Cara Klaim Asuransi Adira Lengkap – Syaratnya [Terbaru]
Cara klaim Asuransi Adira sebenarnya hampir mirip dengan perusahaan asuransi lain. Namun, perbedaannya terletak pada jenis polis dan klaim yang ingin kamu ajukan.
Klaim asuransi merupakan pengajuan yang dilakukan oleh nasabah pada perusahaan asuransi untuk membayar tanggungan yang sesuai dengan perjanjian polis. Karena kurang teliti, tak sedikit juga nasabah yang proses klaimnya ditolak oleh perusahaan asuransi.
Sebagai informasi, Asuransi Adira Dinamika telah resmi diakuisisi oleh PT Zurich Asuransi Indonesia pada November 2021. Sehingga produk-produknya kini dikelola sepenuhnya oleh Zurich Insurance.
Sementara untuk rekanan perusahaan Adira Syariah juga diakuisisi oleh Zurich dan kini produknya diambil alih PT Zurich General Takaful Indonesia (Zurich Takaful).
Maka dari itu, pengajuan klaim Adira Asuransi kini sudah mengikuti ketentuan dari Asuransi Zurich. Bagaimana prosedurnya? Simak di bawah berikut ini selengkapnya.
Cara Klaim Asuransi Adira
Proses klaim Adira sebenarnya cukup simpel. Nasabah cukup mengisi formulir laporan klaim dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan sesuai jenis polis asuransi yang dimiliki, kemudian ajukan ke pihak Zurich Insurance.
Perlu dicatat bahwa pasca akuisisi, klaim atas nama Adira Asuransi akan diterbitkan oleh Zurich. Oleh karena itu, setelah pengajuan kamu cukup menunggu kabar dari tim Zurich untuk mendapatkan pertanggungan.
Berikut cara klaim Asuransi Adira berdasarkan jenis asuransinya.
1. Cara klaim Asuransi Mobil Adira Autocillin
Klaim untuk asuransi mobil di Adira Insurance atau Autocillin kini dapat dilakukan melalui aplikasi khusus. Cukup dengan mengunduh Autocillin Mobile Claim di ponsel, kamu bisa mengajukan klaim dengan mudah di mana saja dan kapan saja saat terjadi kecelakaan.
Selain aplikasi, kamu juga bisa mengajukan klaim melalui layanan Zurich Care, yakni telepon customer service, email, dan WhatsApp. Berikut adalah cara klaim Asuransi Autocillin:
Melalui Aplikasi Autocillin Mobile Claim
Klaim Adira Asuransi menggunakan aplikasi lebih mudah dan hanya butuh beberapa langkah saja untuk melaporkan kejadian asuransi mobil Autocillin. Langkah-langkahnya berikut ini:
- Unduh aplikasi Autocillin Mobile Claim di ponsel kamu, baik iOS maupun Android.
- Setelah pendaftaran akun, di bagian Menu klik Lapor Kerusakan.
- Setelah itu, ikuti instruksi untuk pelaporan kejadian kerusakan berikut dengan identitas diri, jenis kendaraan, serta penjelasan kejadian.
- Lampirkan juga foto dokumen dan kerusakan, beserta deskripsi kerusakan kendaraan.
- Ajukan klaim bila data sudah dirasa benar.
Melalui Zurich Care
Zurich Care merupakan customer service yang melayani klaim secara online. Kamu bisa segera melaporkan kerugian atau kejadian yang dialami kendaraan dengan menghubungi nomor telepon customer service di 1500-456 atau kirimkan dokumen persyaratan klaim ke email zurichcare.general@zurich.co.id.
Selain kedua cara di atas, pengajuan klaim juga bisa dilakukan dengan mendatangi kantor Zurich terdekat di alamat berikut ini:
Graha Zurich
Jalan MT. Haryono Kav. 42
Jakarta 12780
Prosedur yang dapat kamu lakukan adalah melengkapi dokumen persyaratan yang tertera dalam polis dan isi formulir klaim polis. Kemudian surat keputusan klaim akan dikirimkan oleh pihak Zurich sesuai dengan jaminan pertanggungan polis yang dimiliki.
2. Cara klaim Asuransi Kesehatan Adira
Klaim Asuransi Kesehatan Adira atau Medicillin kini juga dapat dilakukan melalui aplikasi untuk semua jenis klaimnya. Bagi para nasabah Medicillin atas nama Adira Asuransi bisa mengajukan klaim melalui Medicillin App.
Caranya cukup dengan mengunduh aplikasinya ke ponsel dari AppStore untuk perangkat iOS atau Play Store untuk perangkat Android. Setelah melalui proses registrasi menggunakan alamat email yang terdaftar di polis, kamu bisa memilih menu sesuai dengan layanan yang diinginkan.
Berikut beberapa menu kesehatan yang tersedia di Mediciliin App:
- Insurance: informasi polis (milik sendiri atau anggota keluarga lainnya jika sudah menikah), sisa limit tahunan yang sudah digunakan dan riwayat klaim.
- Hospital: informasi rumah sakit atau klinik rekanan Medicillin terdekat dari lokasi menggunakan Nearby GPS ataupun dicari berdasarkan nama kota, termasuk fitur Map/peta untuk menunjukkan arah menuju rumah sakit atau klinik yang dipilih.
- MyHealth: informasi terkait gaya hidup yang lebih sehat, berisi fitur Body Mass Index (status gizi), fitur Water (mengukur dan pengingat konsumsi air putih sehari-hari), dan fitur Healthy Time (cek kondisi kesehatan).
- Medicall: informasi nomor-nomor penting terkait dengan Asuransi Medicillin dan kesehatan.
- Panic Button: membantu Nasabah mengirimkan pesan darurat melalui SMS atau Email dengan memberikan informasi data diri dan lokasi terakhir. Pihak Medicillin akan segera mengirimkan bantuan serta informasi kepada kerabat terdekat atau kontak darurat.
3. Cara klaim Asuransi Motor Adira
Selain asuransi mobil, Adira juga memiliki produk asuransi motor bernama Motopro. Proses pengajuan klaim Motopro sebenarnya tidak jauh berbeda dengan klaim asuransi mobil Autocillin.
Kamu bisa menggunakan aplikasi Autocillin Mobile Claim ataupun menghubungi Zurich Care untuk mengajukan klaim ganti rugi kehilangan atau kerusakan hingga 75 persen pada sepeda motor yang dipertanggungkan.
Beberapa cara yang bisa kamu lakukan antara lain:
Klaim menggunakan aplikasi Autocillin Mobile Claim
Unduh aplikasi Autocillin di ponsel kamu dan ikuti prosedur Asuransi Motor Adira di bawah ini:
- Melaporkan kerusakan dengan data diri, kendaraan, dan kronologi kejadian
- Melampirkan foto kerusakan kendaraan dan kejadiannya
- Mengirim foto identitas diri serta deskripsi kerusakan kendaraan
- Mengajukan laporan dengan aplikasi Autocillin Mobile Claim
- Menunggu konfirmasi dari pihak Zurich Care untuk mengirimkan ke bengkel rekanan Autocillin.
Klaim menggunakan layanan Zurich Care
Zurich Care adalah layanan customer service untuk para nasabah Adira Asuransi maupun Zurich Insurance. Tersedia pilihan dengan menghubungi nomor telepon call center 24 jam, nomor WhatsApp, ataupun email.
Berikut informasinya:
- Call center 24 Jam: 1500-456
- WhatsApp 24 Jam: +62812-111-3456
- Email: zurichcare.general@zurich.co.id
Tips dari Lifepal! Klaim Asuransi Adira cukup mudah untuk dilakukan. Sebagai catatan, pengajuan klaim atas nama Adira Asuransi kini sepenuhnya dialihkan ke Zurich Insurance setelah diakuisisi pada November 2021.
Kamu bisa mengajukan cara klaim Asuransi Mobil Adira maupun jenis produk lainnya menggunakan email, menghubungi via telepon customer service, atau bahkan melalui WhatsApp.
Pentingnya Punya Asuransi Mobil
Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Hubungi Lifepal untuk mendapatkan bantuan memilih asuransi mobil yang tepat untukmu!
Asuransi mobil All Risk memberikan pertanggungan ganti rugi atas kerusakan parsial seperti penyok, baret, lecet hingga total akibat kecelakaan, bahkan kehilangan yang disebabkan oleh pencurian.
Cek juga berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.
Pertanyaan Seputar Klaim Asuransi Adira
Per 2021, seluruh polis, pembaruan, penawaran, dan notifikasi klaim yang berasal dari Adira Asuransi akan diterbitkan oleh PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk. pasca akuisisi.