Cara Berhenti Asuransi Cigna yang Benar dan Resmi

Dalam praktiknya, peserta asuransi memiliki hak untuk berhenti dari polis yang  telah didaftarkannya. Mungkin, kita ingin mengganti produk asuransi jiwa ke brand yang menawarkan manfaat lebih lengkap. Berikut bagaimana cara dan prosedur untuk berhenti dari asuransi Cigna bagi anda pemegang polis aktif.

Untuk meningkatkan kepesertaan asuransi di masyarakat, dan meningkatkan pendapatan bank, bank dan asuransi umumnya bekerjasama dengan memasukkan asuransi ke dalam produk bank.

Jadi bisa saja, saat kita membuka rekening tabungan atau mengajukan permohonan kartu kredit, secara otomatis kita juga mendaftar sebagai nasabah suatu produk asuransi.

Ada beberapa manfaat yang diperoleh dari bancassurance sebagai bentuk kerja sama bank dan perusahaan asuransi,  yang mana baik bagi bank, perusahaan asuransi, dan kita sebagai nasabah, yaitu:

  1. Mengurangi biaya distribusi dan akses terhadap produk dan jasa keuangan.
  2. Menjamin komitmen perusahaan asuransi baik dalam melakukan analisa kebutuhan nasabah atau pun proses klaim nasabah nanti.
  3. Meminimalkan biaya transaksi karena proses kepengurusan administrasi menjadi lebih praktis
  4. Nasabah tidak bingung saat memilih produk asuransi.
  5. Nasabah juga terlindungi dari risiko keuangan.

Khusus untuk bank, institusi keuangan ini juga akan mendapatkan tambahan laba yang bisa mencapai 5% dari laba sebelum pajak.

Sayangnya tidak semua nasabah bank membutuhkan produk asuransi yang bekerjasama dengan bank tempat nasabah membuka rekening. Maka dari itu, wajar jika kemudian nasabah memutuskan untuk berhenti dari membeli premi asuransi ini.

Salah satu perusahaan asuransi yang banyak bekerja sama dengan bank adalah Cigna.

Asuransi Cigna sebagai perusahaan global yang berkomitmen untuk membantu masyarakat melindungi kesehatan ini memang banyak bekerja sama dengan bank-bank besar sebagai salah satu cara untuk menawarkan produk mereka.

Alasan Nasabah Ingin Berhenti Membeli Polis Asuransi

Sayangnya, seperti yang telah disebutkan di atas, tidak semua nasabah membutuhkan produk asuransi yang Cigna tawarkan melalui bank. Wajar jika kemudian ingin menghentikan kepesertaan pada asuransi ini. Alasan lainnya nasabah ingin berhenti membeli polis asuransi Cigna antara lain:

1. Dianggap mengganggu rencana keuangan

Kebanyakan nasabah membuka rekening bank untuk menyimpan dana yang mereka miliki, jadi bagi kelompok masyarakat ini, pengurangan dana yang mereka setorkan dianggap sebagai pengganggu rencana keuangan mereka.

2. Sudah punya asuransi yang sejenis

Produk asuransi dari satu perusahaan asuransi dengan yang lainnya memang mirip. Biasanya hanya besar premi yang harus dibayar dan manfaat yang ditawarkan saja yang membuatnya berbeda. Karena itu, jika sudah membeli polis asuransi perusahaan tertentu, biasanya tidak mau menambah produk asuransi lain.

3. Merasa tidak menyetujui pembelian polis asuransi tertentu

Poin kedua ini biasanya terjadi karena nasabah tidak paham syarat dan ketentuan saat membuka rekening atau mengajukan kartu kredit secara online.

4. Untuk menyelamatkan cash flow sehari-hari

Kondisi keuangan sebuah keluarga setiap saat tidak sama. Dan ketika situasi tidak memungkinkan, memotong anggaran asuransi biasanya menjadi alternatif pertama untuk menyelamatkan cash flow, baik secara pribadi maupun usaha kita.

Cara Berhenti Asuransi Cigna

Dalam kondisi apapun, produk asuransi sebetulnya memang dibutuhkan, namun jika saat ini kita memiliki salah satu dari kelima alasan di atas, berikut ini cara berhenti asuransi Cigna mungkin bisa membantu.

1. Menghubungi pihak bank

Alasan kita membeli polis asuransi Cigna karena adanya keterkaitan dengan pembukaan rekening tabungan atau kartu kredit. Karena itu langkah pertama yang sebaiknya dilakukan adalah menghubungi Customer Service bank, dan menyatakan ingin menghentikan pembelian polis asuransi Cigna.

Seharusnya, bank cukup membatalkan proses autodebet dan membantu menyelesaikan dokumen pemberhentian pembelian asuransi. Namun, ada kalanya pembelian asuransi Cigna merupakan hal wajib dan merupakan syarat ketentuan dari bank. Jika ini yang terjadi maka cara kedua berikut ini bisa menjadi alternatif.

2. Menutup rekening dari tabungan atau kartu kredit

Sebetulnya ini merupakan opsi terakhir yang bisa dilakukan karena berganti rekening bank cukup membuang waktu. Kita perlu mencari lagi institusi perbankan baru, mengikuti prosedur pembukaan rekening, menyiapkan dokumen terkait, dan seterusnya.

Namun, jika kepesertaan dalam asuransi adalah hal yang wajib, tidak ada cara lain bagi kita selain menutup rekening atau kartu kredit.

3. Menghubungi customer service Cigna

Adakalanya, meski kita sudah menghubungi Customer Service bank dan meminta untuk membatalkan proses autodebet pembayaran asuransi; tidak ada salahnya untuk mengonfirmasi juga kepada customer service Cigna tentang prosedur berhenti asuransi Cigna yang terkoneksi dengan akun rekening di bank atau kartu kredit kita.

Biasanya memang ada prosedur khusus dan formulir tertentu yang harus kita isi sebagai pernyataan penutupan polis. Formulir tersebut dapat diunduh secara daring atau diperoleh di kantor Cigna.

Setelah salah satu langkah di atas dilakukan, selanjutnya akan ada masa tunggu untuk mengonfirmasi penutupan polis kita. Pada beberapa kasus penutupan, masa tunggu ini cukup lama karena itu pastikan jika pihak bank atau penyedia kartu kredit kita telah menghentikan proses autodebet pembayaran premi asuransi Cigna.

Tips Berhenti Asuransi yang Cepat dan Aman

Banyak nasabah yang mengeluhkan jika menghentikan polis asuransi bancassurance sering berbelit-belit dan lama.

Di jaman serba daring seperti ini, menghubungi customer service pihak bank atau perusahaan asuransi sebetulnya sudah cukup. Namun sayangnya karena jenis layanan melalui customer service begitu beragam, bisa saja kita akan bertemu dengan customer service yang berbeda-beda setiap kita mengonfirmasi perihal penghentian ini.

Solusinya, luangkan waktu dan datangilah lokasi kantor bank kita membuka rekening atau mengajukan kartu kredit. Cara ini lebih praktis dan aman karena proses penutupan atau pembatalan yang biasanya memerlukan dokumen tertentu dapat langsung diselesaikan di tempat.

Jika membutuhkan konsultasi perihal informasi produk-produk asuransi dari Asuransi Cigna, jangan ragu untuk berkonsultasi melalui Tanya Lifepal. Di Lifepal juga, kita bisa mendapatkan referensi asuransi yang tepat untuk kita dan keluarga.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →