12 Asuransi Kesehatan AXA Terbaik 2020 [Plus Premi dan Keuntungannya]

Asuransi Kesehatan yang Bagus AXA

Asuransi kesehatan AXA merupakan salah satu produk dari AXA General Insurance. Tujuannya adalah menyediakan produk dan layanan perlindungan kesehatan perorangan maupun perusahaan.

Perusahaan ini sudah berpengalaman melayani 102 juta nasabah di 56 negara di dunia. Ini menjadi salah satu bukti bahwa perusahaan asuransi ini memiliki kredibilitas.

Ada beberapa keunggulan dari produk asuransi kesehatan mereka, di antaranya menyediakan premi murah yang disesuaikan dengan usia tertanggung dan paket yang dipilih. Jaringan rumah sakitnya tak hanya mencakup rumah sakit di dalam negeri saja, tetapi juga bermitra dengan rumah sakit di seluruh dunia.

Asuransi kesehatan AXA memberikan berbagai pilihan manfaat seperti asuransi rawat inap hingga Rp1 juta per hari. Dengan anggaran tersebut, kamu bisa mendapatkan layanan kesehatan terbaik tanpa khawatir dengan biaya perawatan selama berada di rumah sakit.

Sejarah singkat AXA Indonesia

Kamu mungkin bertanya-tanya apakah bedanya antara AXA Indonesia dengan AXA Mandiri. Sebagai informasi bahwa AXA Indonesia adalah perusahaan asuransi dengan jaringan global yang fokus pada asuransi jiwa, asuransi umum, dan manajemen aset.

Sedangkan AXA Mandiri adalah perusahaan patungan antara AXA Grup dengan  PT Bank Mandiri (Persero). AXA Mandiri fokus pada asuransi jiwa di bawah perusahaan PT AXA Mandiri Financial Services dan asuransi umum di bawah PT Mandiri AXA General Insurance.

Jenis produk asuransi kesehatan AXA

Produk Asuransi Kesehatan AXA cukup beragam yang memberikan pilihan sangat bervariasi untuk kebutuhan perorangan maupun perusahaan. Berikut ini adalah ringkasan produk-produk asuransi kesehatan yang ditawarkan.

Produk Asuransi Personal

  • Maestro Optima Care
  • AXA Cancer and Save
  • International Exclusive
  • ProMedicare AB
  • ProMedicare CDE
  • Smartcare Executive
  • AXA Hospital Plus Life
  • AXA Heart & Save
  • Maestro Protection Care  

Produk Asuransi Bisnis

  • AXA Medicare Group Health
  • Group International Exclusive
  • SmartCare Executive Group

1. Maestro Optima Care

Dengan minimal premi Rp400 ribuan per bulan, Maestro Optima Care memberikan perlindungan kesehatan dengan usia masuk sampai dengan usia 80 tahun.

Perlindungan yang diberikan termasuk pada kondisi yang sudah ada sebelumnya termasuk kanker, jantung, dan ginjal setelah melewati masa tunggu.  

2. AXA Cancer and Save

Produk ini menawarkan perlindungan terhadap risiko penyakit kanker dan meninggal dunia akibat penyakit kanker.

Minimal premi yang dibayarkan mulai dari Rp125 ribuan untuk usia tertanggung antara 18 sampai 30 tahun yang bisa dibayarkan bulanan atau tahunan. Keuntungannya adalah pengembalian premi sebesar 100% jika tidak ada klaim selama 5 tahun.

3. International Exclusive

Produk ini menggunakan mata uang asing yaitu dollar Amerika dengan minimal premi US$1.000 yang dibayarkan secara tahunan. Kelebihannya terletak pada jaringan rumah sakit rekanan secara global di seluruh dunia.

Manfaatnya berupa proteksi kesehatan seperti rawat inap, rawat jalan, konsultasi dokter, perawatan gigi, persalinan, dan perawatan mata secara rutin.  

4. ProMedicare AB

Produk ini menawarkan proteksi kesehatan dan kecelakaan diri saat kamu melakukan perjalanan yang mencakup seluruh dunia. Minimal premi yang dibayarkan sebesar USD1.600 per tahun untuk masa perlindungan seumur hidup.

