Manfaat Asuransi Perjalanan yang Perlu Dipertimbangkan!

manfaat asuransi perjalanan

Manfaat asuransi perjalanan adalah bisa menanggung segala risiko yang kamu hadapi selama perjalanan. Entah itu kecelakaan, perubahan jadwal perjalanan, hingga kehilangan harta benda. 

Produk proteksi ini penting supaya perjalanan kamu lebih nyaman dan aman. Beberapa negara tujuan wisata bahkan ada yang mewajibkan wisatawan buat membeli asuransi perjalanan terlebih dahulu sebelum berkunjung.

Nah, kalau kamu sedang punya rencana buat bepergian, yuk pahami dulu apa saja manfaat, jenis-jenis, dan contoh produk asuransi perjalanan yang ada di pasaran! Simak ulasannya dalam artikel berikut ini.

Manfaat Asuransi Perjalanan

Berikut adalah manfaat asuransi perjalanan yang perlu kamu tahu:

  • Kompensasi ketidaknyamanan perjalanan
  • Ganti rugi atas hilang atau rusaknya bagasi
  • Ganti rugi jika kehilangan uang atau dokumen
  • Bantuan hukum
  • Pertanggungan biaya perawatan medis dan evakuasi darurat
  • Santunan kematian
  • Proteksi rumah tinggal

1. Kompensasi ketidaknyamanan perjalanan

Asuransi perjalanan bakal menanggung hal-hal ketidaknyamanan selama di perjalanan, yaitu mulai dari pembatalan penerbangan atau keterlambatan pesawat. Nah, apabila penerbangan kamu mendadak batal, kompensasi yang diberikan asuransi berbeda-beda, bisa berupa menginap gratis di hotel atau berupa uang tunai.

2. Ganti rugi atas hilang atau rusaknya bagasi

Ketika bepergian dengan pesawat, tentu bakal ada risiko bagasi yang datang terlambat, rusak, atau bahkan hilang. Nah, asuransi perjalanan juga menanggung risiko tersebut dengan memberikan kamu ganti rugi.

3. Ganti rugi jika kehilangan uang atau dokumen

Kehilangan uang dan dokumen penting seperti paspor di perjalanan pasti akan sangat merepotkan. Produk asuransi perjalanan bakal kasih kamu uang tunai sebagai kompensasi kehilangan plus biaya untuk mengurus dokumen paspor.

4. Bantuan hukum

Meski gak semua, beberapa produk asuransi perjalanan menawarkan pertanggungan tanggung jawab hukum pihak ketiga berupa bantuan hukum. Jadi, kalau kamu mengalami kasus hukum di lokasi tujuan, bisa mendapatkan santunan dari asuransi untuk membayar pengacara.

5. Pertanggungan biaya perawatan medis dan evakuasi darurat

Manfaat asuransi perjalanan ke-5 adalah pertanggungan biaya medis jika terjadi kecelakaan, juga evakuasi darurat jika negara kunjungan mengalami kerusuhan. Jadi kurang lebih fungsi ini mirip dengan asuransi kecelakaan.

6. Santunan kematian

Jika kecelakaan di perjalanan menimbulkan kematian, asuransi perjalanan juga memproteksi jiwa tertanggungnya dengan memberikan sejumlah uang santunan meninggal dunia.

7. Proteksi rumah tinggal

Beberapa asuransi perjalanan juga menawarkan fasilitas asuransi rumah, yaitu untuk memproteksi rumah yang ditinggal selama kamu bepergian. Umumnya, perlindungan yang diberikan adalah risiko kebakaran dan pencurian.

Jenis-jenis Asuransi Perjalanan

Sementara itu, berikut adalah jenis-jenis asuransi perjalanan yang bisa kamu temui:

Asuransi perjalanan dalam negeri 

Manfaat asuransi perjalanan dalam negeri atau domestik hanya berlaku jika kita bepergian di dalam negeri saja. Oleh sebab itu, premi yang ditawarkan juga relatif lebih ringan.

Asuransi perjalanan internasional

Sementara itu, manfaat asuransi perjalanan internasional berlaku di seluruh dunia. Beberapa perusahaan asuransi mengelompokkan negara tujuan sesuai benuanya, yaitu Asia, Amerika, atau Eropa. Nah, kamu wajib memiliki asuransi perjalanan internasional kalau ingin jalan-jalan ke Eropa, karena mereka mewajibkannya sebagai syarat pembuatan visa schengen. 

Asuransi perjalanan sekali jalan

Manfaat asuransi perjalanan sekali jalan berlaku hanya satu kali perjalanan saja. Umumnya, asuransi membatasi waktu perlindungan, misalnya selama 180 hari.

Asuransi perjalanan tahunan

Manfaat asuransi perjalanan tahunan berlaku selama satu tahun penuh. Produk ini cocok untuk kamu yang sangat sering bepergian sehingga tentu besaran premi jauh lebih hemat daripada beli sekali jalan. Biasanya batas waktu perlindungan asuransi perjalanan tahunan lebih singkat dari produk sekali jalan.

Contoh Asuransi Perjalanan

Setelah memahami jenis dan manfaat asuransi perjalanan, tentu kamu penasaran kan, apa saja contoh asuransi perjalanan yang bisa kamu beli? Berikut beberapa di antaranya.

Asuransi perjalanan AXA

Asuransi perjalanan AXA menawarkan dua polis, yaitu Smart Traveller dan Travel Domestik. Keduanya menawarkan manfaat asuransi perjalanan yang cukup lengkap, di antaranya kecelakaan diri, perubahan jadwal penerbangan, kerugian bagasi, hingga kehilangan uang.

Perbedaan kedua polis tersebut hanya pada wiliayah tujuan perjalanan dan besaran premi, di mana Smart Traveller meng-cover perjalanan luar negeri dan Travel Domestik meng-cover perjalanan dalam negeri. 

Nah, untuk perjalanan individu ke wilayah Asia, nasabah hanya perlu mengeluarkan Rp65 ribuan saja, lho!

Asuransi perjalanan Allianz

Asuransi perjalanan Allianz menawarkan perlindungan dengan premi murah, yaitu Rp30 ribu saja per perjalanan! Polis ini bisa menanggung perjalanan ke dalam maupun luar negeri. 

Ada lima varian polis yang bisa kamu pilih, mulai dari TravelPRO untuk pertanggungan menyeluruh, New Annual TravelPRO untuk perlindungan tahunan, Allisya New TravelPRO untuk yang mencari produk syariah, TravelPRO Group untuk yang ingin berangkat bersama, sampai Garuda Travel Insurance untuk yang terbang dengan Garuda Indonesia.

Asuransi perjalanan ACA

ACA menawarkan manfaat asuransi perjalanan melalui dua jenis polis, yaitu New Travel Safe Individu untuk perjalanan sendiri dan New Travel Safe Keluarga untuk perjalanan sekeluarga. Produk ini menanggung perjalanan di dalam dan luar negeri untuk risiko kecelakaan dan kehilangan harta benda.

Asuransi perjalanan Chubb

Chubb Insurance membagi produk asuransi perjalanannya menjadi dua, yaitu untuk perjalanan domestik dan internasional. Premi yang perlu kamu bayar sangat terjangkau, yaitu berkisar antara Rp30-300 ribuan saja!

Hanya dengan premi segitu, kamu bisa mendapatkan perlindungan lengkap mulai dari perawatan medis sampai Rp2,6 miliar, risiko kerusakan harta benda dan bagasi, sampai evakuasi medis darurat.

Itulah ulasan tentang jenis, contoh, dan manfaat asuransi perjalanan yang perlu kamu tahu. Yuk persiapkan diri dengan asuransi sebelum melakukan perjalanan jauh agar gak repot di kemudian hari!

Tanya Jawab 

Asuransi perjalanan adalah produk yang memberikan pertanggungan atas risiko yang mungkin terjadi selama perjalanan, seperti kecelakaan, kehilangan harta benda, atau perubahan jadwal perjalanan.

Manfaat asuransi perjalanan adalah supaya kita merasa aman dalam perjalanan dan selama berada di destinasi.

Asuransi penerbangan adalah produk yang bakal menanggung risiko kecelakaan selama penerbangan pesawat. Umumnya setiap maskapai sudah mengikutsertakan program ini ke dalam tiket setiap penumpang.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →