Cara Klaim Asuransi ACA khusus Polis Asuransi Mobil

Klaim asuransi ACA

Bagi kita yang belum pernah mengajukan klaim asuransi, pastinya mengalami kebingungan. Namun tidak perlu panik, khususnya bagi kita sebagai nasabah asuransi ACA, cara klaim asuransi ACA tidaklah menyulitkan.

Artikel ini akan membahas tentang cara klaim asuransi ACA, jenis asuransi ACA, hingga memilih asuransi mobil yang cocok.

Cara klaim asuransi ACA

Di Indonesia, Asuransi Central Asia atua ACA termasuk perusahaan asuransi yang cukup tepercaya. Salah satu buktinya adalah ACA membayar kerugian atas kendaraan bermotor dan properti yang jumlahnya mencapai Rp 210 miliar pada tahun 2007.

Mengajukan klaim asuransi ACA sebetulnya sama juga dengan mengajukan klaim asuransi di perusahaan asuransi lain, yaitu mengawalinya dengan menghubungi layanan pelanggan dan kemudian mengikuti petunjuk yang diberikan.

ACA juga menyediakan layanan klaim melalui situs resminya melalui https://aca.co.id/Klaim. Nasabah hanya perlu mengisi kolom pengajuan klaim dan menyiapkan dokumen terkait, seperti buku polis dan kartu identitas diri.

Untuk klaim asuransi ACA kendaraan bermotor, ada beberapa ketentuan lain yang tergantung kepada jenis perlindungan yang dibeli.

Namun, ada satu hal penting yang harus diingat, yaitu segera lapor ke nomor pelanggan ACA agar klaim dapat segera diproses. Umumnya, kejadian kerugian harus segera dilaporkan maksimal 72 jam setelah kejadian.

Berikut ini tahapan klaim asuransi ACA berdasarkan jenis klaimnya.

1. Klaim partial loss (kerugian sebagian)

Sebaiknya, kita mulai dengan memberi tahu perusahaan Asuransi ACA sebagai bentuk pelaporan awal. Seusai melapor, baik melalui layanan hotline ataupun situs resmi ACA, kita akan mendapatkan nomor laporan klaim dan jadwal waktu survei.

Selanjutnya, kita perlu mengikuti langkah-langkah klaim partial loos berikut.

  • Segera siapkan dokumen yang terkait dengan pelaporan, antara lain SIM, STNK, polis asuransi, KTP.
  • Setelah survei, kita akan diminta mengisi formulir klaim.
  • Jika pengajuan klaim diterima, maka pihak asuransi akan menerbitkan SPK atau Surat Perintah Kerja pada bengkel rekanan untuk memperbaiki kerusakan pada kendaraan kita.

2. Klaim heavy loss

Pada klaim jenis ini, biasanya kita akan mendapat fasilitas mobil derek juga. Survei dari pihak asuransi akan dilakukan di bengkel rekanan ACA secara langsung.

Jika ditemukan bahwa skala kerusakan mencapai 75 persen atau lebih parah dari itu, klaim kita akan dikategorikan sebagai Constructive Total Lost dan jumlah uang pertanggungan yang didapatkan akan menyesuaikan dengan nilai kendaraan pada saat terjadi kerugian.

3. Klaim kehilangan kendaraan 

Setelah mendapatkan nomor laporan, kita cukup menyerahkan dokumen yang dipersyaratkan ACA, seperti:

  • Formulir klaim yang sudah diisi lengkap dengan benar.
  • STNK asli.
  • BPKB asli.
  • STPL atau Surat Tanda Penerimaan Laporan.
  • BAL LAPJU atau Berita Acara Pemeriksaan Laporan Kemajuan.
  • Surat Kaditserse.
  • Polis asuransi.
  • Kunci kendaraan.

Untuk mendapatkan penjelasan terkait prosedur yang lebih tepat, kita bisa menghubungi Layanan Nasabah Asuransi ACA melalui sambungan telepon (021) 319 99100.

Jika ingin mengetahui ulasan mengenai perusahaan Asuransi ACA dan mencari tahu apa saja produk-produk asuransi yang ditawarkan lainnya, jangan ragu untuk mengunjungi Lifepal.

Cara Klaim Asuransi ACA khusus Polis Asuransi Mobil
Cara Klaim Asuransi ACA khusus Polis Asuransi Mobil

Tips klaim asuransi ACA agar disetujui alias tidak ditolak

Manfaat asuransi ACA dapat diperolah apabila nasabah mengajukan klaim. Ada kalanya klaim asuransi ACA ditolak. Nah, agar klaim asuransi ACA tidak ditolak, berikut ini tips-tips pengajuan klaim.

  1. Pastikan polis asuransi ACA masih aktif dan premi tidak telat dibayarkan.
  2. Pastikan polis tidak dalam masa tunggu yang lamanya 30 – 60 hari sejak polis disetujui.
  3. Cek apakah klaim atas kerugian yang timbul tidak termasuk ke dalam risiko yang dikecualikan.
  4. Setelah mengalami kerugian karena risiko yang tercatat di polis, segera mungkin ajukan klaim. Sebab setiap asuransi punya tenggat waktu tertentu (umumnya 3 x 24 jam) supaya perusahaan asuransi dapat menentukan klaim diterima atau ditolak.
  5. Hubungi segera perusahaan asuransi dan siapkan dokumen yang dipersyaratkan.
  6. Serahkan dokumen ke perusahaan asuransi untuk dilakukan pengecekan.
  7. Nantinya nasabah menerima tanda terima pengajuan klaim kalau syaratnya telah dinyatakan lengkap.
  8. Tunggu beberapa hari untuk mendapat konfirmasi apakah klaim ditolak atau disetujui.
  9. Manfaat asuransi yang diklaim akan ditransfer ke rekening setelah disetujui.

Cari tahu asuransi mobil yang cocok untukmu dalam kuis berikut ini

Banyak pilihan asuransi, tapi manakah yang cocok? Temukan asuransi mobil terbaik untukmu dalam kuis di bawah ini.

Hitung besaran premi asuransi mobil yang mesti dibayar dengan menggunakan kalkulator berikut ini.

Buat kamu yang mau tahu lebih banyak tentang asuransi mobil? Lihat pertanyaan populer seputar asuransi di Tanya Lifepal.

Tanya jawab seputar klaim asuransi ACA