Berapa Biaya ke Dokter Kulit? Ini Daftarnya [TERBARU]

biaya dokter kulit

Datang ke dokter kulit menjadi solusi kalau kamu punya keluhan terhadap masalah kulit dan kelamin yang beragam. Namun, berapa sih biaya ke dokter kulit baik di rumah sakit maupun klinik?

Biaya ke dokter kulit cukup variatif, jadi kamu gak usah khawatir karena beda rumah sakit, beda pula biaya yang harus dikeluarkan. 

Artikel ini akan membahas tentang estimasi biaya dokter kulit. Selain itu, kita cari tahu juga pengertian dokter kulit, jenis penyakit kulit dan kelamin, kapan harus ke dokter kulit, dan pentingnya memiliki asuransi kesehatan.

Biaya ke dokter kulit dan kelamin

Seperti yang sudah dijelaskan di atas kalau biaya ke dokter kulit dan kelamin itu variatif. Tapi tenang saja, Lifepal punya rekomendasi estimasi biaya ke dokter kulit dari berbagai rumah sakit biar kamu gak bingung.

Rumah Sakit/Klinik Estimasi Biaya
Siloam Hospitals Bogor Rp200.000
RS Islam Jemursari Rp110.000
RS Dinda Cibodas, Tangerang Rp100.000
Rumah Sakit Mulya, Pinang, Tangerang Rp160.000
Siloam Hospitals Yogyakarta Rp145.000
Siloam Hospitals TB Simatupang Rp300.000
Mayapada Hospital Jakarta Selatan Rp300.000
RSU Bunda Margonda, Depok Rp250.000
Rumah Sakit Siloam Dhirga Surya Rp200.000
Rumah Sakit Husada, Mangga Dua Selatan, Jakarta Rp60.000
RS Evasari Awal Bros, Cempaka Putih, Jakarta Rp200.000
Klinik Atlantis, Medan Rp260.000
Siloam Hospitals Balikpapan Rp175.000
Rumah Sakit Premier Jatinegara Rp220.000
Columbia Asia Hospital Semarang Rp150.000
Siloam Hospitals Surabaya Rp250.000
Rumah Sakit Siloam Putera Bahagia Cirebon Rp140.000
Rumah Sakit Aqidah, Ciledug, Tangerang Selatan Rp120.000
Siloam Sriwijaya Palembang Rp200.000
RS EMC Tangerang Rp210.000

Daftar rumah sakit di atas datang dari tempat dan harga yang berbeda. Kamu bisa cek mana rumah sakit/klinik yang terdekat dengan domisili beserta estimasi biaya konsultasinya.

Melalui langkah di atas, nantinya dokter bisa mengetahui berbagai faktor penyebab keluhan yang kamu alami sekaligus menentukan jenis pengobatan dan perawatan yang tepat.

Biaya ke dokter kulit berapa, ya? Biaya tersebut ternyata bervariasi. Gelar konsultan yang dimiliki dan rumah sakit atau klinik yang memberikan pelayanan akan memengaruhi harga tersebut.

Biaya yang harus kamu keluarkan mulai dari Rp200 ribu, tapi disarankan membawa biaya lebih untuk jaga-jaga ada tambahan yang diperlukan.

Kalau kamu punya pertanyaan terkait perencanaan keuangan pribadi dan keluarga, konsultasikan saja kepada pakarnya melalui Tanya Lifepal.

Apa itu dokter kulit dan kelamin?

Seperti namanya, dokter kulit dan kelamin yaitu dokter khusus yang menangani berbagai masalah dan keluhan kesehatan berkaitan dengan kulit dan kelamin pada anak-anak sampai orang dewasa, bahkan orang hamil sekalipun.

Dokter kulit dan kelamin hadir karena tidak semua masalah kulit dan kelamin mampu ditangani dokter umum. Jadi, peran dokter spesialis ini sangat krusial dan diperlukan. 

Dokter ini erat kaitannya dekat gelar Sp.KK, ya. Jika kamu menemui dokter dengan gelar tersebut di belakang namanya, maka sudah pasti, mereka adalah dokter spesialis kulit dan kelamin. 

Keterampilan klinis yang dimiliki dokter spesialis kulit dan kelamin mencakup diagnosis hingga penanganan pemberian obat dan pembedahan.

Untuk diagnosis, umumnya sama dengan dokter lain, yaitu wawancara riwayat keluhan dan pemeriksaan fisik dan penunjang.

Jenis penyakit kulit dan penyakit kelamin yang ditangani dokter kulit

Apakah kamu tahu kalau penyakit kulit jumlahnya lebih dari 3.000 jenis? Banyak banget, kan. Hal tersebut sangat wajar karena penyakit kulit dan kelamin sangat berbeda dari jenis maupun pengobatannya. 

Oh iya, penyakit yang biasa muncul mulai dari infeksi, non infeksi, alergi, imunologi, menular seksual, kosmetik, penyakit kulit pada anak dan orang dewasa, dan gawat darurat.

Penyakit kulit

Ini dia beberapa jenis penyakit kulit yang bisa ditangani dokter kulit.

1. Alergi kulit

Sistem kekebalan tubuh sangat mempengaruhi jenis penyakit kulit ini. Tanda yang biasanya muncul adalah peradangan pada kulit.

Rupanya, debu, serbuk sari dan bahan makan tertentu mampu memunculkan penyakit satu ini. 

2. Infeksi jamur

Jamur candida adalah salah satu penyebab infeksi jamur yang bisa muncul pada seluruh bagian tubuh khususnya di area ketiak, selangkangan, lipatan kulit, dan sela-sela jari tangan dan kaki.

3. Herpes zoster

Biasa dikenal dengan sebutan cacar ular, herpes zoster disebabkan oleh varicella zoster virus dan ditandai dengan ruam yang nyeri, dan lama kelamaan tampak seperti luka yang melepuh. Hal itu terjadi karena reaktivasi cacar air.

4. Psoriasis

Penyakit psoriasis erat hubungannya dengan penyakit autoimun kronis yang menyebabkan produksi sel kulit yang terlalu cepat disertai penumpukan.

Gejala yang biasa muncul adalah kulit memerah, bercak, bersisik, gatal, kering, dan menebal.

5. Kanker kulit

Penyakit ini harus segera diobati untuk menghindari penyebaran sel kanker ke organ lain. Jenis penyakit kanker kulit yang paling berbahaya dan harus segera ditindak adalah melanoma.

Itulah beberapa jenis penyakit kulit, nah untuk penyakit kelamin yang terjadi umumnya berupa Penyakit Menular Seksual (PMS), infeksi yang ditularkan lewat hubungan seksual. 

Baik pria dan wanita bisa mengalami kondisi ini, namun bagi wanita, masalah kesehatan yang ditimbulkan akan lebih parah dan kompleks.

Penyakit kelamin

Apa saja penyakit kelamin yang biasanya ditangani oleh dokter kulit dan kelamin?

1. Chlamydia

Chlamydia merupakan penyakit kelamin yang disebabkan oleh infeksi Chlamydia trachomatis yang sangat umum dialami oleh wanita karena aktivitas seksual tanpa menggunakan kondom.

2. Gonore

Gonore adalah penyakit menular yang dibawa oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae dan muncul karena aktivitas seksual tanpa pengaman. Keluhan yang biasa terjadi adalah keluarnya cairan dari alat kelamin disertai rasa nyeri.

3. HPV

Human Papillomavirus (HPV) adalah infeksi virus menular karena kontak seksual langsung seperti oral yang sangat mempengaruhi alat kelamin, mulut, dan tenggorokan. 

4. Sifilis

Bakteri treponema pallidum sangat berperan dalam memunculkan penyakit sifilis yang masuk dalam kategori menular. Aktivitas seksual termasuk seks oral dan anal sangat rentan dalam menyebarkan sifilis.

Kapan harus ke dokter kulit dan kelamin?

Kamu bisa datang menemui dokter kulit dan kelamin atas rujukan dokter umum atau datang langsung menemui dokter spesialis ini. 

Segala gejala yang kamu curigai dan berkaitan dengan kulit dan kelamin, disarankan untuk segera diperiksakan dan dikonsultasikan. Jangan khawatir, pasti kamu akan menemui jalan keluarnya, kok.

Apakah biaya ke dokter kulit ditanggung BPJS?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, ada baiknya kamu simak dulu informasi singkat tentang BPJS Kesehatan.

Setiap peserta BPJS Kesehatan yang telah membayar iuran bulanan tepat waktu berhak menerima pelayanan kesehatan, meliputi pelayanan promotif, preventif, pengobatan untuk menyembuhkan penyakit dan rehabilitasi gratis.

Nah, biaya berobat kepada dokter kulit pun termasuk yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan. 

Selengkapnya, pelayanan fasilitas kesehatan tingkat 1 (Puskesmas, klinik, dan dokter umum/non spesialistik) yang ditanggung BPJS meliputi beberapa layanan medis berikut.

  • Pemeriksaan kesehatan
  • Pengobatan
  • Konsultasi medis
  • Tindakan operatif atau nonoperatif
  • Pelayanan obat
  • Alat kesehatan
  • Bahan medis habis pakai

Selama tujuan kamu mendatangi dokter kulit untuk urusan medis, maka kamu akan menerima manfaat BPJS.

Kalau kamu ingin biaya ke dokter kulit ditanggung BPJS, pastikan rumah sakit/klinik yang kamu kunjungi juga berafiliasi dengan BPJS. Selalu tanyakan kepada staf atau petugas resepsionis mengenai hal ini.

Eits, perlu diingat bahwa perawatan medis yang ditanggung bertujuan untuk menjaga kesehatan, jadi BPJS tidak menanggung pelayanan terkait kesehatan yang beralasan estetika, ya.

Pentingnya punya asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan adalah produk perlindungan finansial yang menanggung biaya medis saat kita diharuskan pergi ke dokter atau rumah sakit.

Beberapa manfaat asuransi kesehatan meliputi biaya rawat inap, rawat jalan, pembedahan, dan medical check-up. Nah, asuransi ini juga mempunyai manfaat tambahan lho, seperti pertanggungan:

Untuk menikmati manfaat di atas, nasabah perlu membayarkan premi yang besarannya variatif dan tergantung pada usia, pekerjaan, dan limit pertanggungan.

Namun berbeda dengan BPJS Kesehatan, kita bisa lebih fleksibel memilih premi yang diinginkan, pertanggungan, dan rumah sakit.

Walau semua sudah ditanggung oleh asuransi, jangan lupa juga untuk menyiapkan dana darurat untuk dirimu dan keluarga ya. Tujuan dari dana darurat adalah untuk membiayai pengeluaran yang sifatnya mendadak.

Berapa dana darurat yang sesuai dengan kebutuhanmu, cari tahu dengan kalkulator dana darurat Lifepal.

Cara memilih asuransi kesehatan terbaik

Di Indonesia penyedia layanan asuransi jumlahnya ratusan, namun sebelum memilih mana yang cocok, kita perlu mengetahui beberapa kriteria asuransi kesehatan terbaik.

Idealnya, kriteria asuransi kesehatan yang unggul sebagai berikut.

  • Jaringan rumah sakit yang luas. Bagi yang sering ke luar negeri, pastikan penyedia menjangkau rumah sakit di luar negeri.
  • Fasilitas cashless karena praktis apalagi di saat kondisi genting. Sehingga kita cukup menggesekkan atau cukup menunjukkan kartu asuransi saja.
  • Limit pertanggungan dan premi sesuai. Tidak selalu asuransi kesehatan murah akan lebih baik, tetapi asuransi yang bagus juga tidak selalu mahal.

Kesehatan memang mahal harganya, tapi namanya penyakit kadang bisa terjadi kepada siapa pun dan kapan pun, seperti penyakit kulit dan kelamin yang sudah kita bahas.

Kini kita sudah dimudahkan dengan berkembangnya layanan kesehatan, apapun masalahnya, kalau kamu sakit jangan ragu buat datang ke dokter. Mereka dengan senang hati membantu, kok.

Lebih baik lagi jika kamu sudah punya asuransi, gak perlu repot-repot lagi mikirin biaya berobat. Ayo, cek daftar asuransi terbaik hanya di Lifepal dan simak juga artikel informatif lainnya, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →