Pahami Dulu Tujuan Asuransi Anda Sebelum Membeli Asuransi

tujuan asuransi

Seperti yang sudah Anda ketahui, asuransi memberikan jaminan kepada nasabah terhadap suatu produk yang ditawarkan.

Jaminan tersebut memiliki tujuan asuransi yang bermacam-macam, mulai dari perawatan intensif di rumah sakit, perlindungan dari penyakit kritis, jaminan hari tua, dan sebagainya.

Teman Andalan Untuk Kebutuhan Asuransimu

  • Bandingkan lebih dari 100 polis
  • Konsultan terbaik di sisimu
  • Bantuan klaim gratis dan mudah
Rp
+62

Tujuan Asuransi = Sarana Investasi

Tujuan Asuransi Sebagai Sarana Investasi

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa asuransi bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang? Biasanya investasi ini terletak pada asuransi jiwa yang mengelola dana untuk jangka waktu tertentu. Setelah masa asuransi jiwa berjangka selesai, Anda dapat mengambil hasil tanggungan sesuai aturan yang berlaku.

Pada kenyataannya, sedikit sekali orang yang paham betul tentang asuransi itu sendiri. Ada yang berkata bahwa bayar premi asuransi itu mahal, ribet, sampai ada beberapa yang memiliki asuransi namun kurang paham betul akan manfaat yang diterima.

Jadi kenapa harus pilih asuransi sebagai opsi rencana keuangan jangka panjang yang tepat? Secara singkat, asuransi dapat meringankan beban diri sendiri dan keluarga secara finansial. Maka dari itu, sangat penting sekali untuk mengetahui kalkulasi asuransi sebagai rencana keuangan awal selama beberapa tahun ke depan.

Mengenal Lebih Dalam Tujuan Asuransi

Asuransi dapat menguntungkan namun juga sebaliknya. Kerugian bisa terjadi jika Anda belum memahami betul tujuan asuransi sebelum memutuskan untuk membeli produknya.

Berikut tujuan asuransi yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih dan membeli produk asuransi yang tepat.

Melindungi Diri Sendiri dan Keluarga

Secara finansial, kita tidak tahu sampai kapan kondisi keuangan Anda akan stabil terus menerus. Jika Anda memiliki usaha, pasti pernah mengalami jatuh-bangun dan pernah mengalami kerugian atau bahkan kebangkrutan. Selain itu, banyak sekali kejadian yang di luar dugaan kita dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk menutupi kekurangan tersebut.

Keadaan seperti demikian sudah sangat riskan jika tidak memiliki persiapan secara finansial supaya Anda sudah memiliki cadangan tabungan untuk beberapa keadaan tidak terduga. Selain melindungi secara finansial, perlindungan kesehatan pun juga akan semakin terjamin.

Tujuan asuransi juga dapat memberikan perlindungan dengan biaya seminim-minimnya. Siapa bilang membayar asuransi harus mahal? Ada juga jenis asuransi yang bernama asuransi mikro yang memberikan perlindungan yang lebih spesifik dari setiap produk yang ditawarkan. Tidak hanya itu, kisaran pembayaran premi pun bisa mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 50.000 per bulan.

Menabung untuk Jangka Panjang

Apakah Anda memiliki rencana tabungan pendidikan untuk anak? Atau Anda berniat untuk menabung di bank tapi takut terpotong biaya admin? Jika demikian, berarti Anda bisa mempertimbangkan untuk memiliki asuransi sebagai opsi menabung untuk jangka panjang.

Setiap asuransi memiliki fasilitas polis asuransi berjangka yang disesuaikan dengan rentang waktu tertentu, mulai dari 5 hingga 25 tahun. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir dengan biaya premi asuransi. Asalkan Anda sudah menghitung besar biaya yang dibutuhkan untuk rencana tabungan, memiliki simpanan dana yang cukup tentu membantu dalam banyak hal.

Jenis tabungan ini hanya berlaku untuk nasabah asuransi jiwa, jadi pastikan Anda juga sudah memilih jenis asuransi  yang tepat.

Jaminan Hari Tua

Tahukah Anda bahwa hampir 90 persen karyawan Indonesia belum memiliki persiapan terhadap dana pensiun sama sekali? Apakah Anda sudah memiliki rencana tabungan pada masa pensiun mendatang?

Pada jenis asuransi, ada banyak sekali penawaran yang memberikan perlindungan khusus hingga menjelang masa pensiun. Fasilitas tersebut tidak hanya memberikan simpanan finansial menjelang hari tua, tetapi juga memberikan perlindungan terhadap segi kesehatan seperti perawatan dari penyakit kritis.

Oleh karena itulah, tujuan asuransi untuk memberikan perlindungan sebelum menyambut masa pensiun adalah pilihan yang tepat.

Tips Memilih Asuransi yang Tepat

Tujuan Asuransi dan Tips Memilih yang Tepat

Jika sudah yakin dengan tujuan asuransi Anda, apa yang harus dilakukan selanjutnya? Tentu Anda membutuhkan banyak hal yang perlu disiapkan yaitu,

Berdiskusi dengan rekan

Pastikan Anda sudah mengetahui tujuan asuransi supaya tidak salah arah dalam memilih produk asuransi. Jika Anda masih ragu, diskusi dengan rekan yang memiliki asuransi lebih dulu juga merupakan saran terbaik. Siapa tahu saran tersebut sekaligus memberikan rekomendasi produk asuransi yang tepat untuk Anda.

Memahami Produk Asuransi

perhatikan produk-produk dari setiap perusahaan asuransi yang mereka tawarkan. Mulai dari biaya premi, manfaat atau santunan, jangka waktu pemegang polis, hingga fitur asuransi tambahan (rider). Pastikan juga untuk membaca syarat dan ketentuan dan bertanya ketika Anda merasa bingung dengan produk asuransi tersebut.

Selalu berkonsultasi dengan agen asuransi

Konsultasi dengan agen secara rutin adalah hal yang wajib. Mulai dari perkembangan polis asuransi hingga pengajuan klaim jika terjadi di luar dugaan. Pastikan juga agen asuransi yang Anda percayakan sudah terdaftar dan lulus dalam uji kompetensi agen asuransi. Hal tersebut dilakukan demi menghindari kasus penipuan terhadap asuransi.

Inilah rangkaian info mengenai tujuan asuransi hingga tips memilih asuransi yang tepat sasaran. Semoga Anda mendapatkan pencerahan tentang perlindungan asuransi yang diberikan hanya untuk Anda. Risiko bisa datang kapan saja dan sudah saatnya untuk merencanakan tabungan yang lebih mapan untuk waktu yang akan datang.

Tags:
Dian Ihsan

Jurnalis korporasi di bidang keuangan macro yang mencoba merakyat dan menulis untuk berbagi informasi keuangan pribadi.