Gak Cuma Agung Hercules, 6 Seleb Ini Juga Pakai BPJS untuk Berobat

Agung-Hercules-blog

Sebelum menghembuskan napas terakhirnya, Agung Hercules dikabarkan menggunakan layanan BPJS untuk menjalani pengobatan penyakit kanker otak yang diidapnya. Agung pun mengaku cukup terbantu dengan layanan pemerintah ini.

Sekadar diketahui, penyanyi bertubuh kekar ini mungkin dulu hanya sebatas pendukung program BPJS Kesehatan. Namun, saat jatuh sakit, Agung pun merasakan manfaat yang cukup signifikan program ini.

Bahkan, sang istri, Mira sangat mengaku sangat terbantu karena BPJS telah membantu keringanan biaya pengobatan mendiang suaminya.

Bicara soal layanan BPJS, Agung Hercules bukan satu-satunya selebriti yang menggunakan layanan ini untuk berobat. 

Ada juga beberapa selebriti lain yang kerap memanfaatkan BPJS untuk pengobatan. Siapa saja mereka?

1. Joy Tobing

Agung Hercules
Joy Tobing pakai BPJS untuk berobat selain Agung Hercules (Instagram/@joydestinytobing)

Masih ingat Joy Destiny Tobing jawara Indonesian Idol pertama di Indonesia? Belum lama ini, Joy kedapatan mendatangi kantor BPJS di Jakarta Selatan untuk mengurus hal-hal yang berkaitan dengan keanggotaannya di Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). 

Joy mengaku sudah menjadi peserta JKN-KIS saat kartu itu diterima olehnya dari kelurahan. Dulu, status kepesertaannya memang ditanggung Pemprov lewat program Penerimaan Bantuan Iuran (PBI), tapi sekarang dia memindahkan menjadi bersifat perorangan (mandiri).

Soal penggunaan, Joy mengaku pernah memakainya untuk berobat tapi memang gak terlalu sering.  Tapi saudaranya cukup sering menggunakan kartu ini untuk mengobati penyakit kronis.

Akhirnya, Joy dan keluarganya pun makin yakin dengan program ini. Apalagi, program BPJS semakin berkembang, terutama dengan adanya layanan aplikasi mobile JKN. 

Baca juga: Idap Kanker Stadium 4, Ini Deretan Sumber Penghasilan Agung Hercules

2. Ria Irawan

agung hercules
Ria Irawan pakai BPJS untuk berobat selain Agung Hercules (Instagram/@riairawan)

Sama seperti Agung Hercules, Ria Irawan juga pernah mengidap kanker di tahun 2009. Hanya saja, kanker yang dideritanya adalah kanker getah bening.

Selama proses pengobatan, Ria mengeluarkan biaya kurang lebih Rp 1 miliar. Pasalnya, pengobatan yang dijalaninya di luar negeri.

Singkat cerita, dia pun beralih menggunakan fasilitas BPJS karena kondisi keuangannya memang sedang memburuk. Dengan itu, dia sama sekali gak mengeluarkan biaya sepeser pun.

Hasilnya, di tahun 2017 putri artis senior Ade Irawan itu dinyatakan sembuh. 

3. Aldi Taher

agung hercules
Aldi Taher pakai BPJS untuk berobat selain Agung Hercules (Instagram/@alditaher.official)

Mantan suami Dewi Perssik ini juga sempat divonis mengidap kanker getah bening seperti Ria Irawan. Kabar ini memang cukup membuat Aldi kaget dan stres. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Namun, Aldi tetap tabah menerima kenyataan ini dan menjalani pengobatan sesuai prosedur. Salah satunya adalah kemoterapi yang dilakukan selama enam kali.

Pengobatan ini dilakukan di Rumah Sakit Islam Cempaka Putih, dan menggunakan fasilitas BPJS. Dan, penanganannya pun cukup baik. 

4. Fay Nabila

agung hercules
Fay Tobing pakai BPJS untuk berobat selain Agung Hercules (Instagram/@faynabilalxndr)

Artis sinetron yang juga mantan kontestan Indonesia Mencari Bakat ini, sempat dikabarkan vakum dari dunia layar kaca. Fay ternyata mengidap usus buntu yang memaksanya keluar masuk rumah sakit.

Dia sempat ditawari paket operasi dan pengobatan yang biayanya mencapai Rp 35 juta. Dan itu adalah paket termurah. Saat itu, Fay sedang ada di Jakarta, sementara ibunya sedang di Surabaya.

Pengobatan itupun dia jalani, namun hasilnya gak maksimal. Fay sempat drop saat syuting berlangsung.

Keluarga Fay akhirnya memutuskan untuk menggunakan fasilitas BPJS karena mereka sadar bahwa, berobat mahal itu gak jaminan. Perawatan penyakit ini harus intensif. 

Fay pun dipindahkan ke rumah sakit di Surabaya, dan saat itu mereka mencoba untuk mengandalkan BPJS. Hasilnya pun cukup baik, mereka sangat terbantu dengan fasilitas asuransi dari Pemerintah RI itu.

Ibunda Fay Nabila pun mengungkapka, kalau ada yang menganggap fasilitas BPJS jelek, itu sama sekali gak benar. Rumah sakit rekanan BPJS juga bagus-bagus.

5. Abdee Slank

agung hercules
Abdee Slank pakai BPJS untuk berobat selain Agung Hercules (Instagram/@abdeenegara)

Selain Agung Hercules, Fay Nabila, Aldi Taher, Joy Tobing, gitaris grup band Slank yaitu Abdee Negara juga menggunakan BPJS untuk mengobati penyakit gagal ginjalnya di tahun 2015. 

Asal kamu tahu, penyakit ini memang sudah diidap Abdee selama bertahun-tahun. Dari diet ketat, pengobatan alternatif, sudah dia lakukan.

Alhasil, Abdee pun diminta untuk melakukan transplantasi ginjal hingga cuci darah dua minggu sekali. Biayanya tentu gak sedikit, dan hal itu bisa jadi beban finansial bagi keluarganya.

Berkat adanya BPJS, Abdee pun bisa bernapas lega menghadapi beban biaya pengobatannya yang gak sedikit. 

6. Julia Perez

agung hercules
Julia Perez pakai BPJS untuk berobat selain Agung Hercules (Instagram/@juliaperrezz)

Dan yang terakhir adalah almarhumah Julia Perez. Artis satu ini juga kerap menggunakan fasilitas BPJS untuk menjalani pengobatan kanker serviksnya yang sudah memasuki stadium empat.

Sama seperti Ria Irawan, Jupe sempat menjalani pengobatan di Singapura. Karena biaya berobat itulah, Jupe keluar uang yang tidak sedikit.

Singkat cerita, dia pun beralih ke pengobatan di dalam negeri dengan menggunakan fasilitas BPJS. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Sempat tersiar kabar yang menyebutkan biaya pengobatan pelantun “Belah Duren” ini cukup fantastis yaitu “puluhan miliar!” BPJS hanya menanggung setengah dari pengobatannya, sisanya seleb-seleb Tanah Air melakukan aksi penggalangan dana untuk Jupe. 

Itulah enam seleb Tanah Air selain Agung Hercules yang memanfaatkan BPJS untuk pengobatannya. Intinya, sakit itu mahal, dan ketika gak ada asuransi kesehatan untuk menanggung biaya pengobatan, maka keuangan kita yang jadi taruhannya. 

Apakah kamu sudah jadi peserta BPJS? Kalau belum, yuk daftar dari sekarang mumpung masih sehat. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →