Siap-Siap, Iuran Peserta BPJS Kesehatan Bakal Naik

Kartu-BPJS-Kesehatan-WP

Pemerintah bakal menaikkan iuran premi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) alias BPJS Kesehatan bagi penerima bantuan iuran (PBI) dari pemerintah. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku pemerintah siap mengabulkan usulan ini.

Kenaikan iuran premi bagi segmen PBI nantinya akan mengacu pada hasil audit tahap ketiga atau keseluruhan yang dilakukan oleh BPKP. “Kita sudah mulai mempertimbangkan untuk menaikkan iuran yang dibayarkan melalui PBI-pemerintah,” kata Sri Mulyani di komplek Istana Bogor.

Dirinya mengatakan, iuran premi segmen PBI akan lebih tinggi dari yang sekarang ditetapkan oleh pemerintah. Adapun, iuran peserta JKN-KIS yang ditetapkan pemerintah melalui Peraturan Presiden No 19 dan 28 Tahun 2016 untuk peserta penerima bantuan iuran adalah sebesar Rp 23..000 dari seharusnya Rp 36.000 setiap bulan.

Sedangkan, peserta bukan penerima upah (PBPU) kelas I sebesar Rp 80.000, kelas II Rp 51.000 dari seharusnya Rp 63.000. Sementara peserta kelas III sebesar Rp 25.500 dari semestinya Rp 53.000.

Jumlah Penerima Ditingkatkan Jadi 100 Juta

Sedangkan untuk pekerja penerima upah (PPU) 5 persen dari apabila pendapatannya sesuai ketentuan di atas Rp 8 juta. “Dari yang sekarang ini Rp 23.000 menjadi lebih tinggi lagi. Tapi belum ditetapkan namun sudah ada ancang-ancang untuk menaikkan,” tegas dia.

Bahkan, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengungkapkan bahwa jumlah peserta PBI pun akan ditingkatkan menjadi di atas 100 juta orang. Hal ini seiring dengan kenaikan iuran premi. “Juga jumlah penerimanya dinaikkan jadi di atas 100 juta orang,” ungkap dia.

Program JKN sendiri banyak menjadi primadona bagi masyarakat. Keberadaannya sangat dibutuhkan, ditengah biaya kesehatan yang kini kian melambung. Meskipun masih kendala yang menghambat seperti pembayaran yang sering terlambat, antrian yang panjang dan sulitnya mendapatkan pelayanan.

Dengan adanya kenaikan iuran BPJS Kesehatan ini tentu akan menimbulkan pro dan kontra dikalangan masyarakat. Meskipun pemerintah belum memberikan waktu pasti kapan akan menaikkan iuran BPJS Kesehatan tersebut.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →