7 Manfaat Asuransi Kendaraan dan Jenis-jenis Polisnya

Ini lho pilihan mobil second yang bisa dijadikan kendaraan pribadi pertama mu

Manfaat asuransi kendaraan adalah memberikan ganti rugi jika terjadi kerusakan pada kendaraan. Cakupan pertanggungannya antara lain, jika terjadi kerugian misal terendam banjir, rusak karena menabrak atau tertabrak, dan lain sebagainya.

  • Pada tahun 2019 sendiri kasus banjir di Indonesia mencapai 1.538 kejadian dalam kurun waktu bulan Januari hingga April – Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)
  • Kisaran biaya perbaikan mobil akibat banjir mulai dari Rp2 hingga Rp6,7 jutaan – Data Carfix Indonesia 2020

 

Karena itu, ketika memutuskan untuk memiliki kendaraan baik pribadi maupun komersial, pastikan terproteksi asuransi kendaraan. Apalagi saat ini lagi ada promo menarik dari Lifepal, di mana kamu bisa mendapatkan perlindungan asuransi kendaraan terbaik yang hemat premi 15 persen

Lantas, manfaat apa saja sih yang bisa didapat dalam polis asuransi kendaraan? Yuk, simak ulasan berikut:

7 Manfaat Asuransi Kendaraan

Sederhananya, manfaat asuransi kendaraan adalah memberikan pertanggungan atau solusi finansial ketika terjadi risiko kerugian total hingga sebagian. Risiko kerugian total yang dimaksud adalah hilang dicuri, terperosok, dan lain sejenisnya. Sementara kerugian sebagian yakni lecet, penyok, dan lain sejenisnya. 

Jadi, manfaat yang kamu dapatkan tergantung pada jenis asuransi kendaraan apa yang dipilih. Meski begitu, secara umum ada 7 manfaat asuransi kendaraan yang bisa kamu dapatkan.

1. Menjadi solusi finansial ketika terjadi kerugian

Biaya perbaikan kendaraan, khususnya mobil, tidaklah murah bahkan bisa mencapai jutaan rupiah. Apalagi jika kerugiannya besar, misal seperti dicuri oleh orang tidak bertanggung jawab, artinya nilai kerugiannya bisa mencapai total harga kendaraan tersebut. Nah, ketika terproteksi manfaat asuransi kendaraan, nilai kerugian tersebut akan ditanggung oleh asuransi. 

2. Membantu mengatur keuangan lebih baik

Ketika kendaraan yang dimiliki rusak, secara tidak langsung akan berdampak pada pengaturan keuangan kamu. Misalnya saja kendaraan pribadi mogok akibat terendam banjir, kamu harus menggunakan dana darurat atau tabungan untuk biaya perbaikan tersebut.

Sementara untuk kendaraan konvensional sudah jelas akan mengganggu penghasilan kamu. Untuk itu pentingnya manfaat asuransi kendaraan guna menanggung biaya perbaikan jika terjadi kerugian. 

3. Solusi praktis ketika terjadi kerugian

Beberapa pilihan polis asuransi mobil memberikan layanan penjemputan mobil yang rusak atau mengalami kerugian. Itu berarti, kamu gak perlu lagi repot-repot bawa mobil ke bengkel rekanan.

Cukup telepon ke pihak asuransi untuk mengajukan klaim dan mobil yang diasuransikan akan dijemput di lokasi tertentu. Setelah proses perbaikan dan klaim selesai, mobil nasabah akan diserahkan kembali ke lokasi sesuai dengan yang tercantum dalam polis. Sangat praktis, bukan?

4. Menanggung biaya mobil rental dan derek

Selain itu, ada juga polis asuransi mobil yang memberikan manfaat asuransi kendaraan berupa pertanggungan biaya rental dan derek. Artinya, selama mobil sedang dalam masa perbaikan, pihak asuransi akan memberikan pertanggungan biaya mobil rental atau taksi dengan ketentuan yang disepakati bersama dalam polis.

Selain itu, jika mobil yang diasuransikan mengalami mogok saat dalam perjalanan, pihak asuransi akan dengan sigap memberikan layanan derek secara gratis sesuai ketentuan polis. 

5. Memberikan ketenangan batin

Mengetahui bahwa ada asuransi yang akan menanggung biaya kerusakan pada kendaraan tentu dapat membuat kita lebih tenang dalam berkendara setiap harinya. Namun, tentu saja asuransi bukan menjadi alasan untuk kita tidak berhati-hati dalam berkendara, ya. 

6. Menjaga nilai kendaraan

Manfaat asuransi kendaraan yang satu ini sangatlah penting, apalagi jika kamu berencana untuk menjualnya dalam beberapa tahun ke depan. Sebab, nilai kendaraan akan turun jika ada kekurangan seperti penyok, baret, dan lain sejenisnya. Karena itu, asuransi dapat membantu menjaga nilai kendaraan dengan memastikan mobil atau motor kamu berada pada kondisi terbaik. 

7. Solusi terhadap risiko tingkat kecelakaan tinggi

Data Ditlantas Polda Metro Jaya menyebutkan bahwa jumlah kecelakaan di wilayah Jakarta pada tahun 2018 mencapai 4.156 kasus. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat kecelakaan di kota besar cukup tinggi. Karena itu penting banget memiliki asuransi guna menanggung biaya kerugian jika terjadi kecelakaan pada kendaraan. 

Selain itu, beberapa polis asuransi mobil juga memberikan manfaat asuransi kecelakaan diri sekaligus. Artinya, jika terjadi kecelakaan, biaya perawatan rumah sakit penumpang dan pengemudi juga akan ditanggung asuransi. 

Jenis-jenis Asuransi Kendaraan dan Pertanggungannya

Setelah mengetahui manfaat asuransi kendaraan secara umum, kamu juga perlu mengerti jenis-jenis polis yang dihadirkan oleh perusahaan asuransi di Indonesia. Pada dasarnya ada dua jenis asuransi kendaraan yang bisa kamu pilih, yaitu Total Loss Only (TLO) dan All Risk. 

1. Asuransi Total Loss Only (TLO)

Jenis asuransi kendaraan ini memberikan manfaat berupa ganti rugi jika kendaraan nasabah mengalami kerusakan total. Nah, yang dimaksud kerusakan total dalan jenis asuransi TLO adalah nilai kerugiannya mencapai lebih dari 75 persen dari harga kendaraan saat itu. Adapun pertanggungan yang diberikan oleh pihak asuransi yaitu ganti rugi hingga penggantian mobil baru. Tergantung pada polis yang dipilih. 

2. Asuransi All Risk

Asuransi all risk atau dikenal juga dengan istilah comprehensive menanggung kerugian yang lebih lengkap, baik kerusakan ringan maupun parah. Jadi, tidak hanya risiko mobil hilang dan terperosok saja, melainkan kerusakan ringan seperti lecet dan penyok juga akan ditanggung oleh asuransi. Karena itu premi jenis asuransi kendaraan ini umumnya lebih mahal ketimbang TLO. 

Rekomendasi Polis Asuransi Kendaraan Terbaik 2020!

Setelah mengetahui manfaat dan jenis asuransi kendaraan, penting untuk Anda juga mengetahui rekomendasi polis terbaik saat ini! Berikut tiga di antaranya: 

1. Adira Autocillin

Polis asuransi kendaraan dari Adira yang memberikan manfaat sangat lengkap mencakup ganti rugi atas risiko tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, atau kecelakaan lalu lintas lainnya (mengacu pada PSAKBI). Selain itu, Adira Autocillin juga siap memberikan ganti rugi berupa penggantian mobil baru dan layanan derek dan bantuan darurat di jalan. 

2. Simas Mobil Online

Polis asuransi mobil dari Sinar Mas yang memberikan ganti rugi atas risiko kerugian sebagian seperti penyok, baret, lecet, hingga kerusakan total seperti terperosok, dicuri, dan lain sejenisnya. Anda juga bisa mendapatkan manfaat asuransi kecelakaan diri sekaligus dengan pertanggungan hingga Rp50 juta! Adapun Sinar Mas bekerjasama dengan lebih dari 473 bengkel rekanan yang tersebar luas hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Dapatkan diskon premi asuransi mobil hingga 30% + kemudahan layanan klaim melalui Lifepal!

3. ACA Otomate

Polis asuransi mobil dari ACA yang memberikan ganti rugi atas risiko kerugian akibat benturan, tabrakan, terbalik, tergelincir, atau terperosok; kerugian akibat perbuatan jahat dan pencurian; serta kebakaran. Adapun jika nasabah menabrak kendaraan lain, polis juga memberikan manfaat tanggung jawab pihak ketiga hingga Rp50 juta!

Itu tadi manfaat asuransi kendaraan dan polis terbaik yang bisa kamu dapatkan. Tertarik untuk memiliki jenis asuransi ini? Sebelum memutuskan beli asuransi kendaraan, pastikan kamu telah mempelajari polis dengan teliti ya. 

Apakah Anda punya pertanyaan lainnya terkait asuransi mobil? Yuk, konsultasikan dengan ahli asuransi secara gratis melalui Tanya Lifepal!

Pertanyaan Terkait Manfaat Asuransi Kendaraan

Manfaat asuransi kendaraan adalah memberikan ganti rugi ketika terjadi risiko kerugian seperti terbaret, penyok, terendam banjir, dan lain sejenisnya. Adapun manfaat yang diberikan disesuaikan dengan polis asuransi yang dipilih.

Terdapat tiga tahapan klaim asuransi kendaraan yang perlu dilkukan, yaitu melaporkan terjadinya kerugian kepada pihak asuransi sesegera mungkin, mengajukan klaim, dan menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan.

Dalam memilih asuransi kendaraan yang bagus ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan. Di antaranya adalah:

  • Jenis kendaraan yang dapat diasuransikan beragam
  • Memiliki layanan nasabah yang lengkap
  • Polis menjelaskan dengan lengkap manfaat hingga risiko yang ditanggung dan dikecualikan
  • Premi asuransi kendaraan sebanding dengan pertanggungan yang diberikan

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →