Program Hamil, Cek Dulu Biaya Konsultasi Dokter Kandungan

biaya konsultasi dokter kandungan

Program kehamilan (promil) menjadi solusi untuk pasutri yang ingin dikaruniai anak, dengan berkonsultasi pada dokter kandungan dan menjalani tes kesuburan. Lantas, berapa sih biaya konsultasi dokter kandungan khusus untuk promil?

Sebelum lebih lanjut membahas biaya konsultasi dokter kandungan, yuk ketahui terlebih dahulu apa sih sebenarnya konsultasi program kehamilan itu? 

Konsultasi dokter kandungan

Konsultasi promil adalah prosedur pemeriksaan yang dilakukan sebelum menjalani kehamilan. Adapun tujuan dari konsultasi kehamilan ini untuk mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang memengaruhi kemampuan pasangan untuk hamil dan menjalani masa kehamilan. Melalui konsultasi kehamilan juga bisa meningkatkan peluang bayi lahir sehat.

Promil dilakukan bagi mereka yang merencanakan kehamilan. Biasanya tahap konsultasi dengan dokter kandungan meliputi diskusi dan pemeriksaan kesehatan. 

Tujuan tahap awal ini adalah untuk mendeteksi faktor risiko yang bisa membahayakan ibu dan janin saat menjalani kehamilan nantinya. Konsultasi kehamilan juga memberi banyak manfaat, di antaranya:

  • Mempersiapkan pasutri secara fisik dan emosional dalam menghadapi kehamilan.
  • Mencegah kelainan yang mungkin terjadi selama masa kehamilan dan melahirkan.
  • Mencegah bayi cacat lahir.
  • Mencegah infeksi pada bayi baru lahir.
  • Mencegah penularan HIV atau infeksi menular seksual dari ibu ke bayi.
  • Mencegah risiko bayi lahir stunting.
  • Menurunkan risiko kanker.
  • Menurunkan risiko diabetes tipe 2, juga penyakit jantyung dan pembuluh darah di masa depan.

Ada beberapa pemeriksaan yang harus kamu lewati bersama pasangan dalam menjalani program kehamilan ini, seperti USG dan tes darah. Selain itu, pasangan promil disarankan untuk menjalani pemeriksaan tes urin, pemeriksaan sperma, biopsi testis, dan  vasography.

Catatan khusus bagi pasangan di atas 35 tahun, evaluasi dan perawatan kesuburan bisa dilakukan setelah enam bulan berhubungan intim tanpa kontrasepsi. 

Tapi, hal ini tak berlaku bagi pasutri dengan usia di atas 40 tahun yang disarankan untuk melakukan evaluasi dan perawatan secepatnya.

Nah, sebelum kamu menemui dokter kandungan untuk konsultasi kehamilan, ada beberapa hal yang harus kamu siapkan, antara lain:

  • Konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan biasanya akan diperiksa riwayat kesehatan kamu dan pasangan. Sebaiknya siapkan seluruh hasil pemeriksaan yang pernah kamu lakukan. Termasuk vaksinasi, tes laboratorium, rontgen atau pemeriksaan lain seperti CT scan atau MRI.
  • Catat dan kalau perlu dibawa jenis obat atau produk yang pernah atau sedang kamu konsumsi. Baik itu obat-obatan, vitamin atau suplemen. Sebab bisa jadi, dari obat atau produk yang kamu konsumsi itu salah satunya bisa menghambat proses kehamilan atau bahkan bisa menyebabkan bayi cacat lahir.
  • Poin paling penting selanjutnya adalah siapkan daftar pertanyaan. Mengingat promil di dokter kandungan menelan biaya gak sedikit, sebaiknya kamu manfaatkan dengan menyiapkan daftar pertanyaan dari yang paling penting mengenai promil ini.

Biaya konsultasi kehamilan

Nah, untuk mengikuti promil ini kamu bisa datang ke klinik atau rumah sakit untuk konsultasi dengan dokter kandungan terdekat. 

Jika kamu ada di Jakarta, banyak dokter SpOG (K) atau SpOG (K.Fer) yang direkomendasi pasangan-pasangan yang berhasil promil. Lalu, berapa biaya konsultasi dokter kandungan? Lifepal mengulasnya untuk kamu!

1. USG

Pemeriksaan USG bertujuan untuk melihat perkembangan janin yang ada di dalam rahim. Ada beberapa tempat yang menawarkan USG 2D, 3D atau 4D. Berikut beberapa rincian harga USG :

  • USG Puskesmas : gratis dengan BPJS atau KIS
  • USG di Bidan : mulai dari Rp100 ribu
  • USG 2 D     : Rp200 ribu – Rp500 ribu
  • USG 3D      : Rp500 ribu – Rp750 ribu
  • USG 4D      : Rp450 ribu – Rp1,5 juta 

2. Konsultasi dokter

Bagi kamu yang tinggal di kota-kota besar bebas untuk memilih dokter SpOG. Misalnya kamu tinggal di Ibu Kota, banyak dokter kandungan terbaik di Jakarta. Salah satunya di RS

Biaya jasa konsultasi dengan dokter kandungan di MRCC Siloam Hospitals Semanggi, yang mematok tarif konsultasi kehamilan Rp300 ribu – Rp500 ribu. Sedangkan konsultasi dokter kandung di klinik khusus kesuburan Sammarie di Wijaya, Jakarta Selatan dengan tarif Rp250 ribu – Rp550 ribu.

Berbeda dengan kota besar lain seperti Bandung, di klinik Brawijaya Bandung, dokter SpOG di sini membanderol jasa konsultasi sebesar Rp250 ribu. Atau di RSU Melania Bogor yang menyediakan konsultasi dengan dokter kandungan Rp150 ribu saja.

