Biaya Konsultasi Dokter Kandungan dan Tips Pilih Dokter

biaya konsultasi dokter kandungan

Konsultasi dokter kandungan merupakan langkah yang harus diambil bagi mereka yang sedang mempersiapkan kelahiran atau mempersiapkan program kehamilan. 

Bagi yang sedang mempersiapkan kelahiran, konsultasi ke dokter bertujuan untuk memperhatikan perkembangan tumbuh kembang janin. Harapannya tentu calon bayi lahir dengan sehat. 

Sedangkan bagi para pasangan yang sedang mempersiapkan program kehamilan, konsultasi dibutuhkan untuk mengetahui tingkat kesuburan. 

Selain itu juga bisa menentukan langkah apa yang tepat untuk mempercepat proses kehamilan. 

Tapi sayangnya konsultasi kehamilan ke dokter juga membutuhkan biaya. Kira-kira berapa sih biaya konsultasi dokter kandungan? Dan bagaimana tips untuk memilih dokter yang tepat? 

Konsultasi dokter kandungan

Konsultasi dokter kandungan adalah prosedur pemeriksaan yang dilakukan sebelum menjalani kehamilan atau saat masa kehamilan. 

Adapun tujuan dari konsultasi kehamilan ini untuk mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang memengaruhi kemampuan pasangan untuk hamil dan menjalani masa kehamilan. Melalui konsultasi kehamilan juga bisa meningkatkan peluang bayi lahir sehat.

Konsultasi dokter kandungan bisa juga dilakukan bagi mereka yang tengah merencanakan kehamilan. Biasanya tahap konsultasi dengan dokter kandungan meliputi diskusi dan pemeriksaan kesehatan. 

Tujuan tahap awal ini adalah untuk mendeteksi faktor risiko yang bisa membahayakan ibu dan janin saat menjalani kehamilan. 

Konsultasi kehamilan juga memberi banyak manfaat, di antaranya:

  • Mempersiapkan pasutri secara fisik dan emosional dalam menghadapi kehamilan.
  • Mencegah kelainan yang mungkin terjadi selama masa kehamilan dan melahirkan.
  • Mencegah bayi cacat lahir.
  • Mencegah infeksi pada bayi baru lahir.
  • Mencegah penularan HIV atau infeksi menular seksual dari ibu ke bayi.
  • Mencegah risiko bayi lahir stunting.
  • Menurunkan risiko kanker.
  • Menurunkan risiko diabetes tipe 2, juga penyakit jantung dan pembuluh darah di masa depan.

Ada beberapa pemeriksaan yang harus kamu lewati bersama pasangan dalam menjalani konsultasi dokter kandungan, seperti USG dan tes darah. 

Selain itu, pihak pria disarankan untuk menjalani pemeriksaan tes urin, pemeriksaan sperma, biopsi testis, dan vasography.

Catatan khusus bagi pasangan di atas 35 tahun, evaluasi dan perawatan kesuburan bisa dilakukan setelah enam bulan berhubungan intim tanpa kontrasepsi. 

Tapi, hal ini tak berlaku bagi pasutri dengan usia di atas 40 tahun yang disarankan untuk melakukan evaluasi dan perawatan secepatnya.

Perkiraan biaya konsultasi dokter kandungan dan konsultasi kehamilan

Dengan berkonsultasi pada dokter kandungan, pasangan suami istri bisa mengetahui bagaimana kondisi kehamilannya, khusus yang sudah hamil, dan juga mengetahui bagaimana tingkat kesuburan dirinya, bagi yang sedang mempersiapkan kehamilan.

Lantas, berapa sih biaya konsultasi dokter kandungan?

1. USG

Pemeriksaan USG bertujuan untuk melihat perkembangan janin yang ada di dalam rahim. Ada beberapa tempat yang menawarkan USG 2D, 3D atau 4D. Berikut beberapa rincian harga USG:

  • USG Puskesmas: gratis dengan BPJS atau KIS
  • USG di Bidan: mulai dari Rp100 ribu
  • USG 2 D: Rp200 ribu – Rp500 ribu
  • USG 3D: Rp500 ribu – Rp750 ribu
  • USG 4D: Rp450 ribu – Rp1,5 juta 

2. Konsultasi dokter kandungan

Bagi kamu yang tinggal di kota-kota besar bebas untuk memilih dokter SpOG. Misalnya kamu tinggal di Ibu Kota, banyak dokter kandungan terbaik di Jakarta. Salah satunya di RS

Biaya jasa konsultasi dokter kandungan di MRCC Siloam Hospitals Semanggi, yang mematok tarif konsultasi kehamilan Rp300 ribu – Rp500 ribu. 

Sedangkan konsultasi kandungan di klinik khusus kesuburan Sammarie di Wijaya, Jakarta Selatan dengan tarif Rp250 ribu – Rp550 ribu.

Berbeda dengan kota besar lain seperti Bandung, di klinik Brawijaya Bandung, dokter SpOG di sini membanderol jasa konsultasi sebesar Rp250 ribu. Atau di RSU Melania Bogor yang menyediakan konsultasi dengan dokter kandungan Rp150 ribu saja.

3. Bank sperma dan embrio

Sedangkan untuk program kehamilan, salah satu tindakannya adalah bank sperma dan penyimpanan embrio dengan kisaran harga mulai dari Rp1,6 juta-an.

4. Pemeriksaan hormon 

Bagi pasangan yang sedang menjalani program kehamilan, pemeriksaan yang perlu dilakukan adalah pemeriksaan hormon. 

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kesuburan pihak pria maupun wanita. Untuk biaya pemeriksaan hormon dimulai dari Rp300 ribu – Rp600 ribu.

5. Histerosalpingografi (HSG) 

Prosedur pemeriksaan untuk melihat kondisi rahim dan tuba falopi dengan menggunakan foto rontgen. Di beberapa rumah sakit di Indonesia, pemeriksaan ini mulai dari Rp1,7 juta – Rp2,5 juta. Disarankan untuk menyiapkan dana lebih 20% – 30% untuk biaya tak terduga.

6. Pembekuan embrio 

Adalah proses penghentian sementara kegiatan hidup sel tanpa mematikan fungsi sel, di mana proses hidup embrio dapat berlanjut setelah pembekuan dihentikan. Tindakan ini memakan biaya mulai dari Rp6 jutaan.

7. Inseminasi buatan

Bagi mereka yang sudah mencoba berbagai cara untuk bisa mendapatkan keturunan, namun selalu saja belum diberikan rezeki, bisa mencoba tindakan inseminasi buatan. 

Tujuan inseminasi buatan adalah untuk meningkatkan jumlah sperma yang dapat mencapai saluran indung telur, sehingga pembuatan dan kehamilan bisa dilakukan.

Tindakan ini biasanya memakan biaya sebesar Rp2 juta – Rp18 juta.

8. Bayi tabung   

Bila inseminasi buatan tersebut gagal, biasanya dokter kandung merekomendasikan tahap selanjutnya bayi tabung. Program ini terbilang mahal, mulai dari Rp55 juta.

Biaya konsultasi dokter kandungan

Berikut ini perkiraan biaya konsultasi dokter kandungan di rumah sakit-rumah sakit yang ada di Jakarta dikutip dari Alodokter. 

Rumah sakit  Perkiraan biaya
Siloam Hospitals Kebon Jeruk Rp300.000
Mitra Keluarga Kemayoran Rp300.000
Columbia Asia Hospital Pulomas Rp300.000
RS Brawijaya Duren Tiga Rp200.000
RSIA Bunda Jakarta Menteng Rp450.000
Rumah Sakit Premier Jatinegara Rp400.000
Mayapada Hospital Jakarta Selatan Rp350.000
RS Harum Sisma Medika Rp180.000
RS Muhammadiyah Taman Puring Rp200.000
RS PELNI Jakarta Rp350.000

Konsultasi dokter kandungan dan konsultasi kehamilan secara online 

Berkat kemajuan teknologi, sekarang kamu bisa melakukan konsultasi ke dokter kandungan secara online.

Apabila kamu telah memiliki dokter langganan dan mengurus kamu dari awal sampai persalinan nanti, maka kamu bisa meminta kontak nomornya untuk kemudian konsultasi secara online melalui aplikasi WhatsApp. 

Hal tersebut tentu sangat membantu bila salah satu pihak, baik dokter maupun pasien berhalangan hadir saat jadwal konsultasi. 

Selain itu, kalau kamu ingin melakukan konsultasi yang sifatnya sementara, kamu bisa menggunakan layanan aplikasi kesehatan seperti misalnya Halodoc, Alodokter, dan lain-lain.

Aplikasi itu menyediakan jasa konsultasi dokter kandungan secara online selama 24 jam dan biaya yang terjangkau. 

Prosedur konsultasi dokter kandungan

Konsultasi kehamilan harus melalui beberapa proses, di antaranya: 

  • Pemeriksaan riwayat kesehatan: dokter akan menanyakan terkait riwayat kesehatan pasien selama ini. 
  • Pemeriksaan fisik: dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap fisik pasien baik pemeriksaan fisik luar maupun pemeriksaan fisik tanda vital. Pemeriksaan dengan USG untuk memeriksa organ dalam. 
  • Pemeriksaan laboratorium: memeriksa darah, urin, dan pap smear.

Bagi yang ingin melakukan program hamil, nantinya dokter akan menentukan kira-kira asupan apa dan tindakan apa yang tepat untuk mempercepat proses kehamilan pasien. 

Apabila sudah hamil, kamu nanti diminta untuk kontrol setiap beberapa bulan sekali untuk mengecek kondisi janin dan perkembangannya. 

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum konsultasi kehamilan atau konsultasi dokter kandungan 

Nah, sebelum kamu konsultasi dokter kandungan untuk konsultasi kehamilan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, antara lain:

1. Menyiapkan pemeriksaan kesehatan sebelumnya

Konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan biasanya akan diperiksa riwayat kesehatan kamu dan pasangan. 

Sebaiknya siapkan seluruh hasil pemeriksaan yang pernah kamu lakukan, termasuk vaksinasi, tes laboratorium, rontgen atau pemeriksaan lain seperti CT scan atau MRI.

2. Membawa obat-obatan yang sedang dikonsumsi

Catat dan kalau perlu dibawa jenis obat atau produk yang pernah atau sedang kamu konsumsi, baik itu obat-obatan, vitamin atau suplemen. 

Sebab bisa jadi, dari obat atau produk yang kamu konsumsi itu salah satunya bisa menghambat proses kehamilan atau bahkan bisa menyebabkan bayi lahir cacat.

3. Mempersiapkan daftar pertanyaan

Poin paling penting selanjutnya adalah siapkan daftar pertanyaan. Mengingat konsultasi dokter kandungan menelan biaya gak sedikit, sebaiknya kamu manfaatkan dengan menyiapkan daftar pertanyaan dari yang paling penting mengenai kehamilan ini.

Tips memilih dokter untuk konsultasi kehamilan

Jangan sembarangan saat memilih dokter kandungan untuk konsultasi kehamilan. Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan untuk menemukan dokter yang tepat: 

1. Cari referensi 

Langkah pertama yang bisa dilakukan sebelum memilih adalah cari-cari referensi dokter terbaik. Kamu bisa mencari referensi dari teman kamu yang pernah melahirkan atau cari-cari di internet. 

Ketahui lebih dalam mengenai klinik, rumah sakit, atau bahkan dokter yang ingin kamu tuju. Bagaimana rekam jejak mereka dan apakah sudah banyak pasien yang berkonsultasi ke sana. 

Untuk dokter kamu bisa mencari dari forum-forum online untuk mencari tahu dari mana asal universitasnya, dan lama prakteknya. 

2. Cari dokter yang komunikatif 

Inti dari konsultasi itu adalah komunikasi, kamu sebagai pasien bisa berbicara apa saja tentang kondisi fisik kamu, dan dokter juga harus pintar mengkomunikasikan kesehatan pasien dan menggali informasi. 

Komunikatif artinya tidak hanya dilihat dari cara berbicaranya saat konsultasi tatap muka, tetapi juga kesediaannya untuk berbicara, konsultasi secara online dimanapun kapanpun bila terjadi kondisi darurat. 

3. Keputusan yang diambil dokter 

Kamu bisa kok berpindah dokter selama masa konsultasi kandungan, bilamana merasa tidak cocok dengan dokter tersebut. 

Kecocokan bisa dilihat dari cara dokter tersebut mengambil keputusan dan evaluasi setiap pertemuan.

Rekomendasi asuransi melahirkan sebagai solusi 

Tingginya biaya persalinan di Indonesia menjadikan asuransi melahirkan sebagai salah satu kebutuhan penting yang patut dipertimbangkan. 

Asuransi melahirkan sendiri adalah produk pertanggungan yang berguna untuk meringankan biaya sebelum dan sesudah melahirkan. 

Selain itu, asuransi melahirkan dapat membantu mengurangi angka kematian pada bayi dengan beragam fasilitas memadai. Simak pilihan polis rekomendasi Lifepal berikut: 

1. Infinite HealthCare (Cigna)

Selain memberi manfaat dasar asuransi kesehatan, Cigna juga memberikan manfaat tambahan berupa pertanggungan atas risiko keguguran hingga Rp15 juta. Selain itu juga tersedia fasilitas Speedy Claim atau klaim kilat maksimal 30 menit.

2. International Exclusive (AXA Mandiri)

AXA menawarkan proteksi asuransi melahirkan yang menjangkau hingga seluruh dunia, kecuali Amerika Serikat. 

Besaran biaya pertanggungan kehamilan dan persalinan hingga US$13.800. Kelebihan lain dari asuransi ini adalah dapat dibeli secara online, adanya layanan nasabah berbasis aplikasi dan layanan klaim 24 jam.

3. Smarthealth Maxi Violet (Allianz)

Asuransi kesehatan yang memberi manfaat tambahan berupa asuransi melahirkan ini bekerjasama dengan rumah sakit jaringan perusahaan Allianz Admedika di Indonesia.

Manfaat yang ada di asuransi antara lain no claim bonus, jaringan rumah sakit yang tersebar luas, dan layanan nasabah berbasis aplikasi. 

Hanya saja, kekurangannya dari asuransi ini adalah jaminan biaya sebelum dan sesudah persalinan hanya hingga Rp5 juta saja.

4. Life Optima Cash Plan (BNI)

Asuransi BNI Life Optima Cash Plan memberikan banyak manfaat bagi nasabah yang mempersiapkan kehamilan. Di antatanya adalah: 

  • Jaringan rumah sakit yang tersebar luas di Indonesia.
  • Pencairan klaim yang bisa diterima dalam waktu 24 jam. 
  • Ada lima pilihan plan asuransi melahirkan mulai dari Rp2,5 juta, Rp5 juta, Rp7,5 juta, Rp10 juta, dan Rp15 juta. 

Kekurangannya adalah akses pembayaran yang terbatas hanya melalui kartu kredit, ATM dan e-banking saja. 

Demikian pilihan asuransi melahirkan di atas. Besarnya biaya melahirkan saat ini bisa diantisipasi sedini mungkin dengan asuransi melahirkan.

Pastikan kamu memilih asuransi melahirkan yang sesuai kebutuhan selama kehamilan, sehingga manfaat yang dirasa juga maksimal. 

Jangan ragu untuk bertanya lebih banyak apa yang kurang dimengerti kepada perusahaan asuransi tersebut. Tujuannya, untuk meminimalkan kesalahpahaman yang bisa jadi malah merugikan kamu sendiri ke depannya.

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar perencanaan keuanganmu dan biaya konsultasi dokter kandungan, jangan ragu untuk bertanya di Tanya Lifepal.

Pertanyaan-pertanyaan seputar konsultasi dokter kandungan

Berikut ini sejumlah pertanyaan yang perlu kamu ketahui tentang konsultasi dokter kandungan. 

Biaya konsultasi dokter kandungan

Untuk biaya konsultasi dokter kandungan bervariasi, mulai dari Rp150 ribu sampai Rp550 ribu. Namun itu hanya untuk konsultasi dokter saja, belum termasuk tindakan-tindakan pemeriksaan lainnya.

Bisakah konsultasi dokter kandungan via WA?

Apabila kamu telah memiliki dokter langganan yang menangani masalah kehamilan, kamu bisa meminta nomor WhatsAppnya untuk berkonsultasi secara online kapanpun dimanapun.

Tapi tentu konsultasi melalui WA sangat tidak dianjurkan apabila dalam keadaan-keadaan darurat atau saat timbul gejala-gejala yang baru ditemui. Lebih baik untuk konsultasi secara langsung ke tempat praktek dokter tersebut.

Dimanakah bisa konsultasi dokter kandungan online 24 jam?

Konsultasi ke dokter kandungan bisa dilakukan secara online 24 jam melalui aplikasi kesehatan seperti Halodoc atau Alodokter. Akan ada ribuan dokter yang siap melayani kamu, tentunya akan dikenakan tarif konsultasi.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →