Berapa Biaya Pasang Behel? Ini Daftar [TERBARU]

biaya pasang behel

Biaya pasang behel merupakan salah satu hal yang wajib kamu pertimbangkan bila ingin memasang kawat gigi alias behel. Sebab, biaya pasang behel biasanya bervariasi tergantung dokter, dan jenis behel yang kamu pakai.

Biaya pasang behel di setiap klinik atau rumah sakit pun berbeda-beda. Untuk beberapa rumah sakit di Jakarta, biaya pasang behel mulai dari Rp3,5 juta hingga Rp11 juta. Biaya ini belum termasuk biaya kontrol dan perawatan.

Sebagai informasi, pasang behel gigi dilakukan untuk merapikan gigi yang tidak rata. Pemasangan behel pada gigi yang berantakan biasanya dilakukan oleh dokter gigi spesialis ortodonti (Sp. Ort) yakni dokter gigi dengan spesialisasi estetika gigi, mulut, dan rahang.

Prosedur pemasangan behel memanfaatkan tekanan pada kawat gigi secara terus-menerus yang nantinya akan mengatur susunan gigi ke posisi tertentu. Hasilnya akan mengubah struktur rahang dan tulang di sekitar gigi. 

Kenapa harus pasang behel?

Salah satu alasan mengapa kamu harus memasang behel yakni untuk memperbaiki susunan gigi yang berantakan agar tidak mengganggu kesehatan gigi dan aktivitas gigi.

Berikut beberapa kondisi di mana kamu diharuskan memasang behel.

  • Susunan gigi kamu tidak rata atau berjejal.
  • Jarak gigi renggang.
  • Posisi gigi tonggos atau gigi atas lebih maju dibanding gigi bawah.
  • Posisi gigi bawah lebih maju dibandingkan gigi atas.
  • Masalah susunan rahang yang membuat ketidaksejajaran saat gigi dikatupkan.

Jenis-jenis behel

Apabila kamu merasa bahwa gigimu berantakan dan tidak rata, kamu perlu mempertimbangkan untuk segera pasang behel. Sebab, hal ini dilakukan demi kesehatan gigi kamu agar aktivitas gigi tidak terganggu.

Jika sudah memutuskan memasang kawat gigi, berikut jenis-jenis behel yang perlu kamu ketahui.

1. Conventional behel

Conventional behel biasanya menggunakan bantuan karet untuk menahan kawat. Jika kamu menggunakan behel jenis ini, kamu harus sering kontrol minimal satu bulan sekali. Conventional behel pun dibagi lagi jenisnya berdasarkan materialnya.

  • Behel gigi metal. Behel ini biasa disebut dengan traditional braces karena jenis behel ini yang paling sering digunakan dan harganya pun terjangkau. Kamu bisa mengganti karet berwarna-warni jika menggunakan behel jenis ini.
  • Behel gigi keramik. Behel jenis ini bisa dibilang behel dengan pilihan terbaik.
  • Behel gigi shapire. Behel jenis ini terbuat dari batu sapphire yang bentuknya bening seperti kaca dan sepintas tak terlihat. Kawat gigi jenis sapphire ini jauh lebih bagus dan kuat dibandingkan jenis metal dan keramik.
  • Self ligating braces. Behel jenis ini tak berbeda jauh dengan conventional braces. Bedanya, jenis self ligating braces tidak membutuhkan karet untuk menekan kawat. Ligating braces sudah memiliki penyangga yang bisa membuka tutup sendiri. Behel jenis ini jauh lebih cepat merapikan gigi dibanding conventional braces. Keuntungan lain jika menggunakan behel ini yaitu kamu gak perlu kontrol setiap bulan ke dokter.

2. Behel transparan

Behel jenis ini dibuat dari bahan plastik yang tipis dan transparan. Kawat gigi jenis ini biasanya disebut dengan clear aligner. Behel ini cocok digunakan untuk kamu yang memiliki gigi renggang.

Gigi dengan susunan tonggos yang parah akan sulit menggunakan behel jenis ini. Behel ini digunakan minimal 20 jam sehari dan ukurannya akan selalu diganti setiap dua minggu sekali.

3. Invisalign

Invisalign merupakan jenis behel lepas pasang seperti cetakan gigi yang transparan. Dengan menggunakan cetakan ini akan membantu menggeser posisi gigi sesuai yang diinginkan. 

Estimasi biaya pasang behel 2020

Untuk memperkirakan budgetmu untuk pasang behel, berikut beberapa kisaran biaya pasang behel 2020 di beberapa rumah sakit. 

1. Biaya pasang behel di Jakarta

Beberapa rumah sakit dan klinik di Jakarta memberikan kisaran harga pada range Rp3 juta hingga Rp18 juta. Jika kamu ingin harga yang lebih murah, kamu bisa mengunjungi FDC Dental Clinic yang memberikan promo pasang behel mulai dari harga Rp1,5 juta. Jika kamu memilih behel berbahan metal titanium biasanya harganya lebih mahal yakni Rp7,5 juta hingga Rp12 juta. 

2. Biaya pasang behel di Bandung

Biaya pasang behel di Bandung sedikit lebih murah yakni kisaran Rp3 juta hingga Rp8 juta. Jika ingin pasang behel dengan biaya terjangkau, kamu bisa mendatangi klinik Brawijaya Bandung. Klinik Brawijaya Bandung membuka harga mulai dari Rp3,2 juta untuk pemasangan behel. 

3. Biaya pasang behel di Yogyakarta

Biaya pemasangan behel di Yogyakarta juga tak jauh berbeda dengan Bandung dan Jakarta, yakni pada kisaran Rp3 juta hingga Rp9 juta. Kamu bisa mendatangi Rumah Sakit Umum Queen Latifa Kulon Progo untuk mendapatkan biaya behel sebesar Rp3 juta.

Risiko pasang behel

Selain membuat gigi rapi, pasang behel juga memiliki risiko untuk gigi kita, Ini dia beberapa risiko pasang behel yang perlu kamu ketahui.

1. Risiko jangka pendek

Risiko jangka pendek bisa terjadi karena penggunaan behel bisa menyebabkan sisa makanan terperangkap di sela-sela kawat gigi. Ini bisa memicu munculnya plak atau bakteri yang mengakibatkan hilangnya lapisan mineral enamel gigi, penyakit gusi, hingga gigi berlubang.

2. Risiko jangka panjang

Risiko jangka panjang yang terjadi akibat pemakaian behel yakni akan membuat akar gigi memendek. Tak hanya itu, jika kita tak mengikuti instruksi dokter menggunakan retainer bisa mengakibatkan gagal korelasi. 

Untuk menghindari risiko ini, kamu harus rajin menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride, berkumur dengan obat kumur yang mengandung fluoride, menghindari makanan manis dan bertekstur keras.  

Apakah biaya pasang behel ditanggung BPJS Kesehatan?

Kita pasti sering bertanya-tanya, apakah BPJS Kesehatan bisa menanggung biaya pasang behel untuk kita? Drg. Wiena Manggala Putri pun menjelaskan bahwa biaya pasang behel tidak ditanggung BPJS Kesehatan.

Hal ini didasarkan Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 1 Tahun 2014 Pasal 52 ayat (1), yaitu Administrasi pelayanan terdiri atas biaya pendaftaran pasien dan biaya administrasi lain yang terjadi selama proses perawatan atau pelayanan kesehatan pasien; pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis; premedikasi; kegawatdaruratan oro-dental; pencabutan gigi sulung (topikal, infiltrasi) ; pencabutan gigi permanen tanpa penyulit;  obat pasca ekstraksi/pencabutan;  tumpatan komposit/GIC; dan scaling gigi.

Jadi, karena pasang behel dianggap untuk mempercantik diri, bukan sebuah untuk alasan kesehatan, maka biaya pasang behel tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan. 

Pentingnya punya asuransi kesehatan

Mengingat kesehatan merupakan hal penting dalam hidup untuk menjaga keuanganmu tetap sehat dalam jangka panjang, maka kamu pun perlu mempertimbangkan untuk memiliki proteksi asuransi kesehatan untuk melindungi dirimu dan keluarga. Dengan asuransi kesehatan, kamu gak perlu khawatir memikirkan tagihan rumah sakit atau klinik saat ada anggota keluargamu yang butuh perawatan medis.

Sebab, asuransi kesehatan memberikan manfaat finansial dalam menjamin biaya rawat inap, rawat jalan, pembedahan, dan medical check-up. Manfaat tambahannya, kamu bisa gunakan untuk menutup biaya melahirkan, perawatan gigi, dan mata. 

Salah satu hal yang membuat asuransi kesehatan sangat penting untuk dimiliki adalah dampak inflasi biaya rumah sakit. Hal ini menandakan bahwa biaya rawat inap akan meningkat seiring naiknya tingkat inflasi.

Keuntungan lainnya memiliki proteksi asuransi kesehatan adalah membantu perputaran uang kita tetap stabil sebab dana tabungan, investasi, dan aset lainnya tidak akan terganggu apabila kita sakit. Kamu cuma perlu membayar premi asuransi sesuai periode yang disepakati. Jumlahnya pun sebenarnya sangat terjangkau jika dibandingkan dengan pertanggungan yang kamu bisa dapatkan, yaitu mencapai puluhan dan bahkan ratusan juta. 

Sebagian perusahaan asuransi kesehatan turut menawarkan manfaat tambahan berupa jaminan biaya pasang behel untuk tujuan estetika dengan premi asuransi yang lebih tinggi.

Cara memilih asuransi kesehatan sesuai kebutuhan 

Banyaknya asuransi kesehatan yang ada di Indonesia tentu akan membuat kita bingung. Asuransi mana yang sebenarnya bagus dan cocok untuk kebutuhan?

Sebelum kita melihat berbagai penawaran asuransi yang ada saat ini, sebaiknya ketahui dulu beberapa kriteria yang mesti kita perhatikan, di antaranya:

  • Jaringan rumah sakit yang luas. Bagi yang sering ke luar negeri, pastikan provider menjangkau rumah sakit di luar negeri.
  • Fasilitas cashless karena praktis apalagi di saat urgent. Sehingga kita cukup menggesekkan atau cukup menunjukkan kartu asuransi saja.
  • Limit pertanggungan dan premi sesuai. Tidak selalu asuransi kesehatan murah akan lebih baik, tetapi asuransi yang bagus juga tidak selalu mahal.

Dengan ratusan pilihan polis dan brand, kanu harus lebih cermat memilih asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhanmu. 

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli proteksi kesehatan.

Metode klaim cashless

Cobalah mencari asuransi kesehatan yang bisa menggunakan sistem klaim cashless bermodal kartu asuransi. Contohnya, rekomendasi pilihan di atas yaitu Allianz, AXA Mandiri, Prudential, Manulife, BCA, BNI Life, dan Cigma semuanya memiliki manfaat asuransi cashless dan reimbursement.

Menanggung biaya rawat jalan

Hal penting yang harus diperhatikan adalah memastikan bahwa asuransi kesehatanmu sudah menanggung biaya rawat inap. Terdapat beberapa perusahaan asuransi yang menanggung biaya rawat jalan sebagai manfaat dasar asuransi, seperti:

Manfaat pengembalian premi

Beberapa asuransi juga menawarkan pengembalian premi atau no claim bonus apabila tidak ada klaim hingga masa polis berakhir. Umumnya besaran pengembalian premi tiap polis perusahaan berbeda-beda ada yang 20 persen, 50 persen, bahkan hingga 100 persen dari total premi yang telah dibayarkan.

Beberapa pilihan rekomendasinya adalah asuransi kesehatan Cigna, Prudential, dan Allianz juga memberikan manfaat no claim bonus bahkan ada yang setiap setahun. 

Limit/plafon sesuai premi

Plafon yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan memang sekilas terkesan besar. Misal uang pertanggungan Rp20 juta terkesan banyak saat ini. Namun, jika dibandingkan dengan biaya perawatan medis di Indonesia saat ini yang mana biaya operasi memakan biaya sekitar Rp7-Rp15 juta, tentu manfaat pertanggungan Rp20 juta sangatlah kecil

Jika memungkinkan, sebaiknya pilih yang menanggung biaya medis sesuai tagihan rumah sakit (as charged), seperti Manulife, Prudential, dan BNI Life. 

Iuran premi tidak lebih 10 persen dari gaji

Agar tidak menjadi beban, sebaiknya pilih asuransi kesehatan yang biaya preminya tidak lebih dari 10 persen gaji kamu, ya. Kamu harus mengikuti metode 50:30:20. Di mana 50 persen gaji digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, 30 persen untuk hiburan, 10 persen untuk investasi, dan 10 persen untuk asuransi. 

Beli melalui broker asuransi

Broker yang telah terdaftar resmi dapat membantu nasabah mengajukan klaim. Ingat, ketika sedang mengalami risiko medis, pengajuan klaim akan sangat sulit dilakukan sendiri. 

Belum lagi jika pengajuan klaim nasabah ditolak karena alasan tertentu. Broker asuransi seperti Lifepal dapat sangat membantu dalam mengatasi masalah klaim tersebut. Konsultasikan anggaranmu agar kamu bisa mendapatkan rekomendasi perusahaan asuransi Indonesia yang cocok dengan kebutuhanmu di Lifepal

Nah, itu dia estimasi biaya pasang behel 2020 yang bisa jadi pertimbanganmu.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →