Mari Pelajari Cara Klaim Asuransi ACA

real estate indonesia expo 2015 header

Bagi kita yang belum pernah mengajukan klaim asuransi, pastinya agak membingungkan, ya. Namun tidak perlu panik, khususnya bagi kita sebagai nasabah asuransi ACA, proses klaim tidak menyulitkan.

Namun agar kita lebih mudah memahami proses kerjanya, ada baiknya kita cari tahu dulu sedikit dari seluk-beluk Perusahaan Asuransi ACA berikut.

Tentang Asuransi ACA

Berdiri pada tahun 1956, Asuransi Central Asia semula bernama Oriental NV, dengan produk asuransi utamanya adalah OTOMATE (perlindungan untuk kendaraan bermotor), ASRI (asuransi untuk properti), dan asuransi mikro. 

Selain bergerak dalam kategori asuransi konvensional, mulai tahun 2004 ACA juga menyediakan asuransi dengan sistem Syariah. 

ACA merupakan salah satu perusahaan asuransi dengan jumlah aset  yang cukup besar. Di akhir tahun 2018, perusahaan ini mencatatkan permodalan mencapai Rp 4.49 triliun; 205,54 persen melebihi batas minimum yang ditetapkan oleh pemerintah. 

Produk Asuransi ACA dan Apa Saja yang Ditanggung?

ACA

Dengan permodalan yang cukup besar, ACA tidak hanya menawarkan asuransi kendaraan bermotor, namun juga produk-produk asuransi lain, seperti: 

1. Asuransi properti

Asuransi properti ACA meliputi perlindungan atas bencana kebakaran, pencurian dan pembongkaran, ASRI (asuransi kebakaran plus), perlindungan atas gempa, dan perlindungan atas properti tempat usaha atau industri. 

2. Asuransi rekayasa

Asuransi rekayasa adalah asuransi yang melindungi kelancaran proyek pekerjaan, baik perlindungan atas pekerja, termasuk juga peralatan dan mesin-mesin yang digunakan. 

3. Asuransi rangka kapal

Asuransi rangka kapal adalah produk asuransi yang ditujukan bagi para pemilik kapal. Pemerintah Indonesia juga mengasuransikan kapal-kapal yang dimiliki Dirjen Perhubungan pada perusahaan ini. 

Asuransi ini melindungi pemilik kapal atas risiko kerugian yang terjadi atas kondisi sakit, cedera, dan meninggal dunia bagi para awak kapal, kerusakan barang pribadi, kewajiban cargo, biaya pelabuhan, pembuangan bangkai kapal, dan lain sebagainya.

4. Asuransi pengangkutan

Asuransi pengangkutan adalah produk asuransi yang ditujukan sebagai perlindungan lengkap atas risiko yang terjadi selama pengangkutan barang, baik melalui udara, laut, atau udara. 

5. Asuransi aneka

Asuransi aneka adalah produk asuransi mikro dan asuransi untuk perlindungan tertentu, seperti asuransi demam berdarah, wellwoman (asuransi khusus wanita), asuransi perjalanan (travel safe), asuransi gempa, dan lain sebagainya. 

Cara Mengajukan Klaim Asuransi ACA

cek telkomsel chatting

Di Indonesia, ACA termasuk perusahaan asuransi yang cukup tepercaya. Salah satu buktinya pada tahun 2007, ACA membayar kerugian atas kendaraan bermotor dan properti yang jumlahnya mencapai Rp 210 miliar. 

Mengajukan klaim asuransi ACA sebetulnya sama juga dengan mengajukan klaim asuransi di perusahaan asuransi lain, yaitu mengawalinya dengan menghubungi layanan pelanggan dan kemudian mengikuti petunjuk yang diberikan. 

ACA juga menyediakan layanan klaim melalui situs resminya melalui https://aca.co.id/Klaim. Nasabah hanya perlu mengisi kolom pengajuan klaim dan menyiapkan dokumen terkait, seperti buku polis dan kartu identitas diri. 

Untuk klaim asuransi ACA kendaraan bermotor, ada beberapa ketentuan lain yang tergantung kepada jenis perlindungan yang dibeli. Namun, ada satu hal penting yang harus diingat, yaitu segera lapor ke nomor pelanggan ACA agar klaim dapat segera diproses. Umumnya, kejadian kerugian harus segera dilaporkan maksimal 72 jam setelah kejadian. 

Tahapan klaim asuransi ACA berdasar jenis klaim yang dimiliki nasabah.

1. Klaim partial loss (kerugian sebagian)

Sebaiknya, kita mulai dengan memberi tahu pihak Asuransi ACA sebagai bentuk pelaporan awal. Seusai melapor, baik melalui layanan hotline ataupun situs resmi ACA, kita akan mendapatkan nomor laporan klaim dan jadwal waktu survei. Selanjutnya, kita perlu mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Segera siapkan dokumen yang terkait dengan pelaporan, antara lain SIM, STNK, polis asuransi, KTP.
  • Setelah survei, kita akan diminta mengisi formulir klaim. 
  • Jika pengajuan klaim diterima, maka pihak asuransi akan menerbitkan SPK atau Surat Perintah Kerja pada bengkel rekanan untuk memperbaiki kerusakan pada kendaraan kita. 

2. Klaim heavy loss

Pada klaim jenis ini, biasanya kita akan mendapat fasilitas mobil derek juga. Survei dari pihak asuransi akan dilakukan di bengkel rekanan ACA secara langsung. Jika ditemukan bahwa skala kerusakan mencapai 75 persen atau lebih parah dari itu, maka klaim kita akan dikategorikan sebagai Constructive Total Lost dan jumlah uang pertanggungan yang didapatkan akan menyesuaikan dengan nilai kendaraan pada saat terjadi kerugian. 

3. Klaim kehilangan kendaraan 

Setelah mendapatkan nomor laporan, kita cukup menyerahkan dokumen yang dipersyaratkan oleh Asuransi ACA, seperti:

  • Formulir klaim yang sudah diisi lengkap dengan benar.
  • STNK asli.
  • BPKB asli.
  • STPL (Surat Tanda Penerimaan Laporan).
  • BAL LAPJU (Berita Acara Pemeriksaan Laporan Kemajuan).
  • Surat Kaditserse.
  • Polis asuransi.
  • Kunci kendaraan.

Untuk mendapatkan penjelasan terkait prosedur yang lebih tepat, kita bisa menghubungi Layanan Nasabah Asuransi ACA melalui sambungan telepon (021) 319 99100.

Jika ingin mengetahui ulasan mengenai perusahaan Asuransi ACA dan mencari tahu apa saja produk-produk asuransi yang ditawarkan lainnya, jangan ragu untuk mengunjungi Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →