastikan Anda memperhatikan betul penawaran terbaik mereka dan bandingkan sisi positif dan negatif yang akan didapat setelah membeli asuransi tersebut.

Nah asuransi tidaklah seburuk bahkan seseram yang Anda bayangkan. Asal Anda memang punya rencana untuk membeli asuransi juga tahu fungsi asuransi untuk Anda, semua akan dijalani terasa ringan. Tidak hanya itu, Anda juga harus tahu prospek hidup jangka panjang supaya kebutuhan finansial berjalan dengan seimbang.

Jadi, manfaat asuransi tidak hanya sekedar untuk perlindungan dini tetapi juga berupa aset finansial untuk masa depan. Tertarik untuk membeli asuransi? Konsultasikan dulu secara gratis di Lifepal, yuk!