3. Bank sperma dan embrio

Sedangkan untuk promil, salah satu tindakannya adalah bank sperma dan penyimpanan embrio dengan kisaran harga mulai dari Rp1,6 juta-an.

4. Pemeriksaan hormon 

Untuk biaya pemeriksaan hormon dimulai dari Rp300 ribu – Rp600 ribu.

5. Histerosalpingografi (HSG) 

Prosedur pemeriksaan untuk melihat kondisi rahim dan tubafaloppi dengan menggunakan foto rontgen. Di beberapa rumah sakit di Indonesia, pemeriksaan ini mulai dari Rp1,7 juta – Rp2,5 juta. Disarankan untuk menyiapkan dana lebih 20% – 30% untuk biaya tak terduga.

6. Pembekuan embrio 

Adalah proses penghentian sementara kegiatan hidup sel tanpa mematikan fungsi sel, di mana proses hidup embrio dapat berlanjut setelah pembekuan dihentikan. Tindakan ini memakan biaya mulai dari Rp6 jutaan.

7. Inseminasi buatan

Tindakan selanjutnya adalah inseminasi buatan dengan harga Rp2 juta – Rp18 juta.

8. Bayi tabung   

Bila inseminasi buatan tersebut gagal, biasanya dokter kandung merekomendasikan tahap selanjutnya bayi tabung. Program ini terbilang mahal, mulai dari Rp55 juta.

Asuransi melahirkan sebagai solusi

Tingginya biaya persalinan di Indonesia menjadikan asuransi melahirkan sebagai salah satu kebutuhan penting yang patut dipertimbangkan. Asuransi melahirkan sendiri adalah produk pertanggungan yang berguna untuk meringankan biaya sebelum dan sesudah melahirkan. 

Selain itu, asuransi melahirkan dapat membantu mengurangi angka kematian pada bayi dengan beragam fasilitas memadai.

Perlu dipahami bahwa kebanyakan asuransi melahirkan merupakan manfaat tambahan atau rider dari asuransi kesehatan

Artinya, untuk bisa mendapatkan manfaat asuransi melahirkan, calon nasabah harus terlebih dahulu memiliki asuransi kesehatan sebagai manfaat dasarnya. 

Rekomendasi Lifepal

Terdapat ratusan produk kesehatan di Indonesia, membandingkan satu per satu tentu bukan hal yang mudah dilakukan. Untuk itu, Lifepal hadir sebagai platform asuransi yang dapat membantu nasabah untuk membandingkan dan beli asuransi melahirkan secara online. 

Setiap polis memiliki keunggulannya masing-masing. Biar tidak bingung membandingkan pilihan polis asuransi melahirkan, mari simak pilihan polis rekomendasi Lifepal berikut. 

1. Cigna

Infinite HealthCare

Selain memberi manfaat dasar asuransi kesehatan, Cigna juga memberikan manfaat tambahan berupa pertanggungan atas risiko keguguran hingga Rp15 juta. Selain itu juga tersedia fasilitas Speedy Claim atau klaim kilat maksimal 30 menit.

Hanya saja, di asuransi melahirkan ini hanya menanggung risiko keguguran saja. Dan, nasabah juga harus membeli asuransi kesehatan Cigna terlebih dulu untuk dapat manfaat asuransi melahirkan ini. 

2. International

Exclusive AXA

AXA menawarkan proteksi asuransi melahirkan yang menjangkau hingga seluruh dunia, kecuali Amerika Serikat. 

Besaran biaya pertanggungan kehamilan dan persalinan hingga US$13.800. Kelebihan lain dari asuransi ini adalah dapat dibeli secara online, adanya layanan nasabah berbasis aplikasi dan layanan klaim 24 jam.

3. Allianz

Smarthealth Maxi Violet

Asuransi kesehatan yang memberi manfaat tambahan berupa asuransi melahirkan ini bekerjasama dengan rumah sakit jaringan perusahaan Allianz Admedika di Indonesia.

Manfaat yang ada di asuransi antara lain no claim bonus, jaringan rumah sakit yang tersebar luas, dan layanan nasabah berbasis aplikasi. Hanya saja, kekurangannya dari asuransi ini adalah jaminan biaya sebelum dan sesudah persalinan hanya hingga Rp5 juta saja.

4. BNI

Life Optima Cash Plan

Adalah asuransi kesehatan yang memberi manfaat tambahan asuransi melahirkan. Kelebihan dari BNI.

Life Optima Cash Plan ini adalah jaringan rumah sakit yang tersebar luas di Indonesia, pencairan klaim yang bisa diterima dalam waktu 24 jam, ada lima pilihan plan asuransi melahirkan mulai dari Rp2,5 juta, Rp5 juta, Rp7,5 juta, Rp10 juta, dan Rp15 juta. 

Kekurangannya adalah akses pembayaran yang terbatas hanya melalui kartu kredit, ATM dan e-banking saja. Besarnya biaya melahirkan saat ini bisa diantisipasi sedini mungkin dengan asuransi melahirkan, merupakan pilihan yang cerdas.

Meski begitu, pastikan kamu memilih asuransi melahirkan yang sesuai kebutuhan selama kehamilan, sehingga manfaat yang dirasa juga maksimal, gak perlu ragu buat tanya lebih banyak apa yang kurang dimengerti kepada perusahaan asuransi. 

Tujuannya, untuk meminimalkan kesalahpahaman yang bisa jadi malah merugikan kamu sendiri ke depannya.

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar perencanaan keuanganmu dan biaya konsultasi dokter kandungan, jangan ragu untuk bertanya di Tanya Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →