Cara Klaim Asuransi Adira Lengkap & Syaratnya [Terbaru]

Produk Adira

Cara klaim asuransi Adira sebenarnya hampir mirip dengan perusahaan asuransi lain. Namun, perbedaannya terletak pada jenis polis dan klaim yang pengin kamu ajukan.

Kamu punya asuransi Adira dan pengin klaim? Jangan panik, sebab cara klaim asuransi Adira gak sulit kok!

Sebagai informasi, klaim asuransi merupakan pengajuan yang dilakukan oleh nasabah pada perusahaan asuransi untuk membayar tanggungan yang sesuai dengan perjanjian polis. 

Karena kurang teliti, nggak sedikit juga nasabah yang proses klaimnya ditolak oleh perusahaan asuransi. 

Selain terkenal dengan asuransi proteksi kendaraan, Adira juga memiliki asuransi kesehatan, asuransi perjalanan, hingga asuransi kerugian. Berikut prosedur yang bisa kamu ikuti jika ingin melakukan asuransi Adira. 

Penasaran seperti apa? Yuk, simak ulasan mengenai cara klaim asuransi Adira berikut.

Cara Klaim Asuransi

Untuk proses klaim asuransi Adira, sebenarnya cukup simpel. Nasabah cukup mengisi formulir laporan klaim dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Kemudian nasabah tinggal menunggu kabar dari tim Adira untuk pertanggungan. Berikut cara klaim asuransi Adira berdasarkan jenis asuransinya. 

1. Cara klaim asuransi mobil Adira

Klaim untuk asuransi mobil di Adira dibagi menjadi dua bagian yakni kerugian sebagian (partial loss) dan kerugian total (total loss). Masing-masing produk berbeda cara klaimnya.

Kerugian sebagian, yakni nilai kerugian yang ditanggung nggak bisa lebih dari 75% harga pertanggungan. Kerugian ini bisa diajukan ketika kehilangan mobil atau kecelakaan yang dijamin oleh polis. 

Kerugian total, di mana nilai kerugian mencapai 75% dari harga pertanggungan yang disebabkan karena kehilangan atau kecelakaan yang kejadiannya dijamin oleh polis. 

Berikut langkah-langkah untuk mengajukan klaim asuransi mobil di Adira:

1. Melapor klaim

Pertama nasabah harus melakukan pelaporan dulu, bisa melalui beberapa cara ini:

  • Datang ke kantor Adira Insurance terdekat
  • Bisa telepon ke Adira Care pada 1500456
  • Bisa juga dengan mengirim SMS ke 0812-111-3456
  • Melaporkan lewar Autocillin Mobile Claim
  • Bisa juga melaporkan lewat website Adira.

2. Menyiapkan dokumen

  • Menyiapkan dokumen sesuai dengan produk atau perjanjian polis
  • Jangan lupa menyertakan form klaim
  • Menyerahkan dokumen asuransi ke Adira
  • Lampirkan juga foto yang memperlihatkan kerugian yang dialami.

3. Tim Adira akan melakukan survei dan analisis setelah menerima klaim

Tim Adira kemudian melakukan analisis dan survey. Setelah survei dan analisis selesai dilakukan, tim Adira  akan memberikan penilaian. Jika sesuai dengan kesepakatan polis maka Adira segera memberikan penggantian kerugian yang dialami.

4. Proses penggantian klaim

  • Menulis kronologi kehilangan atau kecelakaan dalam Formulir Laporan Kerugian 
  • Melampirkan dokumen pendukung untuk kendaraan, seperti:
  • Salinan SIM yang masih berlaku
  • Salinan STNK yang masih berlaku
  • Dokumen lain yang sesuai dengan jenis klaim yang diajukan.

2. Cara klaim asuransi kesehatan Adira

Klaim untuk asuransi kesehatan di Adira berbeda-beda, seperti klaim untuk asuransi rawat inap, klaim asuransi rawat jalan, rawat gigi, hingga untuk jaminan khusus. Begini cara-caranya. 

1. Klaim asuransi rawat inap dan melahirkan

Ada 2 cara untuk mengajukan klaim khusus layanan rawat inap dan melahirkan:

Sistem Reimbursement

Dengan sistem ini, nasabah yang menjalani rawat inap harus membayar dulu biaya yang dikeluarkan. Sistem reimbursement ini biasanya karena rumah sakit yang dipilih bukanlah rumah sakit rekanan dengan asuransi Adira. 

Berikut dokumen yang harus dilengkapi:

  • Formulir klaim yang ditandatangani oleh dokter yang merawat. Jangan lupa untuk mencantumkan nama perusahaan, nomor registrasi, nama lengkap, NIP atau melampirkan fotocopy kartu peserta
  • Menyerahkan kwitansi asli dari rumah sakit yang lengkap dan rinci, mulai dari biaya rawat inap hingga obat-obatan
  • Melampirkan fotocopy resume medis dari rumah sakit
  • Dokumen penunjang seperti pemeriksaan laboratorium, kronologis kecelakaan, hingga surat keterangan lahir
  • Klaim akan dibayar dalam jangka waktu 7 hari kerja sejak dokumen diterima lengkap.

Sistem provider

Sistem provider biasanya dilakukan saat nasabah datang ke rumah sakit yang sudah bekerja sama sesuai dengan lampiran di dalam polis. Dengan sistem ini, biaya ditanggung oleh Adira Insurance, dan jika ada selisih biaya maka sisanya akan dibebankan pada nasabah.

Cara menggunakan sistem provider:

  • Nasabah datang ke RS provider dengan menunjukkan kartu peserta asuransi asli
  • Menunjukkan KTP untuk mencocokan identitas dengan kartu asuransi
  • Memilih kelas kamar sesuai dengan plan yang dipilih
  • Saat keluar kamar rumah sakit, nasabah harus:
  • Memeriksa dan menandatangani perincian biaya perawatan
  • Mengisi dan menandatangani formulir klaim
  • Total biaya perawatan akan dihitung oleh pihak Adira Insurance
  • Biaya perawatan yang tidak dijamin dalam plan wajib dibayar langsung di tempat perawatan
  • Jika ada tambahan biaya karena memilih kelas kamar tidak sesuai plan maka kelebihan biaya dibayar oleh nasabah langsung di rumah sakit

2. Klaim asuransi rawat jalan, pemeriksaan kehamilan, rawat gigi dan jaminan khusus

Untuk klaim asuransi jenis ini, nasabah hanya bisa melakukannya dengan sistem reimbursement, di mana nasabah membayar terlebih dahulu biaya yang dikeluarkan. Klaim untuk rawat jalan, rawat gigi, pemeriksaan kehamilan, dan jaminan khusus akan dibayar dalam jangka waktu 5 hari kerja sejak dokumen diterima.

Klaim rawat jalan

Berikut dokumen yang harus dipersiapkan:

  • Formulir klaim yang ditandatangani oleh dokter yang merawat. Jangan lupa untuk mencantumkan nama perusahaan, nomor registrasi, nama lengkap, NIP atau melampirkan fotocopy kartu peserta
  • Menyerahkan kwitansi asli untuk biaya konsultasi dokter, diagnosa penyakit dari dokter dan harus ditulis di lembar kwitansi asli
  • Kwitansi asli untuk obat-obatan yang diresepkan dokter
  • Fotokopi resep obat-obatan
  • Kwitansi asli untuk biaya pemeriksaan diagnostik
  • Fotokopi surat rujukan dari dokter jika nantinya diperlukan fisioterapi, pemeriksaan laboratorium, X-Ray, dan pemeriksaan diagnostik lainnya
  • Dokumen penunjang lainnya misal fotocopy hasil pemeriksaan laboratorium dan harus ada tanda tangan/cap/SIP dokter di lembar yang sama.

Kehamilan

Dokumen yang harus dipersiapkan:

  • Formulir klaim asuransi rawat jalan yang sudah diisi
  • Kwitansi asli untuk biaya konsultasi dokter yang merawat serta menuliskan usia kandungan pada lembar kwitansi asli
  • Kwitansi asli untuk obat-obatan yang diresepkan dokter
  • Fotokopi resep obat-obatan
  • Dokumen penunjang lainnya seperti fotokopi hasil USG atau fotokopi keterangan usia kandungan.

Perawatan gigi

Dokumen yang harus disiapkan:

  • Formulir klaim asuransi rawat jalan yang sudah diisi
  • Kwitansi asli untuk konsultasi dengan Dokter Gigi yang merawat. Pada kwitansi tersebut harus dicantumkan pada gigi atau regio mana dilakukan perawatan serta jenis perawatan tersebut
  • Kwitansi asli untuk biaya obat-obatan yang diresepkan oleh dokter yang merawat
  • Fotokopi resep obat-obatan
  • Foto panoramic gigi atau rontgen gigi hanya jika diperlukan secara medis atau diperlukan untuk analisa lebih lanjut, contoh untuk perawatan saraf akar, odontectomy
  • Jika ada operasi gigi bungsu (jaminan ini masuk rawat inap), maka kwitansi dilengkapi dengan diagnosa dan jenis tindakan yang dilakukan oleh dokter gigi. Dokumen penunjang lainnya yang asli, misalnya foto rontgen.

Jaminan khusus (imunisasi, KB)

Dokumen yang harus disiapkan:

  • Formulir klaim asuransi rawat jalan yang sudah diisi
  • Kwitansi asli atas biaya konsultasi dengan dokter yang merawat. Jenis Imunisasi yang diberikan dan jenis KB yang diberikan dari dokter yang merawat harus dituliskan pada lembar kwitansi asli. 
  • Dokumen penunjang asli lainnya, misalnya fotokopi buku pengobatan anak untuk imunisasi, atau fotokopi buku kunjungan untuk program KB

Yang perlu diingat bahwa nota atau bukti pembayaran tidak bisa menggantikan kwitansi asli dan hanya sebagai lampiran pendukung saja. 

3. Cara klaim asuransi motor Adira

Untuk pengajuan klaim asuransi motor Adira, terdapat beberapa cara yang dibedakan berdasarkan jenis produknya.

Klaim asuransi motor Adira (Autocillin Apps)

Berikut prosedur asuransi motor Adira:

  • Melaporkan kerusakan dengan data diri, kendaraan, dan kronologi kejadian
  • Melampirkan foto kerusakan kendaraan dan kejadiannya
  • Mengirim foto identitas diri serta deskripsi kerusakan kendaraan
  • Mengajukan laporan dengan aplikasi AutoCillin 
  • Bisa juga dengan pergi ke bengkel rekanan.

Klaim asuransi kecelakaan Adira untuk risiko cedera, cacat, atau kematian

  • Mengisi formulir lengkap
  • Menyiapkan dokumen yang dibutuhkan sesuai jenis asuransi
  • Menyerahkan formulir melalui agen atau ke kantor Adira langsung
  • Pihak Adira akan melakukan verifikasi data dan analisis jika sudah lengkap. Jika belum lengkap, pihak Adira akan mengirim surat pemberitahuan pada nasabah dengan tembusan ke agen, kemudian bisa dikirim lagi ke Adira
  • Jika sudah disetujui, maka pihak Adira akan melakukan pembayaran klaim dalam 7 hari kerja sejak klaim disetujui
  • Jika klaim ditolak pihak Adira akan mengirimkan surat penolakan.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara klaim asuransi Adira. Jika kamu pengin tahu lebih banyak mengenai asuransi, kamu bisa melihat berbagai informasi dari ahlinya di Tanya Lifepal!

Pertanyaan Seputar Cara Klaim Asuransi Adira

Asuransi Adira adalah produk asuransi umum dari Adira yang memberikan proteksi atas aset yang dijaminkan. Salah satu produk asuransi Adira yang populer di masyarakat adalah asuransi mobil.

Asuransi mobil all risk Adira adalah produk asuransi mobil yang memberikan jaminan atas kerugian menyeluruh. Adapun kerugian yang ditanggung asuransi mobil all risk Adira antara lain risiko kerusakan akibat kebakaran, kecelakaan, tanggung jawab hukum pihak ketiga, dan kehilangan.

Cara klaim asuransi motor kecelakaan Adira cukup mudah. Nasabah hanya perlu mengajukan klaim ke kantor pelayanan terdekat.

Setelah itu, nasabah perlu melengkapi dokumen yang dibutuhkan dan mengisi formulir klaim. Nasabah menunggu tim survei datang dan jika disetujui, motor akan dibawa ke bengkel rekanan untuk diperbaiki.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →