Asuransi Online: Ini Kelebihan dan Kekurangannya!

Telah Ditinjau: Avatar Helda Sihombing
seseorang mengetik asuransi jiwa dari laptop

Asuransi online adalah produk asuransi yang bisa diperoleh secara online.Tidak hanya broker atau agen asuransi saja yang menjual berbagai produk asuransi digital, akan tetapi polis asuransi pun sudah tersedia dalam format digital.

Artinya, sekarang calon nasabah bisa lebih mudah memperoleh asuransi secara online. Lantas, sebenarnya amankah beli asuransi secara online? Apa saja kekurangannya yang perlu dipertimbangkan? Biar gak bingung, mari simak ulasannya! 

Kelebihan Beli Asuransi online

Asuransi secara online tentu memberikan manfaat kemudahan dan keuntungan tersendiri bagi calon nasabahnya. Berikut ini di antaranya:

1. Praktis dan mudah

Hanya bermodalkan gadget kamu sudah bisa membandingkan dan mengakses pilihan perusahaan asuransi yang tersedia di Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa melihat langsung besaran premi dan manfaat yang ditawarkan oleh masing-masing perusahaan asuransi. Jadi gak perlu lagi repot-repot datang ke kantor atau menghubungi perusahaan asuransi untuk kemudian disambungkan dengan agennya. 

2. Bisa membandingkan polis

Salah satu contohnya ada Lifepal.co.id, yang mana calon nasabah bisa dengan mudah membandingkan manfaat dan premi yang dihadirkan oleh puluhan perusahaan asuransi terbaik. Dengan begitu, calon nasabah dapat lebih mudah memilih polis asuransi terbaik yang sesuai kebutuhan dan anggaran. 

3. Lebih aman dan prosesnya cepat

Ketika memutuskan untuk beli asuransi secara online, pastikan broker atau portal asuransi resmi atau telah mendapatkan izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan. Nah, jika sudah memastikan izin usaha broker atau portal asuransi online valid, maka proses transaksi pun dapat dilakukan lebih aman karena semua transaksi tercatat melalui sistem. Sementara untuk broker asuransi seperti Lifepal prosesnya tentu lebih cepat layaknya belanja online pada umumnya. 

4. Banyak promo menarik

Marketplace asuransi umumnya menawarkan lebih banyak promo ketimbang beli langsung secara offline di perusahaan asuransi. Adapun promo yang ditawarkan biasanya adalah diskon harga premi dan cashback. Jadi lebih menguntungkan, deh! Selain marketplace asuransi, beberapa portal perusahaan asuransi online juga sering menawarkan promo menarik. 

5. Proses klaim lebih mudah

Buat calon nasabah yang khawatir klaim ditolak, solusinya adalah beli asuransi secara online. Sebab, selain proses klaim dapat diajukan secara online kapan dan di mana saja, marketplace asuransi umumnya dapat membantu pengajuan klaim kamu diterima sebagaimana tertulis pada perjanjian polis. Jadi, gak perlu khawatir hak atas klaim asuransi kamu ditolak, ya! 

Kekurangan Beli Asuransi online

Terlepas dari segala kelebihannya, asuransi ini juga tidak luput dari kekurangan yang patut dipertimbangkan. Berikut di antaranya: 

1. Maraknya marketplace asuransi tanpa izin

Beli asuransi secara online kini menjadi tren yang banyak dicari orang. Karena itu, semakin banyak pula marketplace asuransi yang beroperasi tanpa izin. Di sinilah pentingnya calon nasabah untuk memastikan izin usaha perusahaan asuransi valid sebelum membeli produknya.

2. Bergantung pada sistem digital

Sesuai dengan namanya, asuransi online tentu bergantung pada sistem digital. Artinya jika sistem dari perusahaan asuransi online mengalami gangguan, maka kamu akan kesulitan untuk menghubungi atau melanjutkan transaksi kalim maupun pembelian polis. Meski begitu, kasus gangguan sistem pada asuransi digital masih sangat jarang dan dampaknya pun umumnya tidak terlalu besar. 

Ringkasan

(+) Lebih praktis dan mudah

(+) Lebih mudah membandingkan polis

(+) Prosesnya lebih aman karena tercatat sistem digital

(+) Lebih banyak promo menarik

(+) Proses klaim lebih mudah karena dilakukan secara online

(-) Lebih berisiko mengalami gangguan sistem digital

(-) Harus lebih hati-hati karena banyak asuransi online beroperasi tanpa izin OJK

Tips Memilih Asuransi Online Terbaik

Berikut panduan untuk beli asuransi online yang perlu dipahami agar tidak kecewa terhadap produk atau layanan asuransi tertentu:

1. Pilih situs broker atau perusahaan asuransi tepercaya

Beberapa perusahaan asuransi kini telah memiliki website yang bisa dikunjungi. Pastikan bahwa website tersebut memang benar miliki perusahaan asuransi yang diinginkan. Kemudian, pastikan memilih asuransi online terpercaya dan kredibel.

Selain mendatangi website perusahaan asuransi satu per satu, kamu sebenarnya bisa membuka website broker asuransi tertentu. Misalnya saja, Lifepal.

Malah lewat halaman web broker asuransi seperti Lifepal, kamu bisa lebih mudah mendapatkan produk asuransi yang dibutuhkan dan inginkan. Sebab, tak perlu mengecek satu per satu website perusahaan asuransi yang Anda pertimbangkan.

2. Terdaftar OJK atau berpartner dengan perusahaan terdaftar OJK

Saat sudah menemukan broker, agen asuransi atau perusahaan asuransi yang jual secara online dirasa tepat, pastikan broker dan perusahaan tersebut telah terdaftar OJK.

Khusus untuk perusahaan asuransi, bisa perhatikan track recordnya. Salah satunya adalah terdaftar di AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia). Atau, untuk asuransi syariah pastikan mereka memiliki DPS (Dewan Pengawas Syariah).

3. Tentukan produk yang dicari dan bandingkan

Selanjutnya, tentukan produk yang kamu butuhkan. Jadi, bisa fokus mencari produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan tersebut.

Kemudian telusuri website broker tertentu berdasarkan kategori produk mereka dan pandingkan produk yang satu dengan lainnya. Pilih sesuai dengan kebutuhan. Misal, apakah inginkan premi yang rendah, pertanggungan maksimal, dan manfaat yang beragam.

4. Perhatikan detail manfaat dan pertanggungan

Jangan langsung beli asuransi secara online secara terburu-buru. Pastikan pahami manfaat dan pertanggungannya secara detail.

Caranya? Bila asuransi tersebut nantinya tersedia dalam format konvensional maka pastikan kamu mendapatkan informasi lengkap. Oleh karena itu, baca setiap deskripsi produk yang ada dalam website broker atau perusahaan.

Termasuk pula untuk asuransi yang memang tersedia dalam format digital, kamu bisa membaca deskripsi serta lampiran syarat dan ketentuan bila ada.

5. Jangan sungkan berkomunikasi dengan penyedia asuransi

Saat tertarik untuk membeli asuransi secara online, ada baiknya jadi orang yang cerewet. Artinya, jangan sungkan untuk bertanya pada customer service atau agent dari broker asuransi yang dipilih.

Bila merasa deskripsi mengenai produk tertentu masih belum lengkap, segera tanyakan pada customer service penyedia asuransi tersebut. Kamu bisa meminta detail dokumen mengenai asuransi tersebut atau bertanya langsung.

Rekomendasi Daftar Asuransi online Terbaik

Jika tertarik untuk beli asuransi secara online, kamu bisa memanfaatkan marketplace asuransi online terpercaya Lifepal.co.id. Selain itu, jika ingin beli langsung di portal perusahaan asuransi, berikut ini beberapa rekomendasi pilihan terbaiknya: 

1. ILoveLife

I Love Life merupakan portal asuransi online yang dihadirkan oleh Astra Life. Melalui ilovelife.co.id, calon nasabah bisa beli polis Flexi Life yang berfokus pada manfaat asuransi jiwa online. Menariknya, di situs ini kamu bisa atur sendiri besaran manfaat dan premi yang diinginkan sesuai kebutuhan. Adapun uang pertanggungan yang diberikan adalah maksimal Rp5 miliar. 

2. eTIQa

Portal jual beli asuransi yang dihadirkan oleh PT Asuransi Etiqa Internasional Indonesia ini bisa kamu akses melalui etiqa.co.id. Di sini kamu bebas beli asuransi perjalanan online, asuransi mobil, asuransi properti, dan asuransi kecelakaan diri. Sementara produk unggulannya yang banyak dicari orang adalah asuransi perjalanan dan asuransi mobil online. 

3. JAGADIRI

Asuransi online JAGADIRI menjadi pilihan favorit yang banyak dicari orang saat ini. Untuk bisa beli asuransi dari JAGADIRI kamu tinggal mengunjungi situs resminya, kemudian klik “Beli Sekarang”. Mudah, bukan? Melalui portal asuransi ini calon nasabah bisa membeli asuransi kesehatan online, perawatan gigi, asuransi kendaraan, dan masih banyak lagi. 

Nasabah pun juga memiliki hak untuk mengajukan pembatalan polis JAGADIRI. Cara membatalkan asuransi JAGADIRI bisa dilakukan dengan menghubungi perusahaan asuransi terkait di nomor 1500660.

4. AXA Direct

AXA Direct adalah portal asuransi online yang dihadirkan oleh AXA Financial Indonesia. Melalui AXA Direct, calon nasabah dapat mengakses polis asuransi kesehatan, asuransi penyakit kritis, hingga asuransi perlindungan jiwa secara online. 

Polis AXA yang tersedia di AXA Direct, antara lain Hospital Plus Life, Heart & Save, Cancer & Save, dan Life & Save.

Sebagai informasi, beberapa produk asuransi yang disebutkan di atas bisa kamu dapatkan di marketplace asuransi Lifepal, lho!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →