Perusahaan Asuransi Terbaik di Dunia dan di Indonesia

allianz

Asuransi merupakan salah satu produk keuangan yang memberikan proteksi atas risiko kerugian finansial yang bisa terjadi kapan saja. Terdapat berbagai perusahaan yang menawarkan beragam produk asuransi terbaik di dunia dan di Indonesia.

Dapatkan asuransi kesehatan terbaik dari perusahaan asuaransi terbaik melalui Lifepal!

Bicara tentang perusahaan-perusahaan tersebut, masing-masing memiliki keunggulan pada sisi ketahanan finansial maupun kualitas kinerja.

Nah, Lifepal sudah merangkum berbagai perusahaan asuransi di dunia dengan predikat terunggul dari sisi kapital yang besar maupun pemberian layanan terbaik di dunia.

10 Asuransi Terbesar di Dunia

Memilih asuransi terbaik tentu tidak bisa serta merta melihatnya dari sisi preminya saja, tetapi kita patut pula memperhatikan seberapa besar jaringan perusahaan tersebut. Pasalnya, dengan melihat seberapa besar perusahaan tersebut kita dapat memastikan peluang jaminan penggantian ganti rugi kita sebagai nasabah.

Simak 10 perusahaan asuransi terbesar di dunia berikut ini.

1. Berkshire Hathaway

Asuransi di negara Amerika Serikat ini memiliki nilai pendapatan hingga US$223,6 miliar pada 2016 dan jumlah asetnya mencapai US$620,85 miliar. Angka-angka yang fantastis untuk ukuran perusahaan jasa keuangan. Berdiri sejak 1839, perusahaan ini besar salah satunya berkat peran Warren Buffet, salah satu orang terkaya di dunia.

Berkantor pusat di Omaha, Nebraska, AS, perusahaan ini menangani investasi para konglomerat pada sektor energi, transportasi, dan jasa.

2. China Life Insurance

Dari namanya kita bisa tahu berasal dari mana perusahaan asuransi ini. Betul, perusahaan asal China atau Tiongkok ini nyatanya sudah berdiri sejak 1949.

Pada 2015 lalu, jumlah asetnya mencapai US$362,1 miliar dengan beberapa tokoh kunci, yakni Dairen Lin dan Yang Minsheng.

Berkantor pusat di Beijing, perusahaan ini mengalami restrukturisasi pada 2003 dengan bisnis utama asuransi jiwa, manajemen aset, properti, dan investasi.

Lebih kerennya lagi, asuransi ini telah mencatatkan namanya di bursa saham, New York, Hongkong, dan Shanghai.

3. Ping An Insurance

Berdiri sejak 1988, Ping An Insurance dipercaya mengelola dana asuransi warga Tiongkok dengan kapitalisasi pasar mencapai US$130,9 miliar. Berkantor pusat di Shenzhen, Guangdong, salah satu tokohnya adalah Ma Mingzhe.

4. AIA Group

Cukup terkenal karena pernah menjadi sponsor salah satu klub sepak bola liga eropa, AIA Group memiliki kapitalisasi pasar mencapai US$80,5 miliar. Perusahaan yang berkantor pusat dan berasal dari Hongkong tersebut didirikan sejak 1919 oleh Cornelius Vander Starr.

5. Allianz

Berasal dari Jerman, perusahaan asuransi Allianz telah berdiri sejak 1890 dan memiliki pendapatan hingga 95,76 miliar euro dengan total aset mencapai 848,9 miliar euro. Berkantor pusat di Munich, perusahaan ini telah merambah ke Indonesia.

Allianz melayani asuransi kesehatan dan pengelolaan aset. Nasabahnya kini telah mencakup 70 negara di dunia dengan produk asuransi yang beragam, baik individu maupun korporasi.

6. American International Group (AIG)

Perusahaan asuransi yang berkantor pusat di New York, Amerika Serikat ini memiliki kapitalisasi pasar melebihi US$76,4 miliar. Pernah menjadi sponsor salah satu klub sepak bola liga eropa, perusahaan AIG memiliki pendiri yang sama dengan AIA, yakni Cornelius Vander Starr.

7. Prudential

Menjadi salah satu perusahaan asuransi tertua yang berdiri sejak 1848, Prudential memiliki pendapatan hingga 71,84 miliar euro pada 2016 lalu. Berkantor pusat di London, Inggris, salah satu tokoh kunci keberhasilannya adalah Paul Manduca.

Prudential kini telah memiliki jaringan pasar besar di negara-negara Asia, Eropa, dan Afrika. Prudential pun terakhir mencatatkan diri di bursa saham London, Hongkong, Singapura, serta New York. Diestimasikan pelanggannya melebihi 24 juta orang.

8. AXA

Perusahaan asuransi asal Prancis tersebut berdiri sejak 1817 dan memiliki pendapatan hingga 98,53 miliar euro pada 2015 dan jumlah aset sebesar 887,07 miliar pada tahun yang sama. Berkantor pusat di Paris, salah satu tokoh kunci kesuksesan AXA adalah Thomas Buberl.

Saat ini, AXA memiliki lebih dari 102 juta pelanggan dan sudah melebarkan sayap bisnisnya ke 56 negara, termasuk di Indonesia. Bisnis utamanya seputar properti, asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, dan penyimpanan serta manajemen aset.

9. NG Group

NG Group adalah perusahaan asuransi asal Belanda yang berkantor pusat di Amsterdam. Berdiri sejak 1991, kapitalisasi pasarnya telah melebihi US$59,3 miliar. Salah satu CEO yang pernah menjabat adalah Ralph Hamers.

10. Metlife

Perusahaan asuransi asal Amerika Serikat dengan berkantor pusat di New York, Metlife telah berdiri sejak 1868. CEO terakhirnya adalah Steven A. Kandarian, perusahaan ini memiliki nilai kapitalisasi pasar melebihi US$57,8 miliar.

5 Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia yang Berafiliasi dengan Perusahaan Internasional

Tertarik untuk menjadi nasabah di perusahaan asuransi terbaik di dunia, tapi bingung bagaimana mengajukannya? Jangan khawatir, di Tanah Air ini pun sudah ada beberapa perusahaan asuransi terbaik berkualitas internasional sebagai pilihan kita. Yuk, kita cek satu-persatu.

1. AIA Financial

AIA Financial Indonesia merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia dan sudah terdaftar serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. AIA Financial merupakan anak perusahaan dari AIA Group.

AIA menawarkan berbagai produk asuransi, termasuk asuransi dengan prinsip syariah, yang meliputi asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan diri, asuransi yang dikaitkan dengan investasi, program kesejahteraan karyawan, program pesangon, dan program Dana Pensiun (DPLK).

2. Prudential

Didirikan pada tahun 1995, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan bagian dari Prudential plc, sebuah grup perusahaan jasa keuangan terkemuka di Inggris. Sebagai bagian dari grup perusahaan yang berpengalaman lebih dari 168 tahun di industri asuransi jiwa, Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Prudential Indonesia memiliki izin usaha di bidang asuransi jiwa patungan. Sejak peluncuran produk asuransi terkait investasi atau unit link pertamanya di tahun 1999, Prudential Indonesia telah menjadi pemimpin pasar untuk kategori produk tersebut di Indonesia.

3. Cigna

PT Asuransi Cigna (Cigna Indonesia) merupakan perusahaan asuransi jiwa yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Didirikan pada tahun 1990, Cigna Indonesia merupakan anak perusahaan Cigna Corporation.

Cigna Corporation adalah salah satu perusahaan pelayanan kesehatan terbesar di pasar Amerika Serikat. Perusahaan ini berkantor pusat di Bloomfield, Connecticut, dan telah beroperasi secara internasional di 30 negara serta memiliki sekitar 95 juta nasabah di seluruh dunia yang dilayani oleh kurang lebih 41 ribu karyawan.

Cigna Indonesia kini telah tumbuh dan berkembang menjadi salah satu perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia dengan keunggulan dalam menyediakan produk dan layanan yang menjangkau konsumen dan rekan bisnis secara langsung.

Pada akhir tahun 2016, Cigna Indonesia membukukan pencapaian rasio tingkat solvabilitas atau disebut RBC (Risk Based Capital) sebesar 637 persen, jauh di atas peraturan pemerintah sebesar 120 persen.

4. Allianz

Allianz (Allianz Life; NYSE: AZ) merupakan perusahaan jasa keuangan multinasional yang berkantor pusat di Munich, Jerman, dengan bisnis utamanya adalah asuransi. Pada 2013, Allianz merupakan perusahaan terbesar ke-25 dunia menurut ukuran gabungan oleh majalah Forbes. Allianz pertama kali berdiri tahun 1890.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20 ribu tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.

5. AXA Mandiri

AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) adalah salah satu perusahaan asuransi jiwa yang berdiri sejak 1991 dengan kantor pusat di Jakarta.

Memulai bisnis asuransi pada 2004, AXA Mandiri berhasil membentuk bisnis asuransi umum pada 2011. Hingga kini, layanannya semakin lengkap dan kuat serta terus berfokus memberikan berbagai solusi yang dibutuhkan nasabah, baik jasa finansial maupun investasi serta perlindungan jiwa dan aset.

Itu dia ulasan kelompok perusahaan asuransi terbaik dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia dan di Indonesia. Mengetahui adanya induk usahanya secara internasional setidaknya memberikan jaminan bahwa perusahaan tersebut dapat benar-benar melindungi sekaligus memenuhi kebutuhan kita sebagai nasabah asuransi. Dengan demikian, kekhawatiran kemungkinan gagal bayar klaim dapat dihindari sejak dini.

Kalau kamu tertarik buat membeli asuransi jiwa terbaik dari perusahaan tersebut, yuk ikutan kuis berikut ini supaya tahu jenis asuransi jiwa mana yang cocok buat kamu!

Punya pertanyaan lain seputar asuransi? Tanyakan pada ahlinya di Tanya Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →