Yuk, Periksakan Diri! Ini Dia Biaya Cek Lab Prodia

biaya cek lab prodia

Saat ini, banyak pilihan bagi masyarakat untuk melakukan medical check up di laboratorium, salah satunya medical check up di Prodia yang merupakan klinik ternama di Indonesia.

Biaya cek lab prodia bervariasi, berkisar Rp500 ribu hingga Rp8 jutaan. Tentunya, jenis pemeriksaan yang dilakukan akan memengaruhi harga ini.

Estimasi biaya cek lab Prodia

Harga cek lab medical check up Prodia bervariasi tergantung jenis dan tujuan pemeriksaan. Berikut biaya medical check up dan tambahan informasi mengenai fungsi pemeriksaan yang dilansir dari situs resmi Prodia. 

Jenis paketHargaFungsi pemeriksaan
Panel Wellness BasicRp2.283.000Berguna mendeteksi adanya risiko penyakit kardiometabolik seperti penyakit jantung, hipertensi dan diabetes melitus. 
Panel Wellness MediumRp3.592.000Mendeteksi risiko penyakit kardiometabolik seperti penyakit jantung, hipertensi dan diabetes melitus. Jenis pemeriksaanya hampir sama namun ada penambahan rasio albumin – kreatinin urin sewaktu dan EKG.
Panel Wellness Premium PriaRp7.738.000Selain untuk mengetahui adanya risiko penyakit kardiometabolik, paket ini juga dapat mendeteksi risiko beberapa kanker dengan angka kejadian yang tinggi seperti kanker kolorektal dan prostat pada pria.
Panel Wellness Premium WanitaRp8.239.000Mengetahui adanya risiko penyakit kardiometabolik dan mendeteksi risiko beberapa kanker dengan angka kejadian yang tinggi seperti kanker kolorektal, serviks dan payudara pada wanita.

Daftar biaya cek lab Prodia tersebut adalah pengecekan kesehatan secara menyeluruh. Namun, bila kamu menginginkan pengecekan untuk masalah kesehatan tertentu tetap bisa. 

Berikut beberapa informasi biaya medical check up di Klinik Prodia Bekasi seperti yang tertera dalam situs Alodokter.  

Jenis PemeriksaanBiayaFungsi Pemeriksaan
Analisa Gas DarahRp348.000Mengetahui gangguan asam basa dalam tubuh. Biasanya untuk pengidap penyakit berat.
Cek Asam UratRp72.000Menilai kemampuan tubuh dalam dalam memproduksi asam urat, dan mengeluarkan asam urat dari tubuh.
Cek Golongan DarahRp84.000Menentukan golongan darah seseorang.
Cek KolesterolRp63.000Membantu memperkirakan risiko penyakit kardiovaskular yang disebabkan oleh penumpukan plak di dalam pembuluh darah arteri.
EkokardiografiRp970.000Mendapatkan gambaran seputar jantung dan potensi kelainan pada struktur jantung.
Elektrokardiogram (EKG)Rp130.000Mendeteksi dan merekam aktivitas kelistrikan jantung yang bisa menunjukkan adanya kelainan pada jantung
Foto Panoramik GigiRp130.000Mendapatkan gambaran lengkap seputar struktur gigi.
Fungsi GinjalRp68.000Mengidentifikasi gangguan fungsi ginjal
Konsultasi Penyakit DalamRp324.000Mendiagnosis atau mengobati gangguan secara umum pada saluran pencernaan dan pernapasan.
Pemeriksaan FesesRp346.000Mengetahui kondisi yang mempengaruhi saluran pencernaan, seperti infeksi, gizi buruk, atau kanker.

Biaya cek lab D-Dimer di Prodia

Selain jenis pemeriksaan yang sudah disebutkan di atas, beberapa laboratorium Prodia juga menyediakan layanan pemeriksaan D-Dimer. 

D-Dimer adalah jenis pemeriksaan yang dilakukan guna mendeteksi kondisi serta penyebab dari penyakit hiperkoagulabilitas atau kondisi darah kental. 

Pada dasarnya, tes D-Dimer memang memerlukan biaya yang besar. Biaya cek lab D-Dimer di Prodia juga cukup tinggi, dimulai dari Rp989.000. 

Biaya cek lab sperma di Prodia

Bagi yang sedang ingin melakukan pemeriksaan kesuburan, kamu juga bisa melakukan pemeriksaan tersebut di laboratorium Prodia. 

Secara khusus, Prodia memberikan layanan tes sperma. Dikutip dari harga.web.id, biaya cek lab sperma di Prodia yang terbaru adalah Rp493 ribu.

Persiapan sebelum prosedur cek lab Prodia

Untuk melakukan cek lab Prodia, ada sejumlah persiapan sebelum melakukan prosedur yang sebaiknya jangan sampai terlewat. 

Prosedur kesehatan ini sudah dirancang untuk keselamatan pasien dan efektivitas pengecekan nantinya. Berikut persiapan sebelum menjalani pemeriksaan lab. 

1. Berpuasa

Yup, kamu tidak salah baca. Berpuasa selama 10 hari memang sangat dianjurkan sebelum melakukan cek lab, terutama saat sebelum pengambilan darah.

Tujuannya agar hasil pemeriksaan tidak terlalu terpengaruh dengan makanan terakhir yang kamu konsumsi. 

Makanan yang kita konsumsi mengandung gizi yang diserap oleh ke aliran darah. Hal ini bisa memberikan dampak langsung pada tingkat kadar gula darah, lemak, dan besi. Tetapi ingat, jangan puasa lebih dari 14 jam, ya.

2. Jangan merokok!

Hasil pemeriksaan juga bisa terpengaruh oleh rokok, kopi, alkohol, dan obat-obatan yang adiktif. Hindari konsumsi ini selama beberapa hari sebelum cek lab.

3. Kurangi aktivitas berat

Aktivitas yang menguras tenaga juga perlu dihindari terutama sebelum cek lab. Proses pengambilan darah dilakukan pagi hari sekitar pukul 07.00 – 09.00 setelah tubuh beristirahat pada malam hari.

Fasilitas panel check up dari Prodia

Klinik kesehatan Prodia menyediakan dua panel check up yang bisa dipilih oleh pasien. Pemilihan panel ini semata-mata untuk alasan kebutuhan saja. Berikut dua panel check up di Prodia. 

1. Panel check up

Panel check up ini meliputi pemeriksaan hematologi rutin, urine rutin, faeces rutin, bilirubin total, bilirubin direk, GOT, GPT, fosfatase alkali, Gamma GT, protein elektroforesis, glukosa puasa, Urea N, kreatinin, HBsAg, Anti-HCV, asam urat, TSHs, cholesterol total, cholesterol HDL, cholesterol LDL -direk, trigliserida, dan Apo B. 

Pemeriksaan berguna untuk mengetahui ada tidaknya kelainan darah dan infeksi, mengetahui kondisi ginjal, saluran pencernaan, hati dan saluran empedu, potensi terjadinya diabetes melitus.

Selain itu juga untuk mendeteksi ada tidaknya infeksi hepatitis B dan C, gangguan fungsi tiroid yang memengaruhi metabolisme tubuh, kadar asam urat dan metabolisme lemak dalam tubuh.

2. Panel check up plus

Panel check up plus memberikan manfaat lebih dibandingkan dengan penambahan beberapa pemeriksaan seperti Cystatin C untuk mengetahui gangguan ginjal lebih dini, AFP untuk membantu deteksi kanker hati.

Ada juga PSA untuk deteksi kanker prostat (khusus pria) dan sitologi serviks berbasis cairan (SSBC) untuk deteksi kanker leher rahim (khusus wanita), serta pemeriksaan adiponektin, small dense LDL (sdLDL), dan hsCRP sebagai faktor risiko penyakit kardiovaskular. 

Panel check up plus mencakup pemeriksaan hematologi rutin, urine rutin, faeces rutin, bilirubin total, bilirubin direk, GOT, GPT, fosfatase alkali, Gamma GT, protein elektroforesis, glukosa puasa.

Selain itu juga Urea N, Kreatinin, Cystatin C, HBsAg, Anti-HCV, asam urat, TSHs, cholesterol total, cholesterol HDL, cholesterol LDL-direk, trigliserida, Apo B, sdLDL, hsCRP, AFP, PSA (khusus laki-laki), SSBC (khusus perempuan), dan adiponektin.

Layanan online Prodia bantu check up di tengah pandemi COVID-19 

Sebagai sebuah klinik kesehatan yang peka terhadap perkembangan teknologi, Klinik Prodia sudah sejak lama memanfaatkan internet untuk membantu pasien. 

Seperti halnya proses registrasi yang bisa dilakukan secara online melalui E Registration dan E Payment. 

Pada saat pandemi COVID-19 terjadi, fasilitas ini menjadi terasa sangat bermanfaat karena calon pasien tak perlu datang lagi ke klinik untuk mendaftar. Calon pasien juga bisa memilih sendiri jenis pemeriksaan, lokasi, dan jenis pembayaran.

Berikut langkah-langkah mendaftar check up di Prodia via online:

  • Kunjungi www.prodia,co.id
  • Pilih bagian Pesan Online yang terdapat di bawah banner
  • Setelah itu, kamu akan diarahkan ke halaman login. Pilih saja Pendaftar Individu lalu klik Daftar Baru bila belum memiliki akun
  • Isi semua formulir yang tersedia dengan benar
  • Login kembali dengan akun yang sudah dibuat tadi
  • Klik Mulai Registrasi Pemeriksaan
  • Pada bagian ini kamu akan diarahkan untuk memilih jenis pemeriksaan, lokasi dan metode pembayarannya. 
  • Terakhir, cetak bukti pemesanan dan serahkan pada customer service di lokasi klinik yang dituju.

Dengan melakukan registrasi secara online, kamu terhindari antrian dan potensi kerumunan. Check up kesehatan pun jadi tak khawatir lagi meski sedang di masa pandemi. 

Selain melakukan pendaftaran, fasilitas online Prodia juga bisa untuk melihat hasil pemeriksaan, lho. Hasil pemeriksaannya sama persis dengan hasil pemeriksaan cetak yang biasa diberikan. 

Pentingnya melakukan pemeriksaan cek darah lengkap

Saat melakukan medical check up, kita biasanya akan dilakukan pemeriksaan cek darah lengkap. 

Hal ini bertujuan untuk mengetahui jumlah sel darah merah, sel darah putih, serta jumlah trombosit yang ada pada tubuh.

Dengan mengetahui jumlah darah merah, darah putih, serta trombosit, dokter bisa menentukan kondisi kesehatan kita secara menyeluruh, terkait riwayat kesehatan terkini serta untuk mendeteksi adanya penyakit yang mungkin diderita lebih awal.

Oleh sebab itu, pemeriksaan ini termasuk penting dilakukan, minimal setiap 6 bulan sekali.

Terkait biaya periksa darah lengkap di Prodia, karena pemeriksaan ini sudah termasuk ke dalam medical check up, maka biayanya pun sudah termasuk dengan biaya medical check up yang disebutkan di atas.

Namun, apabila masih ragu, kamu bisa langsung menanyakan biaya cek darah lengkap Prodia melalui customer service Prodia di nomor 1500830.

Apakah biaya cek lab prodia ditanggung BPJS?

Biaya cek lab di prodia atau di klinik kesehatan sebenarnya tidak ditanggung oleh BPJS. Ini karena medical check up dianggap sebagai tindakan medis yang tidak mendesak. 

Tetapi, bila ada indikasi tertentu yang mengharuskan untuk melakukan pemeriksaan, bisa saja ditanggung oleh BPJS Kesehatan

Meski tidak ditanggung, Prodia juga sering kali mengadakan kerja sama dengan BPJS dalam event tertentu. Seperti di Bandar Lampung tahun lalu saat Prodia bekerja sama dengan BPJS memberikan layanan pap smear dan prolanis bagi masyarakat Lampung.

Sejumlah asuransi kesehatan swasta ada pula yang menanggung biaya check up untuk para pemegang polisnya. 

Bahkan, ada pula yang mewajibkan check up sebelum mendaftar asuransi. Namun, sebagian besar asuransi swasta pun tidak menanggung hal ini. 

Pentingnya punya asuransi

Tips dari Lifepal! Memiliki asuransi kesehatan sangat penting untuk mengantisipasi masalah kesehatan yang mungkin terjadi di kemudian hari. 

Menjadikan kita siap secara finansial untuk membayar tagihan dari rumah sakit atau klinik kesehatan. 

Ketika seseorang mengalami masalah kesehatan berat, keuangannya akan terkuras untuk biaya pengobatan.  

Beruntung bila punya tabungan yang bisa dipakai, bila tidak? Nah, karena itulah perlindungan dari asuransi dibutuhkan. 

Selain dengan asuransi, kamu juga bisa mempersiapkan dana darurat. Dana darurat bisa digunakan sebagai persiapan ketika masalah kesehatan menyerang secara tiba-tiba.

Belum tahu berapa nominal dana darurat yang perlu dipersiapkan? Coba hitung dengan kalkulator dana darurat berikut ini, ya. 

Demikian informasi biaya cek lab di Prodia. Semoga bisa membantu kamu yang sedang membutuhkan. Jangan tunggu sakit dulu baru peduli dengan kesehatan, ya!

FAQ seputar biaya atau harga cek lab prodia