Cara Menggunakan eDabu BPJS Terbaru [Plus Fitur-Fiturnya]

eDabu BPJS

Buat peserta BPJS perorangan mungkin gak begitu kesulitan buat mengurus berbagai keperluan BPJS-nya. Akan tetapi, buat badan usaha atau organisasi yang memiliki peserta BPJS Kesehatan yang cukup banyak, pasti cukup ribet ya.

Nah, di sinilah kegunaan eDabu (Elektronik Data Badan Usaha). Sistem atau aplikasi yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan guna memudahkan badan usaha atau organisasi buat memproses pendaftaran, meng-update data, pembayaran, dan lain-lain.

Seperti apakah layanan eDabu BPJS dan bagaimana cara menggunakannya? Mari simak penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Cara menggunakan New eDabu 4.2 terbaru

Untuk menggunakan aplikasi New eDabu 4.2, ikut langkah-langkah berikut.

  1. Menyiapkan data diri
  2. Input data peserta
  3. Memilih fasilitas kesehatan
  4. Pilih Unit Kerja
  5. Pilih menu Approval
  6. Cek tiket pengiriman
  7. Cek nomor BPJS Kesehatan

1. Menyiapkan data diri

Untuk menggunakan eDabu, pertama-tama kamu perlu menyiapkan dokumen salinan KTP dan Kartu Keluarga. Siapkan format excel jika ingin mengakses data secara massal.

Apabila sudah siap, kamu bisa menginput data tersebut ke dalam Edabu dengan langkah seperti langkah selanjutnya.

2. Input data peserta

Untuk memasukkan data peserta, kamu perlu mengakses laman edabu.bpjs-kesehatan.go.id/Edabu/Home/Login terlebih dahulu. Setelah itu, masukkan username dan password. Kalau belum memiliki keduanya, kamu bisa mendaftar dulu lewat menu Registrasi.

Setelah login, kamu bisa mengikuti langkah berikut.

  • Pilih Data Peserta dan selanjutnya klik Tambah Peserta.
  • Lengkapi data diri yang diminta sesuai e-KTP dan pastikan nomor identitas kependudukan valid dan tercatat di Dukcapil.

3. Memilih fasilitas kesehatan

Setelah itu, kamu perlu memilih fasilitas kesehatan (faskes) pada menu Fasilitas Kesehatan. Sebaiknya pilihlah faskes yang dekat dengan daerah tempat tinggal peserta.

4. Pilih Unit Kerja

Pilih menu Unit Kerja dan isilah informasi yang diminta. Klik menu Tambah keluarga jika kamu ingin mendaftarkan anggota keluarga lainnya.

5. Pilih menu Approval

Kalau data-data sebelumnya telah tersimpan, pilih menu Approval > Approval Peserta Baru > Jenis Mutasi > Lihat Data. Tanggal yang tertera adalah tanggal penyimpanan data. 

6. Cek tiket pengiriman

Jika langkah-langkah di atas sudah terpenuhi, data sudah direkam oleh BPJS Kesehatan. Untuk mengeceknya, kamu bisa melihat tiket pengiriman pada menu Home. Kamu juga bisa mengunduh informasi tersebut untuk mendapatkan keterangan rinci pendaftaran.

7. Cek nomor BPJS Kesehatan

Jika ingin mengecek nomor BPJS Kesehatan, silakan ikuti langkah berikut.

  1. Klik Data Peserta dan Mutasi Peserta.
  2. Isi keterangan yang diminta seperti nama pada kolom yang sudah disediakan.
  3. Klik Cari dan data lengkap peserta dengan Noka BPJS akan muncul. Kita bisa mencetak kartu BPJS melalui e-ID.

Apa itu eDabu BPJS?

Edabu adalah aplikasi milik BPJS Kesehatan yang berfungsi untuk mempermudah perusahaan dalam mengelola BPJS Kesehatan karyawannya. Lewat aplikasi ini, pengguna (dalam hal ini pemilik usaha) bisa lebih mudah memasukkan data secara online.

eDabu telah mengalami beberapa kali pembaruan, yaitu pada tahun 2015, dan yang terbaru pada tahun 2019 dengan nama eDabu 4.2. Pembaruan ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan penggunanya. 

Manfaat eDabu

Dengan digitalisasi layanan BPJS ini, e-Dabu banyak membantu para pemilik badan usaha atau HRD, apalagi perusahaan yang memilki banyak sekali karyawan. Lewat e-Dabu, pendaftaran karyawan sebagai peserta BPJS Kesehatan jadi lebih efektif.

Selain untuk melindungi karyawan dengan proteksi kesehatan dari BPJS, dengan e-Dabu mampu mempermudah pekerjaan perusahaan untuk memperhatikan kesejahteraan banyak karyawannya.

Penyempurnaan pada New eDabu 4.2

eDabu versi 4.2 sudah bisa kamu akses sejak tanggal 1 Agustus 2019. Kemunculan versi ini gak banyak mengubah versi yang sebelumnya, hanya saja terdapat penyempurnaan pada layanannya.

Berikut adalah keunggulan eDabu 4.2 dibanding versi sebelumnya.

Ubah data tanpa persetujuan BPJS Kesehatan

Kalau kamu mau mengubah data, gak perlu menunggu persetujuan BPJS Kesehatan lagi. Aplikasi eDabu 4.2 menghilangkan proses persetujuan supaya lebih cepat dan efisien. Data-data yang gak perlu approval di antaranya:

  • Penambahan pekerja baru yang belum pernah terdaftar sebagai peserta.
  • Penambahan anggota keluarga yang sudah terdaftar.
  • Penggabungan anggota keluarga menjadi tanggungan Penerima Upah Badan Usaha (PPU BU) dengan catatan nomor Kartu Keluarga (KK) sama, baik sebelum maupun sesudah penggabungan.
  • Mutasi peserta dan anggota keluarga.
  • Perubahan segmentasi Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) menunggak menjadi PPU BU.
  • Pendaftaran ulang peserta PPU BU nonaktif pada Badan Usaha (BU) yang sama.
  • Perubahan gaji peserta PPU BU dengan catatan gaji lebih besar atau sama dengan UMK Kabupaten/Kota sub PKS Badan Usaha.
  • Penonaktifan peserta PPU BU dengan mekanisme penonaktifan per pekerja dan penonaktifan kolektif minimal 25 orang pekerja.
  • Penonaktifan peserta PPU BU yang mempunyai putusan PHK dari pengadilan sesuai dengan ketentuan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2019.

Ada tiga jenis data yang masih memerlukan persetujuan

  • Perubahan segmentasi PPU PN ke PPU BU di mana PPU PN dinonaktifkan akhir bulan dahulu oleh kantor cabang setempat.
  • Perubahan segmentasi peserta Penerima Bantuan Iuran APBN (PBI APBN) ke PPU BU  di mana sebelumnya PBI APBN dinonaktifkan pada akhir bulan terlebih dahulu di kantor cabang setempat.
  • Perubahan segmentasi peserta Penerima Bantuan Iuran APBD (PBI APBN) ke PPU BU  di mana sebelumnya PBI APBD dinonaktifkan pada akhir bulan terlebih dahulu di kantor cabang setempat.

Rincian tagihan

Kamu bisa mengetahui dan mengunduh rincian tagihan iuran BPJS sampai dengan satu bulan ke belakang. Sehingga, lebih memudahkan pengguna buat mencatat pengeluaran untuk BPJS Kesehatan.

Cek keanggotaan BPJS dengan NIK dan KK

Kamu kini bisa mengecek kepesertaan pegawai dengan hanya menggunakan NIK dan KK perorangan.

Tanggal cut off

Pada versi ini, terdapat perubahan tanggal cut off sampai dengan H-2 agar aktif pada 1 bulan berikutnya. Misalnya, bila kamu ingin akunmu aktif tanggal 1 Mei 2020, kamu harus mendaftar pada tanggal 29 April 2020 (H-2 dari tanggal 1 April 2020). Apabila kamu terlambat mendaftar, maka data bakal diproses dua bulan berikutnya.

Level pengguna

Terdapat tiga level pengguna pada aplikasi Edabu. Level pertama adalah super admin, yaitu akun yang dapat mengakses seluruh data dari badan usaha tersebut.

Level kedua adalah admin yang hanya bisa mengakses data karyawan pada salah satu cabang saja. Level ketiga adalah user yang hanya bisa mengakses data karyawan tanpa melihat gaji dan tagihan.

Perubahan lainnya

Ada beberapa perubahan lain yang ada pada new Edabu 4.2. Pertama, kamu bisa mengubah tampilan identitas yang mau dicetak dari e-ID menjadi KIS Digital. 

Kedua, kamu bisa mengubah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) lewat aplikasi mobile JKN, sehingga lebih praktis dalam kondisi darurat. 

Fitur eDabu

Ada beberapa fitur Edabu yang bisa kamu manfaatkan untuk mempermudah mengurus BPJS. Berikut di antaranya.

  • Upload massal
  • Cek data
  • Laporan rekap iuran
  • Approval
  • Tambah dan edit
  • Cetak kartu

1. Upload massal

Gak lagi repot, pengguna bisa meng-upload data anggota BPJS sekaligus dalam jumlah banyak. Tentu saja fitur ini bakal mempermudah pemilik usaha buat mengurus keperluan karyawannya. 

2. Cek data

Pengguna juga bisa mengecek status anggota BPJS. Jadi, pemilik usaha bisa dengan mudah memastikan keanggotaan BPJS karyawannya.

3. Laporan rekap iuran

Pengguna juga bisa melihat jumlah iuran yang sudah dan perlu dibayar oleh anggota BPJS Kesehatan.

4. Approval

Pengguna bisa menyetujui atau meng-approve data peserta BPJS baru secara online.

5. Tambah dan edit

Lewat Edabu, kamu bisa menambah dan mengedit informasi seperti penambahan anggota keluarga.

6. Cetak kartu

Pemilik usaha bisa mencetak kartu BPJS milik karyawannya dengan praktis lewat Edabu.

Kenapa eDabu gak bisa login?

Bila kamu mengalami kendala saat mencoba login eDabu, kemungkinan terdapat data ganda dalam database BPJS Kesehatan. Silakan kunjungi Kantor Cabang BPJS Kesehatan. Jangan lupa membawa Kartu Keluarga Terbaru untuk membantu proses validasi data.

Proses kepesertaan jadi mudah dengan eDabu

Banyak perusahaan merasakan keefisienan mengelola BPJS karyawan lewat e-Dabu. Walaupun masih banyak juga perusahaan yang belum menggunakan digitalisasi yang dibuat BPJS ini.

Untuk mengatasinya, pihak BPJS Kesehatan rutin menggelar sosialisasi tentang e-Dabu dan kepada setiap perwakilan perusahaan. Hal ini guna memahami aplikasi e-Dabu dengan lebih baik dan dapat menggunakannya semaksimal mungkin.

Jika kamu baru memulai, BPJS Kesehatan menganjurkan untuk memperbarui data kredensial. Mulai dari data password, identitas person-in-charge (PIC) Badan Usaha, dan alamat email PIC Badan Usaha. 

Edabu dirancang demi kemudahan pemilik usaha dalam mengelola keperluan BPJS karyawannya. Informasi di atas bisa diaplikasikan manakala perusahaan akan melakukan perubahan data secara massal atau pun entri data lainnya. Untuk mendapatkan informasi mengenai BPJS lainnya, langsung cek di Lifepal, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →