Cek Tunggakan BPJS Kesehatan Online 2020 yang Praktis [RESMI]

Cek tunggakan BPJS Kesehatan

Masih banyak peserta bingung mengenai cara cek tunggakan BPJS Kesehatan yang benar. Informasinya memang sudah banyak, tapi kalau penyajiannya bertele-tele alias gak langsung ke poin yang dibahas jadi bikin pusing.

Kamu pastinya malas membaca informasi seperti itu. Apalagi, kalau kamu ingin buru-buru mendapatkan informasinya. Alih-alih sukses, eh malah tersesat ikuti cara cek tunggakan BPJS Kesehatan yang isinya berputar-putar.

Langsung saja nih, di ulasan Lifepal kali ini mau bantu kamu mengetahui bagaimana caranya mengecek tunggakan BPJS Kesehatan yang mudah dan gak ribet. Seperti apa caranya? Cek yuk!

Tentang BPJS Kesehatan dan cek tunggakan BPJS kesehatan

Sebelum kamu tahu lebih banyak soal cara cek tagihan, ada baiknya kamu juga tahu apa itu sebetulnya BPJS Kesehatan. 

Menurut Undang-Undang No. 24 Tahun 2011, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan.

Keanggotaan BPJS Kesehatan secara garis besar dibagi dua kelompok, yaitu:

1. PBI Jaminan Kesehatan

Penerima Bantuan Iuran (PBI) adalah peserta yang terdiri dari warga kurang mampu dan fakir miskin yang ditanggung oleh pemerintah. Selain itu, yang berhak menjadi PBI adalah warga yang mengalami cacat total tetap dan tidak mampu secara ekonomi.

2. Bukan PBI Jaminan Kesehatan

Yang satu ini dibagi juga menjadi beberapa kelompok, yaitu:

  1. Pekerja peneirma upah dan anggota keluarganya, seperti PNS, anggota TNI/Polri, pejabat negara, pegawai pemerintah non pegawai negeri, karyawan swasta dan pekerja lain yang memenuhi syarat sebagai penrima upah.
  2. Pekerja bukan penerima upah dan anggota keluarganya, seperti pekerja di luar hubungan kerja dan pekerja lepas.
  3. Bukan pekerja dan anggota keluarganya, seperti investor, pemberi kerja, dan penerima pensiun.

Soal cek tunggakan BPJS Kesehatan, kamu gak usah bingung karena pemerintah juga sudah menyiapkan beberapa cara sederhana untuk memudahkan peserta mengetahui berapa besar biaya tagihannya. 

Intinya, kamu bisa melakukan pengecekan melalui beberapa jalur, seperti mengecek di website resmi BPJS Kesehatan di   https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/ atau melalui aplikasi Mobile JKN, ATM, dan SMS.

Jangan sampai terlewat melunasinya karena keterlambatan membayar iuran selama satu bulan bisa membuat terhentinya layanan kesehatan yang harusnya kamu terima.

Cara mudah cek tagihan dan keanggotaan BPJS kesehatan

Ada beberapa hal penting dalam keanggotaan BPJS Kesehatan. Kamu akan diberikan Nomor Kartu dan juga Nomor Rekening Virtual (virtual account) di kartu anggota dan dikirim juga melalui pesan SMS.

Nomor kartu ini berguna untuk pengecekan tagihan dan status keanggotaan kalau kamu ternyata lupa atau terlambat membayar iuran.

Sementara nomor rekening virtual berguna untuk pembayaran iuran karena ada banyak cara, baik konvensional maupun platform digital, untuk membayar iuran BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan memiliki nomor virtual account di bank tersebut. Nomor VA ditambah nomor di kartu peserta itulah yang menjadi nomor tujuan kamu membayar iuran. Artinya, jika kamu kehilangan kartu tersebut dan lupa nomornya, kamu tidak bisa membayar iuran.

Nomor VA sendiri bisa berbeda antara bank yang satu dan bank yang lain. Untuk bank BRI dan BNI, nomor VA-nya adalah 88888, sedangkan untuk bank Mandiri nomor VA-nya adalah 89888.

Kita langsung kasih contoh saja biar kamu paham. Anggap saja kamu mau membayar iuran BPJS Kesehatan lewat Bank Mandiri. Misalnya, nomor kepesertaan kamu 0001234567890, nomor tujuan transfer kamu adalah 8988801234567890.

Cara cek nomor BPJS Kesehatan

Ada kalanya kamu kehilangan kartu anggota BPJS dan lupa berapa sih nomor BPJS-mu. Padahal, tentu saja nomor tersebut dibutuhkan untuk mengecek tagihan yang perlu kamu bayar. Untuk mengecek nomor BPJS Kesehatan, kamu bisa melakukan dua cara berikut.

1. Hubungi call center

Hubungi call center BPJS Kesehatan buat mengetahui nomor BPJS. Petugas bakal membantu kamu untuk mendapatkannya.

2. Pakai kartu BPJS Kesehatan milik anggota keluarga

Kalau punyamu hilang, sebenarnya bisa lho kamu meminjam kartu BPJS Kesehatan milik anggota keluarga. Asalkan, anggota tersebut terdaftar pada kartu keluarga yang sama denganmu. 

Ini 5 cara cek tagihan dan cek tunggakan BPJS Kesehatan

Sejauh ini BPJS Kesehatan menawarkan lima cara yang bisa digunakan peserta buat melakukan pengecekan tagihan dengan cepat dan mudah. Berikut ini kelima cara tersebut.

  • Cara cek tagihan BPJS online via Website
  • Cek tagihan BPJS lewat aplikasi BPJS Kesehatan Mobile JKN
  • Cek tagihan BPJS dengan SMS Gateway
  • Cara cek tagihan BPJS mandiri lewat mesin ATM
  • Twitter BPJS Kesehatan @BPJSKesehatanRI

1. Cara cek tagihan BPJS online via Website

Ini cara cek tagihan BPJS Kesehatan yang paling mudah dan paling hemat. Kamu bisa melakukannya dengan membuka website bpjs-kesehatan.go.id.

Ketika kamu sudah membuka website tersebut dan berada di halaman utama, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Cari menu Cek Iuran BPJS Kesehatan yang berada di sebelah kanan halaman utama dan pilih.
  2. Isi data-data yang diminta, mulai dari nomor kartu, tanggal lahir, dan angka validasi. Setelah itu, pilih Cek. 
  3. Detail iuran BPJS Kesehatan bakal muncul di layar.

2. Cek tagihan BPJS lewat aplikasi BPJS Kesehatan Mobile JKN

Zaman sekarang aplikasi smartphone menjadi sarana yang bisa diandalkan buat menyelesaikan berbagai urusan. Inilah yang kemudian mendorong BPJS Kesehatan membuat aplikasi BPJS Kesehatan bernama Mobile JKN.

Nah, buat kamu yang belum punya aplikasi Mobile JKN di smartphone, buruan deh install aplikasi dari BPJS Kesehatan ini. Kamu bisa temukan di Google Play Store kalau menggunakan Android. Buat pengguna iPhone, cari di App Store ya.

Gimana cara cek tagihan BPJS Kesehatan di aplikasi Mobile JKN? Simak dan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama-tama install aplikasi Mobile JKN.
  2. Buka aplikasi. Kemudian daftar terlebih dahulu buat memiliki akun baru.
  3. Setelah memiliki akun baru, silakan log in.
  4. Pilih fitur Premi.
  5. Masukkan nomor Kartu BPJS atau Virtual Account. Nantinya fitur bakal menampilkan jumlah iuran BPJS kamu.

3. Cek tagihan BPJS dengan SMS Gateway

Cara cek tagihan BPJS Kesehatan melalui SMS juga cukup bisa diandalkan. Pasalnya, beda dengan jika melalui website dan aplikasi, kamu gak memerlukan sambungan internet untuk melakukannya.

Kamu cukup mengirim pesan SMS Gateway dengan format: TAGIHAN NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN ke nomor 087775500400.

Sebagai contoh, ketik TAGIHAN <spasi> 0001260968108 lalu kirim ke nomor 087775500400. Nanti jumlah tagihan BPJS Kesehatan kamu bakal disampaikan dalam bentuk pesan balasan.

Kalau kamu ingin tahu lebih detail informasinya, bisa kirim SMS dengan format HELP ke nomor 087775500400.

Selain untuk mengecek tagihan, SMS Gateway juga bisa kamu pergunakan untuk mendapatkan informasi seputar BPJS, yaitu data pribadi dan fasilitas kesehatan. Berikut yang bisa kamu coba.

  • NIK<spasi>NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN, Contoh: NIK 357303030987 
  • NOKA<spasi>NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN, Contoh: NOKA 0001260979209
  • NIP<spasi>NOMOR INDUK PEGAWAI, Contoh: NIP 1962061119880001009

Untuk setiap pilihan, bisa kamu kirim ke nomor 087775500400. 

4. Cara cek tagihan BPJS mandiri lewat mesin ATM

Cara cek tagihan BPJS Kesehatan ini bisa kamu manfaatkan saat berada di dekat mesin ATM. Setelah mengecek, kamu bisa sekalian bayar iuran BPJS Kesehatan, kalau kamu merasa besaran iuran yang mesti dibayarkan itu udah sesuai.

Cara cek tagihan BPJS Kesehatan di ATM ini gak jauh beda dengan bayar iuran BPJS Kesehatan lewat mesin ATM. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Masukkan kartu ATM.
  2. Masukkan PIN ATM kamu.
  3. Pilih “Transaksi Lain”.
  4. Pilih “Pembayaran”.
  5. Pilih “Lainnya”.
  6. Pilih “BPJS” dan pilih “BPJS Kesehatan”.
  7. Kemudian masukkan nomor virtual account BPJS Kesehatan yang diberikan ke kamu setelah lakukan registrasi akun.
  8. Atau kamu bisa memasukkan nomor peserta BPJS Kesehatan dengan memasukkan dulu angka 88888. Lalu, masukkan 11 angka terakhir nomor peserta BPJS Kesehatan.
  9. Lalu pilih “Benar”.
  10. Kemudian konfirmasi pembayaran iuran BPJS Kesehatan muncul di layar ATM.
  11. Kalau kamu merasa iuran yang ditampilkan benar, tinggal pilih Ya.

5. Twitter BPJS Kesehatan @BPJSKesehatanRI

Kamu bisa menanyakan berapa besarnya iuran BPJS Kesehatan yang harus kamu bayarkan dengan me-mention akun Twitter resmi BPJS Kesehatan. Cara cek tagihan BPJS Kesehatan ini juga mudah dan bisa diandalkan.

Tinggal cari akun Twitter BPJS Kesehatan di @BPJSKesehatanRI. Begitu udah terbuka akun @BPJSKesehatanRI, kirim tweet permintaan buat tagihan BPJS. Pakai cara ini bakal butuh waktu beberapa menit. Karena itu, kamu perlu bersabar.

Nantinya admin @BPJSKesehatanRI bakal meminta kamu mengirim direct message atau DM berupa nomor kartu, nama, dan tanggal lahir peserta. Gampang, kan?

Ada 7 cara bayar BPJS Kesehatan, apa saja?

Sekarang bayar BPJS Kesehatan semakin mudah karena ada tujuh metode yang bisa dilakukan. Tinggal dipilih aja mana metode yang mudah kamu lakukan.

Berikut ini tujuh metode pembayaran tagihan BPJS tersebut.

  • Bayar di Kantor BPJS kesehatan
  • Bayar di ATM BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, BCA
  • Bayar di Kantor Pos
  • Bayar di Indomaret dan Alfamart
  • Bayar di loket pembayaran multitagihan
  • Bayar melalui e-commerce
  • Bayar lewat mobile banking

1. Bayar di Kantor BPJS kesehatan

Kalau kamu memang berdomisili di dekat kantor BPJS Kesehatan, akan lebih baik kalau kamu datang langsung ke kantor ini. Cukup mendatangi loket untuk membayar tagihan iuran kamu.

2. Bayar di ATM BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, BCA

Kalau kamu gak sempat datang ke kantor BPJS Kesehatan, melakukan pembayaran melalui ATM bisa jadi pilihan. Selain lebih ringkas dan bebas antre panjang, fasilitas pembayaran BPJS Kesehatan sudah tersedia di hampir semua mesin ATM.

3. Bayar di Kantor Pos

Buat yang tinggal di daerah dan jauh dari fasilitas ATM, pemerintah juga sudah mempermudah dengan membayar di Kantor Pos terdekat. Tentunya ini akan mempermudah warga yang tinggal di pedesaan.

4. Bayar di Indomaret dan Alfamart

Dua mini market yang terkenal ini juga menyediakan fasilitas pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Sembari jajan, kamu bisa dengan mudah mampir ke mini market ini karena jumlahnya yang cukup banyak dan tersebar di berbagai kawasan perkotaan.

5. Bayar di loket pembayaran multitagihan

Awalnya loket ini hanya untuk membayar tagihan listrik, namun sekarang fungsinya sudah bermacam-macam termasuk membayar iuran BPJS Kesehatan. Memang gak semua loket menyediakan fasiitas ini tapi kamu bisa menanyakannya pada petugas setempat.

6. Bayar melalui e-commerce

E-commerce besar seperti Tokopedia, Bukalapak dan bahkan Traveloka sekarang juga sudah menyediakan fasilitas pembayaran BPJS Kesehatan. Jadi, setelah kamu puas belanja online, jangan lupa membayar iuran BPJS Kesehatan kamu ya!

7. Bayar lewat mobile banking

Beberapa bank seperti Mandiri dan BRI sudah memiliki layanan pembayaran iuran BPJS Kesehatan melalui aplikasi mobile banking-nya.

Prosedurnya sesuai dengan aplikasi masing-masing bank. Untuk BCA kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas KlikBCA. 

Mau tahu langkah-langkah pembayarannya seperti apa? Dapatkan informasi lengkapnya di artikel 7 Cara Bayar BPJS Kesehatan.

Jadi, sudah tahu kan cara cek tagihan BPJS Kesehatan yang mudah dan gak ribet? Semoga, cara-cara di atas bisa bantu kamu buat tahu berapa iuran BPJS Kesehatan yang harus kamu bayarkan.