Biaya Operasi Ambeien Bisa Puluhan Juta! Ini Solusinya

biaya operasi ambeien

Biaya operasi ambeien atau wasir bergantung kepada kualitas perawatan medis masing-masing rumah sakit dan metode yang diterapkan untuk melakukan penanganan penyakit tersebut.

Kisaran biaya operasi ambeien secara umum dimulai dari Rp2 jutaan hingga lebih dari Rp40 juta. Tentu ini bukan biaya yang murah, bukan?

Namun, kamu bisa memanfaatkan pertanggungan biaya operasi dari asuransi penyakit kritis. Asuransi penyakit kritis akan memberimu santunan tunai yang mana kamu bisa gunakan untuk melunasi tagihan perawatan kesehatan di rumah sakit.

Supaya lebih jelas, mari kita cari tahu apa itu penyakit ambeien, biaya untuk menjalani operasi ambeien di klinik dan rumah sakit, dan solusi untuk mengatasi biaya medis yang berisiko membebani keuangan kita.

Apa itu penyakit ambeien?

Ambeien adalah penyakit yang disebabkan karena pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus mengalami pembengkakan dan peradangan. Kondisi tersebut membuat aliran darah balik vena menjadi terhambat.

Umumnya, ambeien disebabkan oleh kebiasaan duduk terlalu lama ataupun kurangnya asupan serat di tubuh.

Penyakit ambeien alias wasir atau hemoroid sering kali disepelekan. Padahal penyakit ini bisa menyerang segala usia, baik anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, meski biasanya penyakit ambeien ini lebih sering menimbulkan keluhan di usia 50 tahun ke atas. 

Adapun gejala wasir yang umum dialami oleh penderitanya, di antaranya:

  • Gatal atau iritasi di daerah anus atau dubur.
  • Tidak nyaman atau nyeri di daerah dubur.
  • Buang air besar berdarah.
  • Benjolan dan pembengkakan di anus.

Meskipun ambeien termasuk jenis penyakit yang tidak berbahaya, bahkan biasanya akan sembuh dengan sendirinya, tapi penyakit ini dapat menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman, lho.

Bahkan pada kondisi yang semakin parah bisa menyebabkan buang air besar berdarah. Jika sudah demikian, maka operasi ambeien pun harus segera dilakukan. 

Namun tentu jika berbicara tentang biaya operasi ambeien atau wasir, maka akan melibatkan tagihan rumah sakit yang akan menguras tabungan. Selain itu, ketakutan kita adalah harus berutang untuk membayar tagihan, bukan?

Biaya operasi ambeien di rumah sakit

Operasi ambeien atau wasir termasuk tindakan medis yang membutuhkan biaya tidak murah. Dilansir dari Alodokter, berikut ini daftar beberapa rumah sakit yang memiliki fasilitas operasi ambeien beserta kisaran biaya yang dikenakan.

Klinik / Rumah Sakit

Kota

Biaya Operasi Ambeien

Siloam Hospitals 

Balikpapan

Dimulai dari Rp4.035.000
RS Bhakti Kartini

Bekasi

Dimulai dari Rp2.235.000
Siloam Hospitals TB Simatupang

Jakarta

Dimulai dari Rp17.000.000
RS Brawijaya Duren Tiga

Jakarta

Dimulai dari Rp16.500.000
SamMarie Wijaya

Jakarta

Dimulai dari Rp15.000.000
Rumah Sakit Islam 

Jombang

Dimulai dari Rp3.800.000
Rumah Sakit Citra Medika 

Lamongan

Dimulai dari Rp5.915.000
RS Bedah Hasta Husada

Malang

Dimulai dari Rp15.600.000
Rumah Sakit Telogorejo

Semarang

Dimulai dari Rp19.500.000
Rumah Sakit Premier

Surabaya

Dimulai dari Rp46.000.000
Rumah Sakit Premier Bintaro

Tangerang Selatan

Dimulai dari Rp20.947.500

Solusi mengatasi biaya operasi ambeien dengan asuransi

Mengambil contoh pada Siloam Hospitals TB Simatupang yang mana biaya operasi ambeien berkisar antara Rp17 juta hingga Rp32 juta.

Biaya ini belum termasuk apabila diperlukan alat tambahan, seperti operasi dengan menggunakan stapler. Ditambah dengan alat tambahan seperti itu, biaya yang harus dibayarkan bisa lebih besar lagi, lho.

Walau biaya operasi ambeien atau wasir turut ditanggung oleh BPJS Kesehatan, tapi ternyata tidak ada pertanggungan atas biaya alat tambahan untuk menunjang tindakan operasi tersebut.

BPJS Kesehatan juga tidak menanggung penyakit tertentu terutama yang tergolong penyakit kritis. Biaya pengobatan penyakit kritis memang terkenal tidak murah. Kanker misalnya, juga terkenal dengan biaya pengobatan yang tidak murah. 

Oleh karena itu, punya BPJS Kesehatan sebenarnya terbilang belum cukup. Jadi idealnya, kamu perlu membeli asuransi kesehatan yang menanggung penyakit kritis, yaitu asuransi penyakit kritis.

Sekilas tentang asuransi penyakit kritis

Banyak yang berpikir setelah ikut BPJS Kesehatan, tidak perlu lagi asuransi kesehatan swasta. Pemahaman tersebut ternyata keliru sebab keduanya punya cakupan manfaat yang berbeda dan sebaiknya dijadikan komplemen satu sama lain. 

Terutama terkait dengan biaya operasi ambeien, diabetes, kanker, dan jantung juga termasuk yang paling tinggi dengan angka mencapai ratusan juta rupiah.

Tidak hanya itu, prevalensi penyakit kritis di Indonesia pun tergolong cukup tinggi dengan perbandingan 10 persen per tiap 1.000 penduduk.  

Asuransi penyakit kritis (critical illness) adalah produk pengelolaan keuangan yang manfaatnya berupa pertanggungan pembiayaan perawatan kesehatan.

Berbeda dengan pertanggungan asuransi kesehatan, asuransi penyakit kritis hanya akan menanggung perawatan penyakit tertentu yang tergolong sebagai kondisi kritis. Pertanggungannya pun berwujud uang tunai untuk melunasi biaya berobat.

Selain penyakit ambeien, beberapa penyakit ini tergolong sebagai kondisi kritis.

  • Kanker
  • Penyakit jantung
  • Stroke
  • Penyakit ginjal
  • Infeksi HIV
  • Leukemia

Asuransi mengenal setidaknya 120 kondisi penyakit kritis yang bisa dimasukkan sebagai jaminan pertanggungan asuransi penyakit kritis. Namun tiap perusahaan asuransi memiliki batasan dan ketentuan tersendiri, jadi kamu sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan agen asuransimu.

Pertanggungan asuransi penyakit kritis serupa dengan dengan asuransi jiwa, yaitu sama-sama memberikan santunan tunai. Tetapi pada asuransi jiwa, uang pertanggungan diberikan saat nasabah kehilangan penghasilan dan/atau meninggal dunia. 

Cara mendapatkan asuransi penyakit kritis untuk menanggung biaya operasi ambeien atau wasir

Asuransi penyakit kritis biasanya hanya tersedia dalam bentuk rider (manfaat tambahan) dari asuransi kesehatan dan sebagian asuransi jiwa. Jadi, kita harus membeli produk asuransi utama dahulu, kemudian menambahkan opsi pertanggungan penyakit kritis dengan premi ekstra.

Namun, ada juga beberapa perusahaan asuransi yang menghadirkan polis utama atau produk stand alone penyakit kritis tanpa harus membeli produk utama.

Jika kamu memilih asuransi penyakit kritis murni atau stand alone, harga preminya akan lebih murah dengan nilai manfaat pertanggungan yang jauh lebih tinggi.

Dengan begitu manfaat asuransi yang kamu terima lebih optimal, terutama dalam kasus ini adalah untuk mengatasi risiko mahalnya biaya operasi ambeien atau wasir di rumah sakit.

Manfaat pertanggungan dari asuransi penyakit kritis

Manfaat pertanggungan dari asuransi penyakit kritis meliputi uang pertanggungan pembedahan untuk menangani penyakit kritis, santunan meninggal dunia akibat kecelakaan, hingga manfaat pengembalian premi.

Sementara untuk jenis penyakit yang ditanggung dibedakan menjadi tiga tahap, yaitu kondisi kritis tahap awal, menengah, dan akhir. 

Perlu dipahami juga bahwa jumlah penyakit kritis yang ditanggung tiap perusahaan asuransi berbeda-beda. Ada yang menanggung 10, 60, 80, bahkan 100 jenis penyakit kritis.

Jika mengacu pada biaya perawatan untuk kisaran biaya operasi ambeien yang sebesar Rp17 juta hingga Rp32 juta, maka pilihlah premi asuransi yang bisa memberikan uang pertanggungan yang cukup untuk menanggung kisaran biaya tersebut. 

Jika kamu memiliki riwayat penyakit kritis dalam keluarga, pencari nafkah utama dalam keluarga, dan/atau telah berusia 40 tahun ke atas, maka sangat penting memiliki asuransi ini untuk menjaminmu secara finansial saat mengalami penyakit kritis. 

Bagi nasabah yang belum memiliki asuransi, disarankan untuk mengutamakan asuransi kesehatan terlebih dahulu baru menambahkan asuransi penyakit kritis dalam plan proteksinya.

Hal ini dikarenakan cakupan pertanggungan penyakit dalam asuransi kesehatan jauh lebih luas dibandingkan dengan cakupan penyakit kritis. 

Bagaimana cara klaim asuransi penyakit kritis?

Umumnya langkah-langkah pengajuan klaim asuransi dimulai dari masa tunggu analisis dan keputusan klaim, dan pembayaran klaim dilakukan. 

Kelebihan dari asuransi penyakit kritis ini, umumnya nasabah tidak harus dirawat di rumah sakit terlebih dahulu. Jika sudah didiagnosis maka berhak mendapatkan santunan sesuai perjanjian dalam polis. Uang santunan kemudian bisa digunakan untuk berobat. 

Penting juga untuk memastikan manfaat asuransi penyakit kritis yang dibeli sesuai dengan kebutuhan. Misal, apabila calon nasabah masih berusia 20 tahun, mungkin baru membutuhkan santunan dana sebesar Rp200 juta saja sehingga biaya premi yang dibayarkan pun tidak terlalu mahal. Jika sudah menikah dan memiliki anak, barulah cari santunan yang lebih besar, misalnya Rp500 juta. 

Tertarik memiliki asuransi penyakit kritis untuk mengatasi mahalnya biaya operasi ambeien atau wasir, tetapi masih belum tahu cara mendaftar? Yuk manfaatkan layanan konsultasi gratis dari Lifepal.

FAQ seputar biaya operasi ambeien atau wasir