Proteksi yang diberikan sudah termasuk perlindungan terhadap penyakit kronis, fisioterapi, akomodasi bayi yang baru lahir dan diskon 15% untuk pasangan yang ingin mendapatkan proteksi dari produk yang sama.   

5. ProMedicare CDE

Proteksi kesehatan untukmu dan keluarga yang diberikan mencakup negara di Asia untuk masa pertanggungan hingga usia 70 tahun. Minimal premi sebesar Rp2,2 jutaan yang dibayarkan per tahun.

Manfaat yang diberikan termasuk biaya penggantian pengobatan alternatif atau tradisional, fisioterapi, biaya ambulan dan akomodasi bagi ibu dan bayi yang baru lahir.  

6. Smartcare Executive

Produk asuransi kesehatan ini khusus untukmu dan keluarga dengan limit tahunan hingga Rp500 juta. Dengan minimal premi Rp1,3 jutaan per tahun, produk ini memberikan manfaat rawat inap dan rawat jalan dengan layanan 24 jam. Untuk anak kedua dan seterusnya diberikan diskon hingga 50%.

7. AXA Hospital Plus Life

Dengan minimal premi Rp140 ribuan per bulan (usia 0 sampai 30 tahun), produk ini memberikan proteksi kesehatan ditambah dengan santunan rawat inap terhadap risiko penyakit tropis. Santunan tersebut diberikan dalam bentuk biaya harian sampai dengan Rp2 juta per hari.

8. AXA Heart & Save

Produk ini memberikan proteksi terhadap risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Selain itu juga termasuk perlindungan risiko kematian dengan pengembalian premi 105%.

Dengan premi mulai dari Rp83 ribuan per bulan (usia18 sampai 30 tahun) produk ini memberikan proteksi hingga tertanggung berusia 65 tahun. Produk ini hanya ditawarkan melalui jalur telemarketing.  

9. Maestro Protection Care  

Dengan premi mulai dari Rp1,5 jutaan per tahun (usia 0-17 tahun) memberikan proteksi kesehatan untukmu dan keluarga. Masa pertanggungan selama 8 tahun dengan usia masuk mulai dari 0-65 tahun. Produk ini juga memberikan bonus loyalitas jika pembayaran premi lancar berupa pengembalian premi 50% dari total premi yang dibayarkan yang dikembalikan pada akhir tahun polis ke-8.

10. AXA Medicare Group Health

Produk yang memberikan proteksi terhadap karyawan dengan manfaat biaya penggantian  rawat inap, rawat jalan, perawatan gigi, penggantian biaya melahirkan, dan penggantian biaya untuk pembelian kacamata. Masa pertanggungan selama satu tahun dengan minimal diikuti oleh 25 peserta.  

11. Group International Exclusive

Produk asuransi kesehatan ini memberikan proteksi kesehatan serupa dengan produk AXA Medicare Group Health tetapi dengan jangkauan yang lebih luas di dalam maupun di luar negeri. Premi dibayarkan dengan mata uang dolar Amerika yang dibayarkan tahunan dengan minimal sebanyak tiga peserta.  

12. SmartCare Executive Group

Produk ini menawarkan asuransi kesehatan seperti yang ditawarkan dalam produk AXA Medicare Group Health tetapi dengan tambahan tertanggung keluarga karyawan. Minimal diikuti oleh 10 peserta dengan masa pertanggungan selama 1 tahun dan dapat diperpanjang.

Cara klaim asuransi kesehatan AXA

Prosedur klaim Asuransi Kesehatan AXA sebetulnya sangat mudah, prosedur di bawah ini merupakan cara klaim asuransi kesehatan dengan metode reimbursement.

Sementara metode cashless cukup dengan menunjukkan kartu peserta saat ingin mendapatkan perawatan di rumah sakit.

  • Unduh formulir secara online dari situs axa.co.id
  • Lengkapi formulir pengajuan klaim sesuai dengan jenis asuransinya
  • Sertakan informasi lengkap seperti no polis, nomor identitas diri dan nama pemegang polis
  • Sertakan formulir klaim beserta dokumen asli, rekam medis dan tagihan medis saat mengajukan klaim.
  • Sertakan semua resep, tagihan dalam bentuk kuitansi, rekam medis asli atau fotokopi yang sudah dilegalisir rumah sakit dan dokumen pendukung lainnya secara lengkap untuk mengajukan klaim rawat inap maupun perawatan lainnya

Kelebihan dan kekurangan asuransi kesehatan AXA

AXA memberikan beragam asuransi kesehatan yang bervariasi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Produk asuransi yang ditawarkan cukup berjenjang dan mudah untuk dipahami perbedaannya dan manfaatnya satu sama lain.

Produk asuransi kesehatan paling dasar masih cukup terjangkau dengan premi Rp400 ribuan per bulan. Kamu juga bisa mendapatkan asuransi kesehatan menyeluruh atau bersifat premium dengan harga premi yang kompetitif.

Akan tetapi dari beberapa produk  yang ditawarkan belum ada produk asuransi kesehatan syariah mengingat hampir 80% penduduk Indonesia adalah pemeluk agama Islam. Mengingat perusahaan asuransi global lainnya sudah memberikan pilihan asuransi kesehatan syariah.

Keuntungan memiliki asuransi kesehatan AXA

Sebagai asuransi yang telah mengglobal, soal standar layanan kesehatan dari asuransi kesehatan AXA tidak perlu lagi diragukan.

Tentu asuransi kesehatan AXA di Indonesia mengadopsi standar layanan global. Selain soal layanan, produk juga tentu hampir sama dengan standar asuransi kesehatan AXA secara global. 

Karena berada dalam jaringan Grup AXA global, produk asuransi kesehatan AXA memberikan akses jaringan ke rumah sakit yang merupakan rekanan grup di seluruh dunia.

Artinya, nasabah asuransi kesehatan AXA bisa berobat di mana saja di seluruh dunia asalkan rumah sakit tersebut merupakan rekanan AXA Global. Perlindungan yang diberikan mencakup rawat jalan dan rawat inap. 

Selain jaringan yang luas, berikut sejumlah keuntungan memiliki Asuransi Kesehatan AXA, mulai dari produk hingga layanan kesehatan yang diberikan.

Produk asuransi kesehatan AXA saat ini tersedia untuk individu dan kelompok atau perusahaan. Berikut manfaatnya berdasarkan pemegang polis.

Manfaat luas bagi pemegang polis individu

Asuransi kesehatan AXA memberikan enam manfaat luas kepada pemegang polis individu, yaitu:

  • Perlindungan menyeluruh untuk pribadi dan keluarga
  • Minimal premi murah sesuai usia dan paket 
  • Perlindungan atas risiko kanker
  • Asuransi rawat inap hingga Rp1 juta per hari 
  • Jaringan rumah sakit rekanan seluruh dunia 
  • Pelayanan customer care setiap saat 

Manfaat bagi pemegang polis kelompok atau perusahaan

Asuransi kesehatan AXA memberikan manfaat luas kepada perusahaan atau bisnis, antara lain: 

  • Perlindungan menyeluruh dari usia 0-80 tahun 
  • Biaya rawat jalan untuk penderita kanker 
  • Jaringan rumah sakit dan rekanan di seluruh dunia 
  • Perlindungan dan perawatan gigi 
  • Tanpa limit tahunan untuk rawat inap 
  • Pelayanan costumer care center setiap saat 

Kelebihan membeli asuransi kesehatan AXA secara online 

Transaksi keuangan secara digital saat ini telah menjadi pilihan masyarakat karena praktis dan tidak perlu datang ke lokasi tujuan. Hal inilah yang juga diadopsi asuransi AXA untuk melayani pembelian produk asuransinya secara online

Calon pembeli polis bisa melakukan pembelian secara online dan real time dengan membelinya lewat website AXA atau membelinya lewat Lifepal.

Dibandingkan harus menelpon costumer service atau datang ke kantor cabang, membeli polis asuransi secara online lebih menguntungkan, dari segi apa saja? Berikut rinciannya.

Berikut kelebihan membeli asuransi kesehatan AXA secara online.

  • Informasi produk terperinci berikut juga simulasi.
  • Secara real time bisa melakukan pertanyaan melalui chat dengan costumer service.
  • Lebih efisien karena tidak harus mengeluarkan ongkos atau biaya karena bisa dibeli dimana saja tanpa harus berpindah tempat.
  • Bisa menyesuaikan produk yang diinginkan dengan kebutuhan nasabah perorangan atau kelompok.
  • Bukti pembelian terarsip di email. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk dokumen, tinggal search di email.
  • Tidak perlu repot-repot menyiapkan berkas.

Syarat pembelian polis asuransi kesehatan AXA

Pada prinsipnya AXA terbuka pada calon pemegang polis mana pun yang ingin memiliki polis asuransi kesehatan. Meski begitu, AXA menetapkan sejumlah ketentuan untuk pembelian polis asuransi kesehatan. 

Sebelum memutuskan untuk membeli asuransi kesehatan AXA, ketahui dahulu syarat pembeliannya agar memudahkan urusan pembelian asuransi. Berikut syarat pembelian polis Asuransi Kesehatan AXA. 

  • Usia masuk: usia masuk sampai dengan 80 tahun.
  • Minimal premi: ditetapkan Rp421.235 mulai dari usia 0 tahun, plan model, metode bayar bulanan. 
  • Masa pertanggungan 99 tahun.
  • Cara bayar: tahunan, semesteran, kuartalan, per bulan.
  • Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing bisa memiliki produk ini.
  • Mata uang pembayaran Rupiah.

Pengecualian asuransi kesehatan AXA

Pastikan pembelian asuransi kesehatanmu sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, jangan abai untuk membaca poin-poin pengecualian yang disertakan dalam pilihan produk yang dibutuhkan agar kelak dalam situasi tertentu tidak terjadi persoalan urusan klaim. 

Secara umum, pengecualian untuk asuransi kesehatan AXA dirangkum sebagai berikut meski pengecualian asuransi kesehatan bergantung pada kondisi individu yang memengaruhi cakupan perlindungan yang diberikan. 

Berikut contoh pengecualian asuransi kesehatan AXA untuk produk:

  • Ketidakmampuan yang mulai terjadi selama 30 hari, kecuali jika terjadi luka atau cidera tubuh akibat kecelakaan.
  • Rawat jalan yang tidak terkait dengan rawat inap atau pembedahan pulang hari kecuali disebabkan karena kecelakaan
  • Keadaan yang disebabkan kehamilan termasuk melahirkan, aborsi, keguguran oleh sebab apa pun, pengujian atau pengobatan impotensi, kemandulan, ketidaksuburan, dan semua komplikasi yang terjadi karenanya.
  • Setiap keadaan yang timbul akibat pembedahan, metode mekanis dan kimiawi untuk pengaturan kelahiran, sterilisasi, baik itu kastrasi, ligasi tuba, tebektomi, maupun vasektomi.
  • Perawatan/pengobatan bagi kelainan bawaan dan/atau kelainan fisik.
  • Perawatan tidak di rumah sakit (Non-Hospital Nursing Care) atau rawat jalan, istirahat atau perawatan di sanatorium.
  • Bunuh diri atau percobaan bunuh diri.
  • Bedah kosmetik atau plastik.
  • Penyakit ditularkan secara seksual.
  • Segala tindakan teroris.

Itulah beberapa produk asuransi kesehatan AXA yang kamu bisa pertimbangkan sebagai asuransi kesehatan terbaik untuk kebutuhan personal, keluarga maupun perusahaan.

AXA memberikan layanan asuransi kesehatan dengan jaringan rumah sakit yang lebih luas hingga ke 56 negara di dunia.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang asuransi kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mengunjungi Lifepal dan berkonsultasi dengan tim kami yang akan membantu memberikan referensi produk asuransi kesehatan terbaik.